Lebaran, Momen yang Tak Ternilai

04Sep11

Salam! Sebelumnya saya mengucapkan Selamat Idul Fitri 1432 H, taqaballahu minna wa mingkum, maafkan lahir dan batin.

Agak telat sih memang untuk mengucapkan selamat, maklum saja saya memanfaatkan waktu libur Lebaran ini dengan menghabiskan quality time dengan orang tua dan keluarga besar serta kerabat dekat saya. Sebuah moment yang terjadi tiap tahun, anggap saja sebagai liburan panjang bagi seorang karyawan dengan 2 hari libur nasional dan 3 hari cuti bersama serta hari libur sabtu minggu. Seperti anak sekolah yang menghabiskan waktu liburan panjang akhir semester.

Aktivitas onlinepun saya kurangi drastis, hanya sesekali saja hanya melihat notifikasi dan mention, sampai ketinggalan apa saja yang dibahas dan lagi heboh di sana. Blogpun tidak terurus begini.

Lebaran merupakan aktivitas rutin yang disertai dengan mudik alias pulang kampung yang bisa jadi hanya menjadi tradisi di Indonesia saja. Sebab dengan moment tak ternilai ini mampu mengumpulkan keluarga dalam sebuah waktu yang berharga moment Idul Fitri. Dan moment ini sejak 8 tahun lalu, baru kali ini kembali bisa berlebaran bersama saudara saya, maklum saja, sejak lepas SMA saya kadang berlebaran di Surabaya dan kembar saya itu lebaran di daerah kerja atau kampung istrinya. Apalagi baru ketemu ponakan yang sudah hampir berumur 2 tahun yang lagi lucu-lucunya. Jadi saya pun sangat memanfaatkan waktu kali ini bercengkerama dengan keluarga walaupun tidak semua bisa terpenuhi dengan waktu yang cukup singkat.

Rencana kumpul bersama dengan teman-teman sekolah dulu dan teman blogger di kampungpun tidak sempat terjadi, padahal ini moment langka untuk bisa bertemu, jarang-jarang bisa bersamaan pulang kampung.

Lebaran saya kapan? Saya shalat Id hari Rabu seperti lebaran-lebaran lalu ketika terjadi perbedaan penentuan hari raya saya tetap mengikuti Ulil Amri dan keputusan ulama. Selain sebagai sebuah kewajiban, juga pemerintah serta organisasi Islam yang menentukan Lebaran hari Rabu, 31 Agustus 2011 serta merta menggunakan dalil naqli maupun aqli yang berdasar serta dengan dukungan ahli dengan ilmu pengetahuan yang kuat, apalagi yang mengikuti sidang Itsbat penentuan 1 Syawal 1432 H bisa melihat dasar-dasar penetapannya. Jangan sampai kita hanya berdebat kemudian tanpa dasar hanya meng-underestime-kan pemerintah.

Keluarga dan di kampung saya sebenarnya sudah bersiap-siap untuk berlebaran hari Selasa. Ketupat, daging, ayam, burasa, tumbu’, leppe-leppe dan berbagai masakan khas lebaran di Wotu sudah sedia. Karena mengikuti keputusan pemerintah demikian pula lapangan tempat kami selalu bershalat Id. Akhirnya sahur dan berbuka puasa di hari ke 30pun sudah menikmati masakan lebaran. Walaupun ada juga yang sudah tidak berpuasa di hari selasa, namun shalat Id-nya di hari Rabu, bagi saya itu sudah ambigu, seharusnya mengikuti keyakinannya yang berdasar.

Yah, banyak sekali hal menarik tak mampu terceritakan dalam momen Hari Raya Idul Fitri ini. Bersilaturahmi, berkumpul dan bersenda gurau dengan keluarga besar, masak bareng, menghabiskan makanan bersama, tidur bersama keluarga besar dengan hamparan karpet di rumah yang sempit di kampung selalu menjadi cerita indah. Berziarah ke makam kakek nenek dan saudara yang telah mendahului kami, bermaaf-maafan, berkunjung ke rumah sanak keluarga sekedar bersiturahmi ataupun menghabiskan masakan dan kue lebarannya. Makan dange dan kapurung dengan berbagai macam ikan laut serta banyak lagi masakan tradisional untuk perbaikan gizi juga semua itu benar-benar sebuah priceless moment.

Pada akhirnya liburan lebaran menjelang selesai, selamat beraktivitas kembali dengan harapan yang lebih baik tentunya dengan semangat IdulFitri. Salam!

Posted with WordPress for BlackBerry.



48 Responses to “Lebaran, Momen yang Tak Ternilai”

  1. Tahun ini ngak sempat ngirim sms dll ucapan, reply ucapan baru sempat kali ini. maafkan kebangetan saya.

  2. ^
    No probs, mas. yang penting esensinya🙂
    Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir & batin🙂

  3. 3 jarwadi

    Selamat Ied mas Arul
    Mohon maaf lahir batin

  4. Lebaran juga momen ketemu sama sahabat di masa kecil. Mohon maaf lahir batin Rul !🙂

  5. Maap lahir batin ya, Mas…😥

    Yeah, lebaran harus diakui memang salah satu hari yang paling kita tunggu (saya juga). Dengan lebaran, sodara2 yang jarang ngumpul jadi kumpul semua. Apalagi bagi keluarga besar, bisa jadi meriah banget.😳

  6. Maaf lahir batin aRuL…🙂

    Besok nonton Indonesia yukk😀

  7. Taqabbalallahu minna waminkum shiyamana wa shiyamakum. Mohon maaf lahir dan bathin.

  8. Selamat lebaran, RuL… minal aidin wal faidzin🙂

  9. Mohon maaf lahir batin, semoga selalu dilindungi Alloh SWT

  10. met Idul Fitri ya mas…
    Sungguh, saya juga mohon maaf atas segala salah dan khilaf saya selama ini, batin maupun lahir; taqabalallahu minna wa minkum….

  11. Idul fitri memang momen yang sangat berharga, jadi rindu lagi nih..

  12. selamat idul fitri mohon maaf lahir batin

  13. mohon maaf lahir batin semuanya ..🙂

  14. priceless moment indeed!
    btw, itu foto….siapa yg menjepret dirimu, rul?

    • Hehe sepupuku yg jepret hehe😉

  15. minal aidjin walfaidjin sob,,mohon maaf lahir dan batin juga nih

  16. fotonya bagus🙂

  17. walau lebaran sudah berlalu karena saya baru berkunjung sekarang jadi minal aidin walfa idzin mohon maaf lahir dan batin..

  18. mohon maaf lahir dan batin juga ,,,

  19. mohon maaf lahir dan batin tuk semua sahab2ku,salam kenal

  20. saat lagi sungkem itu sangat mengharukan pasti aku nangis mengingat orang tua yang telah tiada dan mengingat banyaknya dosa yg aku lakukan selama ini.

  21. selamat idul fitri mohon maaf lahir dan batin..
    semoga amal ibadah kita di terima oleh allah amin

  22. Semoga saya masih bisa merasakan idul fitri di tahun mendatang, sampai saya menjadi manusia yang benar benar suci

    Minal aidin yaah..

  23. lebaran yang sangat di tunggu-tunggu niih,hhehe
    makasih banyak atas infonya

  24. yang saya penasaran, itu gimana ngambil fotonya rul,
    keren tuh.. pas yang lain lagi serius..

  25. pingin lebaran tiap hari🙂

  26. INdahnya saat lebaran.

  27. 28 beqbeq

    nice share masbrow

  28. slamat lebaran buat yg merayakan yaa…salam kenal..

  29. hanya ingin mengikuti postingan agan .
    postingan yang menarik

  30. selamat lebaran..

  31. selamat lebaran……. (tuk tahun ini dan tahun depan ya…)
    tunggu liburan tahun depan

  32. nice🙂
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

  33. fotonya unik sob..jadi pengen lebaran lagi ni

  34. wauuu keren banget ,dan aku suka itu
    ada lebih baiknya lagi kunjungi aja websiti kami di http://ict.unsri.ac.id
    terima kasih.

  35. islam begitu indah ….. karena lebaran kita saling bersilaturahmi dengan keluarga besar, tetangga, ma orang yang kita tidak kenal pun kita berjabat saling tanggan, mungkin kalau tidak ada lebaran mungkin tidak ada kesempatan bisa saling bersilaturahmi

  36. memang lebaran momen yang di tunggu-tunggu semua orang islam .apalagi yang hidup di kota rantau lebaran menjadi momen berkumpul bersama keluarga dan teman ,mudikkk yukk

  37. hari raya lebaran memang momen yang di nanti nanti …

  38. indahnya kebersamaan jika menjelang idulfitri

  39. Semangat.

  40. 41 Fitri

    Sebelum lebaran ada baiknya ikuti tips ini🙂

    http://www.perempuan.com/read/siap-siap-baju-lebaran-

    semoga bermanfaat🙂

  41. aggreed with the post🙂
    lebaran momen yg tak ternilai
    amat sngt berharga…

  42. minal aidin ya gan…meski telat hehe

  43. isi blognya lumayan menarik, apalagi kalo gambar gambarnya diperbanyak, saya yakin akan lebih banyak pengungjung yang datang, thanks

  44. Hari ini hari raya Idul Adha, suasananya pun tidak berbeda dengan lebaran,,.,

  45. Mohon maaf lahir dan bathin..

  46. jadi ga sabaran sama suasana sholat ied kaya gitu😦

  47. alhamdulillah kita juga sebentar lagi may lebaran haji😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: