Dange

20Des08

Dange, bagi sebagian besar orang Bugis sudah mengetahui makanan yang satu ini. Selain nikmat disajikan dengan makanan jenis lain, juga tahan lama dan bisa menjadi alternatif bagi penderita diabetes. Namun saya akan menceritakan makanan ini dalam pengalaman saya.

dange

Merupakan makanan tradisional masyarakat Bugis, terutama yang di daerah Luwu. Sudah menjadi santapan sehari-hari masyarakat Luwu menikmati makanan satu ini. Biasanya di acara keluarga atau acara tudang sipulung (ramah tamah) selalu dange dan makanan tradisional lain menyertai.

Dange yang kaya karbohidrat tersebut merupakan makanan pokok sebagian masyarakat jaman dulu, yang kadar gulanya sangat rendah ketimbang nasi. Makanya beberapa penderita diabetes akhirnya menjadikan dange sebagai bahan terapi untuk mengurangi konsumsi nasi yang kadar gulanya cukup tinggi. Silahkan bagi anda yang bermasalah dengan gula, dan dilarang dokter makan nasi, bisa merasakan nikmatnya dange ini.

makandange

makan dange dengan ikan parede

Makanan ini berbahan dasar dari sagu, dibuat di atas tungku dengan menggunakan kotak yang bisa memasukkan tepung sagu sehingga terbentuk kotak-kotak tipis. Dimasak beberapa lama, sampai terlihat sudah berwarna abu-abu dan terlihat sudah melekat butiran-butiran sagunya.
Bagi anda yang pertama kali makan, dange tentunya akan terasa asing di lidah dan saat dikunyah seperti makan biskuit yang masih terasa butir-butir tepungnya. Yah seperti orang bule makan nasi yang kebiasaan makan roti itu contohnya.

Dange yang enak menurut saya adalah dange yang tidak lembek dan tidak keras. Biasanya tergantung cara memasaknya, dan memang harus ahli. Setelah dimasak perlu proses beberapa hari untuk mengeraskannya. Kalau sehabis dimasak di tungku, masih lembek panas dan seperti kue ketika masuk di mulut, ditambah gula jadi maknyus juga. Dange buatan tante saya (saudara tertua ibu saya) merupakan dange yang paling enak. Waktu kecil saya sering memperhatikan tante saya itu bikin dange, namun sayang sekarang sudah tidak membuatnya lagi, cukup membeli di tetangga.

Kalo sudah menemukan dange, saya tidak makan nasi lagi, terasa makyus sudah dalam lidah, bercampur dengan ikan bakar, parede (ikan yang dimasak spesial, asli Luwu juga), atau lawa atau pacco (seperti susi, ikan yang ngak dimasak tapi cuman dikasih cuka dan kelapa parut goreng) dan berbagai jenis lauk-pauk orang-orang Luwu.

Dange biasanya diseduh dengan kuah ikan, atau kuah sayuran, untuk mengurangi kerasnya dange ketika dimakan, dipotong kecil-kecil dan dimasukan ke mulut bersama potongan ikan dan sayuran. Paling enak dengan menggunakan kuah kapurung massido… marasamapappe.

Dange dapat bertahan berbulan-bulan, tidak ada istilah basi buat dange ini. Cerita bapak saya dulu ketika terjadi pergolakan pemberontakan Kahar Muzakkar, dange merupakan makanan pokok yang disimpan dalam tanah untuk bertahan berbulan-bulan dalam hutan. Menghindari para gerombolan pemberontak.

Bagaimana dengan anda, tertarik menikmatinya?

Iklan


36 Responses to “Dange”

  1. Yeah.. jadi rindu makan dange nih… hikz 😀

  2. foto pertama itu lagi makan dengan ikan parede secara spesifik sy ndak tau gimana buatnya, taunya makan tuh ikan 😀 hehehe disertai sayur pisang muda yang dipotong2 dicampur dengan cabai dan beberapa bumbu enak tenan 😀
    hehehe.
    Tau ngak, ikan yang diparede itu, dulu waktu kecil kata mama saya, ikan yang paling saya benci untuk dimakan, lah makanya dia heran skrg koq tiba-tiba suka makan ikan itu.. hehehe Saya juga heran, dulu waktu kecil saya selektif makan ikan lho, mungkin ikan itu tajam durinya dan dagingnya terasa gimana gitu jadi sy malas makan. Begitu juga dengan ikan bandeng (bolu) saya paling anti. Tapi sekarang, alamak mending makan Ikan bandeng ketimbang ayam 😀 hehehe
    Gara-gara masuk Smudama itu saya menjadi pemakan segala (weleh2 maksudnya segala ikan, termasuk ikan merah, ikan air tawar, dll) Smudama telah mengajariku banyak hal 😀
    lho koq tiba’e seperti posting komentarku ini hihihi…

  3. Pengen donk nyoba-in dange, tapi aq di bogor….

  4. Wah ini sih tiap hari nemu dipasar, biasanya dijual ma penjual ikan . Belum pernah nyoba sih, tapi gitu liat disini jadi pengen nyoba. Pernah nemu si mas penjual ikan lagi makanin dange cuma lauknya ikan teri menta yang dimix ma sambal mentah gitu….Kalo Kappurung wuiiiihhh udah terbiasa malahan…. Rata2 teman yng awalnya cuma coba2 jadi ketagihan….. Yang gak bisa lupa rasa gurih campuran sayur-ikan-ma sambelnya itu lochhh… pokoknya pada doyan dehhh…..

  5. ehm … bagi bagi dong bang 🙂

  6. mas, tks atas infonya di blog nya mbak rita yah…
    saya pernah nyobain hidangan ini, tapi sepertinya saya harus adaptasi lebih banyak dengan masalah selera..
    eh iya, salam kenal yah…

    salam,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

  7. ah percuma aja rul cerita makanan ini kalo ndak mbawa ke hadapanku hekekekek…

  8. hm..lidahku kok ga bisa cocok ya ama makanan khas kampungku yang satu ini…

  9. heheheh,,enakkah 🙂

    eh eh ..kamu minta pendapatku 🙂

    kalo aku bilang ..kamu sama kembaranmu….gantengan kamu !!!

    kkekekkekekek

    *udah itu aja .gak berani ngebandingin sama yang lain *

    apa kabarrrrr??

    lama gak chatt d YM 🙂

    sehat sehat aja kan?

    cepet kelarin kuliah yaaaa 🙂

  10. mas…pesen satu ya…bungkus aja….

    hehe….

  11. Kuliner Indonesia itu terlalu kaya. Entah memang variasinya banyak atau memang orang Indonesia yang terlalu kreatif ha ha ha… Makanan kayak gini ada nggak di pulau jawa, daeng?

  12. keliatannya enak. mbok dibawain jangan diceritain tok …

  13. I…itu makanan kalo dikirim, kira-kira basi di jalan tidak? 😛

  14. Wah mas enak kliatannya… kalo nanti mudik jangan lupa di bawain gitu…. jangan hanya critanya aja… he..he….

  15. 15 Rian Xavier

    Waw.. Keliatannya enak. Jadi kepingin. Hehehe.

  16. 16 kumiz

    jadi pengen.. 😛
    kapan2 kalo pulang, oleh2nya ini aja y… 😀

  17. keliatannya enak banget tu….boleh nyubain?

  18. saya kira dari pangkepji itu dange ka’..ternyata ada spesies lainnya di luwu..
    how a good info ka’

  19. Jadi ikutan lapar, belum mencoba makanan ini sih,. 😀

  20. Kepengen makan aq mas, kapan aq di traktir..?

  21. Ta googling dulu cari warungnya di Jogja ahh… *semoga ada*

  22. jadi laper, Rul

  23. itu kayak ketan gitu ta? soalnya warna nya coklat

  24. 24 agunk agriza

    DANGE ..
    DANGER DANGE .. Hhi

    kyknya mas arul suka makan ya?
    sering bgt ngereview makanan ..

    bisa jadi host ke 2 wisata kuliner nih .. 😉

  25. Rul…kok di Barru gak ada ya makanan kayak itu…pernah denger namanya tapi gak pernah liat penampakannya…nyobain dunk 😉

    kalo sama pallumara enak gak rul?

  26. 26 arhyt

    wah…enak tenaaannngggg……dange mah disini banyak…qita bisa nemuin dijual di sepanjang jalan kota PANGKEP, sekitar 50 kilo dari kota makassar…sekarang ada berbagai jenis dange yg dijual, ada dange panas dari beras pulut hitam, ada juga yg dari tepung ketaan…nah loe pernah nyoba yg mana sih…heheheeh palagi disajikan panas2 ho..hooh.ooo….teope begete….

  27. # 3 etikush : coba aja, kayaknya ada deh, cari aja makanan khas sulsel
    # 4 Rita : wah dicoba juga, tapi yah itu tidak berasa apa2 lho.. heheh
    kapurung itu mah paling enak.. hehehe sya juga udah buat posting reviewnya
    # 5 Rindu : postingnya udah ta bagi2 nih hehehe
    # 6 bonar : salam kenal.. iyah perlu penyesuaian dulu hehe
    # 7 det : wekekek tapi percuma pasti sampean bilang ngak enak, karena emang ngak berasa :p
    # 8 desty : weh kenapa? ngak berasa yakz?
    # 9 yessymuchtar : ngak berasa lho… butuh beberapa penyesuaian
    weleh2…. disanjung sama mbak yessy, terasa di awang2
    btw kabar baik iya yah jarang OL nih siang2
    # 10 Dias : emang gw penjual apa 😛
    # 11 galihsatria : kayaknya sih ada tapi belum nemu di jawa kalo kapurung ada, atau coto makassar
    # 12 mantan kyai : weleh2… percuma sampean kalo ta bawain ngak berasa lho 😛
    # 13 alex© : ndaklah, kan bisa bertahan berbulan2 hehehe
    # 14 Frenavit Putra : boleh deh.. .tapi sampean harus makan lho 😛
    # 15 Rian Xavier : weleh2
    # 16 kumiz : semoga sy membawanya
    # 17 gajah_pesing : boleh, semoga lain waktu sy bawa
    # 18 greenfaj : yah itukan makanannya orang Bugis umum, jadi dimana2 ada…
    # 19 dwinanto : yah dicoba aja, ngak berasa apa2 lho 😛
    # 20 aCist : yah semoga ada waktu hehe
    # 21 Gunawan Rudy : kayaknya sih ada, di YK banyak anak sulsel tuh
    # 22 sofianblue : weleh2 makan aja
    # 23 boyin : bukan ketan… tapi sagu ada juga katanya dari ketan gitu
    # 24 agunk agriza : kalo makan sih senang bangetlah.. hehee
    # 25 Ria : masa sih? makanan orang bugis lho kalo itu blum coba, tapi dari aromanya enak
    # 26 arhyt : yah yang dari sagu seperti yang sy cerita di atas…
    kalo di Palopo biasanya di penjual2 ikan dekat pelabuhan banyak jual.
    Kalo di Wotu beberapa rumah penduduk jual juga.
    Sayang tanteku skrg sudah ngak bikin, yah jadi beli deh kadang

  28. hmmm..pingin nyoba..

  29. mmmmm makanan khas pangkep daeng di 😀

  30. Ukhh.. jadi laaappeee….rrr…. hehee…. 🙂
    siip lha buat dange-nyaaa… 😉

  31. dange disiram gula merahhh…sluurpppp

    pacco?/sering dengar, tp ndk pernah rasa!!hoohoho
    salam kenal sare’battang

  32. 32 Fabian kirdiat

    Denger kata dange dan kapurung…jadi rindu sama masa SMA doeloe..! gue adalah anak jakarta yang pernah terdampar di kawasan wotu, masamba dan mangkutana. Nasib membawa gue dari jakarta yang hingar bingar ke dunia tanpa kehidupan di SDN 294 Pepuro dan kemoudian merambah ke SMPN Bone Pute hingga berhasil lulus dari SMAN negeri wotu sekitar tahun 94an. sekarang gue mengadu nasib di kawasan banten dan sebentar lagi nasib akan membawa gue ke timteng, tepatnya ke arab saudi. maka dari itu gue pengen banget bila ada di antara kalian yang pernah kenal or lulusan salah satu sekolah yang gue sebutin di atas..loe pada bisa keep in touch sama gue…
    gue rindu berat sama kalian semua bro…

  33. kenapa gak review itu aja rul.. yang duren tapi dikeringin itu.. opo namae rul?? lupa aku..

    ato jalangkotek.. wenak banget loh.. ato apa lagi yo makanan makassar iku??

    lupa aku..

  34. 34 Rury

    Hmmm … klw ngak salah Dange tu bikinnya ngak di masak om … tapinya di Bakar …. jadi .. cetakannya di panasin di atas bara api … trus … tepung sagunya di masukin ke cetakkannya … di tutup pake kayu tebal … tunggu deh .. beberapa menit … jadi deh … dangenya .. (waktu kecil sering lihat nenek dan tanteku bikin … 🙂

  35. kalau boleh tahu iya ,, DANGE itu apa iya??
    hehehe
    soalnya baru denger ada makanan DANGE

  36. 36 ahmad

    pengeeen……


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: