Ambon Manise

21Mar11

Waktu hujan sore-sore kilat sambar pohon kenari
E jojaro deng mongare mari dansa dan menari

Pukul tifa toto buang kata balimbing di kereta
Nona dansa dengan tuan jangan sindir nama beta

E menari sambil goyang badanee
Menari lombo pegang lenso manisee
Rasa ramai jangan pulang duluee

Membaca lirik lagu di atas, syair yang berirama serta lagunya memberikan keriangan hati untuk bersenandung, jemari tangan bergerak-gerak dan kaki menghentakkan. Lagu ini masih sangat akrab dan selalu terngiang-ngiang di telinga saya sampai sekarang. Lagu yang penuh semangat untuk berdendang, bergoyang dan menari bersama-sama kawan, sahabat dan tentunya keluarga.

Lagu ini berasal dari Ambon Maluku yang berjudul Waktu Hujan Sore-sore. Pertama kali dengar ketika SD kelas 4, guru saya mengajarkan lagu ini walaupun dia bukan berasal dari sana. Saya menebaknya dulu orang tentunya sangat suka dengan lagu-lagu yang berasal dari Ambon ataupun Maluku. Lagu yang menawan hati apalagi jikalau langsung diiringi Tifa dan Totobuang, alat musik tradisional dari sana.

Ambon dan Maluku, kadang orang tidak bisa membedakan keduanya. Membicarakan Ambon tentunya tak lepas dari Maluku, pun sebaliknya berbicara Maluku, tak lepas juga kiranya dari kota Ambon. Padahal Ambon adalah ibukota Provinsi Maluku.

Sekarang Maluku sudah terbagi menjadi dua daerah pemerintahan sejak 12 Oktober 1999, yaitu Provinsi Maluku sendiri tetap dengan ibukota Ambon sedang di sebelah utara, Provinsi Maluku Utara yang sebelumnya beribukota sementara di Ternate dan  tanggal 4 Agustus 2010 dipindahkan ke Sofifi.

Terlepas dari sejarah kelam beberapa waktu lalu tentang kerus*han di sana, Maluku sejak dulu terkenal kaya akan rempah-rempah sehingga jaman sebelum kemerdekaan, Maluku sangat terkenal seantero dunia. Bagaimana buku sejarah waktu sekolah memberikan banyak informasi dan kekayaan alam yang di miliki daerah yang berada di timur Indonesia sebelum Papua tentunya.

Siapa yang tidak kenal seorang Kapitan Pattimura dan srikandi Christina Martha Tiahahu, dua pahlawan terkenal dari Maluku ini memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan rakyat Indonesia dalam melawan ketidakadilan dari penjajah. Mereka telah memberikan panutan bagi putra-putri Maluku untuk terus melanjutkan perjuangan di  zaman sekarang untuk membangun Ambon dan tentunya Maluku.

Banyak penyanyi-penyanyi Ambon Maluku menghiasi blantika musik Indonesia sebut saja Glenn Fredly memberikan sentuhan Ambon Manise, pada setiap lagunya membuat para pendengarnya terenyuh dan menikmati indah dan manisnya lagu itu.

Walaupun saya tak pernah menginjakkan kaki yang hanya tinggal sejengkal jari di peta antara Sulawesi dengan Maluku ini, melihat orang-orangnya yang ramah lagi hitam manis tentunya sangat memberikan penilaian yang beda dengan pragmatisme berfikir kita selama ini. Kata kawan kita satu ini Bung Almascatie, Ambon sekarang sedang mengikuti kakak-kakak tuanya membangun dirinya. Semoga saja memberikan dampak positif bagi Ambon.

Coba perhatikan foto-foto berikut ini :

undefined
“Mandi aer masing” Lokasi : Desa Morella Pulau Ambon Foto : Mas Adryan

undefined

Sebuah Sudut di Pattimura Park Photo By Mas Adrian

undefined
Christina Tetelepta si Nona Ambon dengan konde bunga rong & baju kabaya menari tari lenso Photo by Mas Adryan.

undefined
Langit Senja dari Tanjung Batumerah Kota Ambon. Manis ga? Photo by Almascatie

undefined
“Pattimura Muda” senja suatu hari di Pattimura Park, Kota AmbonPhoto by Almascatie

undefined

Menangkap Matahari Desa Tenga-tenga, Pulau Ambon Photo By Almascatie

Amboi… Ambon Manise menawan hati…

Sapa sangka cantiknya alam dan damainya hamparan tanah dan lautan di Ambonia. Manisnya orang Ambon tiada terkira. Sangat Indonesia banget bukan? Ah…. berharap suatu saat bisa mengunjungi tanah Ambon yang permai ini🙂

So, bagaimana kita tak bisa mencintai Ambon Manise, ya kan!!

Sumber foto :



64 Responses to “Ambon Manise”

  1. turut berpartisipasi di tulisan bang Almascatie di sini untuk Ambon

  2. Semakin ingin menginjakkan kaki di Ambon! Ah tari lenso, dansa katreji!😀

    • ayo menari dan berdansa bersama…🙂

  3. Indonesia tanah air beta…. ^_^

    • Indahnya luar biasa🙂

  4. huwaaa… makasih Rul, makasih.. *terharu banget*😦

    • sama-sama bang almas, ikut merasakan keharuan juga membaca tulisannya… setidaknya tulisan sekecil ini memberikan manfaat buat ambon dan semuanya tentunya🙂

  5. thanks for infonya gan
    Gan, bisa TUkar link enggak?
    ditunggu konfirmasinya di blog ane gan…………
    Terima kasih

    • Silahkan…

  6. Saya selalu bilang ke kawan-kawan yang bertanya kenapa saya ga tertarik jalan-jalan ke luar negeri (Singapore, Thailand, Vietnam): Indonesia (bahkan pulau Jawa) saja seumur hidup mungkin takkan pernah habis dijelajahi dan dipotret.😀

    • Luar biasa prinsipnya mas galih, salut… iya masih banyak daerah2 menarik dan cantik, tak sekedar wisata beton ya mas😀
      ujung kota puncak gunung, sampai dalamnya laut Indonesia maha luas….🙂

    • bener banget…
      sayangnya di banyak area pelosok Indonesia, dimana justru keindahannya bener2 TOP BGT, lokasi mereka relatif sulit ditempuh . plus fasilitas akomodasi dan transportasi-nya masih kurang nyaman….

  7. Fokus tertuju pada Christina Tetelepta si Nona Ambon.🙂

    • iyah hitam manis bikin jatuh hati ya🙂

  8. lagunya saya suka banget tuh..
    dan liat foto2nya saja sudah indah, apalagi aslinya..
    ayo dong, bang arul kapan main ke Ambon, ditunggu sama Arumbai nih🙂

    • iyah.. enak banget, dan masih byk lagu2 Ambon yg keren2 didengarkan🙂
      hmm.. kapan ya, semoga suatu saat dikasih kesempatan ke sana🙂
      yuk kopdar ya hehe

  9. Yuk….
    Saya mau cari foto2 lama saya dulu waktu main ke Ambon.
    Memang sih sudah lama sekali, waktu kuliah dulu…. tapi ingin diliput ah.

    • sip, ayo kita ramaikan Ambon dan Maluku di Internet dengan konten positif🙂

  10. Mendukung proyeknya oom almas ya oom?:mrgreen:

    • ngak ikutan juga Abu Umar?🙂

  11. jadi pengen ke rumah almas😀

    • berharap kita diundang ke sana ya om Alix😀

  12. jujur, sudah lama saya ingin sekali ke Ambon, mudsah2an ada kesempatan

    • amin, semoga dimudahkan dan disempatkan🙂

  13. Fotonya keren abis. Boleh sy jadikan wallpaper notebook.

    • langsung menghubungi om almascatie aja pak, linknya ada di sumber foto yang saya tuliskan di atas….

  14. wah mantab ini, lomba apa pula ini bro?

    • lomba??? baca komentar pertama di postingan ini!

  15. 29 Kurology

    foto (1), (3) dan (4) juara!!:mrgreen:

    anw, saya pernah mendarat di ambon, pada senja hari. hebatnya, di sana saya nggak dengar lagu2 apapun kecuali dari penyanyi lokal. nggak ada piter-pen, nggak ada dewa, nggak ada band bule. mulai dari taksi, kapal cepat hingga warung2 makan dekat hotel, semuanya hanya memutar lagu2 latuharhari. mantap!🙂

    • gara2 foto itu, gw kepengen ke sana lho😀
      wah salut benar sama orang-orang ambon, mereka bisa menikmati lagu2 mereka🙂

  16. Saya percaya Ambon itu indah2 dan manis2 apalagi bika Ambon. Mudah2an Ambon dan Maluku akan selalu indah dan damai selamanya, sejarah2 memilukan dan konflik2 pahit hanya akan menjadi bagian dari sejarah masa lalu saja, semoga. Amin.

    • iyah pak, harapan yang sama selalu buat Ambon dan daerah-daerah di tanah air, semoga kedamaian dan kecintaan kita tak pudar…🙂

  17. jemari tangan bergerak-gerak dan kaki menghentakkan. — Kalo gtu Nidji Donk,,hihihi

    • oh yah?? blum pernah dengar lagunya tuh

  18. Foto-fotonya kualitas dua jempol euy…..

    • iyah keren, dari bung almas dan kawan fotonya🙂

  19. pengen maen ke ambon yg katanya pantaimya indah kalee

    • iyah dari foto2nya pantai ambon amboi nian…. pengen ke sana juga🙂

  20. Mohon sarannya untuk weblog baruku,
    sebagai anak putra daerah Dabo Singkep
    Kepulauan Riau hanya itu yang bisa
    aku persembahkan buat kampungku yang tercinta…

    • mantap luar biasa….. salut buat anda membuat blog untuk kampung tercinta🙂

  21. di kampus banyak banget anak2 dari Ambon
    senang bisa punya teman dari berbagai penjuru, termasuk Maluku dan sekitarnya

    • wah bagus dong, bisa bertukar budaya dan informasi tentang nusantara…. ngak minta diajak ke sana sekalian rusa?

  22. Lintasberita bilang : salam kenal ya ! wah wuih ckckck bagus banget pemandangan langitnya, sepertinya di tempatku ga ada langit yang warnanya bisa seindah itu..

    • makanya ke ambon utk dapat pemandangan seperti itu😀

  23. jd pengen ke ambon.. emang denger2 ambon itu cantik banget loh kota2nya, pemandangan alamnya …
    ini kamu nerusin postingannya almascatie yah??? good job!!

    • iyah banget….

      iyah bukan nerusin sih, tapi ikut berpartisipasi seperti yang dijelaskan bang almas…

  24. Aih, bolehlah nanti ke Kepulauan Maluku untuk berwisata.😀

    • sip…. ayo ke sana…. indah2 benar kota itu🙂

  25. Saya berharap suatu ketika bisa menginjakkan kaki di Ambon..hanya sempat transit di bandara Ambon, saat mau ke Sorong, itupun udah 15 tahun yang lalu.

    • iyah bu, sy juga belum pernah, padahal hanya sejengkal jari dari sulawesi kalo ngukur dari peta😀 hehe

  26. Saya percaya akan ke-manise dari ambon karena dari dulu juga sudah terkenal dengan keramahtamahan nya. Namun saat kerus*han kemarin aku juga heran, koq bisa jadi hancur seperti itu😕

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    • sudah tidak hancur koq, sekarang mari kita berfikir masa depan cerah utk ambon dan daerah2 lain di Indonesia

  27. Salam buat ambon…,

    o iya, pulau yg ada di uang 1000 itu d maluku kan ??

    Pengen kesana…,
    xD

    • iya itu pulau Maitara dan Tidore, kayaknya masuk wilayah Maluku Utara *liat-liat peta lagi ndak yakin*

  28. bagus-bagus om, fotone.. ijin ngambil buat referensi. thanks

    • mohon ijin ke bung almas, yg linknya ada di atas ya…

  29. nice info..

    keep posting….

    salam kenal….

    • iyah posting dong…..

  30. Suka fotonya…. Ambon memang cantik kata teman-teman yang pernah kesana *mimpi ke Ambon*

    • ayo backpackernya ke ambon di dalam kota, sesekali hehee… lebih indah dalam negeri sendirikan ya?🙂

  31. 61 Semmy

    cerita dan apresiasi yang menarik..🙂

  32. menarik sekali info ini,jadi pengen melihat langsung kesana dh.

  33. Adik kecil yg menari itu manis sekali ya…salam ya.:)

  34. Enak kali ya kalau di Jakarta ada aer sebening dan sebersih aer masing???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: