Blogilicious Milad Jakarta

27Jun11

Sedikit Tentang Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious Milad Jakarta diadakan di Ibukota Jakarta, Kota Megapolitan ini berulang tahun tanggal 22 Juni 2011 lalu, dengan usia 484 tahun sudah cukup sebenarnya untuk membentuk sebuah peradaban dan memberikan banyak manfaat buat masyarakat, walaupun di satu sisi sebagai tempat mengadu nasib sekaligus mengadu keluhan. Milad Jakarta kali ini tentunya disambut dengan berbagai acara fantastik yang diselenggarakan oleh berbagai elemen masyarakat yang mencintai Jakarta di antara sejuta permasalahan yang dihadapi kota ini, salah satunya Blogilicious Milad Jakarta.

Bagi blogger dan IDBlognetwork sendiri kebetulan bersamaan dengan mengadakan roadshow blogging dengan membawa brand Blogilicious Milad Jakarta berlangsung pada hari Sabtu – Minggu, 25 – 26 Juni 2011 yang dipusatkan di Kantor Telkom Jakarta Selatan Lt. 7 Jl. Sisingamangaraja 4-6, Jakarta Selatan ini diselenggarakan dengan kerja sama dengan Komunitas Blogger Depok yang juga merayakan Milad Deblogger ke 2.

Sebelumnya telah diadakan event yang sama di Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, Bandung, dan Yogyakarta. Melihat antusias para blogger menghadiri acara menarik ini, jauh-jauh hari sudah merencanakan untuk datang dan menikmati acara ini🙂

Rangkaian acara pada Blogilicious Milad jakarta

Pembukaan dibuka oleh Mas Kukuh dari IBN dan Ketua Panitia Bloglicious dari Komunitas Blogger Depok memberikan penjelasan singkat pelaksanaan Blogilicious Milad Jakarta yang dirangkaikan dengan Milad Deblogger ke 2.

Dimoderatori oleh Anjari, materi pertama disampaikan oleh Mbak Risa Amrikasari, yang menyajikan materi etika blogging dengan atraktifnya, lebih banyak mengeksplor pendapat para blogger bagaimana etiket dalam menulis blog.

blogilicious milad jakartaDi antara beberapa hal umum yang sering kita temui di internet tentang etika ngeblog, antara lain budaya copy paste (plagiarisme), etika berkomentar, spamming, dan banyak hal lain. Namun semua itu relatif, maklum saja belum menjadi sebuah aturan baku dalam sebuah perundang-undangan apalagi belum bisa disamakan dengan pers. Mbak Risa menyimpulkan diskusi ini dan para bloggerpun membubuhkan tanda tangannya sebagai komitmen bersama mereka yang hadir.

Satu hal yang menjadi tanda tanya menarik buat saya, ketika Mbak Risa ini mengambil sampel bahwa seorang blogger memberitahukan trik sulap yang dilakukan seorang pesulap, dan hal itu melanggar hukum. Untungnya di pengadilan tidak jadi divonis karena ternyata pesulap Indonesia ini ternyata juga meniru dari pesulap luar.

Nah pertanyaannya adalah mengapa sampai seorang blogger bisa dituntut melanggar? Padahal dia sendiri tidak terikat perjanjian kontrak dengan sang pesulap yang menjadi sah secara hukum ketika melanggar. Soal dia menceritakan trik sang pesulap bisa jadi informasi dan bagaimana dia menduga trik yang dipakai pesulap. Sudah saya mention di twitter, semoga terjawab lagi di sini.

Bersama kemudian dilanjutkan materi Tips Blogging oleh Daeng Battala, Pak Amril Taufiq Gobel dengan lincah memberikan dan mencontohkan blognya sendiri sebagai bagian dari hasil dia ngeblog sudah terkenal, sudah diajak jalan-jalan bahkan sudah menerbitkan buku pula.

Satu yang menarik dari materi blogilicious milad jakarta kali ini, tips ngeblog adalah rakus membaca, iya saya akui juga seharusnya kita rajin membaca dengan materi yang ada untuk memperkaya serta meningkatkan kemampuan kita berfikir yang kemudian hal ini selaras ketika kita menulis, dituangkan dalam blog, kaya ragam pemikiran dan tentunya mampu melihat sebuah permasalahan tidak secara kontekstual saja.

Di sela-sela istirahat saya juga sempat menanyakan buku apa sih yang jadi pedoman daeng battala sehingga dia sepertinya sangat menyenangi ngeblog. Ternyata dia menyukai buku-buku motivasi, dan dia buka rahasia, sering dibilangi istrinya kalau dia lebih sering beli buku ketimbang pakaian😀

Materi ASEAN Blogger juga menjadi materi inti yang disampaikan dalam Blogilicious Milad Jakarta disampaikan oleh Bapak HAZ Pohan, seorang blogger dan mantan dubes RI untuk Polandia, beliau menjelaskan bagaimana ASEAN ke depan, dan partisipasi blogger se-ASEAN bisa berpastisipasi langsung dalam menjalin hubungan antar Negara. Termasuk konflik yang sering terjadi antar beberapa Negara, bisa teratasi dengan suara-suara para blogger.

blogilicious milad jakartaMateri sosial media juga disampaikan pak Nukman Lutfhie, dengan gaya ngecenya membuat para peserta tertawa lepas sesekali menikmati penjelasan pak Nukman. Banyak data menarik yang disajikan, terutama perkembangan sosial media, pengaruhnya. Facebook masih tetap menjadi sumber klik terbesar sebuah link, namun twitter juga memiliki keunggulan dalam hal lama diaksesnya sebuah halaman.

Sehingga bagi yang benar-benar memanfaatkan blog sebagai sebuah passionnya, sosial media sangat membantu untuk mengembangkannya seperti memasang link sosmed di blog. Yang jelas sosial media menjadi bagian 24 jam dari setiap kehidupan seorang pecandu sosmed, setiap bangun sampai tidurpun aktivitasnya disampaikan di sana. Seperti saya pernah tuliskan, Facebook, Sahabat 24 jam.

Pak Kuncoro membawakan materi mobile blogging. Bahwa perkembangan internet dan gadgetnya semakin tinggi, bloggingpun dapat dilakukan di mana saja, dan bisa dipostingkan kapan saja dengan syarat ada gadget dan koneksi internet.

Selanjutnya Mas Vavai memberikan materi blogprenuer Blogilicious Milad Jakarta disandingkan dengan pemateri dari berniaga.com layanan jual-beli online. Mas Vavai ini dulu waktu awal-awal ngeblog saya sering mengunjungi blognya. Tidak menyangka juga dia sudah memonetize blognya😀 Dengan gaya ajojingnya bagaimana menjadi seorang blogpreneur, bahwa seorang blogger mampu membuat blognya sukses.

Mbak Raden Ajeng Nunuk membawakan materi SEO Blogilicious Milad Jakarta dengan apiknya, dengan pengalamannya sebuah keyword menempatkan blognya di posisi pertama. Namun tetap mengingatkan bahwa konten/isi blog tetap menjadi utama.

blogilicious milad jakartaFrenavit Putra dengan semangatnya menjelaskan tentang security internet. Materi ini sepertinya menyadarkan saya bahwa dunia internet itu, tidak serahasia yang saya bayangkan. Password dan user apapun yang sudah dienkripsi bisa diterjemahkan oleh para ahli IT.

Beberapa blogger sepertinya tidak mampu mengikuti penjelasan mas Frenavit karena cukup tinggi juga materi yang disampaikan. Namun bagi saya materinya tetap perlu perhatian lebih bagi para blogger yang ingin benar-benar mengunci blognya supaya tidak dikacaukan oleh para hacker, cracker, maupun yang lagi iseng.

Pada Blogilicious Milad jakarta kali ini Mubarika Darmayanti membawakan materi penjelasan tentang IDBlogNetwork bahwa perkembangan blogger saat ini sangat dibutuhkan oleh para perusahaan untuk memceritakan sebuah produknya. Mbak rika memberikan banyak masukan serta bagaimana tips sebuah blog disukai oleh para pembacanya dan juga para corporate yang ingin menggunakan blog kita sebagai sarana publikasinya.

blogilicious milad jakartaAcara dilanjutkan memperingati Milad Deblogger ke 2 dengan tiup lilin dan pemotongan kue ulang tahun, dengan sebelumnya mengadakan blogger Idol, kontes karaoke para blogger dengan perwakilan dari beberapa komunitas. Acara ini benar-benar heboh, dari penampilan Pak Amril membuka dengan lagu My Way-nya Frank Sinatra, dilanjutkan dengan Kak Ntan dengan lagu Dewi Waktu-nya Rafika Duri membuat joget-joget asyik. Saya dan Nawir pun memberikan sedikit kehebohan rencananya memberikan bunga, namun karena yang ada adalah pot besar, jadinya diberikanlah pot besar itu.

Anyway, materi-materi yang disampaikan dalam Blogilicious Milad Jakarta kali ini yang disertai dengan berbagai doorprize menarik, sebenarnya bagi blogger yang sudah malang melintang tentunya sudah tidak asing, namun bagi saya tetap menjadi materi menarik untuk disimak dan didalami. Maklum saja ilmu itu perlu direfresh dan didalami. Blogilicious Milad Jakarta ini juga memberikan pengetahuan tambahan saya, disamping obrolan *ngerumpi* menarik dengan blogger-blogger lainnya selama acara berlangsung.

Satu lagi mungkin trik dan tips ngeblog selain penjelasan onlinenya adalah publish offline yah dengan ketemu orang, termasuk blogger seperti kopdar.

Happy Blogilicious Milad Jakarta!



32 Responses to “Blogilicious Milad Jakarta”

  1. Kereeeen deh acaranya, semoga ada lanjuta dari acara ini, Pesta IBN

  2. dan dapat doorprize kali ini, dengan yakin dan ndak malu-maluin😛

  3. wah yg hari sabtu kemarin itu aku gak ikut, kurang bahan nih buat ikut kontesnya..hehe

  4. Ihik, sudah posting. Nanti aku susul ya. \m/

  5. Hello Arul,
    Soal trik sulap yang dipublikasikan oleh seorang blogger masuknya ke dalam UU bidang HAKI yaitu ‘UU No. 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang’.
    Pasal 1 :
    Dalam Undang-undang ini yang dimaksud dengan:
    1. Rahasia Dagang adalah informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/atau bisnis, mempunyai nilai ekonomi karena berguna dalam kegiatan usaha, dan dijaga kerahasiaannya oleh pemilik Rahasia Dagang.

    Kemarin karena waktunya mepet, jadi saya seperti ‘lari-lari’ waktu menjelaskan hehe… Nanti kalau ada waktu, akan saya bahas tersendiri di blog saya ya!😉

    • terima kasih mbak atas penjelasannya, masih ada yg perlu ditanyakan lagi sih, tapi menunggu aja posting mbaknya supaya lebih jelas lagi🙂 hehe

  6. Btw, butir-butir kesepakatan sudah saya posting di blog saya🙂

  7. Sepaket acara memang seru, bagus, dan menyenangkan.. sayang telat melulu di hari pertama dan kedua.. tapi bersyukur gak ketinggalan amat, dapat handout materi mbak risa🙂

  8. wah acaranya sudah sampai jakarata yach setelah keliling beberapa kota…🙂

  9. Wuuuuih sungguh banyak pembicara yang presentasi.😀

  10. Ulasan yg keren dan mantap. Saya sempat tertawa baca salah satu isi postingan hasil obrolan kita kemarin bahwa istri saya sering marah2 karena saya lebih senang beli buku daripada pakaian. Ya, memang begitulah resiko bila ingin jadi penulis yg baik 🙂..hehehe Thanks ya Rul…termasuk Thanks juga jadi supporter Amril Sinatra kemarin..

  11. Thanks buat liputannya. Saya akan posting materi-materi yang saya sampaikan di Blogilicious kemarin di blog saya secara bertahap, karena memang cakupannya lumayan luas.

    Liputannya menarik dan bisa menambah informasi bagi yang berhalangan hadir.

  12. Keren Lipatannya kang..

    saya ga sekeren liputannya mas..
    Sukses kang..
    😀

  13. ehem, alamat portal deBlogger yg benar adalah deblogger[dot]org😀

    • sudah direvisi, makasih opa brad🙂

  14. 16 jarwadi

    oalah, jadi trik sulap itu termasuk rahasia dagang, jadi trik sulap bisa dipatenkan dong, hehehe

  15. wah.. boleh minta kuenya ndag.. hihihi

  16. mantep bgt ulasannya sob, so pasti seru deh kalo ikutan…
    terutama byk tips2 penting yg bs kita pelajari disitu

  17. seru sekali kelihatannya…

  18. acaranya sungguh menarik, heboh, dan yang pasti sangat bermanfaat, mas arul, apalagi dikemas juga dalam rangka milad jakarta dan deblogger. pembicaranya juga hebat dan mantab. salam ibn!

  19. wuih…. kalo menurut gw sih ya acara kyk gini ngebosenin… gw lbh seneng nge-blog ga pake aturan, semau gw aja… ga pusingin SEO, monetize, keyword ato apa pun itu… gw nulis yg mo gw tulis.. ga pernah ngarepin komentar ato org mau suka ato enggak tuh.. *ditimpuk rame2*

    tapi sih gw seneng kopdar nya hahahaaa…..

    • hahaha, you got the point…
      prinsip saya sih menambah ilmu dan teman, juga kalo melihat potensi blog, tak ada salahnya diketahui😀

  20. SAYA MENYESAL TIDAK JADI IKUT GARA2 UJIAN DADAKAN T_T
    Kalau tahun depan ada lagi, mutlak harus ikut.

  21. kemaren saling tegur gak yah, duh saya masih pemalu sebagai nubi jadi gak sempet kenalan. salam dari blogger sukabumi yah🙂

  22. lingkaran yg sama, coba tebak apa? hehehe

  23. Wah seru banget jakarta, jadi iri, di bandung cuma sehari euy! tapi sama asyik kok!

  24. beberapa hal umum yang sering kita temui di internet tentang etika ngeblog, antara lain budaya copy paste (plagiarisme), etika berkomentar, spamming, dan banyak hal lain. Namun semua itu relatif, maklum saja belum menjadi sebuah aturan baku dalam sebuah perundang-undangan apalagi belum bisa disamakan dengan pers.

    >> sebenarnya sih, klo ngomongin ttg ETIKA, IMO, tata krama di dunia maya ga jauh beda sama dunia nyata. Bertutur kata sopan jika sedang berkomunikasi dgn orang banyak; jangan menjiplak/copas-tanpa-ijin; jgn berani posting/mempublish tulisan yang seenak udel alias kurang ajar krn merasa bahwa: ‘ah, gak ketemu orangnya langsung aja lho, gpp lah.’

    Klo ttg kopdar, well… aku ini termasuk blogger non afiliasi dan bukan penggemar kopdar sih. Individualis, gitu…..

  25. 28 ejawantahblog

    Mantapz… penyajiannya dikemas untuk dapat merasakan suasana yang terjadi disana. Sukses untuk acaranya.

    Salam
    Ejawantah’s Blog

  26. mantap acaranya mantap tulisannya🙂

  27. keren banget tuh acaranya.
    mantap buat tulisannya

    sukses selalu


  1. 1 Mencari Masjid di Mall « Insan Perubahan
  2. 2 Blogilicious Milad Jakarta | Arul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: