Habibie & Ainun : Romantika Cinta Insinyur – Dokter

Hobi menonton saya sepertinya sedang memuncak, di saat film-film lokal Indonesia menarik untuk dinikmati. Film seperti Habibie & Ainun pun ikut dinonton.  Seharusnya sih bareng dengan pasangan biar merasakan romantisme kisah cinta mantan orang pertama di Indonesia, namun kali ini menontonnya ramai-ramai bersama teman.

Dan saya pun belum membaca buku yang menjadi dasar penyusunan skenario film ini yang dibuat sendiri oleh Prof. Dr Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, hanya membaca selintas aja beberapa buku yang menuliskan biografi panutan insinyur Indonesia dan dunia penerbangan ini. Habibie sang Insinyur yang selalu memberikan inspirasi dan semangat kita sejak kecil. Dan beliau adalah inspirasi saya menjadi seorang engineer seperti sekarang ini.

Kisah diawali dengan menggambarkan kisah SMP dari Rudi Habibie dan Ainun, menampilkan dua remaja yang pintar di sekolahnya. Dilanjutkan kisah Habibie kuliah di Jerman, dan sekembali ke Bandung untuk istirahat dari sakitnya bertemu dan berkawin dengan Ainun.

Romantisme cinta Habibie-Ainun dimulai sejak itu, Ainun menemani Habibie sekolah dengan melepas kesempatan emasnya untuk mengabdikan ilmu kedokterannya. Melahirkan anaknya, membesarkan dan menemani hari-hari Habibie sang teknorat. Menghadapi nuansa cinta dan intrik saat menjadi menteri, wakil presiden dan pamuncak jabatan politik sebagai Presiden, Lepas jadi presiden, Ainun sampai akhir hayatnya senantiasa berada di sisi Habibie.

Film ini bergenre drama membuat para penontonnya merasakan keindahan cinta dan kebahagiaan sepasang kekasih hingga salah satunya dipanggil Tuhan duluan. Mengharukan dan inspiratif.

Reza Rahadian menjadi kunci dalam film ini, menampilkan akting yang memukau memerankan tokoh sentral Habibie, dengan cara bicara, cara jalan, sikap serius dan sikap kasih sayangnya itu sangat habibie banget. Walaupun secara fisik tidak mirip dengan mantan presiden RI ke 3 ini dengan tetap memanjangkan rambutnya.

Bunga Citra Lestari sendiri dalam perspektif saya cukup aman dalam memerankan tokoh Ainun, chemistry sebagai istri Habibie sangat pas. Beberapa adegan bisa dibuat haru oleh aktingnya. Jikalau kamu seorang wanita berharap bisa seperti Ainun, atau kamu adalah laki-laki tentunya berharap mendapatkan wanita sesetia Ainun.

Spot-spot filmnya sendiri memanjakan mata, penampilan menarik Jerman masa lalu atau situasi Ranggamalela cukup mirip dengan waktu yang digambarkan. Dialog-dialognya pun dibuat dengan baik, romantis, lucu menarik dan kadang membuat mata berkaca-kaca mengharu-birukan.

Beberapa hal yang cukup mengganggu adalah pemeran dewasa anak Habibie-Ainun yaitu Tareq dan Ilham terlalu tua dibanding bapak dan ibunya sendiri. Entahlah apakah dari casting director ataukah make up Habibie dan Ainun saat usianya sudah separuh baya kurang mantap, namun yang terlihat anak dan orang tuanya sebaya.

Hanung Bramantyo tampil di beberapa adegan film ini sebagai pengusaha. Dari penampilan sang sutradara ini dapat disimak bahwa seorang sutradara handal yang pandai mengatur laku aktor-aktrisnya belum tentu kemampuan berakting dapat menyatukan rasa dengan keseluruhan film sesuai arahan sutradara. Tentu butuh pengalaman dan latihan yang cukup. Seperti halnya saya menuliskan cerita review film ini, belum tentu saya mampu berakting atau menjadi orang yang baik dalam pembuatan sebuah film.

Hal yang ingin disaksikan dalam film ini adalah konflik politik, secara saya sendiri menyukai sejarah dan politik. Namun hal ini tidak terlihat dengan jelas dan terkesan aman dan jauh dari semua kepentingan politik yang bisa jadi menungganginya.

Satu lagi yang saya harapkan ditampilkan dalam film ini adalah kecanggihan pembuatan teknologi kapal terbang atau minimal penampilan bagaimana pemikiran seorang teknorat Habibie mampu memciptakan sebuah teori teknik. Namun yang terlihat hanya sekilas dan tidak dalam, hanya permukaan saja ditampilkan. Bisa jadi memang Indonesia belum mampu menampilkan sebuah film yang mengajak penontonnya berfikir dengan logika eksakta.

Harus diakui memang buku Habibie-Ainun yang diejawantahkan dalam film ini lebih membawa tema romantika cinta Sang Insinyur dengan seorang Dokter, yang layak ditonton pasangan suami istri atau para pemuda yang akan menjalin hubungan.

Dan dengan menonton film ini, anda harus tau seorang insinyur yang notabene berkutat dengan hal logis juga seorang puitis, benar bukan?

Diterbitkan oleh aRuL

blogger, netizen, engineer wanna be, sometimes as a trainer, and maybe a consultant for anything

72 tanggapan untuk “Habibie & Ainun : Romantika Cinta Insinyur – Dokter

  1. Penampilan Reza memang sangat sangat memukau banyak orang dalam film “Habibie & Ainun”. Dia sanggup mencontohkan perawakan seorang Habibie dengan eksklusif.
    Secara bertahap, setting kostum dan lain sebagainya pun benar-benar membawa kita ke eranya yang sesuai.

    Bravo perfilman Indonesia!

  2. PROMO BESAR-BESARAN OLIVIACLUB 100%….!!!!
    promo oliviaclub kali ini adalah promo deposit akan mendapatkan bonus chip sebesar nilai deposit yang disetorkan
    jadi untuk para pecinta poker oliviaclub yang sudah lama mendaftar ataupun yang baru melakukan register.. akan bisa mengikuti promo ini…

    SYARAT DAN KETENTUAN
    1.pemain dapat mengklaim bonus promo melalui live chat kami
    2.pemain yang mengikuti promo tidak akan bisa melakukan WD sebelum turnover/fee/pajak belum mencapai 30 x lipat dari angka deposit.
    3.minimal deposit untuk promo ini adalah Rp.50.000
    maximal deposit adalah Rp.1000.000
    apabila ada pemain yang melakukan deposit diatas 1jt rupiah..
    hanya 1jt yang akan di hitung untuk mendapatkan bonus
    promo ini
    4. apabila pemain melakukan deposit sebanyak 50rb akan
    mendapatkan bonus 50rb.. dan apabila chip habis dan melakukan
    deposit 50rb lagi maka harus menunggu selama 6 jam terlebih
    dahulu sebelum dapat mengklaim bonus 100% dari
    angkadeposit..
    batas maksimal klaim bonus tetap max deposit 1jt per hari
    5. klaim bonus promo berlaku 1×12 jam..
    para pemain diharuskan mengklaim bonus sebelum bermain..jika
    ada pemain yang melakukan deposit dan bermain..
    baru setelah bermain mengklaim bonus..maka tidak akan dilayani
    6.PROMO OLIVIACLUB ini dapat berakhir sewaktu waktu tanpa
    pemberitahuan terlebih dahulu
    7.keputusan pihak OLIVIACLUB tidak dapat diganggu gugat dan
    mutlak

    CARA MENGKLAIM BONUS PROMO :
    1.Setelah anda melakukan deposit maka langsung menghubungi team livechat kami untuk menanyai tentang promo kami
    2.Kemudian team live chat akan memberikan anda syarat dan ketentuan jika anda setuju maka anda buat memo dengan isi dan subjek klaim voucher
    3.Team livechat kami akan memberikan kode ya kepada anda
    4.Langkah terakhir anda buat form deposit sesuai dengan yang anda deposit pertama dengan kolom wktu di isi jam anda membuat dan kolom keterangan di isi kode yang di berikan
    NB: Jika chip sudah dimainkan maka tidak dapat klaim lagi

    WARNING….!!!!!
    apabila pemain belum melakukan deposit dan mencoba untuk mengklaim bonus.. maka id akan kami blokir/delete secara permanen.
    transfer chip tidak di perbolehkan dan akan di tindak tegas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: