Ada Ledakan di Reaktor Nuklir Jepang

12Mar11

Dampak Gempa berkekuatan dahsyat 8,9 Skala Richter dan Tsunami di Jepang kemarin (11/03) ternyata berdampak luas, berdasarkan status facebook teman saya Tonny yang lagi S2 di Jepang siang tadi sudah 1400 orang meninggal dunia, kerugian material tentunya sudah sangat besar terlihat dari berita di TV mobil dan beberapa gedung walaupun ada tahan gempa masih juga hanyut terbawa air tsunami.

Kejadian baru adalah terjadi ledakan di Reaktor Nuklir Fukushima Jepang, info tercepat saya dapatkan dari twitter dan facebook mas Rane Hafied yang berada di Jepang sering mengupdate berita-berita terbaru kejadian di sana :

@jafrane BREAKING NEWS! Sebuah ledakan dikabarkan terjadi di pembangkit listrik nuklir Fukushima, Jepang. Belum diketahui penyebab ledakan (NHK) #fb

link

Berdasarkan informasi dari teman saya Fatahuddin dari Jepang via Y!Messenger mengatakan baru 4 orang mengalami luka-luka. “Untuk saat ini, orang-orang yang ada di radius 10 km dianjurkan mengungsi dengan tingkat radiasinya diperkirakan 1000 kali skala normal” lanjut Fatahuddin lagi.

Namun ledakan itu masih jauh dibanding dengan ledakan bom atom Nagasaki dan Hiroshima dan semoga tidak mengakibatkan dampak yang lebih buruk lagi.

Peristiwa tersebut mengingatkan pada kejadian tanggal 26 April 1986 pernah terjadi ledakan cukup besar dan menjadi sejarah kelam penggunaan tenaga nuklir dunia di Chernobyl.  Ledakan ini menyebabkan ledakan potongan inti reaktor sampai 1500 meter ke langit dan  beredarnya awan beracun ke sebagian besar daratan Eropa. Menurut WHO, radioaktivitas total ledakan Chernobyl ditaksir 200 kali radiasi bom atom Hiroshima dan Nagasaki.

Indonesia ingin menggunakan Tenaga Nuklir sebagai pembangkit karena memberikan energi yang cukup besar dibanding menggunakan energi yang alternatif lainnya di samping karena mahalnya. Sampai sekarang masih saja diperdebatkan oleh para ahli maupun tokoh masyarakat bagaimana aspek kemanfaatan dan kerugian dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) ini. Tapi menurut PLN sendiri yang memutuskan adalah BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional).

Jadi menurut anda, masih perlukan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Indonesia?

Update :

@KBRITokyo : UPDATE PLTN Fukushima: pemerintah Jepang telah mengevakuasi 11.000 warga Fukushima seiring meluasnya daerah yg terkena radiasi hingga 20km. >> link




17 Responses to “Ada Ledakan di Reaktor Nuklir Jepang”

  1. Padahal saya berharap Indonesia sesegera mungkin memiliki PLTN….

  2. Wah Mas Arul punya temen di Jepang, mohon update langsung dari lokasi yaa..

  3. Kayaknya nuklir msh jauuuuuuh bgt bisa diterapkan di indonesia -_-”
    Urusan safety kita masih parah. Kalo jepang yang safety nya aja nomer satu msh bisa kecelakaan, gmn di sini ( ╥ ﹏╥)

  4. Judulnya saya edit ya, terlalu berlebihan ternyata🙂

  5. 5 Ahdyat

    semua pembangkit listrik pasti bisa mengalami hal yang tak mengenakkan, tak hanya nuklir, PLTU pun bisa, kilang minyak aja bisa meledak, kan??
    PLTN kalau sudah di penuhi syarat2nya, takkan terjadi hal2 yang tak diinginkan.
    walaupun PLTN di jepang bocor, tetapi pada kenyataannya, jepang bisa mengendalikan PLTN itu lagi dalam waktu kurang dari 24 jam.
    kenapa juga masyarakat kita hanya berpikir negatif saja tentang PLTN??? padahal positif juga sangat banyak kan??

    Indonesia…..indonesia. memang lucu ya??

  6. terlalu dini untuk menyikapi, tunggu hasil investigasinya dulu penyebab2 nya baru saya komentar

  7. Sedikit uneg-uneg.. Kayaknya jika indonesia pengen mengaplikasikan PLTN kayaknya harus mikir beberapa kali. Ya mikir kondisi terburuknya seperti yang dihadapi jepang, mampikah kita…

  8. Jepang, dengan segala aspek keselamatan dan kesehatan orang yang setau saya selalu diutamakan, menghadapi PLTN-nya pun masih mengalami beberapa kesulitan (tentu saja, itu juga akibat gempa dan tsunami yang sebelumnya melanda. kalau bukan karena 2 bencana sebelumnya, kemungkinan ini rasanya kecil). Sewaktu pertama kali dengar kabar ledakan ini, saya ngeri kalau Indonesia benar-benar membuat PLTN. Soalnya saya belum bisa percaya sepenuhnya tentang sistem pengamanan keselamatan dan kesehatan di Industri-industri tanah air😦 *pendapat awam

  9. wew ngeri woi, saya g mau kena radiasi

  10. Kelihatannya pembangkit tenaga nuklir di Indonesia perlu ditunda, sampai bangsa kita bisa mendisiplinkan diri, dan benar-benar menguasai teknologi tersebut, karena Indonesia juga terletak pada cincin api (daerah rawan gempa dan letusan gunung berapi).

    Saya bersyukur teman-teman di jepang selamat, termasuk anak bungsuku…..namun masih tetap harus waspada, kawatir masih ada gempa susulan.

  11. nuklir-nuklir sme amat takut ma yg satu nie

  12. tidak ada system yang 100% bebas dari error…. tapi bagaimanapun jg kalo tidak mau keluar dari zona aman, ya tak akan pernah berkembang,

  13. 13 sanjung

    menurut sya indonesia jangan dl lah mutusin buat miliki pltn, KENAPA?
    JIKA KITA BELUM SEPENUHNYA MENGUASAI TEKNOLOGI ITU RESIKO KEMUNGKINAN AMAT BESAR JIKA TERJADI APA APA , CONTOHNYA AJA LUMPUR SUDIRJO YANG HANYA SOAL PIPA GAS YANG BOCOR NAMUN SAMPE SEKARANG GK SELESAI SELESAI,LAHAN INDONESIA SEMAKIN MENYEMPIT HANYA UNTUK MENAMPUNG LUMPUR. JAI KLO PLTN YANG MELEDAKGIMANA ???????????????? APA KITA BISA MENGANTISIPASINYA BISA BISA RAKYAT MATI SEMUA KARNA KECEROBOHAN PEMERINTAH DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN. JADI TOLONG PIKIRKAN KEMBALI .

  14. Waaah iku bersedih ane atas tragedi yang melanda jepang

  15. Adakah yang berpikir dari sudut investasi? Untuk membangun PLTN dibutuhkan dana puluhan trilyun rupiah, jauh lebih besar dari pembangkit jenis lainnya. Jika terjadi kebocoran atau kecelakaan, PLTN harus ditutup, sementara pembangkit lain bisa direparasi. Untuk menutupnya pun perlu biaya besar. Jadi bayangkan, kita bangun PLTN dengan puluhan trilyun rupiah dengan APBN atau pinjaman dana luar negeri, lalu misal terpaksa ditutup. Bepara besar kerugian kita?

  16. dear all : memang penggunaan tenaga nuklir sebagai pembangkit listrik di Indonesia masih terus diperdebatkan, kalo saya mengambil prinsip Pak Habibie, dilihat dan tidak menutup mata terhadap nuklir, tapi tetap waspada penggunaannya, apalagi kita masih perlu belajar banyak tentang keselamatan kerja (safety)…
    nanti dilanjutkan lagi diskusi2nya🙂

  17. pltn harus ditempatkan yg strategis,indonesiakan rawan tsunami dan angin puting beliung…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: