3 B (Buku, Baca, Blog)

05Jul11

Sebelumnya terima kasih buat para pembaca blog ini, terutama yang telah berkomentar di posting Membangun Perpustakaan Pribadi. Komentar-komentarnya menarik dan menambah inspirasi saya dan tentunya semoga juga para pembaca blog ini.

Hal inilah yang saya suka dari blog, jaman web 2.0 yang serba saling menyapa dan ada hubungan timbal balik, tak sekedar menulis satu arah melainkan juga ada yang menambahkan ide dan pemikiran masing-masing. Luar biasa!

Editor Buku “The Key WordMaknyak Labibah Zain salah satunya berkomentar :

Mendokumentasikan tulisan-tulisan di blog juga bisa membangun sebuah sejarah. Sedangkan keinginanuntuk mempunyai perpustakaan pribadi untuk sementara waktu bisa dialihkan dengan mengunjungi perpustakaan2 yg ada karena sesungguhnya kalau perpustakaan di negara kita tertata secara profesional, maka perpustakaan bisa menjadi solusi bagi persoalan hidup. petani yg tertimpa wabah ulat bulu bisa menemukan solusi mengatasi hal tsb di perpus. Para buruhpun bisa mengatasi persoalan mereka karena mereka paham dg hak2 buruh karena mereka membaca sumber rujukan di perpus yg tentu saja klo buku2 itu semua dibeli dengan duit sendiri tentu terasa berat. hehe

Benar juga ya bahwa ternyata permasalahan baik empiris maupun kompleks di masyarakat bisa dicari di tengah-tengah perpustakaan, ada di antara buku-buku itu. Tak perlu mencari dokter kesehatan yang mahal atau ahli hukum yang meminta bayaran tinggi, dengan membaca buku di perpustakaan, kita dapat lebih banyak!

Komentar dari giewahyudi

Ada ungkapan seperti ini, “bila Anda terus membaca tanpa menuliskannya itu ibarat menjadikan otak Anda sebagai perpustakaan pribadi yang orang lain tidak bisa memasukinya..”
“Tapi bila Anda menuliskannya, itu ibarat Anda membuka perpustakaan untuk orang lain,”

dan adetruna

pensil pendek lebih berguna daripada daya ingat yang kuat…tapi sewaktu-waktu bisa lemah.. maka tulislah sebelum lupa…

Kedua komentar ini inspiratif mengingatkan kita untuk tak sekedar membaca tapi menuliskan, menuliskan dalam perpustakaan pribadi kita. Tak jarang memang apa yang kita ide-kan atau yang memberikan inspirasi buat diri bahkan bisa jadi orang lain. Tapi jangan sampai hanya lewat di mulut maupun hanya sampai di bilik-bilik otak. Sayang yah kalau hanya sampai di mulut yang sifatnya sesaat -bisa terlupakan-,  namun dengan tulisan bisa berbagi dan abadi.

3 B bukan hanya milik Putri Indonesia yang mengklaim Brain Beauty and Behavior sebagai 3 hal yang menjiwai mereka, Blogger juga punya 3 B yang diandalkan Buku, Baca, Blog!

Buku, Baca, Blog! Ketiga kata itu luar biasa, saling terkait menyatu dalam peran masing-masing. Dengan buku kita membaca informasi maupun tentang dunia bahkan belahan dunia yang bersebrangan matahari. Buku pun mampu memberikan inspirasi dan penyelesaian persoalan hidup serta dituliskan dalam blog.

Dengan Baca menjadi sumber untuk menuliskan dalam sebuah blog maupun buku, membaca di sini bukan hanya dari literatur tertulis namun juga sunnatullah, alam dan segala isinya serta lingkungan beserta manusia yang ada di sana.

Dan semuanya bisa dituangkan dalam blog, ada buku yang menjadi inspirasi  menulis blog, dan demikian juga tulisan blog dapat menjadi sumber sebuah buku bahkan jika disusun dengan rapi dapat menjadi buku juga.

Serta buku dan blog tentunya akan dibaca lagi oleh orang. sebuah cycle sustainable continuity! -Eh benar ngak sih maksudnya- sebuah  siklus yang berlanjut terus-menerus.

Ngomong-ngomong tentang buku, baca dan blog, hari minggu ini saya menyempatkan diri mengunjungi Pesta Buku Jakarta 2011 | Jakarta Book fair 2011  *yang ngak sengaja ternyata ketemu giewahyudi, jadilah kita kopdar buku*. Pameran buku ini menarik selain beberapa diskon, juga ada beberapa buku murah dan bedah buku dari penulisnya langsung.

Dari beberapa buku-buku yang saya beli, ada dua buku yang menarik yang akan saya baca yaitu Buku Bumi Cinta dari Habiburrahman El Shirazy dan 9 Summers 10 Autumns dari Iwan Setiawan. Telat ya? Emang sih udah lama terbit dan best seller pula. Maklum untuk membeli buku, saya kadang pilah-pilih butuh rekomendasi orang-orang dulu *baca-baca blog*. Sayang juga beli buku akhirnya tidak terbaca dengan baik *ngelirik buku-buku yang belum terbaca di atas rak buku saya*.

Buku dari Iwan Setiawan merupakan bacaan dari perjalanan hidup yang menginspirasi dari Kota Apel ke The Big Apple. Sebenarnya mendengar kisah dalam buku ini, sepertinya sedang memikirkan kisah perjalanan hidup seseorang. Yah ngak mirip-mirip amat sih cuman mengira-ngira. Semoga saja dengan membacanya menjadi inspirasi dan dapat pula berbagi di blog ini.

Bumi Cinta, emang sih Kang Abik lagi, yah paling ceritanya segitu aja, cuman saya liat beberapa teman saya mendapatkan inspirasi dari buku ini. Kehidupan tokohnya di Rusia membawa Islam dalam kehidupan yang serba bebas. Apalagi hidup di kota besar ini. Dan juga sesekali menyeimbangkan bacaan saya sebelumnya Bumi Manusianya Pramoedya Ananta Toer yang ideologis romantis, kalau buku Bumi Cintanya Kang Abik, agamais romantis.

*



53 Responses to “3 B (Buku, Baca, Blog)”

  1. 1 jarwadi

    Dari judulnya saja posting ini sudah inspiring, Buku, Baca, Blog

    Saya sepakat dengan apa yg ditulis mas giewahyudi :

    Ada ungkapan seperti ini, “bila Anda terus membaca tanpa menuliskannya itu ibarat menjadikan otak Anda sebagai perpustakaan pribadi yang orang lain tidak bisa memasukinya..”
    “Tapi bila Anda menuliskannya, itu ibarat Anda membuka perpustakaan untuk orang lain,”

    Sebuah sindiran bagi saya yg jarang bisa mem-blog-kan buku buku yang saya baca.

    Buku 9Summers 10Autumns yang dibeli mas Arul termasuk yang sangat saya suka dan inspiring, sampai khusus untuk buku ini, saya menuliskanya sampai dua kali

    di http://jarwadi.wordpress.com/2011/03/29/book-review-9-summers-10-autums-iwan-setyawan/

    dan di http://jarwadi.wordpress.com/2011/05/21/iwan-setyawan-dan-ibu-di-kick-andy/

  2. saya belum baca mas, nanti coba beli aja, kan dah liat penampakannya di sini😀

  3. Saatnya bikin perpus mini d rumah om…😀

  4. 4 Aan Subhan

    memang ga mudah utk menuliskan apa yg kita baca atau pelajari..butuh keterampilan khusus dan jam terbang..

  5. pensil pendek lebih berguna daripada daya ingat yang kuat…tapi sewaktu-waktu bisa lemah.. maka tulislah sebelum lupa…

    >> excellent quote! membuatku lbh semangat lagi dalam ngeblog (kapan ya pernah gak semangat, lha wong ngomongin masalah jemuran aja bisa jadi postingan panjang, hehehe)

    • Ah mbak Tyka kan memang selalu semangat, Arul juga … semoga saya bisa menjadi penulis sejarah yang baik seperti kalian *sejarah pribadi maksudnya*😀

  6. ada lagi 3 B Baca Berbagai Berita.

  7. Wah ada komentar saya dan kopdar dadakan, saya banyak belajar dari Mas Arul yang seorang pembelajar ini.. *salaman*

  8. Konsep 3 B nya keren. Terkadang sering terlupa mendokumentasikan sesuatu menjadi sebuah tulisan, di blog misalnya.
    Konsep 3B ini dan postingan sebelumnya bisa mengingatkan untuk mencatat sejarah sepertinya😀
    Nice!misalnya.
    Konsep 3B ini dan postingan sebelumnya bisa mengingatkan untuk mencatat sejarah sepertinya😀
    Nice!

  9. dengan sering-sering berkunjung kemari, semoga ketularan doyan baca. Amin. *masih doyan baca lantaran paksaan, maksa diri sendiri*

  10. waduh saya ketinggalan event pameran buku itu kemarin😦

  11. Wow. Gelar buku diskon memang harus sering2 digelar di banyak kota.😀

    • setujuuu ama asop..disini jarang ada banget ada book fair dan diskon buku…

  12. Jadi penasaran ama tuh Buku…

  13. 15 ejawantahblog

    Penyajian yang sederhana namun dapat menggugah semangat Sob.
    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  14. 9 Summers 10 Autumns dari Iwan Setiawan, ini menurut yang saya lihat di acara Kick Andy, berdasarkan kisah nyata penulisnya yang berasal dari anak supir angkot di Batu Malang yang akhirnya bisa mendapat pekerjaan dengan posisi bagus di New York, dan yang saya kagum dari Iwan Setiawan ini, dia akhirnya lebih memilih pulang ke Indonesia untuk membagikan ilmu dan penglamannya di Tanah Air daripada mengambil posisi penting diperusahaannya di New York sana…

  15. kalau saya lebih suka blog-walking biar tambah terkenal blog saya🙂

  16. dari Kota Apel ke The Big Apple itu maksudnya apa ya mas, jadi penasaran juga say ma bukunya, besok nyoba nyari deh

  17. banyak banget buku di rakku yg belum sempat tak baca, pengen cepet2 ngabisin semuanya😀

  18. arul? lama saya tidak berkunjung dan baca di blog ini. Salam jumpa lagi mas…

  19. Sekarang saya hobi beli buku buku murah secara online. Ada toko buku online yang sebenarnya gratis delivery ke Indonesia dan Australia, namanya bookdepository.

    Bisa sign up di http://www.bookdepository.com. Di situs ini, buku2 yang kita cari ditawarkan dgn berbagai harga. Ada yg baru ada yg second. Tapi, rata2 buku yang ditawarkan adalah buku2 berbahasa Inggris. So worth trying

  20. buku nya di maknyak kyknya keren banget yah… beli aaaaah…..
    si maknyak mst bayar komisi ke lu soalnya, gw mau beli bukunya dia gara2 baca blog lu ini hahahaaaa

  21. Beda dengan @giewahyudi, saya jarang membaca [buku]. Entah kenapa, sekarang makin instan dengan “dikit-dikit google” yang lebih gampang buat dibaca.

    Penyakitnya yang ada kemudian adalah, makin malas pula untuk mengingat. Ah, besok gampang lagi dicari kalau butuh, hahaha…

    Maka, saya berterimakasih pada para blogger yang menuliskan segala hal yang informatif, yang dibutuhkan orang banyak.

  22. 3 B. hmmm menginspirasi banget. Banyak yg kita dapat dari menulis dan memang manfaatnya lebih kekal dari apa yang kita bayangkan🙂

  23. 25 yoszuaccalytt

    Dengar,Lihat,Hayati,Tuliskan..
    Mari kita menulis..

  24. 3 B…Buku, Baca dan Blog…tiga hal yang perlu terus di dorong….

  25. hhhh.. saya pun merasa penting, walau lebih pada kepuasan bathin sih,,, lalu bagaimana dengan pendapatnya mas dhani masalah yg katanya orang yg ngBlog itu orang yg pengecut?!?!

  26. Sudah seharusnya memang senjata andalannya seorang blogger adalah membaca, buku, dan blog. Namun sayang saya sebagai seorang blogger kehilangan salah satu senjata itu. Membaca adalah kesenangan ku, ngeblog adalah hobiku tapi sayang buku aku jarang berinteraksi dengan nya. Maklum memang kalau untuk membeli sendiri, gak ada budget. Jadinya membacanya cuma lewat blog. Dan banyak media gratisan yang lain😦

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  27. keknya bagus juga buku itu, coba hunting dulu ah..

  28. menengok kebelakang, banyak buku yang tertumpuk disebelah dinding dan baru terbaca sebagian.

  29. saya rencana mau datang ke pesta buku kemarin tapi batal😦
    coba untuk hunting bukunya kang abik dan iwan setiawan sepertinya menarik🙂

  30. Wah aRul suka membaca ternyata aku gak tau. Lama gak bersua, apa kabar bro. Semoga kamu bisa menerbitkan biografi kamu sendiri. Semoga sukses ya aRul.

  31. Selama ini saya hanya mengenal 2B, yakni buku dan baca. Baru akhir-akhir ini saya mengenal blog. Lalu, saya belajar bagaimana sih cara ngeblog itu. Sekarang, benar, betapa bermanfaatnya 3B. Salam kenal ya…. dan selamat terus berkarya.

    • Ohya, ada hajatan kecil neh….
      Dalam rangka menyambut bulan suci, dibagi buku “Dahsyatnya Ramadhan”. Bagaimana caranya? Silakan klik:

      http://amazzet.wordpress.com/2011/07/14/290/

  32. Yup, melalui blog kita bisa memiliki banyak teman.
    Saya juga biasa main ke blognya mas giewahyudi dan adetruna, bahkan bisa dibilang sering😀
    Pesta buku? Gak sempat kesana, jauuhhh, wkwkw…😆

  33. yap,, betul sekali,,satu sama lain saling berhubungan🙂

  34. rujukan mengenai kehidupan tokohnya di Rusia yang membawa Islam dalam kehidupan yang serba bebas sepertinya patut dapat perhatian lebih iini😦

  35. ciieee akhirnya beli bukunya mas iwan😀 inspiratif ya bukunya mas.. aku jadi pengen baca bukunya maknyak😦

  36. Batal untuk datang keacara buku kemarin:(

  37. hebat kapan bisa begitu..

  38. 9 Summers 10 Autumns sepertnya tenar banget, kemarin habis liat temen baca buku itu..

  39. kak jangan cuma bumi manusia-nya saja yg dibaca….baca juga jejak langka, anak semua bangsa dan rumah kaca🙂

    • Sudah baca juga anak semua bangsa hehe

  40. pensil pendek lebih berguna daripada daya ingat yang kuat…tapi sewaktu-waktu bisa lemah.. maka tulislah sebelum lupa…

    *saya suka dengan kalimat ini

  41. udah mulai nih buat perpustaak pribadi ada stamp pribadinya pula.

  42. Wah jadi teringat buku -buku yang bertebaran dan tidak di kembalikan.Semoga menjadi ilmu dan amal bagi yang membacanya.

  43. Ada jg dalam pikiran saya untuk membuat perpustakaan pribadi. Karena memang sayang kalau buku-buku yg kita punya itu berserakan. Apalagi kalau di jual ke tukang rosok.

  44. Konsep 3 B memang dimiliki blogger juga. hehehe
    iya juga ya… membaca tapi tidak menulis memang kurang pas…
    kalau kita menulis.. kita bisa berbagi ilmu mungkin pengalaman juga dengan kawan- kawan di ranah “Internet”.
    😀

  45. Keren banget tw konsep 3Bnya,,,🙂

  46. ok,, menarik sekali frenn

  47. harus butuh keterampilan yang jelas dan waktu yang sesuai.
    tapi membaca tanpa menulis tidak asyik.

  48. sekarang buku jarang di temui di sekolah sekolah di kotaku kebanyakan suruh browsing & beli LKS (lembar kerja Siswa), menurutku kurang ya itu mungkin masa kini tetapi aku kurang lengkap.

  49. konsep yang enggak pernah terpikirkan oleh saya😀
    nice sharing mas arul, nice artikel🙂
    kudu rajin membaca nih sekarang


Tinggalkan Balasan

