Kritikan tuk Pak Masaru Emoto (Yang Nulis The Power of Water)

14Des06

Suatu hari saya bertanya pada teman saya benar tidak kejadian yg dikemukakan oleh Mr Masaru tentang air yang keluar di milist2 dan bullboard. Dia menjawab belum yakin,dengan beberapa kejanggalan yang disampaikan.

Kemudian dia mengirimkan saya email dan memberikan suatu artikel yang mengkritik tentang buku tersebut. ini adalah petikannya.

—————————————————————————————–

Kritikan tuk Pak Masaru Emoto

Di http://desa32.com/?p=71#comment!s , saya menemukan tulisan ttg “airnya” DR Emoto sbb:

“Air murni dari mata air di Pulau Honshu didoakan secara agama Shinto, lalu didinginkan sampai -5oC di laboratorium, lantas difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi. Ternyata molekul air membentuk kristal segi enam yang indah.”

Saya heran membaca tulisan ini, karena air sebagai makhluk Allah harusnya merasakan doa2 agama shinto sebagai suatu kenegativan besar, karena syirik adalah sebesar-besarnya kenegativan (bhsny bener g yah?! ^_^;)

Mengenai masaru emoto sendiri, saya menemukan tulisan di wikipedia sebagai berikut:
“Emoto freely acknowledges that he is not a scientist,[9] and that photographers are instructed to select the most pleasing photographs”

Dan kalau di kalangan peneliti Jepang, penelitian emoto ini dianggap sebagai nise kagaku (sains palsu), bahkan ada yg menganggapnya nihon no haji (aib buat jepang).

http://www.cp.cmc.osaka-u.ac.jp/%7Ekikuchi/nisekagaku/index.html

http://atom11.phys.ocha.ac.jp/wwatch/appendix/app33.html

http://kxk.makibishi.jp/hado_s.html (maaph, situs2nya dlm bhs jepang.. ^_^;)

Nah, dah begini sgt disayangkan orang islam malah yg mngangkat-ngangkatnya… Apakah krn yg membawanya seorang DR? Maka, masaru moto adalah doktor di bidang Pengobatan Alternatif bukan Sains.
Atau, apakah krn ia dari Jepang yg dikenal tinggi dlm bidang sains? Maka, masaru emoto mendapatkan gelar doktornya (dalam bidang pengobatan alternatif) dari sebuah universitas terbuka di India yg TIDAK TERAKREDITASI. sedangkan di Jepang, ia lulus S1 di bidang HUBUNGAN INTERNASIONAL, yokohama municipal university.

http://en.wikipedia.org/wiki/Masaru_Emoto

Lebih lanjut ttg komentar2 mengenai airnya masaru emoto, silahkan merefer ke

http://desa32.com/?p=71#comment!s

Sepertinya kita memang harus mengulang-ngulang pelajaran kita ttg tabayyun… alias cek n ricek..
Allah azza wa jalla berfirman, ” Wahai orang-orang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu” (al-Hujurat : 6)

wallahu `alam

——————————————————————————————

Nb : temanku itu sekarang di Jepang lagi kuliah

About these ads


217 Responses to “Kritikan tuk Pak Masaru Emoto (Yang Nulis The Power of Water)”

  1. Setuju. Seharusnya kita sendiri mengeceknya. Tapi benar atau tidak, bukan hal penting mnrt saya. Yg penting sebelum minum air, berdoa dulu.

    salam,

    cayo
    http://baju-anak.com

  2. yupz….. sebenarnya penasaran aja yg terjadi…

    salam kenal balik.. :)

  3. betul, saya setuju.

    kadang saya heran banyak sekali. Saya juga heran kenapa orang sekelas AA Gym yang dikagumi banyak orang bisa terjebak dengan penelitian yang tidak jelas secara sains ini.

    Wallahul musta’an

    • 4 Endar

      Saya rasa, orang sekelas aagym berkata dengan ilmu dan dasar. Menurut saya jika benar (jika benar didoakan oleh orang shinto) air bisa berubah, apalagi jika didoakan dalam agama islam, saya kira bisa berbentuk lebih indah dan berwarna lebih indah pula. Karena islam adalah agama yang benar dan fitrah.

    • 5 jamin amora

      Itu kan menurut kamu.AA Gym itu orang soleh yg cerdas.Jelas beliau tdk menerima begitu saja.Tentu beliau sdh membuktikannya dgn cara beliau sendiri.Masaru emamoto tlh keliling dunia utk membuktikan ttg hal ini.Bukan air pulau Honsu saja,tapi air jernih dari negara tempat presentasinya..Bahkan beliau telah mempresentaskannya di PBB.Sementara anda hanya mencela karena kata teman anda.Kecuali anda bisa membuktikan nya juga dgn penelitian ilmiah,Maka baru anda boleh mengatakan Masaru itu pembohong.Dan ttg musyrik,Dimana musyriknya.ANDA ini memang sombong.Dengan kebodohan anda ,anda telah berani mencela AA GYM.ALLOH swt telah berfirman dlm ALQUR AN,bahwa seluruh makhluk hidup dibumi ini diciptakan dari air.Jelas ALLOH telah menetapkan AIR sebagai zat/unsur yg sangat luar biasa.Dan nabi MUHAMMAD SAW,telah memanfaatkan sunatulloh ini,dgn membisikan do’a ke semangkuk air utk kesembuhan salah satu ummatnya yg sdg sakit.Dan sabda nabi saw,AIR ZAM ZAM ini sesuai dgn apa yg kau inginkan.APA ITU MUSYRIK.Belajarlah dan jadilah orang yg CERDAS.

    • 6 Ardhisa

      @ Jamin Amora : tepok jidat! jangan membabi buta gitu deh… baca lagi artikel ini.. yg dibilang musyrik tu do’a2 Shinto… nyatanya bentuk molekul air tetep indah walo didoaim oleh do’a2 shinto yg musyrik itu….

    • 7 Hmb

      intinya bukan hanya dibacakan do’a tapi berkata yang baik-baik, ga usah jauh-jauh lah..kita lihat orang yang sering berkata kotor, jarang shalat suka maksiat, perhatikan wajahnya baik-baik.. kamu dapat ambil kesimpulan, kemudian sebaliknya orang yang sering berkata baik, sering melafazkan al-qur’an dan shalat, perhatikan baik-baik wajahnya..kamu dapat ambil kesimpulan,karena dalam tubuh manusia terdiri dari 75%, jadi hati-hati ketika berpendapat, Allah tidak menyukai orang yang berburuk sangka tanpa bukti yang jelas.

    • Ada hadis Nabi SAW yg pernah sy baca (lupa dimana). Suatu ketika sahabat2 Nabi menyaksikan bagaimana abu jenazah rahib digunakan untk menyembuhkan penyakit (kalo ga slah ada juga mnyembuhkan kebutaan). Melihat hal ini para sahabat lalu menanyakan, mengapa hal tsbt bs terjadi padahal rahib2 trsebut bukan Islam. Nabi SAW berkata: “itulah buah dari ketaatan di jalan yg salah, banyangkan bagaimana jadinya apabila di jalan yg benar”

  4. he eh….
    gimana yah…
    perlu dikaji ulang deh…

  5. Kalau ngga salah, bukunya Pak Masaru Emoto yg The Power of Water itu mengenai bgmn air bisa berubah2 karena kondisi dari luar itu ya?

    Menurut saya, memang benar kalau airnya itu bs berubah ‘bentuk’. Tapi mungkin pemengaruh terbesar bukan dr doa2nya. Saya rasa itu lebih karena mind powernya pak Masaru. Soalnya memang pernah saya coba, kalau mind power bs membuat hal2 yg dianggap ngga mungkin jd mungkin.

    Mungkin pak masaru pakai cara itu, didukung dgn suara2 dari luar.

    Btw, salam kenal :)

    • 11 fahmi

      ENTE-ENTE SEMUA UDAH PADA BACA BUKUNYA BELUM???
      dia udah jelasin di dalam bukunya, kalau air itu bereaksi terhadap kata atau kalimat-kalimat dalam segala bahasa….

      kristal air akan berubah indah jika kita ucapkan kata-kata positif seperti: syukur, kebahagiaan, kerukunan, kedamaian, cinta, rindu kasih sayang, dll

      tapi sebaliknya, kristal air bentuknya akan berubah menjadi buruk atau bahkan sangat mengerikan jika kita ucapkan kata-kata negatif seperti: permusuhan, kebencian, dendam, kesedihan, malapetaka, setan, dll

      jadi kesimpulannya….. KALO ENTE-ENTE PADA PINTER…
      harusnya teori kristal air ini TIDAK PERLU DIPERDEBATKAN, terbukti atau tidaknya teori ini, terserah mau percaya atau tidak,

      maksud dan tujuan MR MASARU EMOTO itu baik, yaitu MENGAJARKAN SEMUA ORANG UNTUK BERTUTUR KATA YANG POSITIF, SOPAN, HALUS, DAN TERHORMAT SEPERTI LAYAKNYA MANUSIA….

      mungkin dia prihatin melihat masyarakat dunia yang gemar berkata negatif, saling menghujat, menjatuhkan, membenci, dan memprovokasi…!!! MAKANYA DIA BIKIN TEORI KAYA GINI BIAR ENTE-ENTE PADA NGACA..!!!

  6. yah tidak sekedar kekuatan luar tetapi juga perlu pembuktian ilmiah… kan ?

  7. Uwah, maaf, kemarin nulis di HP jadi agak kacau ^^;

    Iya sih, memang seharusnya perlu pembuktian ilmiah kalau mau dianggap sains. Tapi alasan ilmiah kenapa mind power memang bisa berefek saya juga belum tahu, selain bahwa teori yang katanya jika manusia bisa mendominasi otak diatas tubuhnya, maka dia bisa mengontrol kondisi lingkungannya (CMIIW)

  8. yupz benar sekali……….. :)

  9. itu mah tenaga dalam…. saya percaya ada hal itu….
    tapi di dunia ini memang yg berupa fisik bisa dibuktikan ilmiah koq.. cuman nunggu waktu aja

  10. 16 anechan

    y. perlu cek nricek cz sy udh bc bukunya, n awalnya sy jg t’pukau, tp qt ambil j sisi positifnya,key!!!

  11. ok deh.. ambil sisi positif.. ngena banget….:)

  12. 18 lia

    Gw rasa yg paling penting membuktikan kebenaran temuannya, terlepas dari dia S2 di India, dsb.. belum tentu juga Masaru itu tidak benar, dan mengenai kritik2 yg menerpa temuannya, setiap sesuatu yg fenomenal dan menentang main stream pasti dikritik banyak orang karena bisa menggoyahkan kepercayaan yg selama ini ada.. Emang baiknya sih ada salah satu dari kita atopun orang dari negara lain yg turut meneliti hal ini (air).

    Sesuatu itu tidak benar ketika TERBUKTI tidak benar, juga sebaliknya, mungkin penemuan Masaru saat ini masih bisa dibilang berada dlm ‘Grey Area’, namun bagaimanapun juga teorinya menarik untuk dilanjutkan oleh peneliti2 lainnya…

    Wallahualam

    • 19 fauzi

      setuju, jangan hanya bisa mengkritik, alangkah baiknya jika kita teliti dulu kebenarannya. bukan kritik yang dapat membuktikan semua itu benar atau tidak, melainkan hasil riset…!!!!

  13. Yap….. ambil positifnya aja sekali lagi… :)

  14. 21 qq

    assalamualaikum…..
    salam kenal…. (dari warga ITS juga, tp aku kerja di ITS, ga lagi kuliah!)
    tentang kritik terhadap masaru emoto dan teori “air”nya itu, memang sudah banyak yang kritik dan bahkan sudah terbit buku yang mengungkap ketidakbenaran teorinya. judulnya the untrue power of Water. intinya penelitian emoto secara sains tidak dapat dipertanggungjawabkan, karena ga sesuai prosedur gitu.
    Pelajaran buat kita semua, termasuk aku yang dulunya sempat kagum juga dengan hasil penelitian emoto.
    wassalam

  15. iya (mbak,ibu, bapak atau mas nih) qq ..

    kemaren memang kalo ada beberapa berita2 itu sebenarnya karena keraguan teman saya dari jepang, akhirnya dikirim artikel ini…

  16. 23 gameX

    saya netral aja
    jika menurut sekelompok orang penelitian ini ilmiah.. buktikan
    jika yang lain bilang tidak ilmiah…. tolong buktikan juga omongan anda.

    saya pribadi percaya pada penelitian itu, bahwa air bisa “menyimpan” energi…

    sama seperti jiwa… kalau kita dengerin hal2 yang keras… lama2 keras juga

    jadi…. take it easy friend

    sukses

  17. :: gameX ::
    moga terbukti…
    dan setidaknya ada bukti ilmiahnya..
    dibalik semua itukan semua ini milik Tuhan.

  18. 25 rohmat

    -Kalau membaca bukunya Masaru, kristal air dipotret dengan perbesaran 200 kali, itu mah mikroskop biasa. Bukan mikroskop elektron.
    -Kristal muncul bersamaan ketika es meleleh. Padahal suhu laboratorium dijaga -5 derajat Celcius. Setahu saya, dan itu belum berubah, es meleleh/melebur pada suhu 0 derajat Celcius. Nah, ketika suhu laboratorium -5 derajat Celcius, mungkinkah es meleleh dan muncul kristal???

    Itulah sedikit dari banyak kebohongan yang dilakukan Emoto!

  19. terima kasih atas penjelasannya :)

  20. Alhamdulillah, saya baru beberapa menit lalu beli sebuah buku pembandingnya. Judul : The UNtrue Power of Water. Disusun oleh Yoroshii Haryadi dan Azaki Karni. Semoga bisa bermanfaat buat semuanya.
    Tapi maaf saya baru baca beberapa lembar saja.

  21. moga bisa dijadikan perbandingan :)

  22. 29 diana

    assalammu’alaikum wr wb

    semua ilmu hanya ALLAH yang punya, bukan hanya air saja yang memiliki kekuatan, seluruh benda ciptaan ALLAH pun memilikinya. memang benar banyak kejanggalan yang ada pada buku itu, setidak-tidaknya adanya pembuktian kekuatan ALLAH didalamnya. terlepas apakah mind power atau water power, yang jelas disana ALLAH power. sedikit sekali ilmu kita disitu. kebenaran ada di sisi ALLAH.

  23. terima kasih komentarnya :)

  24. Terlepas dari pengetahuan itu sudah mencapai kebenaran (sekian persen), saya kira itu awal sebuah fenomena menarik tentang ciptaan Allah, dan tentu perlu lebih ditelaah khususnya dalam pemaknaan yang hakiki.

    Diatas kita dipesan untuk cek and ricek? kalimat itu arif tapi metodologi riceknya tentu harus dilakukan dengan pendekatan ilmiah pula dengan bukan dengan didasari figur masaru yang non muslim yang harus dihadapkan pada surat (al-Hujurat : 6). Minimal kita gali ulang ayat-ayat yang terkait dengan air dan dimensi alam.

  25. iya sepakat dengan anda…. Keyakinan kita bahwa itu adalah ciptaan Tuhan.

  26. 33 AAAAAAA

    SAYA SANGAT PERCAYA DENGAN HASIL PENELITIAN ITU KARENA SAYA PERCAYA SEMUA HAL DI DUNIA INI ADA PENJELASANNYA SECARA ILMIAH. TIDAK ADA DI DUNIA INI YANG MUNCUL TANPA SEBAB. SEMUA ADA ASAL USULNYA TERMASUK JUGA TUHAN. CUMA KEMAMPUAN MANUSIA ITU DIBERI BATASAN OLEH TUHAN SEHINGGA MANUSIA TIDAK DAPAT MENGUNGKAP SEMUANYA. SEMUA DOA DALAM SEMUA AGAMA ITU SAMA INTINYA KE TUHAN JADI WJAR DONK DOANYA POSITIF. SELAMA INI YANG AQ HERANKAN KENAPA ISLAM SELALU SOMBONG DAN MERASA PALING BENAR. MENGAPA KITA TIDAK MENERIMA DAN MENGHARGAI ADANYA KEPERCAYAAN LAIN. SEMUA AGAMA ITU SAMA FOKUSNYA KE TUHAN CUMA AJARAN DAN CARANYA AJA YANG BERBEDA-BEDA. AYO MARI KITA UNGKAP SEMUA HAL MUSTAHIL DI DUNIA INI. MANUSIA DIBERI TUHAN AKAL BUDI UNTUK BERPIKIR DAN MENGENAL SEMUA CIPTAANNYA SUPAYA MANUSIA MENJADI MAKHLUK YANG MAKIN CERDAS.

    • 34 zainal

      @AAAAAAA: sy mencoba meluruskan pendapat anda ttng ‘islam’…krn Nabi Muhammad yg menyampaikan ajaran ‘islam’ tdklah demikian…beliau sangat menghargai dan enghormati perbedaan dalam berkeyakinan…klo anda tdk keberatan silahkan baca sejarah penyebaran ‘islam’ di masa Nabi Muhammad…terima kasih, salam kenal

    • agama yang berbeda, fokus kpd Tuhan juga akan berbeda. makna doa, tujuan doa pastinya juga akan sngat berbda. byk agama yang menyambah bermacam Tuhan, kalau sudah masalah Tuhan yang lbh dr satu, inti dari sgala elemen keagamaan juga akan berbeda. apalagi jika yang di sembah seperti matahari (shinto), api (majusi), Tuhan adlah diri sendiri (yahudi), Tuhan bapa, putra, bunda maria, roh kidus, yesus( kristen), para dewa (budha), dr mana dtg ksamaannya!!! yang sama hanyalah kata Tuhan tapi pujian2, tujuan, cara, doa2, inti doa, aturan agama, dan perkataan kepada “AIR” pun juga akan berbeda!!! dan Hasil kristal “air” juga akan berbeda!!!

    • Dr.masaru said : puncak keindahan dari seluruh kristal air adalah “Kristal AIR ZAM-ZAM”

  27. kan harus ada pembuktian secara ilmiah juga…
    wong orang-orang ilmiah juga saling menguji teori-teori yang diajukan.
    kita tidak memungkiri bahwa semua itu memang benar bahwa air juga memiliki kehidupan tapi ada tinjauan lain..
    silahkan dilihat saja..

    Tentang Islam, saya rasa Islam tidak begitu, semua sama bagi saya, saya sebagai Islam. mungkin yang anda lihat hanya segelintir orang yang kebetulan beragama Islam, jadi jangan mengeneralisir gitu.

  28. 38 Buddy

    Tindakan Sdr. sdh benar mencek berita tersebut, dan apalagi langsung dari nara sumbernya.

    Jika kita melihat secara open minded* akan alam/ dunia ini, maka kita akan menerima segala sesuatu dengan akal dan batin dengan indah (tidak ada yang tidak berguna bagi manusia dan alam sekitarnya).

    Pertanyaan dasar :
    Apa perbedannya cinta kasih seorang ibu (bernegara Indonesia) terhadap anak kandungnya dengan cinta kasih seorang ibu (bernegara Jepang) terhadap anak kandungnya ?

    Lalu apa perbedaanya air yang di bacakan oleh rohaniwan Shinto dengan rohaniwan Islam ?

    Apa perbedaannya antara seorang ibu WNI dg ibu WNJ (Warga Negara Jepang) ? Siapa penciptanya meraka ?

    Harap hati2 dalam melihat antara ilmu dunia dengan ilmu Tuhan.

  29. terima kasih Pak buddy komentarnya
    saya juga terus terus berhati-hati dalam berkomentar, saya mencoba selalu berdasar pada ilmu.
    Pertanyaan-pertanyaan pak buddy saya rasa sudah bisa terjawab dengan sendirinya. Saya tidak melihat asal usulnya tapi saya melihat dari benar tidak suatu temuan ilmiah itu yang juga harus disajikan secara ilmiah dan apabila ada yang bantah secara ilmiah pula..

    • 40 samber gelap

      semakin engkau mengedepankan tentang ilmiah……..engkau akan jadi gila yang tak beralasan………..

  30. 41 satoshi

    punten punten

  31. 42 rosautama

    yach, aku setuju saya ibaratkan tubuh manusia jika kita memperlakukan manusia lain dengan baik tentu ybs akan merespon dengan baik, senyum dll

  32. 43 joey

    Hmm..refer to some comments above that don’t agree with Masaru’s research…How do you explain the “rice experiment” then? It’s already proven. Well, As a human being, we should always give thanks and love each other. Give thanks can give a peaceful mind and soul. That’s what our God teaches us and that’s the key point of Masaru Emoto theory. Nothing’s bad about his theory. Remember…when you are complaining and showing anger, your mind and soul is not peaceful and it creates diseases. Let us give thanks and give all the glory to God.

    • 44 elli fadly

      i’m agree. lets give thanks to God that give us knowlge trought Mr.Massaru E. ME is good figure. he isnt scientis but he wnt work in scinc. there ar mny scintis but not use their skill to improve knowld.

  33. 45 hindin

    Jika anda mengkritik pak Emoto bahwa karyanya tidak ilmiah, kritik anda harus jelas dan ilmiah. Anda tentu tidak bisa mengatakan bahwa pak Emoto telah ‘syirik’ tanpa mengetahui lebih dulu apakah pak Emoto orang Islam atau bukan. Semua doa, dalam agama manapun, selalu berisi kepositifan.
    Anda pasti tahu bahwa air tidak selalu membeku pada suhu 273 K. Pembekuan air tergantung dari tingkat kemurnian air dan tekanan udara. Makin tidak murni, makin rendah titik bekunya. Begitu juga makin tinggi tekanan udara, makin rendah titik bekunya. Jadi mungkin saja air baru membeku pada -5 oC (268 K).
    Thanks.

  34. 46 muti

    assalamualaikum
    alhamdulillah, sekarang aq diyakinkan banyak orang tentang ketidak benaran karangan om masaru. jika di pikir2 emang aneh. seolah om masaru E benar2 mendukung aktifitas para dukun ato tukang rajah. gimana enggak, kebanyakan mereka make air trus di celuppin kertas yang isinya ayat2 qur’an ato doa2 yang sekian kali. karena adanya ungkapan om masaru, e jadi pada percaya deh ma dukun.. ya kan?
    tapi……….., aq juga bingung apakah untrue power of water juga bener? ? ?

    wassalam

    • 47 elli fadly

      he muti ini org lucu juga. jgan terlalu lama dalam pilihan dinda…

  35. Mas barangkali si Air itu tidak beragama… jadi apapun kata2 nya itu baik yaa si air akan meresponnya…
    meskipun agama Shinto sekalipun, tapi kan mungkin kata3nya baik … :)

    ah gak tahu deh.. saya izin link yaa artikelnya saya juga mau buat ini artikel

  36. 49 Mohaba

    Ulasannya tentang air mendekati logika secara fisik
    Terus untuk yang mengkritik apa sudah melakukan percobaan juga ?
    untuk pembuktian fisiknya bahwa hal itu salah.

    Sebab, kalo baca, Intinya disini adalah air itu merespon, sesuatu dari luar

    respon fisik ini yang perlu didalami
    BTW
    Jangan sampai Kasus Galileo yg dihukum MATI , gara -gara Nafsu para pendeta yang
    mengatakan “tidak mungkin tumbuhan bisa tumbuh ke bawah”
    padahal akhirnya Bumi itu dapat dibuktikan memang bulat”

    Hal itu kan , Seperti “Ah itu Mendukung DUkun, Ah itu Musrik….”

    Padahal air itu bagian dasar dari kehidupan, Buktikan sebelom Kritik, itu saya kira lebih bijak

  37. 50 pinsilsakti

    nah, menurutku jangan dipandang penelitiannya, tapi maknanya, nilai nilai baik yang muncul… soal itu shinto or something who cares? intinya adalah nilai kemanusiaan yang tinggi bagi kita yang didapat dari perilaku “air” yang sehari hari kita jumpai, yang dianggap sebagai unsur terpenting dalam kehidupan tapi kita sering tak memperhatikannya…

  38. Kalau kita punya prasangka baik pasti hati merasa tenang walaupun sebenarnya didepan adalah kita adalh orang jahat.
    Demikian juga harapan dan kemauan kita

  39. 52 siti

    aslm
    kllo menurut saya mungkin buku keajaiban air ini ditulis untuk membuktikan bahwa air merespon kata2 yang positif…
    saya mengerti apabila anda menilai bahwa agama shinto adalah musrik tapi saya percaya bahwa setiap doa yang dipanjatkan adalah kata2 yang positif ( walaupun itu dari agama non islam ). bung tidak hanya air yang merespon setiap perkataan yang positif, saya fikir semua mahluk ciptaan Allah juga akan merespon dengan baik perkataan dan perbuatan yang positif.
    wslm

  40. @ semua : maaf ndak balas satu2 karena semua itu pendapat kita, wallahu alam yang benar seperti apa.

  41. kita hanya manusia yang diberikan sedikit pengetahuan, yang bener hanya satu dan Dia Maha Benar. yaitu Allah!! Manusia hanya meng-kira-kira, dan ingat ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang membuat kita semakin ‘takut’ kepada Allah SWT. Dalam sains selalu mengalami perkembangan, dan tolong diperhatikan juga bahwa ‘perubahan adalah suatu keniscayaan!!’

  42. @ winars : iyap :)

  43. Maaf…, tapi yang dimajsud anda ALLAH apakah ALLAH orang islam ? bukan secara universal ? jadi orang shinto bukan makhluk ALlah ? piciknya anda. kalau memang mau mengkotak-kotakkan agama seperti itu, alngkah baiknya anda juga menghormati si orang shinto itu juga.

  44. 57 arif

    Tuhan menciptakan sesuatu tidak dengan sia-sia ,agar manusia mau berfikir ttg ciptaaNya

  45. 58 kiki

    Coba kita belajar dari sejarah… ketika filsuf jaman dulu berkata bahwa matahari bukanlah dewa… semua orang menganggap orang itu sesat dan dihukum mati tetapi sekarang pemikiran filsuf itu telah terbukti kebenarannya. Ketika galileo berkata bahwa bumi itu bulat… org mengganggap dia gila. Sekarang… muncullah seorang Masaru Emoto dan seperti biasa sejarah terulang kembali ada yg pro ada yg kontra… tetapi untungnya kita hidup di jaman yg menghargai hak untuk berpendapat… coba kalau tidak pastilah si masaru emoto telah dibunuh oleh orang2 yg mempertahankan kepercayaannya karena ia ( si masaru emoto) dianggap sesat…

    ya udah klo memang air itu sering dijadikan media oleh para dukun… kita praktekan pemikiran Emoto itu pada tanaman, sediakan 3 tanaman 1 dibiarkan 1 di apresiasi 1 di depresiasi… kita lihat hasilnya >.<

  46. ehhh kloo misalnya mau nulis artikel coba chek dulu……
    bukan maksudnya gue dukug agama shinto tap
    gue mau nanya kenapa loe bilang kaya gitu???
    emang nya lu udah coba..
    tapi klo loe bener….
    Naudzubilliah min zalik

  47. @ tasya : mmm sudah baca blum isinya? yg kamu suruh ngecek siapa?

  48. 61 rozyee

    ahaiahihaia…
    Mas Arul…leh tukeran link dong….
    hehehehe

  49. @ rozyee : ok2 :) sama2 :)

  50. 63 Kusma

    Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

    1. Jika mau kritik, tolong ya siapkan mikroskop kecepatan tinginya, sudah punya belum ? kalau sudah, uji sendiri kebenarannya, gali ilmunya, dapatkan hasilnya, baru kritik. Kalau kritik itu harus dengan argumentasi yang ilmiah, jangan hanya dengan emosi dan alasan tabayun. Tabayun itu perlu, penting, tapi karena lawannya adalah pembuktian ilmiah, dilawannya pake ilmiah. Jangan cuma bicara saja. Ma’af ya…, jangan kesinggung. Kan untuk kebaikan kita juga , kalau hasil penelitian anda benar.

    2. Saya setuju sama mas kurtubi. Mungkin air merespon kata-kata yang baik. Wallahu a’lam.

  51. Saya rasa penelitian Masaru Emoto benar, coba lihat web http://www.fusionexcel.com.Masaru Emoto sudah menjadi speaker untuk perusahaan tsb. Saya sudah membeli produknya ( Quantum Pendant ) dan saya sudah merasakan kebenarannya apa yg diteliti Masaru Emoto itu benar

  52. 65 edo

    kalau mau meneliti, atau mau kritik, syaratnya dan prosedurnya sama. bukan dengan omongan. riset dikritik dengan riset. kebanyakan dari kalian juga BUKAN ilmuwan khan? apa beda sama abang becak di warung kopi.

    masaru tampil di beberapa universitas kelas dunia. para mereka di universitas kelas dunia itu bukan orang yang asal omong, asal mengundang, asal menerima, atau asal kritik.

  53. 66 may

    pakai microscop aza blom bisa. ngeliat aza gak pernah… udah ngomong

  54. 67 blacantempur

    asslm, saya setuju dengan usaha anda utk tabayyun (cek n ricek) tapi menurut saya ambil positifnya aja. Wong pake doa agama lain aja bisa begitu apalagi kalo pake doa2 agama Allah. ya ngga? Saya kira Allah ngga membedakan umatnya kok. Buktinya orang yang ingkar pun di beri kesuksesan. Ketika berdoa banyak yang di kabulkan. Terus siapa dong yang mengabulkan doa mereka kalau bukan Allah? Yang Allah lihat cuma keikhlasan dari si pendoa. Sejarah membuktikan bhw bnyk orang yg berhasil adalah orang2 yg slalu brpikiran positif. Jadi… open minded sajalah. tks Wsslm

  55. 68 edo

    hehehe iya. btw berpikiran positip gimana lha wong nick anda aza ada kata ‘tempur’…
    jangan2 muridnya habib rizieq:)))

  56. 69 fandy

    Tidak semua hal dapat dipecahkan / dibuktikan secara “ILMIAH”
    Banyak Ayat ALLOH didunian ini yang tidak bisa dipecahkan secara ILMIAH…jauh dari kekuatan pikir manusia………..

    Wallahu a’lam…

  57. 70 Ghoelam

    Teori evolusi yang masih hipotesa aja laku keras, pdhl krtkannya banyak. Maju trs air hexagonal

  58. 71 Ghoelam

    Itulah Tuhan, di dunia ini Ia tdk hanya mengabulkn harapan satu agama aja, tapi seluruh alam. Kl gak slrh alam hanya satu agama. Ok

  59. 72 peace

    setiap benda atau mahluk memiliki kesadaran……

    Let’s Go Green

  60. Segala hal dikatakan ilmiah ketika ia objektif, bersifat universal , dapat dipertanggung jawabkan secara akal, dapat dibuktikan kebenarannya, dan menggunakan metodologi ilmiah dalam segala prosesnya. Sehingga asumsi keagamaan harus bisa diminimalisir sekecil mungkin.

  61. 74 Shilva

    Sudah bagus Masaru Emoto mengadakan penelitian. kitanya aja yg bisanya cuma komentar. Coba kita buktikan sendiri jangan NATO (No Action Talk Only). Mas-nya sendiri juga udah bilang kan “ambil positifnya”.
    Oh ya great bgt bwt komentar Peace… Peace yah.

  62. 75 primadona

    keyakinan basi anda bahwa agama anda yang benar dan yang lain salah dalam kenayataan ilmiah memang sudah keliru. Jadi lebih baik anda sadar diri, dan segera melepaskan diri dari belenggu kesesatan kepercayaan religius yang beku.

  63. 76 primadona

    Menurut saya memang yang benar adalah agama Shinto. dan yang salah adalah anda

  64. 77 primadona

    Misalnya tentang keyakinanbahwa pemimpin perempuan akan membuat hancur sebuah bangsa yang diyakini oleh agama anda, dalam kenyataannya banyak bangsa-bangsa di dunia yang menjadi besar dan berjaya di bawah kepemimpian perempuan. Contohnya Inggris di bawah Elizabeth 1 dan Victoria, Russia Dibawah Katharina Agung, Kalingga di bawah Ratu Shima, Majapahit di bawah ibunya Hayam Wuruk, dan banyak lagi contoh lainnya. Jadi sadar diri dong… kalau semua keyakinan agama anda itu memang salah dan palsu. Jadi semua klaim anda tentang Masaru Emoto dan bahwa air menyadari dan menolak syirik adalah bullshit.

  65. maaf ikut sok pinter … yah setidaknya bahwa air Adalah penting untuk setiap kehidupan kita mau salat-wudhu-air , mau buka puasa – makan – air , mandi junub – air , di mekah ada zamzam -air juga,mungkin Allah ciptakan setiap mahkluk di bumi dengan respon sendiri sendiri – kalau kita punya hp -sering kita maki -maki hpitu -yah kadang cepet hilang tuh dan paling tidak habis dimaki maki dibanting ,yah rusak deh,Rosulullah melarang kita mencela orang,binatang,makanan dll menyembelih binatang juga harus dgn cara yang baik pula,kalau ane …yakin kita harus menyayangi setiap benda dan makhluk Allah di bumi,baik benda mati maupun benda hidup,InsayAllah atas Izin -Nya benda dan makhluk itu juga akan menyayangi kita juga,InsayAllah aman ,awet dan berkah,motor kita sayang dibersihkan setiap hari di cek mesin,oli motorpun akan menyanyangi kita,kita bacakan al-quran diatas motor dan berdoa kepada Allah minta setiap perjalanan diberikan keselamatan,tidak mudah mogok,dan semoga nggak sering bocor,…wah ngelantur nih…maaf ,mengenai air ternyata setelah dibacakan doadan surah diatasnya oleh ustad bisa sebagi asbab penyembuh doa seperti ketika ruqyah,penelitian penelitian Orang kafir memang untuk membetulkan ayat ayat Allah ” Dan Kami Jadikan Segala Yang Hidup Dari Air,
    Mengapa Mereka Tidak Beriman ?
    Al-Anbiyaa:30
    amerika mengeluarkan banyak biaya untuk perjalanan kebulan …yah ..ketemu deh bahwa bulan memang udah pernah terbelah ….
    “Telah dekat datangnya saat itu (hari kiamat) dan telah terbelah bulan (Al-Qamar [54]:1)”

    sekian …maaf pabila ada kesalahan

  66. aku sendiri pernah nyoba seperti yg dibukunya emoto percobaan nasi disimpan dalam 2 botol dgn perlakuan satunya dilabeli kata TERIMAKASIH dan satunya lagi dengan kata KAMU BODOH ternyata stl -+ 1bln nasi dgn label TERIMAKASIH baunya harun seperti tape, sebaliknya yang kata BODOH baunya sepertitape tapi campur bau busuk.

  67. 80 syubban2008

    menurutku gerakan kitalah yg mempengaruhi air, atom dan molekul-molekulnya.
    jadi kalau ita tenang maka air pun jadi tenang.

    apapun yang namanya berdoa pasti merendahkan diri, apapun agamanya siapapun tuhannya.
    jadi air memahami bahasa fisik yg lembut.

  68. 81 firnia

    aku rasa teori pak masaru kita ambil positifnya aja, kita jadi lebih menghargai air dan diri kita sendiri yang notabene terdiri dari 90% air. terlepas dari dia agama apa… bukankah semua agama mengajaran kebaikan bukan begitu…

  69. 82 abdi dalem

    Weleh kalau ngbaca komentnya macem2 seru juga yeach ada yg bahas sampai agamalah dll dll dll, tapi yang jelas semua setuju kalau air itu diciptakan oleh Yang Maha Pencipta Yang Maha Selaganya Dialah Pencipta alam Semesta ini dengan segala isinya, dan setuju bahwa air itu sangat bermanfaat untuk kehidupan tanpa air Manusia/Mahluk hidup tdk akan bisa hidup.
    Soal setuju atau tidak terhadap hasil temuannya Masaru Emoto, yang setuju ambil yang positivnya aja yang tidak buktikan aja sendiri jadi tdk usah pada ribut, buang energi aja,…

  70. ^_^ Siapa yang tidak setuju. Tolong dibuktikan dengan sebuah ekperiment juga. Buktikan fakta hasil penelitiannya. Saya setuju dengan komentarnya Edo. Selama ini kan penelitian tentang air belum sampai pada sejauh ini. Ini yang mencoba meruntuhkan penelitian ini masih menggunakan landasan teoritis dan sangat konvensional. Ya enggak bakalan nemu mana yang benernya….

    Sangat sangat prihatin dengan budaya ngalor-ngidulnya kita. Ada yang heboh diikutin, begitu ada yang nginjek, diikutin pula. Terkesan gak punya prinsip. Dan tentunya ketahuan bodohnya.

    Ups.. kok malah berapi-api begini ini teh. :D Jujur saya sangat tersinggung dengan komentar yang membawa nama salah satu idola saya (Aa Gym). Termasuk penjelasan di buku The Untrue Power of Water itu.

    Tunjukkan kepada kami bukti empiris.

    Bukankah yang namanya ilmu pengetahuan itu selalu berkembang? Wajar dong kalo yang menurut kita benar saat ini, seabad kemudian mungkin akan ditinggalkan. Dulu filsuf Thales mengatakan bahwa “zat penyusun alam semesta adalah air”. Mungkin bagi kita hanya menjadi cemoohan belaka. Tapi jangan salah, jika Thales tidak memulai mengungkapkan fakta dan bukti empriris, mana mungkin sekararang kita sampai pada ilmu pengetahuan yang mengatakan bahwa zat penyusun alam semesta itu adalah atom yang bagian terkecilnya lagi disebut quark.

    So.. jangan terlalu utopis lah…

  71. Koq jadi masalah banget. Pada dasarnya manusia itu sulit menerima hal-hal yang baru. Para Nabi2 baik Nabi Muhammad, Nabi Isa maupun nabi yang lainnya dibenci oleh kaumnya (dimasanya) bukan karena orangnya (fisiknya) tetapi KABAR BARU yang dibawanya, walaupun kabar baru tersebut adalah kabar yang baik. Dan banyak contoh yang lainnya seperti Galileo dll. Pointnya adalah jangan sampai kita merasa bahwa kita (keyakinan) yang paling benar dan yang lainnya salah. Ini namanya sombong. Apakah ada Tuhan didalam hati orang yang sombong? Jadi kerjakan aja apa yang kita anggap benar tetapi jangan menyalahkan yang lain (bahwa kita yang paling benar). Rasul aja mencontohkan seperti itu.
    Mengenai penelitian Pak Masaru Emoto,beliaukan mengatakan bahwa air bisa merespon dan menyimpan apa yang diberikan kepadanya (melalui penelitian/setelah dilakukan pembuktian secara ilmiah). Dan beliau sudah membuktikan bahwa air yang sudah didoakan secara agama Shinto ternyata bisa untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Bagaimana tanggapan kita?
    Rasulullah bersabda, “Zamzam lima syuriba lahu”, “Air Zamzam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya”. Barangsiapa minum supaya kenyang, dia akan kenyang, barangsiapa minum untuk menyembuhkan sakit, dia akan sembuh. Subhanallah, pantaslah air Zamzam begitu berkhasiat karena dia menyimpan pesan doa jutaan manusia selama ribuan tahun sejak Nabi Ibrahim a.s.
    Jadi ternyata perkataan Rasulullah itu benar (walaupun udah pasti benar daridulunya) tetapi untuk saat ini dapat dibuktikan secara ilmiah.
    Jadi menurut saya kita seharusnya bersyukur bahwa ada orang yang bisa membuktikan perkataan Rasulullah secara ilmiah (bukan dogmatis). Sedikit demi sedikit rahasia alam semesta semakin terbuka untuk kita yang pada akhirnya akan membuat manusia itu menjadi semakin bersyukur kepada Tuhan. Sesuatu yang disyukuri akan menjadi Rahmat dan sebaliknya. Janganlah perbedaan kita yang ditunjukkan tetapi alangkah baiknya persamaan kita yang ditampilkan.
    Maaf ya kalau ada yg tidak berkenan. ini hanya pendapat pribadi.
    Wass.

  72. berhubung sekarang lagi buru2ka, jadi sy kasih sj linknya buat yg mau baca artikel ttg ini
    http://www.gakushuin.ac.jp/~881791/fs/#3
    (latiihan baca kanji bagi yg mau)
    insya Allah nanti kalo sudah selesai pekerjaanku sy sambung lagi..

  73. 86 Steven

    saya setuju dengan DD. jangan lah kita menjadi sombong dan menganggap kita selalu benar. parasut itu berguna kalo terbuka.. so guys, open our mind… :)

  74. Wahai makhluk bumi yg selalu menganggap manusia lain kafir,musyrik,dan tidak beriman. Bersiaplah kalian, karena waktu pemusnahan sudah kian dekat. Cepatlah kalian sadar dari kesesatan kalian. Aku saja muak dengan tingkah kalian, Apalagi TUHAN, pastinya sudah sangat MUAK.

  75. 88 waku

    saya ikut seminar bapak Emoto dan dia setuju kalau yang mempengaruhi kristal air itu bukannya “doa” agama tertentu tetapi kata-kata yang baik entah doa atau tulisan yang baik. Penelitiannya tidak sepele dan saya pikir kenapa anda menentang hanya karena anda muslim?

  76. sok tau lu yang buat blog,emang sapa lu. profesor bukan. dasar bego, lu.ngatain orangkafir sebenerya luyang sirik aja kali. dasar lu yang kafir

  77. air air air mau mau mau kalau airya aja udah manfaat apa lagi kalau dibacain kata kata yang baik maka dalam air itu mengandung apa aj yang diucapin kita maksudya dalam air itu jika di lihat denggan kaca mikkroskop akan terlihat kristal berpola yg kita ingginkan! gitu aja kok repot! tks

  78. 91 setan

    persetan kalian semua

  79. 92 Bonbon

    Tanggalkan jubah agamamu sebelum mendiskusikan hal ilimiah. Menurutku, semua ciptaan Allah itu “hidup” sesuai dengan caranya masing-masing, entah itu matahari, bulan, bumi, tumbuhan dll. Sebelum penelitian Om Masaru di publishedkan, mungkin kristal air hanya mampu “dilihat” oleh orang -orang tertentu yang hidup mata hatinya. Tak ada salahnya orang lain yang mati suri mata hatinya thanks tuk Om Masaru. Lumrahlah, kalo hal baru itu banyak menuai pro dan kontra. Tp kalo itu dianggap “palsu” buat anti thesisnya dong biar mata kita semua terbuka.

  80. 93 dody

    Perbedaan pendapat selalu ada…..karena tergantung seberapa banyak ilmu yang telah dimiliki (ilmu agama..ilmu dunia), dan berapa banyak pengalaman hidup yang telah dilaluinya…..dan bagi yang belum pernah membuktikan efek kekuatan kata-kata terhadap diri kita ataupun terhadap anak kita…yahhh mungkin hanya bisa menyalahkan EMOTO atau membenarkan lawannya UNTRUTH Power of Water atau sebaliknya ……………dan saya pribadi sudah MEMPRAKTEKKAN ke anak saya yng sekarang telah berusia 2,7 tahun.. sejak dia lahir sudah saya beri kata-kata positif..terutama menjelang tidur…saya berikan musik klasik..saya bacakan Alquran dan kata-kata positif lainya…saya berikan pujian bila dia berprestasi dan teguran yang positif bila dia melakukan kesalahan………..dan HASILNYA…LUAR BIASA………………..usua 2 tahun sudah bisa menganalisis percakapan..dengan kalimat2 yang diluar kebiasaan anak usia 2 tahun pada umumnya………………….jadi intinya adalah jangan berteori atau mengkritik tapi LAKUKANLAH………………dan memang benar seperti hasil penelitian RICHARD WISEMAN (www.richardwiseman.com) tentang LUCK FACTOR…….bahwa orang yang hidupnya selalu SIAL dia punya kebiasaan NEGATIVE THINKING, TIDAK OPENMIND, TIDAK Pakai INTUISI selalu pakai LOGIKA dan Kurang GAUL…….. saya gak tau pemilik BLOG ini..apakah hidupnya selalu beruntung atau selalu sial………………..

    • 94 ILMA

      note : richard weisman…like his book…terutama luck factor

  81. 95 makhlukALlah

    (Walo Udah Berita lama namun masih bisa khan)
    MasyaAllah.. Mari qta berfikir positif.. jadikan segala sesuatu sebagai pembelajaran.
    Mari kita ambil sisi positif…. bahwa sebelum kita melakukan aktifitas (khusus dlm hal ini via AIR bin Water) selalu diusahakan tuk berdo’a baik dalam bacaan apapun juga ( jepang, shinto, indo, jawa, arab, de el el).

    Thanx.. saLam keNal

  82. 96 naga

    perdebatan Bodoh…. orang udah teliti dan nemukan yang baru ini mlah debat teruss….,
    nah bagi yang ilmiah saya kasih tugas untuk neliti Tuhan aja dech… , malaikat dan lainnya.. coba buktikan dan sebarkan dalam sebuah buku sperti emoto, kalau berani.

    ada yang ilmiah dan ada juga yang gak perlu penjelasan…., udah berapa banayak kerajaan dan pengetahuan yang musanah karena telah terungkap Rahasaianya dan malah bikin hancur..

    Intinya buat aja karya sendiri dan jadikan baik untuk diri kamu atau yang lainnya kalau gak bisa baik untuk orang lain dah simpan saja buat kamu sendiri, toch malah blog kamu ini jadi untung banyak pengunjung namun aslianya kamu bukan buat hal yang baik bagi pemakai air. dasar mansuia banyak bacot

  83. 97 Hery

    PENELITIAN MASARU BISA DIBUKTIKAN…!!

    Penelitian Masaru Emoto itu ada benarnya, dan hal ini bisa di buktikan kok.
    Sederhana saja, ambil 2 buat toples ( toples A dan toples B), masing-masing toples tersebut diisi nasi putih. Pada toples A dikasih tulisan/kata2 baik misal: pandai, baik, cantik, ilove u, dsb. Sedangkan pada toples B dikasih kata2 negatif, misal kamu bodoh, aku benci kamu, jancok, dsb.
    Nah sekarang tugas anda selama 2 minggu-3minggu ajak anggota keluarga yang lain berbicara pada pada masing2 toples tersebut tiap pagi/sore tanpa mnyentuhnya, sesuai dengan kata2 yang ditulis pada toples2 tadi.
    dari percobaan sederhana yang saya coba setelah 2 minggu toples B yang ditulis kata2 negatif, berjamur warnanya berubah jadi hitam dan berbau busuk. Sedangkan toples A yang diberi kata2 positif masih berwarna putih dan baunya wangi, karena di tumbuhi jamur ragi.
    Note: Tubuh manusia 80% terdiri dari air, maka itu kalo kita selalu mengeluh dan berpikir negatif hasilnya seperti nasi yang ada pada toples A, sebaliknya bila kita berpikir positif tubuh kita akan selalu bugar dan fit, dijauhkan dari berbagai macam penyakit dan rejeki lancar.
    SELAMAT MENCOBA..

  84. yasudahlah…

  85. 99 Akarim

    Naudzubillah, Ya Allah jauhkanlah diri kami dari sifat2 sombong. Saudara kita ini sudah dihinggapi sifat sombong sehingga membutakan mata hatinya. Maksud sombong di sini adalah tidak bisa menerima kebenaran yang ada dasarnya.
    Apa bedanya Anda dengan golongan sekuler dan barat yang suka menyerang pemikiran islam. Sebagai sesama muslim, saya malu dengan cara berpikir Anda. Anda tidak bisa bikin pembuktian ilmiah apapun untuk menyanggah penelitian masaru tapi malah menyerang keyakinannya (shinto atau apalah). Jelas-jelas selain doa, ada musik, ucapan dan perlakuan lain pada air tsb. Anda malah menggalang opini untuk ikutan mengkafirkan orang.
    Yang Anda lakukan sama dengan yang dilakukan musuh Islam. Mereka mencari-cari kelemahan ajaran Islam secara membabi buta. Orang luar Islam yang mendapatkan hidayah adalah orang yang dengan pikiran terbuka dan sungguh2 mencari kebenaran. Sedangkan orang2 yang berpikiran picik/tertutup tidak akan menemukan kebenaran sekalipun kebenaran itu ada di hadapannya. Itu karena perhatiannya disibukkan mencari-cari kelemahan orang.
    Kebenaran hakiki hanyalah milik Allah, manusia sebagai hamba-Nya juga memiliki sebagian kecil dari sifat Allah. Kebenaran manusia sifatnya relatif, hingga ditemukan hal baru yang mematahkannya.
    Saran saya jangan mencampuradukkan masalah agama dengan sains, karena dari sana kita tau kualitas diri Anda.

    • 100 mulyo

      aku sedih sekali,,, ketika dengan mudahnya memberi stigma musyrik,, kafir dan segalanya ketika berbeda,,, dan merasa kebenaran miliknya sendiri,,,

  86. 101 jefry alery

    kelas 2 SD dulu sdh diajari bahwa tubuh kita 80% terdiri dari air, juga diajari kebutuhan air bagi tubuh kita 4 liter perhari, semua benda hidup, makhluk hidup terdiri dari air…., org bego’ aja tau benda matipun dgn teknologi bisa menerima pesan (SMS)….. lah ini air sebagai penopang kehidupan makhluk tanpa pembuktian ilmiah pun kita tahu… jangankan pesan…. nafas dan nyawa kita sekalipun bisa dikendalikan oleh air….. hmmmm, maka wajar banyak org stress, gila, dan jadi bodoh krn tidak pernah menghargai dirinya sendiri yg notabene terdiri dari 80% air.. ya wajar dong air ditubuhnya ngambek dan bikin dia jadi stres gila dan bego’….. kebayang nggak ya klu alam semesta tanpa air…?

  87. 102 aran hakeem

    kalo sy seh percaya dengan sains masaru emoto…krn kan itu sainsnya…maaf sebelumnya- hal sebagaimana contoh air zam-zam apabila kita doa akan tergantung niatnya maka akan insya allah akan tercapai maksud kita. Saya pernah mengalami, air mineral yg sy bacakan dengan niat kepada allah untuk menyembuhkan sakit perut saya, alhamdulillah, dapat sembuh dalam waktu kurang 10 menit. Bukan hanya itu saja, LAPAN telah melakukan penelitian bahwa air yang telah di baca dengan asmaul husna, Ya Arrahman, Ya Arrahiim, air tersebut telah membentuk kristal-kristal. Tinggal waktu yang telah membuktikan kebenaran

  88. 103 Deddy Wahyu Wijaya

    sebenarnya kita juga gak bisa Terlalu Extrim menanggapi Penemuan itu dengan menolaknya. Saya seorang Muslim, Insyaallah Taat. Makhluk hidup selain Jin dan Manusia, seperti Hewab, tumbuhan dan lainnya Hanya Tahu bahwa Tuhan yang menciptakan mereka adalah Allah SWT. Jadi mereka tidak mengenal Shinto, atau agama lainnya. Dan kata2 yang diucapakan Masaru Emoto itu adalah ucapan Syukur kepada Tuhan dan Ucapan Terimakasih kepada air itu. Dan air itu Meresponsnya dengan membemtuk Kristal yang sangat Indah. Itulah bukti bahwa Allah itu bersifat ARROHMAN,

  89. 104 Deddy Wahyu Wijaya

    sebenarnya kita juga gak bisa Terlalu Extrim menanggapi Penemuan itu dengan menolaknya. Saya seorang Muslim, Insyaallah Taat. Makhluk hidup selain Jin dan Manusia, seperti Hewab, tumbuhan dan lainnya Hanya Tahu bahwa Tuhan yang menciptakan mereka adalah Allah SWT. Jadi mereka tidak mengenal Shinto, atau agama lainnya. Dan kata2 yang diucapakan Masaru Emoto itu adalah ucapan Syukur kepada Tuhan dan Ucapan Terimakasih kepada air itu. Dan air itu Meresponsnya dengan membemtuk Kristal yang sangat Indah. Itulah bukti bahwa Allah itu bersifat ARROHMAN, jadi Allah itu bukan hanya Tuhan Umat Muslim tetapi Tuhan Semesta Alam. Kalo anda mempelajari Fisika Quantum dengan Sangat dalam atau mempelajari tentang Keajaiban tubuh manusia yang 2/3 nya adalah air, maka anda Pasti akan Setuju dengan pendapat Masaru Emoto. Wassalam

  90. 105 pemikir

    ehmmmm……
    Pada dasarnya tujuan semua agama itu baik dan benar. Sebenarnya menurut saya air itu berubah menjadi demikian karena adanya kemungkinan bahwa niat orang yang melakukan riset itu baik dan yang terbaca oleh air itu adalah niat dan seluruh yang bersifat tidak bisa diarti2kan.
    nah oleh karena itu walaupun mau dibacakan doa agama manapun kalau niatnya baik maka air itupun merespon dengan baik. Dan juga sebenarnya niat itu pun sebenarnya kemungkinan adalah hal2 ilmiah karena mungkin sebenarnya tidak ada yang tidak dapat dipecahkan caranya jika pada keadaan normal. Kan otak manusia itu cuma baru terpetakan sedikit kan(kalo uda expired, maaf). Jadi kita belum mengetahui kegunaan sisanya itu. Serta saya yakin hal2 yang bersifat mind atau not logic itu sebenarnya high level logic yang belum bisa dipecahkan dengan cara berpikir manusia saat ini.

    Trimz atas kesempatannya dan maaf kalau ada kata2 yang kurang berkenan.

  91. 106 Minoi

    Saya ga tau mana yang benar. Pak Masaru Emoto atau teman2 skalian. Karena saya masih menunggu penelitian yg lebih ilmiah.
    Allahu A’lam Bisshowab
    Tapi walaupun bgitu kita harus terus meneliti sbatas kemampuan kita.

  92. 107 Coey

    lantas apakah orang yang menganut agama sinto bkn hamba Allah..? banyak sekali ayat di dalam Alquran yang mengatakan bahwa diantara orang-orang yang diampuni dan mendapatkan berkah adalah orang-orang yang berhati bersih dan para ahli kitab.
    Bagaimana dengan kasus Paus Paulus Johanes II yang terlindungi dari tembakan jarak dekat yang diarahkan pada organ-organ vital beliau..? Menurut saya, kita tidak harus selalu terjebak dalam pemikiran-pemikiran yang sangat sektarian seperti itu, bukankah orang-orang beragama sinto juga hamba allah, dan allah sendiri tidak melakukan differensiasi apapun terhadap mereka…? Nabi SAW sendiri begitu menghormati para pemimpin agama majusi yang berkunjung kerumah beliau…
    kalau kita sudah terjebak dalam persektif antropomorfistik terhadap sosok tuhan maka kita memang kita akan selalu menganggap apa yang ada di luar dari kepercayaan kita adalah salah..
    Jadi sangat wajar kalo orang-orang yang beragama sinto dengan ketulusan hati yang sudah mencapai tahap akhir, doanya dikabulkan oleh Allah…
    Once more Bro… Baca Quran dengan ketulusan, jangan dengan sifat kesektariananmu, key…?

  93. You can scroll down the blog to read the previous days questions and answers. ,

  94. setuju dengan saudara coey….hati…yah…bersihkan hatimu….sedikit saja hatikita kotor Allah gak akan memasukkan kita ke dalam jannahNya…

  95. 110 Wibbyson

    menurut ku ada benernya.beberapa hal mungkin emang outta my mind tapi inti dari buku ini ya berdoa dulu sebelum minum…

  96. 111 indra

    nama nya doa kan bisa dari agama mana aja. kan maksudnya baik

  97. 112 pulung

    terima kasih atas info tentang penulis the power of water..
    saya sudah baca dari link dari anda.
    tapi saya kurang setuju jika hal ini dikaitkan dengan agama (agama yang anda yakini dan dia anut). saya juga muslim, tapi tolong jangan komentari penemuan dia (benar atau salahnya penemuan itu) dari segi agama. anda bisa bilang begitu karena anda yakin dengan agama anda, dia pun berpendapat sama tentang agamanya. sebenarnya intinya adalah bagaimana keyakinan dia untuk merubah zat air itu agar bisa berguna. saya tertarik pada bagian musik klasiknya bach bisa mengubah zat air. karena musik memang (masih) menyimpan ribuan misteri.
    terima kasih.

  98. 113 Kurniawan

    saya muslim. coba anda baca sirah tentang nabi dan bagaimana beliau membantu mengobati orang. Nabi Muhammad jik amengoabti seseorang itu dengan menggunakan air putih yang terlebih dahulu di bacakan doa. Walalhu a’lam apa yang terjadi dengan air itu tetapi memang berhasil. Saya sudah mempraktekannya dan saya juga melihat seorang habib, kyai, atau ustadz jika menyembuhkan orang dengan air doa.
    awal saya tidak yakin kalau saya bisa mempraktekannya dan saya kira hanya berlaku bagi orang2 ulama. tetapi ternyata hal itu berhasil, semua muslim bis alakukan asalkan kuncinya adalah keyakinan dan kepercayaan kalau Allah yang menyembuhkan dan menjadikan air itu sebagai obat. contoh beberapa kasus yang saya sudah alami:
    1. Kaki pasangan saya retak karena terkena pukulan baseball, di rontgen kata dokter singapur kemungkinan sembuh 50 % atau lumpuh dan kalau sembuh mungkin cacat. Saya konsultasi ke seorang habib, kata beliau pakai air doa yaitu air putih hangat yang sudah dibacakan surat yasin sehabis itu di rendam kakinya yang luka sambil di pijat pelan2, bismillah dan percaya insya Allah akan sembuh. pasangan saya mengoabti sendiri setiap hari sehabis sholat maghrib, alhamdulilllah dalam seminggu di periksa ke dokter dan kata dokter cuma bilang “ehm, kayanya minggu kemarin kami salah diagnosa, soalnya yang retak sudah tdk ada”. alhamdulillah berhasil.
    2. Ketika ada orang yang jahat berusaha hipnotis salah seorang keluarga saya, saya teringat air doa, saya ambil air hangat saya bacakan alfatihah 3x, lalu saya suruh minum, Baru minum setengah gelas dia merasakan sakit di kepala seolah2 ada yang melawan. saya suruh minum semuanya, sakit memang kepalanya tetapi selang beberapa menit kemudian sakitnya hilang dan pengaruh hipnotis juga hilang.
    3. teman saya sakit di kepala akibat sakit kankernya kambuh. saya cobakan air doa, saya ambil air hangat dan saya bacakan alfatihah 3x lalu saya basuh di tempat yang sakit sambil saya pijit pelan2 dengan air doa sambil saya membaca surat apa saja yang saya hapal dan diselingi dengan doa minta kesembuhan. sehabis itu nyerinya berkurang dan tidak separah sebelumnya.

    Jadi initinya, mengobati seseorang dengan air doa adalah seperti yang di contohkan Rasulullah. dan semua orang bis amengoabti tidak harus kyai atau habib asalakan dia yakin dan percaya bahw akebesaran Allah itu ada dan ALlah yang menjadikan seseorang sakit maka ALlah juga yang akan sembuhkan. asala jangan ada keraguan antara yang mengobati dan di obati insya Allah itu bekerja.

    Wallahu a’lam bish showab

  99. 114 Hendy

    MARI KITA TUTUP SEMUA RUMAH SAKIT. BERDOALAH SEMUA DAN MINUMLAH AIR YANG ANDA DOAKAN. ANDA PASTI SEMBUH, KARENA SEMBUH ITU PASTI DATANG KETIKA HEMBUSAN NAFAS TERAKHIR TIBA SAATNYA. ANPA PUN PASTI SEMBUH SELAMANYA

  100. 115 Hendy

    SCIENCE ITU ALAT PENGUJI KEBENARAN SUNNATULLAH DALAM BENTUK FATKA ALAM. DOA2 TIDAK BISA MEMBAWA MANUSIA KE BULAN, SEBERAPA YAKINNYA PUN ANDA.

  101. 116 kapri

    Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup.” (Q.S. Al Anbiya:30)

    Dalam kitab-kitab tafsir klasik, ayat tadi diartikan bahwa tanpa air semua akan mati kehausan. Tetapi di Jepang, Dr. Masaru Em oto dari Universitas Yokohama dengan tekun melakukan penelitian tentang perilaku air.

    Air murni dari mata air di Pulau Honshu didoakan secara agama Shinto, lalu didinginkan sampai -5oC di laboratorium, lantas difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi. Ternyata molekul air membentuk kristal segi enam yang indah. Percobaan diulangi dengan membacakan kata, “Arigato (terima kasih dalam bahasa Jepang)” di depan botol air tadi. Kristal kembali membentuk sangat indah. Lalu dicoba dengan menghadapkan tulisan huruf Jepang, “Arigato”. Kristal membentuk dengan keindahan yang sama. Selanjutnya ditunjukkan kata “setan”, kristal berbentuk buruk. Diputarkan musik Symphony Mozart, kristal muncul berbentuk bunga. Ketika musik heavy metal diperdengarkan, kristal hancur.

    Ketika 500 orang berkonsentrasi memusatkan pesan “peace” di depan sebotol air, kristal air tadi mengembang bercabang-cabang dengan indahnya. Dan ketika dicoba dibacakan doa Islam, kristal bersegi enam dengan lima cabang daun muncul berkilauan. Subhanallah.

    Dr. Emoto akhirnya berkeliling dunia melakukan percobaan dengan air di Swiss, Berlin, Prancis, Palestina, dan ia kemudian diundang ke Markas Besar PBB di New York untuk mempresentasikan temuannya pada bulan Maret 2005 lalu. Ternyata air bisa “mendengar” kata-kata, bisa “membaca” tulisan, dan bisa “mengerti” pesan. Dalam bukunya The Hidden Message in Water, Dr. Masaru Emoto menguraikan bahwa air bersifat bisa merekam pesan, seperti pita magnetik atau compact disk.

    Semakin kuat konsentrasi pemberi pesan, semakin dalam pesan tercetak di air. Air bisa mentransfer pesan tadi melalui molekul air yang lain. Barangkali temuan ini bisa menjelaskan, kenapa air putih yang didoakan bisa menyembuhkan si sakit. Dulu ini kita anggap musyrik, atau paling sedikit kita anggap sekadar sugesti, tetapi ternyata molekul air itu menangkap pesan doa kesembuhan, menyimpannya, lalu vibrasinya merambat kepada molekul air lain yang ada di tubuh si sakit.

    Tubuh manusia memang 75% terdiri atas air. Otak 74,5% air. Darah 82% air. Tulang yang keras pun mengandung 22% air. Air putih galon di rumah, bisa setiap hari didoakan dengan khusyu kepada Allah, agar anak yang meminumnya saleh, sehat, dan cerdas, dan agar suami yang meminum tetap setia. Air tadi akan berproses di tubuh meneruskan pesan kepada air di otak dan pembuluh darah. Dengan izin Allah, pesan tadi akan dilaksanakan tubuh tanpa kita sadari. Bila air minum di suatu kota didoakan dengan serius untuk kesalehan, insya Allah semua penduduk yang meminumnya akan menjadi baik dan tidak beringas.

    Rasulullah saw. bersabda, “Zamzam lima syuriba lahu”, “Air zamzam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya”. Barangsiapa minum supaya kenyang, dia akan kenyang. Barangsiapa minum untuk menyembuhkan sakit, dia akan sembuh. Subhanallah … Pantaslah air zamzam begitu berkhasiat karena dia menyimpan pesan doa jutaan manusia selama ribuan tahun sejak Nabi Ibrahim a.s.

    Bila kita renungkan berpuluh ayat Al Quran tentang air, kita akan tersentak bahwa Allah rupanya selalu menarik perhatian kita kepada air.

    Bahwa air tidak sekadar benda mati. Dia menyimpan kekuatan, daya rekam, daya penyembuh, dan sifat-sifat aneh lagi yang menunggu disingkap manusia. Islam adalah agama yang paling melekat dengan air. Shalat wajib perlu air wudlu 5 kali sehari. Habis bercampur, suami istri wajib mandi. Mati pun wajib dimandikan. Tidak ada agama lain yang menyuruh memandikan jenazah, malahan ada yang dibakar. Tetapi kita belum melakukan zikir air. Kita masih perlakukan air tanpa respek. Kita buang secara mubazir, bahkan kita cemari. Astaghfirullah.

    Seorang ilmuwan Jepang telah merintis. Ilmuwan muslim harus melanjutkan kajian kehidupan ini berdasarkan Al Quran dan hadis.

    Wallahu a’lam …

  102. 117 Kelik

    Masaru Emoto emang hebat..terserah dia orang mana..dan agamanya apa..
    membaca banyak komentar dan pendapat diatas saja..walaupun tidak terlihat tapi saya sudah bisa merasakan bahwa 80% lebih kristal air di tubuh saya terus berubah-ubah.. :)

    dan yang lebih penting buat saya..sekarang saya lebih menghargai air dan bumi ini..

    Salam Kenal buat semuanya :)

  103. 118 Kelik

    apalagi setelah beberapapa bulan terakhir ini saya bergelut di bidang penyembuhan dengan terapi air..
    saya sudah banyak membuktikan dari bebrapa teman dan orang-orang disekitar saya yang sembuh dari penyakitnya hanya dari air (tanpa magic atau mantra tanpa melihat agama dan bentuk ucapan doanya)

    dan hasil penelitian Emoto bagi saya sangat menguatkan

  104. Walaupun terdapat banyak skali kritikan negatif orang2 laen yang membantah,ttapi saya ttp prcaya ,mendukung serta berterima kasih trhadap prof masaru emoto, karna saya sendiri dan tmen2 skul minggu saya tlah mncoba prcobaan tersebut,dan ternyata apa yang dinyatakan adalah benar. Oleh karna itu,,bgi kwan2 skalian yg blum mncobain,silahkn mncobanya sblm memberikan kritikan tsb. ^^ dan saya yakin skali,dgn berdoa sesuai dgan agama yang kita anut masing2,yang penting dgan hati tulus pasti akan bsa terbukti kbenarannya. Bagi yang ingin menunggu kbenarannya,mngapa tdak saja membuktikannya sndiri? ttpi anda hrus mngikuti prosedurnya dgan bnar…dgan buah2an jg bs loh>…..yang1 dtempelkan sja kta2 yang baik yang 1lagi yang buruk.

  105. 120 aliyuddin

    saya malah sempet mikir, “pantesan air zam-zam kata Nabi gimana niat yang minumnya” karena memang genangan air yang ada di tanah haram (air zam-zam) selalau kena imbas kata-kata bagus, berupa puji-pujian orang haji kepada Allah swt..sehingga membuat kristal air itu menjadi bahan dasar bagi siapa saja yang meminumnya dengan mengawali berdo’a kepada Allah swt. kalau mitos di daerah saya, setiap ada orang pulang haji, pasti minta air zam-zamnya, biar pinter katanya…

  106. menarik sekali perdebatan pro dan kontra di atas..kesimpulan akhir masa sruldinazis apa nih?
    best regards
    abu dira syifa

  107. 122 Wawan

    Yang saya tangkap disini bukan masalah Syirik atau engga. Tapi doa, apapun bentuk dan bahasanya, adalah sebuah niatan baik untuk berkoneksi dengan semua mahluk hidup.
    Dan lagi menurut saya, semua yang diciptakan-Nya itu hidup. Apakah semua mahluk bisa hidup kalau bumi yang kita tempati tidak hidup. Coba manusia tinggal di planet lain, pasti ga bisa hidup.
    Damai dan Cinta, wassalam

  108. 123 A Friend

    Ada orang bijak yang mengatakan bahwa “Perbedaan antara orang yang sukses dan yang gagal adalah: Orang yang sukses selalu menemukan jawaban dari setiap permasalahan… Orang yang gagal selalu melihat permasalahan dari setiap jawaban.”

    Jika Anda melihat riset penemuan air ini adalah merupakan suatu permasalahan, maka permasalahanlah yang mungkin yang akan Anda dapatkan. Jika Anda bisa menemukan suatu makna yang sangat positif dan inspiratif, maka itulah yang bisa Anda dapatkan.

    Satu kebaikan bisa menetralisir banyak keburukan. Kebenaran mutlak ada pada Allah SWT karena hanya Dia lah yang MAHA TAHU dan MAHA BENAR . Oleh karena itu mintalah pentunjuk kebenaran pada-Nya. Sesungguhnya mempergunjingkan, tuding menuding itu dosa, apalagi saling mempergunjingkan, saling fitnah yang penuh dengan Prasangka Negatif. Apa kata dunia???

    Bercerminlah pada diri sendiri, maka Anda bisa mengetahui siapa diri Anda yang sesungguhnya.

    PEACE…

    A Friend

  109. 124 toto prabowo

    Buat yang nulis…. mestinya anda malah teliti….. sehingga bilabenar akan bermanfaat bagi semua… dan pengertian syirik menjadi jelas. Jangan-jangan karena ilmunya gak di kuasai apa-apa dianggap syirik. Padahal banyak para kyai yang menggunakan media air untuk pengobatan. Anda terlalu percaya pada obat karena ilmiahnya bisa anda mengerti tanpa bersandar bahwa obat juga ilmu Allah dan semua karena Allahpun berbahaya. Saran saya telitilah…. dan pelajari bagaimana kekuatan doa, wirid dsb.
    Kalau benar kapan anda meminta maaf pada yang meneliti….
    terima kasih

  110. 125 bower

    hebbbbbbbbbaat,, bner2 hebattt dungunya si kitikus ini..

  111. 126 air

    air diciptakan tuhan u/ tidak mengenal sara, walau musrik tapi informasi yang disampaikan positif jadi tetap didengar oleh air, air sendiri walau dikatakan hidup tapikan tidak seperti manusia yang berakal, jadi tidak bisa memilih dan memilah mana yang musrik atau tidak, ini murni sains bukan masalah agama, walau ada korelasinya dengan agama…saya sangat percaya akan temuan dr. emoto, karena ada korelasinya dengan agama yang kita yakini, yaitu islam….

  112. 127 air

    bener banget emang dungu yang kritik ini…..

  113. 128 Yoyosakiyo

    Masalah air di beri do’a dan untuk penyembuahan lalu si sakit bisa sembuh, itu semata mata karena ijin Allah, jadi Allah lah yang memberi kesembuhan, air hanya sarana. bukankah Nabi sendiri pernah memberikan air yang di kasih Do’a lalu si sahabat suruh meminumnya?

  114. 129 iCha

    heboh yaaa…

    da yg bisa bantu saiia,,
    bikin essay mengenai the benefits of water….

    thankz…

  115. 130 Chippy

    Apakah penulis blog ini tau apa artinya “shinto” itu ??

  116. 131 Chippy

    Dalam kepercayaan agama shinto setiap benda itu baik yg hidup & tak hidup punya “kami” alias jiwa & cara peribadatan shinto itu mirip islam ada wudhunya juga.

  117. penciptaan Allah kalo smakin di teliti dan dikaji maka kita smakin terpukau dan tercengang di buatnya mangkanya jangan jauh 2x dari Allah yang menciptakannya.sekian dari saya terima kasih wasalam

  118. 133 Luthfiyah dyaka

    I say that we can despite this topic become 2 viewpoint ; from religion and sains.
    I think from sains view,,this topis can donate new dicovery of our world.
    but..from religion point,,this point has to test again about it’s truth.
    for example,, we can do the research that Mr. Emoto do.
    thanks to read ;)

  119. 134 eko

    kalo menurut saya,bapak emoto bisa sebagai refrensi saja,kita bebas mengemukakan pendapat,tapi yg kurang kita sadari adalah,air doa itu kita yg tahu,tapi sering dan tiap kali kita pungkiri itu hal musrik ato menyekutukan ALLAH,padahal yg kita doakan adalah suatu pinta kepada NYA,dengan mediator doa.dan saat orang lain menyatakan air yg di doakan bermanfaat kita merasa bingung tentang hasil ato tesis mereka.tak bermaksut apa2,tapi air bereaksi pada bahasa apa saja,yg dia kenal cuma kata2 BAIK,dan BURUK,dan untuk sah ato tidaknya bahasa si pendoa,tapi intinya,dalam doa itu kita percaya.
    maaf jika ada salah kata dari saya,salam damai indonesia,,,

  120. klo saya berpikir, semua itu berdasar respon sekitar saja mas.. respon nya.. positif apa negatif.. cuma itu :)

  121. 136 Joe Gorontalo

    asalamu alaikum
    sudaraku benar apa yang di katakan kita harus telitikembali kebenaran temuan dr emoto
    …..
    diluar dari ini semua sy ingin berbagi….
    Air adalah nikmat ALLAH yang sangat sangat besar bagi mahluk hidup utamanya manusia

    Kita berasal dari Air…
    saat kita bayi 60-70an % tubuh kita adalah AIR
    saat dewasa tua 50-60% tubuh kita adalah AIR

    Jadi TUBUH kita di KUasai Oleh AIR…..

    Jika Kita Semua mengetahui HAKIKATNYA AIR ( asal muasal ALLAH menciptakan AIR) ….. Subahanallah Anda tidak akan memperdebatkan masallah ini….

    jadi hal positif yang saya ingin sampaikan……
    AIr Menguasai sebagian besar tubuh kita ……

    Bacallah Basmallah ke AIR minta ke dia Apa Yang kamu inginkan…….
    mis: ya air bersihkanlah tubuhku dari zat2 yang tidak berguna….hingga aku tidak mengalami sakit (mis kolesterol tinggi)……

    Masih banyak lagi yang dapat dilakukan dengan AIR

    Air diciptakan untuk melayani kita….(Khalifa) kita dapat menunduknya karena dia diciptakan untuk melayani kita … dan dia akan melayani kita bila kita memperlakukanya sebaik2 tujuanya untuk kita….

    jadi diteliti at tidak secara ilmiah ttg AIR….. dia adalah rahasia ALLAH dan hanya di perkenalkan kepada umat2 yang ingin mengenalnya … wasalam

  122. 137 agus

    penelitiin ini sah2 sj…kt ga da yg dirugikan…
    kita ini mahluk tuhan, sm dmata tuhan…. km blng orang lain irik, mank km pa? mulia? nilai diri km sndri sblum mnilai orang….. orang dikatakan mempunyai nilai kalo dy mhasilkan sesuatu berguna buat orang lain….

  123. 138 azis tidak gagap

    dari pada saling mengkritik lebih baik kita buktikan saja hasil penelitian tersebut degan eksperimen sendiri, kan ada metode ilmiah yg bisa digunakan, sehingga tdk timbul fitnah, juga data fiktif, mungkin langkah awal adalah membaca buku The True Power of Water, kemudian membuat eksperimen. jadi yg belum baca bukunya, ya maaf aja. saya teringat kisah pada zama rasulullak SAW ketika itu beliau membacakan beberapa ayat Al Qur’an kemudian meniupkan ke air minum untuk orang yg sedang sakit.

  124. Memamg bnar harus d bktkan dlu tapi setiap sswtu tu kan g diem sya sendiri brfikir setiap benda tu mengeluarkan getaran positif trgantung kta maw nerima taw ngak, bknkah ktka brdoa mnybut asma Allah sblum minim/mkan kta mengeluarkan energi postif tuk menymprnakan atau menghilangkan sswtu zat yg mmbahayakan dari mknn trsbut , sbnarnya air yg d doakan dgn cara agma shinto intinya dia brdoaa ke sswtu yang mmliki kkuatan trtinggi , bknkah Allah smbr dan kkatan trtinggi ?? kalau Pak Masaru bnar bknkah kta jadi tau dan lbh mdah brkmnikasi dgn alam ,kalau kta paham akan ciptaan-Nya bknkah kta paham akan kkwtan Allah !!

  125. 140 putra

    koq masih ada ya orang guuuuuuuuuoblok sperti yg mengkritik masaru emoto………
    ya mungkin inilah diantara orang2 yg masih ditutup hatinya ma Allah.

  126. 141 watt

    assalamu’alaikum wr wb. mohon maaf sebelumnya, mungkin apa yg dimaksud oleh penulis artikel adalah bukan dari sisi spiritual-nya, tp lebih ke sisi science-nya. secara spiritual memang sudah tidak terbantahkan lagi bahwa air itu memang sangat bermanfaat dan bisa menyembuhkan, dll. tetapi mungkin yang dimaksud oleh saudara penulis adalah, Mr.Emoto seperti bersifat memaksa untuk meyakinkan para pembaca bukunya, -bahwa air itu bermanfaat- lewat penelitian2nya. entah melebih2kan atau mengurang2kan hasil penelitiannya. wallahualam. maaf jika saya berprasangka. kepada Allah swt saya mohon ampun. kepada penulis, mohon lain kali untuk tidak menggunakan kata2 yg memprovokasi agar ummah tidak terpancing emosinya. afterall, kita patut menghargai karya siapapun, termasuk beliau ini. wassalam.

  127. 142 novandi

    menurut saya,
    penemuan DR.MASARU EMOTO, adalah bukti sinergi antara alam dan manusia,
    bahkan alam beri respon terhadap positif / negatif nya gelombang “perasaan” kita,
    dan adanya sinergi ini, adalah bukti kesempurnaan sang pencipta,

    dengan tidak menerima fenomena ini, maka, secara :
    “vertikal”, : anda telah merendahkan kemampuan Tuhan tuk berkreasi sempurna,
    “horizontal” : anda telah merendahkan hakikat “kemampuan” manusia, yg diberikan Plengkap oleh sang pencipta,

    manusia satu2x nya mahluk yg diciptakan lengkap dan mulia, 1 tingkat dibawah sang pencipta (dibanding mahluk lain),

    hanya saja , semakin jaman, kualitas mulia manusia semakin drop, sangat rendah dan negativ, mendekati kualitas mahluk lain bahkan ada yg seperti binatang…., buas…., saling memangsa……, membunuh dengan brutal…., malah ada pula yg membawa alasan2x agama, …sudahhhh, sangaaat rendahhhh….

    sesuai dengan perasaan mayoritas yg dipancarkan manusia..
    maka alam pun merespon, (ingat…alam bersinergi denga manusia..) alam memberi respon negativ (buruk), dan bencanapun berdatangan,

    makaaa……. jangan memupuk, rasa negativ, membenci mahluk (manusia) lain, dengan alasan apapun, termasuk perbedaan agama….

    mari semua kita…… suburkan rasa kasih terhadap sesama, supaya dunia lebih indah baik, dan damai

    “SAYANGILAH MUSUHMU….”
    SBAB JIKA KAMU HANYA MENYAYANGI ORANG YG MENYAYANGIMU…..
    LALU APA UPAHMU……..?

  128. 143 Mohammad Frisma Suganda

    Assalamu’alaykum
    mari kita tanggapi perbedaan secara ilmiah
    1). penelitian Dr. Masaru Emoto membuktikan bahwa air terpengaruhi oleh suasana sekitar. bila ada yang tidak percaya dengan penelitian ini, mohon dibuktikan secara ilmiah jangan saling menyalahkan dengan omongan aja. itu tidak ilmiah karena klo baca dari buku untuk menyalahkan Dr. Masaru Emoto bisa juga buku yang menjadi referensi untuk menyalahkan Dr. Masaru Emoto salah. jadi harus ada pembuktian secara experimental (setuju dengan respon edo [respon no.52]).
    2). bukti alam itu merupakan tanda2 kekuasaan Allah dan bukan berarti semua dapat dibuktikan sekarang.
    3). jangan seenaknya menjelekkan (misal tentang masaru emoto mendapatkan gelar doktornya [dalam bidang pengobatan alternatif] dari sebuah universitas terbuka di India yg TIDAK TERAKREDITASI) karena Allah tidak menyukai ucapan yang buruk sebagaimana yg diterangkan pada QS. An Nisaa’ ayat 148 dan Al Hujuraat ayat 11.
    4). saya tidak tahu apakah Dr. Masaru Emoto itu agama apa, tapi yang jelas penelitiannya dapat dijadikan referensi untuk penelitian lebih lanjut.
    5). Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada setiap makhluknya sehingga meskipun makhluknya bukan seorang muslim (Dr. Masaru Emoto juga makhluknya Allah lho).
    6). dalam hadist juga disebutkan bahwa Rosulullah pernah mengobati penyakit dengan air dan juga tentang orang saat meminum air Zam zam yang insya Allah terkabul sesuai doanya(maap, lupa perawinya tapi insya Allah hadist shohih). jadi hasil experiment Dr. Masaru Emoto juga dapat menjelaskan hal diatas. (respon dari dody no.80 juga bisa jadi pembelajaran).
    7). mungkin percobaan dari Hery (respon no. 83) bisa dicoba dan untuk respon no.87 dari aran hakeem tolong diberikan link tentan penelitiap LAPAN.
    8). khusus untuk Deddy Wahyu Wijaya (respon no.88) saya belum belajar fisika quantum secara mendalam, mungkin bisa dijelaskan lewat web atau blog agar semua tahu

    Maaf apabila respon saya salah, karena yang hak itu hanya milik Allah. saya hanya makhlukNya yang banyak salah
    mudah2an kita selalu diberi petunjuk oleh-Nya

    wallahu ‘alam

    Wassalam

  129. sebenarnya kalau kita mau menyadari bahwa sesungguhnya air itu mengerti bahasa program yg dibuat oleh allah.jadi walaupun didoakan dengan bahasa apapun dan oleh agama apapun walaupun doa itu baik ataupun buruk.tetap bisa direspon oleh air.seperti dalam qur’an:guruh bertasbih,gunung bertasbih dsbnya,tetapi manusia tidak tahu tasbih mereka.sedangkan mengenai bentuk yg heksagonal itu juga merupakanbentuk program dari proses asalusul kejadian alam semesta yg terjadi selama enam masa.

  130. 145 emir taufik

    Itu artinya,air itu merespon sesuai dengan isi hati kita,kalo pesan ke air marah marah,pasti hasilnya jelek dan sebaliknya.Dan menurut saya hasil penelitian itu universal,ga ada hubungannya sama agama.Apa menurut anda puasa dan berdoa itu budaya Islam?ngga,kan…

    Mengenai hasil penelitian air yg telah didoakan secara shinto hasilnya bagus,trus anda merespon secara agama ala FPI? ya,gimana kita mau maju,khususnya umat Islam?Akan lebih bagus kalo didoakan secara agama anda,ya kan? gitu aja repot.

    Artinya kalo ada orang sakit trus disembuhkan dg cara minum air yg didoakan,kaitannya dengan penelitian Dr.Masaru Emoto, ya berarti ada logika dan rasional,jadi menepis anggapan cara itu bidáh dan musyrik.

    Makanya umat Islam itu harus berilmu dan luas wawasannya agar tidak seperti katak dalam tempurung,dan harus bisa melogikakan agama agar umat tahu setiap ayat yg tersirat dengan jelas dan jangan mengagamakan logika yg membuat umat jadi sempit wawasannya.

    • 146 fahmi

      SETUJU…!!!
      dia udah jelasin di dalam bukunya, kalau air itu bereaksi terhadap kata atau kalimat-kalimat dalam segala bahasa….

      kristal air akan berubah indah jika kita ucapkan kata-kata positif seperti: syukur, kebahagiaan, kerukunan, kedamaian, cinta, rindu kasih sayang, dll

      tapi sebaliknya, kristal air bentuknya akan berubah menjadi buruk atau bahkan sangat mengerikan jika kita ucapkan kata-kata negatif seperti: permusuhan, kebencian, dendam, kesedihan, malapetaka, setan, dll

      jadi kesimpulannya….
      harusnya teori kristal air ini TIDAK PERLU DIPERDEBATKAN, terbukti atau tidaknya teori ini, terserah mau percaya atau tidak,

      maksud dan tujuan MASARU EMOTO itu baik, yaitu MENGAJARKAN SEMUA ORANG UNTUK BERTUTUR KATA YANG POSITIF, SOPAN, HALUS, DAN TERHORMAT SEPERTI LAYAKNYA MANUSIA….

      mungkin dia prihatin melihat masyarakat dunia yang gemar berkata negatif, saling menghujat, menjatuhkan, membenci, dan memprovokasi…!!! MAKANYA DIA BIKIN TEORI KAYA GINI BIAR SEMUA ORANG PADA POSITIF THINKING..!!!

  131. Yg jelas aku SETUJU dgn kutipan surah Al Hujurat diatas.

  132. 148 johna

    sebenarnya bkn mslh yg berdoanya dalam agama apa.tpi isi dan kata2 dari doa itu sendiri yang berpengaruh terhadap kristal air ini sendiri. .klo doa dlm agama shinto itu berisikan kata2 yg jelek maka kristal airnya pun jelek.jadi bkn menitik beratkan pada agama. dan penelitian ini tidak berkesan memaksa karena ia hanya menjalankan haknya sebagai penemu.menyebarkan suatu ilmu baru yang sesuai faktanya.toh sudah ada bukti dan percobaanya.ketahuilah masih banyak ilmu dialam yang lebih dasyat dari pada ini yang blm kita ketahui

  133. 149 johna

    dan sebaiknya juga kita belajar dari penelitian ini.bila kita beragama apapun bila doa kita isinya jelek juga berpengaruh terhadap kristal air yang ada di dalam tubuh kita sendiri. karena komponen terbanyak di tubuh kita adalah air.

  134. 150 Ali Husein

    > Seorang penemu bola lampu aja ga lulus SD (T.A.Edison).
    > Cek & Ricek sangat diperlukan.
    > Doa bagi umat agama lain didefinisikan sebagai kata2 baik.
    > Kita memang dibiasakan mudah mengorek2 (mengkritik) kekurangan orang lain daripada kelebihannya.
    > Alangkah lebih baiknya, di negara kita digerakkan untuk meneliti tentang pengaruh kata2 baik (positive mind power) tehadap likuid (air, darah, dsb), sehingga umat Islam tidak dikenal hanya sebagai orang yang suka mengkritik/mengorek2 latar belakang seseorang.
    > Bukankah kita disuruh menyebarkan agama kita dengan hikmah, bukan dengan ketegangan.

  135. tapi saya percaya kata2 dukungan, positif lebih berdampak daripada kata maki dan hinaan.

  136. penulis blog ini orang negatif, hehe

  137. Waahhh…sepertinya anda kewalahan utk membalas pendapat forum ya, sampai2 anda ngga bisa membalas lg. Makanya, hal seperti ini bukan utk diperdebatkan, apalagi “mengajak” org utk sependapat dgn anda, tapi lebih kpd untuk ambil hikmahnya saja terlepas itu benar atau tidak (karena anda sendiri harus menguji sendiri kebenaranya). Bagi saya itu hal yg bisa dianggap benar, karena perkataan punya KUASA..

  138. dari taon 2007 ampe 2011, diskusi tentang penemuan masaru masih hidup… ck..ck..

  139. im tidak yakin bahwa informasi ini menceritakan statistik yang tepat tentang tindakan air. tetapi penelitian yang diberikan mungkin timbul begitu banyak pertanyaan.

  140. 156 sains (acen)

    LEBIH BAIK KALIAN SEMUA BACA BUKUNYA DULU….KOK BISA SUDAH MENGAMBIL SEBUAH KESIMPULAN DAN MENCERNA HANYA DENGAN MELIHAT SEPINTAS….ITU NAMANYA PREMATURE JUDGEMENT GUYS……

  141. 157 Mas Eddy Sugianto

    kalau memang tidak setuju dg dr masaru, ya harus dengan bukti yang obyektif dari penelitian juga dong…. bukan main fitnah gitu……….

  142. 158 pankuners

    apa hubungan dia kuliah di tempat yg tidak terakreditasi?
    untuk (al-Hujurat : 6) …apa anda sudah melakukan penelitian yg serupa untuk menepis bahwa teorinya dia salah? jangan cuma browsing sana sini.konten yg kita dapet di internet juga belom tentu benar semua mas.anak SD juga bisa klo nyari bantahan kaya gitu. apa benar shinto itu berisi aura negatif? jgn asal ceplas ceplos oi!
    semua agama itu sama..tujuannya ketuhan! cuma jalannya yg & caranya berbeda beda.!

  143. Walaupun komen saya ini terlambat bbrp thn, mungkin temuan Pak Masaru Emoto dapat kita jadikan titik pangkal perkembangan ilmu dalam upaya mengungkap suatu ucapan atau sumber bunyi yg dapat ditangkap oleh benda atau air. Sebab telah melakukan penelitian tentang perilaku air dan berhasil. Mungkin saja Masaru Emoto telah mendapat tekanan & kritikan agar hasil penelitiannya tidak berkembang. Saya ingat suatu hasil temuan di Amerika antara dekade di thn 1960an ada yang menemukan suara yg mengendap di langit, stlh diadakan penelitian adalah suara-2 di jaman Nabi Muhammad saw. Kemudian temuan tsb tidak lagi dipublikasikan, barangkali banyak klangan yg takut atas kebenaran Islam akan terbukti dgn dukungan saint atau temuan2. TKS

  144. open our mind…

  145. 161 gensai

    halah loe aja yg goblok… emang agama loe aja yg benar…. go to hell !!

  146. 162 anti monoisme

    gw tw knpa diprotes. karena Emoto bukan muslim. Seandainya dia muslim dan air itu dri arab(zam-zam) lalu didoakan secara islam pasti rata-rata islam ga akan protes :D
    bilang agama Shinto syirik lagi. dasar mau menang sendiri.

  147. menurut saya apa yang dilakukan Masaru Emoto, belum bisa dibilang sains…
    ini mah sesuatu yang Ghaib…

  148. 164 zainal

    terlepas dari betul tidaknya hasil penelitian pa masaru…sy yakin …bukan hnya unsur spt air sj yg dpt berubah apabila disebutkan kalimat + ataupun -…semua ciptaan ALLAH pasti akan mengalami perubahan pula …sesuai unsurnya apabl mendapat perlakuan serupa

  149. Bo’ongan tuh :) rekayasa fotonya.

    salam

    Yanty – Baju Anak

  150. 166 zainuri

    apa yang dikisahkan Masaru layak untuk kita apresiasi, sebab alam, apalagi air memang bekomunikasi dengan manusia, hanya kita kadang tidak mampu menangkap bahasa mereka

  151. 167 My Twitter : @tiaachrisma

    saya bingung masih.
    tapi coba lihat http://id-id.facebook.com/notes/semesta-bertasbih/anda-adalah-apa-yang-anda-pikirkan/164867050194308

  152. 168 nantuo

    Bagi yang belum mengenal sepenuhnya, lebih baik tdk berkomentar. Apalago bagi yang hanya melihat dari satu aspek (kaca mata kuda), sdh brani komen positif atau negatif. Jangan terlalu cepat memberikan vonis kpd penemuan orang lain. Jangan pula sok saintis pingin tahu data ilmiah, atau juga jangan sok religistis lalu mengesampingkan aspek lain. Ya, sungguh banyak aspek yang belum kita kenal. Makanya pelajari segala sesuatu itu dengan ilmu yang tepat, sehingga “kebenaran” akan terlihatbersamanya.

  153. 169 setiawan

    ambil efek positifnya aja!, kan baik kalo kita diminta selalu senyum, mendoakan, berkata baik penuh cinta-kasih!!!!,…..itu pesannya!!!!

  154. 170 setiawan

    pada mas asrul: kami sekolah kedokteran 6 tahun, spesialisasi 4 tahun!!!, setiap hari dipenuhi dengan diskusi dan presentasi ilmiah!, maaf kalo dengan sepenuh hati kami PERCAYA hasil penelitian ini,…. bismillah!!!!

  155. 171 Endy Sunoto

    Sudah terbukti bahwa doa semua agama meninggalkan sebuah bekas pola keindahan di dalam kristal air. Artinya adalah semua agama itu baik, positif dan benar. Yang salah dan sesat biasanya adalah umat yang tidak memahami secara benar apa yang diajarkan agama, sehingga dia menghina dan merendahkan umat lain. Anda bisa mencobanya sendiri dirumah memakai kata positif ataupun kata negatif. Bisa di Buktikan sendiri (http://www.triagung.com/belajar-dari-masaru-emoto-dan-air-kristalnya/)

  156. 172 Endy Sunoto

    Hati hati kalau nulis. Agama Shinto adalah agama Buddha, sedangkan agama Buddha telah mendapatkan penghargaan sebagai Agama Terbaik dunia oleh (Geneva-based International Coalition for the Advancement of Religious and Spirituality- ICARUS) yang beranggotakan 200 pemuka agama dari seluruh dunia, dan anggota Buddhis adalah minoritas. Tetapi mereka memilih Agama Buddha sebagai yang terbaik.

    Referensi: Google
    Keyword: The Geneva-based International Coalition for the Advancement of Religious and Spirituality (ICARUS)

    • Agama bukan soal reputasi Mas Endy, bkn pula soal voting tp soal ajaran dan pelaksanaan utk membuat kita manusia menjadi manusia yg lbh baik lagi baik dalam segi spiritual dll.

      Maafkanlah penulis, byk yg salah faham soal beragama, demikian pulu kesalahfahaman non muslim terhadap Islam, lantaran eksploitasi soal terrorist yg seolah2 hanyalah/semuanya muslim padahal ada juga terrorist Nasrani, Yahudi, Hindu bahkan Buddhis sekalipun, disinilah kt ummat harus bercermin & kembali mempelajari kitabnya masing2 dgn hati yg jernih, jauh dr bias pandangan yg dipengaruhi media semata.

      http://en.wikipedia.org/wiki/Religious_terrorism

  157. 174 iqbaql

    yang jelas, dia mengajarkan hal yang postitf, untuk selalu berkata yang baik .
    jadi, entah benar atau tidaknya penelitian itu, g usah pada menghujat mencela dan menjatuhkan, ambil sisi positifnya aja ^^

  158. 175 cherry

    ambil positifnya ja dunk mas arul…
    jgn asal menuding org lain tidak benar,lalu merasa diri paling benar…
    islam tdk mengajarkan itu kan…
    >,<=

  159. apakah kalian semua percaya dengan kekuatan air?
    visit to http://duniaaaqu.wordpress.com

  160. 177 Mohamad Effendy

    Penelitian Masaru Emoto hanya membuktikan bhw semua itu adalah hidup dan segalanya itu mempunyai POWER, itu semua baru ciptaan Allah SWT, dgn bukti itu pulalah menujukkan kebeneran dlm Al Qur’an bhw Allah SWT itu MAHA ATAS SEGALA SESUATU CIPTAANYA, jadi alangkah baiknya “JANGAN” / “TIDAK” / “PICIK” memnyimaknya dari sudut yg SGT AMAT SEMPIT sahaja, silahkan dipahami lagi dgn hati dan pikirn yg “BENING”

  161. Saudara-i-ku semuslim, ingatlah “Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada yang tidak Kami ceritakan kepadamu.” (QS. Al-Mu’min 40:78)

    Berhati-hatilah dlm mengomentari Agama selain Islam, krn sesungguhnya byk Rasul AS sblm Nabi SAW, demikian pula ummat/sisa ummat para utusan tersebut, ajaran mereka benar {krn berasal dr Allah jg}, syariatnya mmg ada perbedaan tp dasar dr agama tersebut sama {monotheis},hanya saja tafsiran ummatnya yg belakangan byk yg melenceng bahkan ada isi kitabnya yg dirubah2 kalimatnya, tp apa gara2 itu lantas kt berani bilang Agama mrk itu salah? ajarannya sesat? bahkan mencacinya? istighfar, berdo’alah utk sesama muslim & do’akan pula ummat lainnya agar kita sama2 kembali ke jalan yg lurus, menyembah-NYA dgn semestinya.

  162. Saya sangat setuju apa yang disampaikan sdr Fahmi dan Novandi juga Muhamad Frisma Suganda, mengapa ? mari senantiasa berpikir positip, pengkritik sebaiknya bertemu dengan masaru sambil menunjukan hasil pembuktian penelitiannya yang menyatakan Masaru salah, jangan cuma baca pendapat orang lantas serta merta menghakimi, Masaru jelas sekali memberi contoh jika kata kata kotor, cacian, makian yang keluar dari mulut kita yang berasal dari hati dan pikiraqn kita pasti akan membuat tubuh kita tidak sehat, tapi bagaimana jika melantunkan doa, pujian, senyum, suka cita, ucapan ucapan kebahagiaan niscaya tubuh kita akan Fress, sehat, bugar

  163. 180 elli fadly

    good job for mas Arul. Banyak yg komen berarti banyak yg belajar. Semoga bernilai pahala disisi Allah. Sy harap kita semua dapat menghargai karya M.Emoto yg tlah bekerja di dunia sains meski bukan saintis. Motivasi bagi saya pribadi untuk memanfaatkan skill sainsq. terima kasih juga Mas Arul yg dengannya kita terlibat tukar pikiran.

  164. dari sekian komentar, antara yang setuju atau menyangkal penelitian Ommm Emato. jadi saya teringat pada perkataan yusuf kala……..
    yang komentar baik maupum buruk sama-sama mengiklankan….maka jangan heran jika Emato dan jepangnya jadi terkenal

  165. 182 abu hanifah

    Saya kira yang tidak disukai oleh mereka yang mengkritik penelitian ilmiah Masaru Emoto ini karena dia menempatkan molekul air zam-zam sebagai yang terindah dan bercahaya.

    Mereka kecewa dengan hasil penelitian ilmiah Masaru Emoto ini karena penelitianya membuktikan kesucian air zam-zam.

  166. 183 ILMA

    Asswrwr

    Saya lebih memandang dari sisi non ilmiahnya, bukan bermaksud mengesampingkan teknik penelitian yg dilakukan Masaru Emoto apakah sesuai atau tidak.
    Yang saya pelajari dari buku2 beliau adalah cara pandang saya terhadap benda makhluk ciptaan Tuhan yaitu air. Hebatnya, air mempunyai molekul yg bisa bereaksi dengan suara2 yg dihasilkan alam semesta. Segala hal yang bersifat positif dan negatif akan menghasilkan reaksi dan refleksi yg berbeda.
    Perlu kita ingat bahwa Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan kandungan terbesar berupa air (hampir 70%). Betapa baiknya bila pemahaman tentang air dr buku Masaru Emoto kita terapkan dlm diri kita, anak kita dan semua makhluk Allah SWT. Yaitu dengan berfikiran dan bertutur kata positif. Saya yakin akan melihat suatu refleksi yg membuat anda takjub. coba terapkan kepada minimal keluarga anda. Subhanallah…itulah ungkapan sy ketika menyadari dan menerapkan kepada anak saya tentang hal ini.
    Memang dalam membaca buku, akan muncul kesimpulan dan penafsiran yg berbeda2 terhadap buku yang sama. Mungkin anda menafsirkan buku ini kepada “kesyirikan” terhadap Allah SWT. Tentu bila kita menempatkan “air’ sebagai penyembuh segala penyakit, padahal sebenarnya adalah “perantara penyembuhan segala penyakit”. Hal ini juga akan berlaku sama, jika kita menganggap “obat” sebagai penyembuh segala penyakit. Kita melupakan satu hal, bahwa air, obat (contoh saja) adalah beberapa perantara Allah untuk menyembuhkan kita dr segala penyakit.

    Untuk itulah perlu melihat segala hal dr beberapa sisi, dan akan lebih baik bila kita mengambil sisi positifnya dan menghilangkan sisi negatifnya.

    Saya yakin anda, dan beberapa teman anda yg kontra dengan buku ini adalah orang yang terpelajar. Anda sendiri menyebutkan bahwa salah satu teman anda sedang menjalankan studi di Jepang. Dari situ saya beranggapan bahwa, tentulah orang terpelajar seperti anda lebih bisa menilai segala sesuatu dari segala sisi, lebih baik dari saya yg hanya seorang ibu rumah tangga. Saya yakin anda lebih bisa memilah kebaikan dr setiap buku / ilmu yang baru / sedang kita peroleh. Dan mengambil sisi positif terhadap ilmu tersebut untuk kita terapkan di kehidupan kita dlm rangka menjadikan manusia sebagai hamba Allah SWT yang rahmatan lil alamin.

    Meluapkan kritikan memang hak setiap orang. Akan lebih baik bila kritik tersebut dapat memberi nilai tambah bagi orang yg dikritik. dan menjadi pelajaran bagi kita, bahwa setiap ilmu itu bermanfaat.

    Inti dari buku ini adalah cara pandang. Saya berharap, walau anda dan teman2 telah mengkritik buku Masaru Emoto, setidaknya anda mendapat sesuatu dari buku ini. Yaitu CARA PANDANG HIDUP POSITIF.

    Selamat belajar, selamat mericek kembali, jangan lupa untuk di posting tentang hasil2 riceknya, sebagai bahan saya untuk menjadi ibu yang lebih baik bagi anak2 saya. Aamiin

    Semoga kita semua menjadi orang yang lebih baik, dan menjadi hambaNya yang rahmatan lil alamin.

    Wassalam

  167. betul…betul…sya setuju….
    so…otak kanan qta….kdu harus… jalan….selain otak kiri qta…dalam membaca bku tersebt…

  168. 185 Dhini

    Saya hanya ingin menyampaikan, sebagai praktisi “brain enpowerment” saya melihat hubungan yang kuat antara afirmasi positif dengan otak manusia yang mengendalikan seluruh fungsi tubuh manusia. Dan hanya dengan mendengar kalimat-kalimat yang positif, atau bahkan hanya berpikir sesuatu yang positif, seseorang dapat merasakan respon yang kuat terjadi di setiap sel tubuh mereka. Tubuh merespon apapun, yang ada dalam kendali pikiran. Air tidak merespon kata atau kalimat, air merespon esensi yang ada dalam kepala masing-masing orang, yang dikirimkan via gelombang (energy), seisi alam semesta berkomuniskasi satu dengan lainnya. Karena everything is energy. Energy mengerti bahasa universal energy. Itulah ilmu, Seharusnya ilmu digunakan untuk lebih meninggikan surga, karena semakin kita terkagum-kagum dengan kekuasaan Sang Pencipta.

  169. 186 wiyanto

    sudahlah gak usah bertengkar tentang air apalagi air dihubungkan sama agama tertentu. kalau haus ya tinggal minum aja. gak perlulah pakai fanatik agama tertentu. kita hidup di indonesia sudah susah, mana bbm mau naik, pajak dikorupsi, kekerasan dimanamana…. sudahlah.. jgn ditambahi lagi keruwetan ini

  170. innamal amalu binniyat………..

    yang menciptakan bahasa siapa?

    yang menciptakan respon siapa???

    beda bahasa beda penerapan tapi sama makna…….

    setiap kebaikan kan dibalas setimpal. itu hukum alam air cuma gambaran bahwa kecil itu juga bereaksi. tak teraba bukan berarti tak ada.

  171. Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun”. (Al-Qur’an Surat Al-Israa’ [17] ayat 44).
    Mestinya seorang muslim yg sangat tertarik dengan masalah-masalah ilmiah seperti yang di lakukan Masaru Emoto juga melakukan penelitian yang sama untuk membuktikan kebenarannya. Bukan cumanya bisa mengkritik comot kata orang sana-sini. Ayat di atas menggambarkan semua makhluk bertasbih memuji Allah, tapi kita yang tidak mengerti cara mereka bertasbih. Mau itu benda hidup atau benda mati dalam persepsi kita hari ini.

  172. 189 sitem

    Gek jotos jotosan kunu…..
    ngen seru.hahahaha

  173. http://is-masaru-emoto-for-real.com/ Ini salah satu contoh mengkritik secara ilmiah

  174. 191 mualaf

    Memang kebaikan hanya berasal dari Islam..? memang tidak ada kebajikan yang datang dari keyakinan lain..

    Dasar otak muslim rasis..!

  175. 192 Inspire

    HAHAHAHAHAHA…… sidik jari setiap orang berbeda… pastinya isi otakpun berbeda…. Sesuatu yg sangat menggelikan buat saya membaca komentar2 pro kontra. Tapi ujung2nya muter-muter aja disitu… Sepertinya para komentator pulang hanya mengantongi emosi…. HAHAHAHAHAHA….

  176. ya ini sudah jelas kan….dua sisi positif negatif,-tercermin pro kontra,coba deh gan,-saat yang pro dan saat yang kontra apa yang dirasakan,perasaan positif atau negatif gan??cobA sekali lagi rasakan yang pro dan yang kontra, perasaan positif atau negatif, coba ya sekali lagi dengan jujur apa yang agan rasakan….

  177. 194 bambang

    Saya anggab teori Masaru untuk sementara dpt digolongkan sbg hypotesa, Saya sbg Orang Muslim secara tdk sadar juga telah terlalu memuja air ZAM ZAM yg tdk jelas juga ilmiahnya……………….yg jelas buatku air memang selalu berbeda tergantung apa yg terkandung didalamnya………….menguntungkan untuk mahluk hidup atau tdk………berpengaruh atau tdk tergantung sugestinya, yang jelas nasip air dalam seharian akan selalu berubah tergantung dari mana dia dikeluarkan : dari dlm tanah — mata air; jatuh dari langit — air hujan ; keluar dipadang pasir — namanya Oase (diantaranya air ZAM ZAM); keluar dari mulut — air ludah (termasuk ILER mu); keluar dari mata — air mata; keluar dari kemaluanmu — air kencing……………..yg nantinya semua akan bermuara dilaut mangkanya JANGAN SUKA MENGUPAT PENEMU ORANG LAIN

    • 195 INSPI

      itu membuktikan bahwa air itu universal analoginya jika kita sedang minum, karena kita agama islam maka kita harus membaca bismillah.karena doa itu adalah kebaikan.akan tetapi bukan karena airlah manfaat itu muncul akan tetapi atas karena se izin allah.kita semua itu kita harus melihat sisi baliknya SIAPAKAH YANG MENCIPTAKAN AIR?. sebenarnya penemuan ini sudah kadaluarsa sejak 14 abad yang lalu allah sudah menjelaskan manfaat air dari al quran lewat nabi muhammad seperti di surat;(QS qaaf : 9 ) (QS al hajj : 5 ) (QS AL HIJR : 22) (QS al araaf : 57) jadi al quran sudah membicarakan masalah manfaatair sejak 14 abad yang lalu jauuuuh sebelum teori masaru emoto ini muncul…..

      akan tetapi yang jadi masalah adalah kehebatan masaru emoto ini adalah mengoyak-ngoyak otak kalian sehingga kalian mendukung masaru ini.jadi kalau disingkat pernnyataan masaru emoto ini adalah “air adalah segala galanya, semua tidak akan hidup tanpa air, bahkan air juga bisa untuk menyembuhkan penyakit” inilah yang disebut syiriknya masaru emoto kalo agamanya masaru sudah jelas syirik akan tetapi secara tidak langsung pernyataan masaru ini tentang air membuat semua orang berfikir menurut cara berfikir masaru.dan kalian setuju dengan pernyataannya si masaru ini.INILAH YANG JADI MASALAH

      malah yang lebih parah masaru ini malah di angkat oleh agama islam yang tidak mengkaji lagi.bahkan Di dalam terapi Riyadhoh Ayat Kursi juga menggunakan media air yang sudah dibacakan dzikir dan doa khusus. Karena dengan dibacakan dzikir dan doa khusus, air akan menyimpan dan merekam bacaan dzikir dan doa khusus tersebut.

      inilah perkataan yang nempel di orang islam yang tidak mengkaji lagi. “Air yang di minum selama ini ternyata bisa memberikan sebuah respon, seperti membaca tulisan, mendengarkan suara, dan mengerti sebuah pesan yang disampaikan. Air juga bisa merekam dan menyimpan suara, tulisan dan pesan. Seorang ilmuwan Jepang bernama Dr. Masaru Emoto”

      contoh seseorang meminta dibacakan kepada ustadz yang sudah ceramah berdoa di segelas air untuk diberikan kepada sodaranya yang sedang sakit seolah-olah yang menyembuhkan adalah air bukan allah,inilah yang menyebabkan benih-benih syirik itu kenapa tidak langsung minta doa ke alloh biar dikasih kesembuhan kenapa harus dengan air ? dan yang namanya meminta atau berdoa tidak perlu perantara apapun langsung saja kepada allah

      kita tidak perlu meminta doa ke ustadz untuk mendoakan air agar bisa menyembuhkan aktivitas apapun jika dibaca dengan bismillah insyaallah akan menjadi baik bagi kesehatan

      menurut kami agama islam, air adalah yang di ciptakan,dan penciptanya adalah ALLAH,dan manfaat air itu ada jika ALLAH mengijinkan.dan bukan karena airlah menyangkut sehat sakitnya seseorang akan tetapi itu semua karena allah.dan kesembuhan itu mucul bukan dari air tetapi atas seijin alllah

      inilah yang di putar balikan oleh masaru emoto sibuk dengan fenomenanya yaitu luarbiasanya air akan tetapi lupa dengan nomenanya yaitu suatu zat yang maha yang membuat fenomena itu yaitu ALLAH

      mungkin masaru hanyalah seorang peneliti biasa seperti yang lainya dia tidak tahu apa-apa akan tetapi kita yang mungkin salah mengartikannya atau menafsirkannya fenomena ini!

      justru dengan fenomena inilah kita seharusnya iman kita bertambah kepada ALLAH, karena dengan fenomena seperti ini bahwa pernyataan al quran 14 abad yang lalu bisa dibuktikan secara ilmiah bukan malahnya mendukung penemuan yang ilmiahnya tapi lihatlah dibalik fenomena yang terjadi pasti terjadi campur tangan yang maha kuasa di dalamnya!

      MAKA DARI ITU SAYA TEKANKAN SEGALA SESUATU SUDAH ADA DALAM AL QURAN YANG D FIRMANKANNYA MAK KITA HARUS KEMBALI KEPADA YANG SATU YAITU ALLAH!!!

      MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMANNYA

  178. Ini kesalahan pendidikan kita. Kita mengagung-agungkan agama tanpa tahu esensi agama. Kita hanya tahu bahwa agama Islam terbaik. Tapi tidak tahu esensi dari Islam yang sebenarnya. Islam adalah kepasrahan kepada Allah, bukan sebuah kesombongan yang harus dibangga-banggakan. Beragama Islam bukan untuk disombong-sombongkan, karena manusia tidak berhak menyombongkan apapun termasuk agama yang dia anut. Doa adalah permintaan dan harapan manusia kepada Tuhan. Orang dari agama atau kepercayaan apapun kalo berdoa selalu berharap hal-hal yang baik. Bukan karena dia beragama shinto lantas doanya bukan harapan dan permintaan baik. Lingkungan kita termasuk air pasti akan merespon segala hal-hal baik yang kita sampaikan. Doa dalam bahasa apapun apabila baik pasti direspon dengan baik oleh alam termasuk oleh air. Orang Jepang mempunyai pandangan hidup yang islami, mereka hanya tidak menjalankan syariat Islamnya Nabi Muhammad SAW. Islam ada sejak Nabi Adam As. Semua Nabi-nabi beragama Islam, hanya syariatnya berbeda-beda. Tetapi itu tidak lantas agama Shinto sama dengan agama Islam. Karena saat ini hanya ada satu agama Islam yaitu Islam yang disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang harus menjalankan syariat Islam sesuai tuntunan Rosullulah. Apabila misalnya Nabi Isa As atau Yesus sekarang muncul ditengah-tengah kita, beliau pasti akan menjalankan syariat Islamnya Nabi Muhammad SAW.

    • 197 INSPI

      itu membuktikan bahwa air itu universal analoginya jika kita sedang minum, karena kita agama islam maka kita harus membaca bismillah.karena doa itu adalah kebaikan.akan tetapi bukan karena airlah manfaat itu muncul akan tetapi atas karena se izin allah.kita semua itu kita harus melihat sisi baliknya SIAPAKAH YANG MENCIPTAKAN AIR?. sebenarnya penemuan ini sudah kadaluarsa sejak 14 abad yang lalu allah sudah menjelaskan manfaat air dari al quran lewat nabi muhammad seperti di surat;(QS qaaf : 9 ) (QS al hajj : 5 ) (QS AL HIJR : 22) (QS al araaf : 57) jadi al quran sudah membicarakan masalah manfaatair sejak 14 abad yang lalu jauuuuh sebelum teori masaru emoto ini muncul…..

      akan tetapi yang jadi masalah adalah kehebatan masaru emoto ini adalah mengoyak-ngoyak otak kalian sehingga kalian mendukung masaru ini.jadi kalau disingkat pernnyataan masaru emoto ini adalah “air adalah segala galanya, semua tidak akan hidup tanpa air, bahkan air juga bisa untuk menyembuhkan penyakit” inilah yang disebut syiriknya masaru emoto kalo agamanya masaru sudah jelas syirik akan tetapi secara tidak langsung pernyataan masaru ini tentang air membuat semua orang berfikir menurut cara berfikir masaru.dan kalian setuju dengan pernyataannya si masaru ini.INILAH YANG JADI MASALAH

      malah yang lebih parah masaru ini malah di angkat oleh agama islam yang tidak mengkaji lagi.bahkan Di dalam terapi Riyadhoh Ayat Kursi juga menggunakan media air yang sudah dibacakan dzikir dan doa khusus. Karena dengan dibacakan dzikir dan doa khusus, air akan menyimpan dan merekam bacaan dzikir dan doa khusus tersebut.

      inilah perkataan yang nempel di orang islam yang tidak mengkaji lagi. “Air yang di minum selama ini ternyata bisa memberikan sebuah respon, seperti membaca tulisan, mendengarkan suara, dan mengerti sebuah pesan yang disampaikan. Air juga bisa merekam dan menyimpan suara, tulisan dan pesan. Seorang ilmuwan Jepang bernama Dr. Masaru Emoto”

      contoh seseorang meminta dibacakan kepada ustadz yang sudah ceramah berdoa di segelas air untuk diberikan kepada sodaranya yang sedang sakit seolah-olah yang menyembuhkan adalah air bukan allah,inilah yang menyebabkan benih-benih syirik itu kenapa tidak langsung minta doa ke alloh biar dikasih kesembuhan kenapa harus dengan air ? dan yang namanya meminta atau berdoa tidak perlu perantara apapun langsung saja kepada allah

      kita tidak perlu meminta doa ke ustadz untuk mendoakan air agar bisa menyembuhkan aktivitas apapun jika dibaca dengan bismillah insyaallah akan menjadi baik bagi kesehatan

      menurut kami agama islam, air adalah yang di ciptakan,dan penciptanya adalah ALLAH,dan manfaat air itu ada jika ALLAH mengijinkan.dan bukan karena airlah menyangkut sehat sakitnya seseorang akan tetapi itu semua karena allah.dan kesembuhan itu mucul bukan dari air tetapi atas seijin alllah

      inilah yang di putar balikan oleh masaru emoto sibuk dengan fenomenanya yaitu luarbiasanya air akan tetapi lupa dengan nomenanya yaitu suatu zat yang maha yang membuat fenomena itu yaitu ALLAH

      mungkin masaru hanyalah seorang peneliti biasa seperti yang lainya dia tidak tahu apa-apa akan tetapi kita yang mungkin salah mengartikannya atau menafsirkannya fenomena ini!

      justru dengan fenomena inilah kita seharusnya iman kita bertambah kepada ALLAH, karena dengan fenomena seperti ini bahwa pernyataan al quran 14 abad yang lalu bisa dibuktikan secara ilmiah bukan malahnya mendukung penemuan yang ilmiahnya tapi lihatlah dibalik fenomena yang terjadi pasti terjadi campur tangan yang maha kuasa di dalamnya!

      MAKA DARI ITU SAYA TEKANKAN SEGALA SESUATU SUDAH ADA DALAM AL QURAN YANG D FIRMANKANNYA MAK KITA HARUS KEMBALI KEPADA YANG SATU YAITU ALLAH!!!

      MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMANNYA

      ALLAHUAKBAR!!!!!!

  179. 198 INSPI

    itu membuktikan bahwa air itu universal analoginya jika kita sedang minum, karena kita agama islam maka kita harus membaca bismillah.karena doa itu adalah kebaikan.akan tetapi bukan karena airlah manfaat itu muncul akan tetapi atas karena se izin allah.kita semua itu kita harus melihat sisi baliknya SIAPAKAH YANG MENCIPTAKAN AIR?. sebenarnya penemuan ini sudah kadaluarsa sejak 14 abad yang lalu allah sudah menjelaskan manfaat air dari al quran lewat nabi muhammad seperti di surat;(QS qaaf : 9 ) (QS al hajj : 5 ) (QS AL HIJR : 22) (QS al araaf : 57) jadi al quran sudah membicarakan masalah manfaatair sejak 14 abad yang lalu jauuuuh sebelum teori masaru emoto ini muncul…..

    akan tetapi yang jadi masalah adalah kehebatan masaru emoto ini adalah mengoyak-ngoyak otak kalian sehingga kalian mendukung masaru ini.jadi kalau disingkat pernnyataan masaru emoto ini adalah “air adalah segala galanya, semua tidak akan hidup tanpa air, bahkan air juga bisa untuk menyembuhkan penyakit” inilah yang disebut syiriknya masaru emoto kalo agamanya masaru sudah jelas syirik akan tetapi secara tidak langsung pernyataan masaru ini tentang air membuat semua orang berfikir menurut cara berfikir masaru.dan kalian setuju dengan pernyataannya si masaru ini.INILAH YANG JADI MASALAH

    malah yang lebih parah masaru ini malah di angkat oleh agama islam yang tidak mengkaji lagi.bahkan Di dalam terapi Riyadhoh Ayat Kursi juga menggunakan media air yang sudah dibacakan dzikir dan doa khusus. Karena dengan dibacakan dzikir dan doa khusus, air akan menyimpan dan merekam bacaan dzikir dan doa khusus tersebut.

    inilah perkataan yang nempel di orang islam yang tidak mengkaji lagi. “Air yang di minum selama ini ternyata bisa memberikan sebuah respon, seperti membaca tulisan, mendengarkan suara, dan mengerti sebuah pesan yang disampaikan. Air juga bisa merekam dan menyimpan suara, tulisan dan pesan. Seorang ilmuwan Jepang bernama Dr. Masaru Emoto”

    contoh seseorang meminta dibacakan kepada ustadz yang sudah ceramah berdoa di segelas air untuk diberikan kepada sodaranya yang sedang sakit seolah-olah yang menyembuhkan adalah air bukan allah,inilah yang menyebabkan benih-benih syirik itu kenapa tidak langsung minta doa ke alloh biar dikasih kesembuhan kenapa harus dengan air ? dan yang namanya meminta atau berdoa tidak perlu perantara apapun langsung saja kepada allah

    kita tidak perlu meminta doa ke ustadz untuk mendoakan air agar bisa menyembuhkan aktivitas apapun jika dibaca dengan bismillah insyaallah akan menjadi baik bagi kesehatan

    menurut kami agama islam, air adalah yang di ciptakan,dan penciptanya adalah ALLAH,dan manfaat air itu ada jika ALLAH mengijinkan.dan bukan karena airlah menyangkut sehat sakitnya seseorang akan tetapi itu semua karena allah.dan kesembuhan itu mucul bukan dari air tetapi atas seijin alllah

    inilah yang di putar balikan oleh masaru emoto sibuk dengan fenomenanya yaitu luarbiasanya air akan tetapi lupa dengan nomenanya yaitu suatu zat yang maha yang membuat fenomena itu yaitu ALLAH

    mungkin masaru hanyalah seorang peneliti biasa seperti yang lainya dia tidak tahu apa-apa akan tetapi kita yang mungkin salah mengartikannya atau menafsirkannya fenomena ini!

    justru dengan fenomena inilah kita seharusnya iman kita bertambah kepada ALLAH, karena dengan fenomena seperti ini bahwa pernyataan al quran 14 abad yang lalu bisa dibuktikan secara ilmiah bukan malahnya mendukung penemuan yang ilmiahnya tapi lihatlah dibalik fenomena yang terjadi pasti terjadi campur tangan yang maha kuasa di dalamnya!

    MAKA DARI ITU SAYA TEKANKAN SEGALA SESUATU SUDAH ADA DALAM AL QURAN YANG D FIRMANKANNYA MAK KITA HARUS KEMBALI KEPADA YANG SATU YAITU ALLAH!!!

    MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMANNYA

    ALLAHUAKBAR!!!!!! !!!!!!!!!!!!

  180. 199 lucy

    kalau pendapat saya. sih mungkin ada benarnya penelitian itu.. saya percaya benda2 yang diciptakan Allah itu bernyawa (walaupun karakteristiknya adalah beda mati).

    bukan berarti jika didoakan oleh agama shinto maka seharusnya menjadi kacau bentuknya.. karena air itu menyerap niat baik mereka bukan dari segi agama mereka.. mereka menunjukkan bentuk yang indah karena doa itu tetap tulus dipanjatkan kepada Tuhan (walau bukan Allah secara islam melainkan Tuhan alam yg mereka percayai ).

    tentu jika islam apalagi ayat2 Al Quran.. kemungkinan bentuknya jauh lebih indah dari yg lainnya.. (wallahualam :D)

  181. 200 RANI

    ARUL KEMENTUS…
    TOLONG DIPELAJARI DULU MENGENAI ENERGI POSITIF NEGATIF…
    ENERGI ITU MUNCUL GAK ADA HUBUNGAN DENGAN AGAMA RUL..

  182. 201 romdloni

    HUkum Allah bersifat unifersal, dalam bahasa yang tak terkatakan sekalipun manusia faham bahwa menangis,tertawa,ekpresi wajah, semua mewakili bahasa jiwa di dalam sana, air sebagai salah satu ciptaanNya yang mampu menangkap bahasa dari manusia, misal orang mengumpat pada air, atau berkata baik di dekatnya yang merupakan ekspresi dari isi jiwa itu mampu tertangkap oleh air yang memang punya potensi seperti itu.Doa dalam semua bahasa adalah ekspresi positif pada Yang menciptakan air itu terlepas dari agama apapun yang jelas kehendak dari yang berdoa itu baik maka air itu menangkap kebaikan dari kehendak itu dan ini bukan urusan ibadah atau agama, yang penting jika kehendak dari hati baik maka air itu menangkapa kebaikan itu, sebaliknya jika kehendak dari orang yang berkehendak itu buruk maka air itupun meresponnya dengan perubahan bentuk molekulnya, semisal zamzam yang sudah berumur ribuan tahun yang tentu telah merekam berjuta kehendak positif dari orang -orang yang pernah mendekatinya serta memang dari asalnya zamzam adalah terkabulnya kehendak dari ibu Nabi Ismail yang mencari air untuk menyambung kehidupan sebagai karunia dari Sang Pencipta.Maka suatu hal yang merupakan keniscayaan apa yang ditemukan oleh peneliti dari Jepang itu.Mestinya kita juga tak kalah dengan beliau dalam penemuan2 yang positif.

  183. 202 riana dewi

    Saya malah jd heran baca komentx yg bicara agama drpda air segi Sains drpd agama. agama diperdebatkan sampai kiamatpun gak akan slese. TIDAK ADA KEBENARAN MUTLAK DALAM AGAMA. Ini masalah keyakinan, benar menurut agama tertentu blm tentu benar menurut agama lain. sedikit perbandingan dalam masyarakat primitif di kepulauan Solomon untuk menumbangkan pohon yang sangat besarpun penduduk di sana meneriaki pohon itu sampai 40 hari dan akhrix daun2 itu meranggas dan lama2 kelamaan pohon itu mati.

    • kbnaran itu tlah datang dn pnyslan itu d akhir. u apa dtang kbnran d awal ktika mnusia msh ada, hidup jka trnyta kbnaran itu bru akn d ketahui stlh kmatian. sunnguh org2 yg tdk percya islam, Allah itulah org2 yg sebenar bnarny bodoh

  184. INSPI ini orang yang tolol ya. Hai INSPI, kamu ini terlalu naif, jangan kamu ngawur aja ngomong sok kamu paling benar aja. Kamu kalo jadi orang Islam tapi kalo kamu gak beriman percuma. Kamu itu orang Muslim tapi bukan orang Mukmin. Intinya bukan masalah air itu disembah2 seperti menurut pikiranmu yang picik itu. Intinya itu justru ternyata dengan penemuan Dr. Masaru itu membuktikan kebenaran pemikiran Islam yang telah ada jauh sebelum penelitian itu. Kalo masalah air yang dipakai oleh dukun2 ato yang lain itu urusan mereka para dukun tsb, dan tergantung dari niat mereka. Tapi sebagai orang Islam niat kita adalah bukan menyembah airnya, namun air adalah sebagai sarana bagi kesehatan, dan kelangsungan hidup kita. Kalo kamu ndak menerima hal itu, ya sudah, saya sarankan…. Kamu coba tidak usah minum air apapun selama 3 hari, kamu coba berdoa saja. Pasti klenger kau….sok tau tentang agama, tapi ndak tau esensinya, trus mencoba membodohi yang lain dengan menjelek-jelekkan orang lain.

  185. INSPI ini tidak bisa menerima kebenaran yang ada pada orang lain. Kamu harusnya membuka pikiran dan hatimu. Jangan picik spt itu. Dr. Masaru yang mgk belum tau ttg Islam, tapi dia sudah berpikir secara Islami. Anda orang Islam tapi tidak berpikir Islami. Jadi Islam anda tidak sempurna. Jangan melihat dari sisi buruknya terus. Anda tidak akan bisa belajar apapun kalo caranya begitu. Kalo semua orang Islam seperti anda, rusak dunia ini. Dan sekarang sudah mulai banyak yang berpikir begitu.

  186. Duh … njelimet amat wahai sahabat2ku… Jgn sukhuzon dlu… Tp tk apa lah itu namanya peduli pada keutuhan iman …
    Let me put it this way!
    Bener itu Air itu sifatnya universal dibuat oleh Allah. Kalo bgt ia memberi manfaat buat semua makhluk jg manusia tdk perduli agamanya apa. Gak hny buat kt yg beragama Islam. Pasti setuju kan jika dikatakan berkah dan juga rezeki di taburkan oleh Allah buat semua makhluk, tdk peduli agamanya apa, bahkan dapat tumbuh dari sebuah batu kerontang di tengah padang pasir? Perspektif Masaru tentu terikat pd agamanya (shinto?) Kita pd agama kt yg agung, Islam. Berkah, kesehatan, kesembuhan, rezeki, sifatnya universal buat semua makhluk dn kita tahu itu dtng dr Allah. Jika hny dipruntukkan buat kt yg Islam, apa jdnya? Yg bkn Islam tntu gk ada yg sehat dong.. gk dpt rezeki dong..dsb. Hny saja mkhluk diberi ksmpatan mncari kebenaran siapa pncipta sbnarnya. Bgt universalnya Allah mmberikan “kebaikan” itu dgn adil buat smua makhlukNYA yg dlm hal ini, misalnya, bs didapat dr air yg dibacakan kata2 yg baik (tdk jahat), walau dr ajaran agama shinto seklipun misalnya. Ia “universal”. Tapi ketika brbicara “kebenaran”, Allah bgtu pntarnya mmberikan pd semua makhluknya tdk secara langsung tetapi dgn tanda. Serba gantung. Manusia diajak untuk mnggunakan akalnya, berfikir dan membandingkan lho … bandingknlah susunan bntuk molukul air zam zam misalnya. Masaru aja menyatakan pujiannya dan keheranannya. Lihat bntuk sympholic yg muncul ketika kata ‘alquran’ disebuatkan. Untuk “kebenaran”, Allah tdk serta merta mnjukkan Islam yg benar. Jk Ia mau, mudah bagiNYA keluar mnunjukkan diriNYA sekarang, knp tdk? Kt manusia seluruhnya, msh diberi ksmpatan buat brfikir, mencari, mmbandingkan, dan akhirnya mnentukan “kebenaran” itu. Jd yg kt bcrkan diatas hrs ditmpatkan mnurut porsinya. Tntu kt brbangga dgn tmuan Masaru pd air Zam zam jg pd jenis air yg lain yg mau tdk mau membuat Masaru tetap pd fakta menempatkan ketakjubannya pd seseuatu yg berhubungan dgn Islam. Wallaualam, mngapa Allah membuka sedikit rahasiaNYA pd orang yg menurut banyak orang lain, bahkan menurut para mereka yang benar2 ilmuwan, adalah bukan ilmuwn sejati, yaitu Masaru. Bukannya pd seorang scientist termshyur dari NASA umpanya. Sekali lg “serba gantung”. Mngapa? Bs jd Allah beri isyarat “berfikirlah lebih dalam, makhlukKU, Masaru hnya jalanKU buat membuka hati dan mata kalian”. Bs jd bgtu. Bukankah kebesaran dan kebenaran Allah bs dilihat dr hancurnya Firaun. Satu hal lg, bukannkah pula nikmat keberkahan kemudahan dr Allah kt smua dptkan, bahkan oleh kt yg Islam, dr seorang kafir Thomas Alva Edison, si penemu lampu? Apa mau berfikir picik mengenyahkan lampu sebab itu temuan orang kafir? sekali lg, itu sifatnya universal. Biarlah Masaru dan timnya berfikir menurut perspektif agamanya, namun kebenaran tetap tak bs berubah. Ia hanya jln pembuka, buat merka yg mau berfikir, sperti Edison jg buat kt. Bukankah lucu jk kt mrk harusnya sadar bahwa sejalan dngn tingginy teknologi skrng, matahari hnya sebongkah bintang yng terdekat dgn bumi? tak lebih? tp mereka msh menyembah matahari? bgmn dngn ribuan bintang2 yg lain? Nah.. disitulah Allah menguji makhluknya dgn sedikit demi sedikit (bukan kontan) membuka rahasianya melalui ilmu pengetahuan yg kni makin berkembang.
    Insyallah ini memberikan pencerahan buat saya jg kt semua.

  187. 207 logic

    percaya bahwa kata positif memberi nilai tambah pada suatu zat saja, dapat membatalkan syahadat.. apa lagi mempraktekkannya
    bak dukun berucap mantera..

  188. 208 vir guzon

    mungkin yang dimaksud penelitian ini adalah secara sikologi,dalam artian setiap suasana yang damai akan mempengaruhi suatu elemen,bukan sebuah hal hal ghaib dari setiap kepercayaan yang kemudian menjadi magic pada air itu sendiri,tapi getaran ketenangan itu yang membentuk pengkristalan pada air,jadi saya rasa ini penelitian ilmiah bukannya magic….

  189. klo qmu yakin dg agamamu islam, Allah mnciptkn air dn air itu tunduk pd Allah. bgaimna bs air manut wae/tunduk dg doa2 agma lain yg tuhanny brbda, doa org yg tdk prcaya Allah d mna air tunduk pdNya, doa dr agma lain, dr agma sesat, agma salah, agma yg d murkai. skli lg, klo klian bner2 islam

  190. 210 Mohamad Effendy

    thd penelitian DR Masaru Emoto ini baiknya kesampingkan dulu korelasinya dgn agama, krn agama itu karakterisitiknya sgt amat luas bahkan mungkin para ahli agamapun blm bisa manafsirkan ayat2 agamanya secara baik dan benar, agama itu yakin dulu setelah melaui proses amalan baru logikanya terbukti itupun mungkin hanya utk org2 yg luar biasa emosional, spiritual dan intelektual religiusnya,

    hasil penelitian DR Masaru Emoto bkn seorg muslim dan bkn pendapat agama/ fatwa tapi ini adalah hasil kajian ILMIAH setelah melalui penelitian ilmu dan pengetahuan dan alat bantu, dan hasilnya bisa lbh obyektif dan independen … seharusnya umat Islam bersyukur krn itu membuktikan kehebatan ciptaan Allah SWT yg baru hanya dari air bisa mengandung hakikat banyak sekali, a.l. bhw niat, kata, kalimat, itikad fikiran dan doa itu mengandung energy bila buruk maka efeknya akan buruk atau sebaliknya, ini bisa kita tarik bhw Kalimatullah dlm Al Qur’an itu adalah yakin kebenaran dan kebaikannya, silahkan bisa direnungkan kembali …

  191. 211 LuthfiSepat

    “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup.
    Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. 21:30)
    ___
    semoga kita tidak termasuk dalam golongan ‘mereka’

  192. Di dalam kelemahanada kekuatan dan di dalam kekuatan ada kelemahan. Manusia diberi akal dan budi untuk memilih dan meyakini sesuatu, maka bila membaca melihat mendengar merasakan sesuatu ada baiknya, kita Positif thinking, kemudian dianalisa latar belakang hal itu.Setiap orang dapat melakukan kajian secara ilmiah dengan prosedur yang disepakati oleh para akademisi dan ilmuwan sehingga ada kesamaan pola pikir terhadap hal yang sudah diteliti. Maka dalam berpendapat diusahakan memperhatikan kesamaan mind set, bila berbeda maka akan membuat banyak perbedaan sehingga debat kusir yang mengemuka. Mari mengkritis seuatu secara hati nurani sehingga ada damai di bumi.

  193. Sebelum kita makan atau minum, kita sebaiknya yakin dulu bahwa makanan atau minuman itu berakibat baik untuk tubuh kita dan berkah terhadap kehidupan kita. Perhatikan do’a makan dan minum yang diajarkan Rasulullah SAW:

    ”Apabila seorang kalian ingin makan, hendaknya dia membaca “bismillah”. Dan jika ia lupa membaca di awalnya, hendaknya ia membaca “bismillah fii awwalihi wa aakhirihi.” “(HR. al Tirmidzi dan Ahmad. Dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 1513).

    “Bismillah” artinya “Dengan nama Allah”, dengan demikian amat jelas maksudnya bahwa dalam hal do’a sebelum makan ini obyek pentingnya adalah “Allah”, bukan makanannya. Coba kita bandingkan dengan do’a makan atau minum dibawah ini:

    “ALLOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA ROZAQTANAA”, yang artinya: Ya Allah berkahilah pada makanan yang telah Engkau rizkikan pada kami.

    Perkembangan selanjutnya ialah, jika fokusnya adalah makanan atau minuman maka ada minuman yang sudah “dido’ai” dan ada yang belum, he he he. Minuman yang sudah “dido’ai” mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti minuman yang sudah “dido’ai” oleh Ponari, dukun cilik dari Jombang.

    #Hati.hati.terhadap.syirik

  194. Thanks in support of sharing such a nice thought, piece of writing is
    pleasant, thats why i have read it fully

  195. 215 addds

    emang islam aja yang paling benar sendiri..wkwkwkwk….Tuhan tidak mencipta agama….tapi mencipta manusia yang baik dan taat akan Tuhan nya.. bukan atas agama tapi hatinya busuk………dan iri .
    air untuk semua ciptaannya baik hewan dan tumbuhan dan manusia yang membutuhkan apakah harus beragama islam ????????????????????

  196. 216 rayya

    Maaf mau ralat menurut aspek pribadi, mgkn yg di maksud si emoto air itu merasakan perasaan disekitar jd ga harus terpaku sama islam, krn doa agama lain ketika si umat membacakannya pasti dipenuhi dengan keyakinannya, nah si air cm rasain itu bkn musrik nya. Dan lg di islam jg jelas diajarkan untuk menghargai agama lain, si air ciptaan Allah SWT pasti lbih benar drpd kita manusia yg cm bisa ngerusak dan berdosa, maka dari itu si air merespon suatu doa dlm agama apapun dalam respon yg positive. Msh byk sbnernya yg pngen Gw tulis, tp berhubung ini cm dr hp bkn ketikkan keyboard Gw males!


  1. 1 Air Tambah itu adalah Air Hexagonal « SANTRI BUNTET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.834 pengikut lainnya.