The King’s Speech

21Feb11

https://i0.wp.com/a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/155037_128267047234995_112508338810866_176020_6389267_n.jpgWarning : Spoiler Mode On

The King’s Speech, film yang menggambarkan keadaan keluarga kerajaan Inggris yang mungkin kita tak ketahui apa yang terjadi di dalamnya. Namun di film ini yang berdasarkan kisah nyata Raja George VI ini mampu memberikan sedikit gambaran. Bahwa ternyata ada hal-hal kecil di dalamnya yang sangat berperan untuk sebuah Kerajaan dan Pemerintahannya.

Tersebutkan Bertie (Colin Firth), Duke of York, putra Raja George V (Michael Gambon) menjadi tokoh sentral dalam film ini, kemampuan berbicaranya di depan umum bahkan orang  sekalipun masih mengalami kesulitan. Sang istripun Elizabeth (Helena Bonham Carter) mengantarkan suaminya ke ahli terapi bicara Lionel Logue (Geoffrey Rush). Namun Bertie tak mampu mengikuti cara-cara yang tak biasanya diberikan oleh Logue yang kadang merendahkan derajatnya sebagai bagian kerajaan.

Namun ketika dalam keadaan emosi si Bertie ternyata mampu menunjukkan kelancaran berbicaranya. Namun tetap saja masih belum mampu melatih kebiasaan berbicara lancar.

Permasalahan muncul ketika Raja George V mangkat, dan David (Guy Pearce) Kakak Bertie, Sang Putra Mahkota menjadi Raja selanjutnya bernama Raja Edward VIII ternyata dia jatuh cinta dengan seorang wanita yang telah menikah dua kali, dan dalam aturan kerajaan tidak boleh raja menikah seorang janda.

Davidpun memutuskan untuk meninggalkan statusnya demi kecintaannya terhadap janda tersebut, dan menyerahkan kekuasaan kerajaan ke adiknya Bertie sebagai Raja George VI yang diketahui mengalami kesulitan berkomunikasi apalagi dalam kondisi akan terjadi perang dengan Jerman di kala Hitler menguasai tampuk pimpinan.

King George VI asli membacakan pidatonya (capture form youtube)

Dengan bantuan dari Logue walaupun sempat diremehkan, istrinya yang begitu setia selalu mendukungnya untuk belajar, pemerintah dan parlemen Inggris mampu menghadapi kesulitan ketika harus memberikan pidato yang menginspirasi rakyatnya.

Film  yang diangkat dari kisah nyata Raja George VI sebenarnya alurnya sederhana dengan penampilan menarik bintang film yang tak diragukan kepiawaian dalam berseni peran. Namun Colin Firth yang menjadi Aktor Terbaik dalam Golden Globe 2011 untuk Film King’s Speech ini sejatinya masih bisa lebih kuat karakternya lagi.

Sebenarnya dengan alur sederhana dengan jenjang maju seharusnya detil-detil kejadian yang dialami Bertie, namun ada beberapa detil film yang sepertinya tidak ditayangkan yaitu saat pengukuhan sebagai Raja Inggris atau bisa jadi disensor karena merupakan privasi kerajaan Inggris. Atau  menghemat waktu? Entahlah.

Selain beberapa adegan memberikan senyum ringan, gelak tawa akibat akting Bertie, ada juga bagian yang mengharukan ketika ketika sudah menjadi raja dia sangat bersedih mengapa sampai ditunjuk jadi raja padahal dia hanya seorang tentang Angkatan Laut saja, tak mampu mengemban amanah berat tersebut.

Film ini menginspirasi kita untuk tetap berusaha semaksimal kita, dengan tanggung jawab yang ada tentunya memberikan kita semangat yang luar biasa. Bagi yang belajar bagaimana berbicara depan umum ada beberapa tips menarik baik segi teknis maupun kontekstual.

Satu lagi yang terlupa, King’s Speech jg memberikan filosofi untuk menjadi  Raja atau pemimpin semua orangpun bisa tak mengenal cakap atau tidaknya,  bisa jadi sebuah kehendak/aturan ataukah memang keberuntungan. Namun keahlian menjadi pemimpin bisa dipelajari dan dilatih. Yang penting keteguhan hati dalam menjalankannya. (paragraf tambahan)

Film The King’s Speech peraih 12 Nominasi Oscar 2011, walaupun sebenarnya ekspektasi saya  untuk mendapatkan punch lebih dalam lagi, namun film ini tetap menarik dan menginspirasi buat anda, apalagi menonton di weekend sebagai hiburan buat anda. Tambah lagi boikot film-film asing masuk ke Indonesia, yang untungnya film ini sudah terlanjut masuk, jadi tetap diputar.

Selamat menonton !!!

Link Terkait :



7 Responses to “The King’s Speech”

  1. Puas2in nonton sebelum stok film luar nya habis…:mrgreen:

    • wah.. satpam blog datang…. pertamax nih🙂

      yoi… masih ada beberapa, weekend semoga masih diputar😀 hehee

      *tapi ah itu semua itu cuman ancaman doang sih *😀

  2. wah saya kebetulan belum sempat menonton film ini. untunglah ulasan ini gak banyak mengandung spoiler. hehehe. semoga ada di lapak-lapak DVD terdekat #eh

    • bagi2 dong DVDnya😀

  3. Ng… Anu, yang tepat sepertinya “Duke of York” ya… bukan “Duck of York”. CMIIW. ^^;

    • iyah…. betul sekali, maaf salah ketik *gara di kantor tadi ngiler sama bebek bakar nih* hahaha😀
      *sudah diedit… makasih ya😉

  4. setuju kakakk..
    filem ini awesome..😀
    aktingnya collin firth disini memang pantas buat dapatin gelar aktor terbaik🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: