Passion Membaca Buku

12Mar11

https://i0.wp.com/www.krisbattles.com/images/Fig_2.1_Boy_Reading.JPGMemiliki kegemaran membaca buku? Sebagian kita memiliki passion tersendiri dalam hidupnya dalam membaca buku. Masing-masing memiliki ketertarikan kuat kepada beberapa jenis topik, sampai kadang tak menghiraukan seberapa ongkos untuk membeli buku sesuai keinginannya.

Membaca buku adalah hal utama untuk belajar, belajar untuk mengetahui sesuatu. Membaca berbagai literatur baik fiksi maupun nonfiksi. Namun saya masih pilah pilih untuk membaca buku, lebih memilih buku-buku yang bercerita tentang sebuah cara, taktik, siasat, bernuansa politik dan sejarah, atau bahkan cinta maupun motivasi tentunya tak seperti cerita-cerita biasanya atau another cinderalla story.

Saya kadang lebih selektif memilih buku, lebih banyak buku yang direkomendasikan dibanding saya mencari sendiri, malas untuk kecewa duluan. Satu lagi, buku yang mudah dipahami, pernah ya membaca sebuah buku best seller, namun saya akhirnya merasa bosan isinya kebanyakan ilmiah padahal fiksi lho. Ah itu hanya cara saya memilih buku yang ingin saya baca.

Beberapa waktu saya menyempatkan diri untuk datang ke Pameran buku bertajuk Kompas Gramedia Expo 2011 di Istora Senayan Jakarta yang berlangsung 21-27 Februari 2011. Baru sempat mengunjungi pameran tersebut di hari terakhir dengan berbagai alasan klasik.

Walaupun hari terakhir, masih tetap saja ramai dengan pengunjung, diskon buku dari penerbit-penerbit yang biasa dijual di gramedia berjibun banyaknya, mulai dari diskon 70 % dan harga buku dari Lima Ribu Rupiah pun ada di pameran tersebut. Bahkan ada juga kesempatan mendapatkan buku sebanyak-banyaknya dalam waktu 30 detik. Dan di hari terakhir pula, panitia malah memberikan banyak kesempatan kepada pengunjung. Sebuah stand jual buku murahpun ramai banget dijejali para pengunjung. Mereka pada berebutan buku-buku murah, sampai ditumpuk hingga kedua tangan mereka sudah tak sanggup lagi menggotongnya.

Dari sekian banyak buku dalam pameran tersebut dan setelah berkeliling dari stand satu ke stand penerbit buku lainnya, ada beberapa buku yang sudah saya incar jauh-jauh hari sebelumnya, ternyata diskonnya masih kurang bagi kantong saya alias masih kemahalan. Akhirnya mengurungkan niat untuk membeli karena memikirkan aspek prioritas mungkin suatu saat.

Oh iya, namun pada akhirnya saya cuman menemukan 5 buku menarik.

undefined

Salah satunya Buku kumpulan cerpennya Puthut EA, ceritanya selalu sulit ketebak dan sangat membawa keubun-ubun, kadang selesai membaca satu buah cerpennya, langsung speechlees hanya bisa berkata “Woow!”.

Buku yang saya dapatkan ini adalah buku kesekiannya, terbitan lama sih, judulnya Sarapan Pagi Penuh Dusta, pernah baca bukunya hanya satu cerpen doang yaitu Sebuah Paket Berisi Kenangan yang ditunjukin sama inidanoe dan fauzansigma. Sebelumnya saya juga telah memiliki buku beliau yang berjudul Isyarat Cinta yang Keras Kepala.

Ada beberapa buku lagi yaitu buku teknik menyelesaikan rubik dari dulu pengen banget mengerti cara menyelesaikan rubik, novel intelijen secara tertarik dengan tema-tema cerita politik taktik, buku tentang psikologi permainan, dan satunya lagi tentang kesehatan yang diulas berdasarkan peraturan pemerintah.

undefined Beberapa waktu lalu juga mas Budiono Sukses, mengadakan kuis di facebooknya memberikan buku gratis sesuai pilihan dari pemenangnya. Salah satunya adalah saya dan akhirnya memilih buku Bumi Manusia karyanya Pramoedya Ananta Toer. Saya sudah pernah membaca buku kedua dari tetralogi Bumi Manusia kisah si Minke yaitu Anak Semua Bangsa. Buku yang pertama ini juga pernah baca namun baru sedikit itupun punya teman, pengen memiliki sendiri bukunya. Buku ini terbilang berat, perlu membaca dan mengulang beberapa lebar atau satu buku sekalian untuk mendapatkan makna dan mengikuti alur ceritanya.

Oh iya, kalau ingin mendapat hadiah buku silahkan sering-sering pantengin facebooknya mas dion deteksi😀

Ada satu buku lagi Stones into Schools sekuel memoar laris Three Cups of Tea ditulis oleh Greg Mortenson, buku ini saya dapatkan dari mengikuti kuis twitter @kickandyshow. Buku ini bercerita tentang seorang Amerika yang memberikan pendidikan bagi perempuan Afganistan. Menarik melihat pendahuluannya namun sampai sekarang belum sempat-sempat juga menyelesaikan membacanya.

Buku apa yang sekarang anda baca?

 

Ilustrasi gambar :



15 Responses to “Passion Membaca Buku”

  1. waduuh kayaknya buku terakhir menarik banget. pinjam dong. hehehehehe

    • boleh opa, ntar kalo ketemu lagi kasih tau ya, biar saya bawain😀 *soalnya masih malas bacanya* hehe

  2. Sebenarnya ini posting rapelan🙂

    • duar.. opa brad mengambil posisi pertamax😀

  3. Saya sedang membaca “Ranah 3 Warna”, tapi udah tiga minggu gak slesai-selesai dengan berbagai alasan klasik. ^^

    • saya belum baca buku pertamanya malah, masih blum tertarik sih membacanya, masih butuh rekomendasi teman2🙂
      diselesaikan dong, dan kasih tau nah reviewnya kalau sudah baca🙂

  4. wah… lupa kalo Arul sekarang di Jakarta. Tau gitu bisa dititipin beli buku pas pameran kemarin ya… *gataudiri*
    sekarang saya sedang baca ebooknya Samurai 1 : Kastel Awan Burung Gereja. Tapi karena pegal liat monitor, akhirnya beralih ke buku beneran (haha) yang judulnya Jane Eyre.
    Tahun ini saya malah mendedikasikan diri untuk disiplin membaca buku. targetnya sih 50 buku. so far udah nyampe 72 %.

    • ayo kak ndak apa2 nitip🙂 hehehe, btw tapi sama saja sih kalo mau dapat buku2 terbaru sih diskonnya 15 %, paling di gramedia makassar segitu juga🙂
      tapi kalo mau dapat buku2 yang tidak best seller dan lama, banyak bertumpuk kak🙂

      wah kalo target membaca buku? kesemua buku di atas blum ada selesai dibaca…😀 *disesuaikan kemoodan*:mrgreen:

  5. waktu itu sudah mau mantengin fb mas dion.. tapi apalah daya.. koneksi kantor kena blokir klo buka fb😦 hehehe next time mungkin bakal mantengin bener2 fb mas dion😀

    • iyah katanya akan sering2 diadain kuis lho🙂

  6. Jadikan buku sebagai sumber ilmu…!

  7. Membaca bukunya Pram itu memang melelahkan, tapi banyak sekali yang masuk ke kepala, khususnya soal sejarah perjuangan bangsa (tetralogi buru). Saya belum berani baca Bumi Manusia, tampaknya kisah ini roman yang paling tragis dari keempat seri Tetralogi Buru. Annelies nampaknya juga isteri Minke yang paling cantik dan yang paling dicintainya.

  8. BUKUNYA BOLEH JUGA ,MAU JUGA KLO DISKON 60%

  9. info bagus ni gan, salam kenal ya…

  10. 15 bonekarusia

    Baru baca lagi Bumi Manusia-nya Pram… very very very deep ya…
    Aku jg ngutip sedikit dialog yg paling menginsporasi di sini http://sejarah.kompasiana.com/2011/08/19/perang-yang-bukan-untuk-menang/

    Salam kenal ya arul!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: