Draft Tulisan Tak Kunjung Terbit

10Des10

Menulis di blog bagi saya merupakan sebuah hobi untuk memberikan kebebasan otak saya menuangkan apa yang isinya dalam sebuah posting sederhana di blog ini.

Namun pada akhirnya sebuah tulisan tentunya tak jarang hanya berakhir di kolom draft tak sampai hati untuk menekan tombol Terbitkan/Publish.

Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut tak matang menjadi sebuah postingan, walaupun tulisan-tulisan saya di blog ini sebenarnya ngak matang-matang amat untuk dipublish, kadang berfikir “waduh, salah tulis” tapi itu konsekuensi setelah menulis nantinya bisa dapat koreksi oleh komentator atau dikoreksi sendiri di kolom komentar. Nah alasan-alasan yang sebenarnya tak perlu diargumentasikan karena hanya berupa alibi pembenaran saya aja untuk tak jadi memposting alias klise😀

Pertama karena kesibukan, ada beberapa tulisan yang sebenarnya sudah sampai dua-tiga paragraf tapi karena tiba-tiba ada kesibukan lain, ide untuk melanjutkan tak kunjung datang, raib dengan kegiatan lain. Ini yang paling sering.

Kedua, tak ada data ataupun fakta, mungkin juga ilustrasi gambar  yang bisa saya sajikan untuk mendukung tulisan saya, akhirnya mentok. Bahkan adalah lho tulisan yang sudah lebih 500 kata tapi disebabkan oleh fikiran saya pun juga konsekuensi apa yang bakalan terjadi ketika saya menekan tombol publish, apakah saya mampu mempertanggungjawabkannya.

Ketiga, pernah yah saya diinterview suatu perusahaan nah dia tanya, hobbi saya apa, saya jawab menulis di blog. Trus ditanya balik, tulisannya tentang apa, kritikan? *Makjleb* saya bilang iya kadang-kadang, dengan memberi alasan seiring berjalannya waktu tentunya kritikannya juga harus berdasar kalau bisa memberikan solusi. Entahlah mungkin untuk beberapa perusahaan kritikan itu tabu, sampai hari ini masih kepikiran juga.

Perusahaan yang mungkin akan menggunakan anda, bisa jadi menggunakan search engine atau cukup mencari nama anda di facebook yang tidak terprivasi dengan baik. Bisa ketauan tuh kita berdasarkan tulisan di blog dan atau status-status yang dituliskan di facebook. Yah semoga tulisan-tulisan yang terpublish di blog ini, selama ini bisa dipertanggungjawabkan.

Keempat, pernah suatu hari berdiskusi di status facebook teman saya, karena saya mungkin mengeritik terlalu keras, eh dinasehatilah saya oleh teman diskusi yang lain bahwa kita perlu juga belajar nasehat orang tua, janganlah mengkritik seseorang, jikalau kita tidak lebih baik darinya dan nasehatnya yang lain jangankan mengeritik ketika kritikan hanya menonjolkan konsep tentang diri dan ingin membuktikan kita lebih pintar dari pada yg di kritik. Saya ikut merenungi sampai sekarang ucapan saya alias kritikan saya sudah seperti itu?

Ah, sudahlah itu bisa jadi alasan klise tapi membuat saya berfikir jadi tidaknya sebuah tulisan itu dipublish atau ndak.

Nah yang saya ingin jelaskan sebenarnya menjelaskan ide awal mengapa ada draft beberapa tulisan saya yang tidak jadi terpublish di blog ini.

 

Posting yang berjudul Alhamdulillah sebenarnya tulisan puitis yang ingin mengangkat salah satu Ayat dalam Surat Al Fatihah itu😀

Kemudian posting tentang Sule : Fenomena Persaingan Iklan, nah tau sendirikan Sule si aktor lawak tersebut berakhir jadi bintang iklannya Kartu As padahal sebelumnya di provider telepon seluler juga yaitu XL Axiata, melihat iklannya sepertinya melanggar etika periklanan. Saya sempat membaca kode etik periklanan di Indonesia dari perkumpulannya mengatakan kata “paling” juga hal tidak boleh dalam etika periklanan. Tapi kata teman saya di provider yang ditinggalkan Sule, semakin kontroversial semakin terkenal😀

Merapi, tulisan ini sebenarnya terkait akibat erupsi Gunung Merapi bagaimana gunung tersebut menjadi pusat arah masyarakat Yogyakarta, sampai ke hal klenik juga ternyata.

Nah terkait kondisi pemberitaan persoalan politik negara ini, media-media seakan-akan telah berubah menjadi sebuah Infotaiment Politik persis infotaiment para artis yang mengubar pribadi dan aib kadang-kadang tanpa melihat sisi berita sebenarnya.

Siapa Tuhan bangsa Indonesia? Pertanyaan ini saya ajukan di sebuah diskusi facebook di forum alumni sekolah terhadap kunjungan Obama ke Indonesia yang sepertinya menuhankan beliau karena apapun keinginannya tentu dipenuhi. Yah walaupun ada juga mengatakan diskusi tersebut tidak penting. Tapi ujung-ujungnya ada yang menjawab pertanyaan itu, kalau Gayus adalah Tuhan Bangsa Indonesia😀

Pencitraan Online ini sebenarnya idenya karena ada beberapa pejabat sering keseleo lidah bahkan juga akibat media memprovokasi cuman mengambil sepatah-dua patah kalimat jadinya multitafsir dan kadang menjadi menyinggung perasaan orang lain. Kecamannya itu luar biasa di media online, makanya butuh staf ahli pencitraan di media online untuk menandingi arus keras kecaman itu.

Terkait salah omong tadi, di sini menyoroti DPR tak Mampu Berkomunikasi Massa dengan baik, karena berapa ungkapan ataupun lontaran kata-kata yang keluar tidak sesuai atau tidak bijak, yah sampai menuai kecaman banyak orang. Yah sesekali mungkin perlu diberikan pelatihan tatakrama berkomunikasi dengan baik kepada massa dan menjaga emosinya, seperti contoh yang saya liat komunikasinya bagus Anas Urbaningrum *no offense ya*.

Tata Ukur dan Ujung Galuh, nama lama suatu daerah di Indonesia, sebenarnya ingin menceritakan perjalanan dari tempat tersebut, tapi ah benar-benar lagi ngak ada ide juga tuh.

Politik adalah Strategi, tapi kadang orang-orang juga menganggap politik itu kotor, tidak baik, dan berbagai sinonim yang jelek buat politik. Seandainya mereka tau esensi politik ya tentunya tak sampai demikian, yah walaupun kadang ada yg berpolitik dengan cara yang baik elegan dan ada juga yang tidak baik.

Angin, lagi-lagi sebenarnya tulisan fiksi saya, namun tak jadi karena tak ada ide melanjutkannya.

Traficking dan Korupsi, sebenarnya draft tulisan ini muncul setelah menyaksikan dua film tentang trafficking dan satunya tentang korupsi, ingin mereview dan kemudian mengaitkan dengan kondisi nyata. Tapi pada akhirnya berfikir ah tidak jadi karena satu dan lain hal.

Malaysia Indonesia inginnya membahas konflik yang lagi memanas waktu itu antara kedua negara, ah lagi-lagi tak ada ide melanjutkan tulisan itu😀

Bertanya atau Memberitahukan? Ini sering terjadi sih gara-gara dialek dan kebiasaan orang-orang bisa jadi di daerah saya, ketika menggunakan kata tanya ternyata untuk memberitahukan, dan kadang juga ketika memberitahukan terkesan bertanya. Haha, ini susah memberikan contoh jadi tidak dilanjutkan tulisannya.

Membicarakan Luwu dan Potensinya, sebenarnya ingin saya angkat biar Kabupaten Luwu daerah saya itu, bisa juga dikenal oleh orang-orang. Tapi yah pada akhirnya terlihat banyak sekali yang harus ditulis dan kesibukan tak jadi deh.

dan 102 draft tulisan lainnya yang tak kunjung dipublish.

Ini namanya postingan rapelan, all in one. Tapi tulisan-tulisan itu ada yang sudah basbang deh, jadinya entah ya akan suatu saat dipublish atau tetap abadi jadi draft aja. Haha



52 Responses to “Draft Tulisan Tak Kunjung Terbit”

  1. Eh alasan yang saya kemukakan itu bukan jadi alasan tidak ngeblog, tapi tantangannya lho buat menjawabnya🙂

  2. ayo terbitkan semua draftnya, semangat, ^^

    • ok2, ntar kalo ada yg bisa dipublish akan dipublish😀

  3. wah, ternyata banyak juga draft tulisannya, mas arul kalau ada waktu, bisa diedit ulang disesuaikan dengan konteks kekinian. pasti jadi tulisan yang keren. selamat tahun baru hijriyah, mas arul, semoga makin tambah sukses.

    • iyah pak sawali pengennya seperti itu disesuaikan dg konteks kekinian dulu🙂

  4. ayooo smngat, terbitkan hasil karyamu🙂

    bertukar link dengan
    http://blog.umy.ac.id/tutorialblogging/
    kalau mau kabarin yah🙂

  5. rul, benar, sayang sekali kalo nggak diteruskan… sudah sebanyak itu. sebaiknya kalo ada waktu luang aja, telaten satu2. soal perusahaan itu menarik memang. itulah enak-gak enaknya ngeblog. bisa dibikin buat ajang pencitraan, tapi kalo lagi “lepas kontrol” tulisan2 jujur kadang tak bisa terelakkan juga kan🙂 semangat! btw, blogmu aku taruh di blogrollku yah, mohon ijin… thx.

    • iyah butuh ketelatenan mbak, jadi yah masih butuh waktu banyak dan pikiran yg relax menulis haha… yah ntarlah diseleksi mana yg masih perlu dipublish😀 hehe

      yah semoga tulisan2 ini berada pada jalur dan dapat dipertanggungjawabkan🙂

  6. 9 baguštejo

    alasan yang pertama yang paling sering saya alami juga,
    kedua; ada ide tapi sulit untuk menuangkan dalam barisan kata. ada sekitar 5 draft juga yang enggan untuk dipublish, statusnya memang mandeg di jalan dan beberapa kali mengalami editan rasa²nya kok kurang sreg untuk diterbitkan.🙂

    • saya juga kadang menggunakan prinsip sreg dan tidak sregnya utk dipublish, yah banyak pertimbangan lah, bagaimana tulisan kita selanjutnya apa bermanfaat atau malah merugikan😀

  7. Saya juga ada beberapa draft yang belum dipublish, bahkan ada draft yang dibuat setahun lalu tapi belum dipublish juga sampai sekarang. Alasannya juga mungkin hampir sama dengan oom Arul ini.

    Maka itu sekarang di blog saya buat bagian khusus untuk posting2 foto-foto gitu. Setidaknya kalau lagi ga bisa posting tulisan, ya posting foto…:mrgreen:

    • wah…. saya malah sejak awal2 ngeblog, emang sudah jadi draft🙂
      iyah itu salahsatu strateginya, tapi kalo saya… malah kalo ngak ada foto malah kadang menjadi pertimbangan utk tak jadi posting😀

  8. tulisannya menarik semua, penasaran😦

    • tengkiu, semoga ada yg dipublish🙂

  9. hahahahaha…aku pikir diriku doang yang suka numpukin tulisan di draf! tapi rul…dirimu parah banget sampe seratusan begitu😀 tulisanku mungkin gak nyampe 10 di draf! hehehehehehe…

    ayoo semangat nulisnya ^^

    • iyah mbak ria, parah ya… soalnya ide menulis sering datang, tapi penyelesaian tak ada😀 hehe itu tulisan sejak dahulu kala bahkan🙂
      tengkiu mbak🙂

  10. wah,,, all in one! kreatif juga, kak…😀

    • wah dasar lagi2 bersahabat dg industri kreatif, posting ini juga dibilang kreatif😀 hehe

  11. waaaw banyak ya draftnya…😀
    saya pernah sampe 50 draft, akhirnya masuk trash semua karena topiknya keburu basi, dan ya seperti yang kamu bilang, tulisan itu tanpa solusi, atau sekedar ide dan saran. Jadilah saya terlalu malu untuk mempublishnya😀

    Sekarang sih di draft ada 4 tulisan. mudah-mudahan ga sampe basi udah bisa di publish😆

    • wah yg masuk trash itu, tulisan yg panjang2 ngak? kalo sedikit masih beberapa kalimat sih ngak apa2. kadang saya sebenarnya malas membuang ke sampah tulisan2 itu karena udah terlanjur banyak.. yah minimal suatu saat jadi bacaan utk posting selanjutnya yg tak basi😀 hehe

  12. waw draftnya bisa sampai ratusan begitu hehheehhehe, memang yang namanya tulisan harus bisa kita pertanggung jawabkan isinya

    • iyah ada byk pertimbangan utk tidak mempublish, iyah benar banget…..🙂

  13. Buseeeet, 102 drafts? Haahaahaa…

    Saya selalu berusaha menyelesaikan tulisan, tidak menundanya. Itu keren banget, sampai ke angka 102…

    • yg keren itu isnuansa, langsung sigap posting, kalo saya… yah nunggu ini itu… hehe

  14. susah emg, kadang ide cuma numpuk di kepala tp g bs nuangin lewat media tulisan. kalau lg nulis harus berhenti juga tar tiba2 jd buyar semua yg mau ditulis awal😦

    • iyah suka dukanya menulis seperti itu, tapi yang jelas tetap menulis aja deh🙂

  15. Iya mas, publish semua aja.. biar tulisannya bisa kita baca..

    • yoi, ntar deh

  16. tunggu apalagi…
    dah gak sabar pengen baca nih..!

    • ok2…

  17. kalo kritik lewat dunia maya sih sepertinya boleh2 saja mas, asalkan sifatnya membangun. bukan destruktif. Bersamaan dengan kritik tersebut dicari juga solusi kedepan nya..

    • iyah fahmi, kritikan seperti itu seharusnya… tapi kadang juga sih ada beberapa orang tak mampu membuat kritik seperti itu, dan beberapa orang2 yg lain kadang tak mampu melihat fungsi baik dari kritik🙂

  18. Saya kalo nulis biasanya kalo sudah punya ide nya secara utuh, jadi berusaha sebisa mungkin menyelesaikan judul tersebut di saat itu juga…. karena begitu ditunda, kali berikutnya akan kehilangan momen jadi kadang sambungannya malah ga nyambung

    • iyah hehe, itu yg sering terjadi pada diri saya, menulis tak sampai selesai, ada saja halangannya. Dan ketika dipublish kadang ada yang sudah agak basi😀

  19. nggak papa di postig aja.. kecuali kalo memang kita pikir tidak baik atau melanggar etika/suatu hal… keep writing…

    jika tlisan kita salah akan ada respon yang datang, kan bisa dihapus.

    • yah tak sekedar pertimbangan itu, ada beberapa pertimbangan lainnya jg🙂
      yah, ketika dipublish, tulisan kita sudah kedaftar di google lho😀

  20. ayo di publish ntar keburu basi lhoo tulisannya.. hehe

    • haha, iya sudah banyak basi apalagi yg terkait current issue😀

  21. 39 sibair

    ya ampun mas arul… *tepok2 pundak mas arul2* ayo ayo semangad buat fisising draftnya😀 nah nulis ini aja bisa banyak masa draft sebanyk itu gak terbit2 *alah*

    • hehe iyah bair, begitulah kalo banyak pertimbangan ini itu yang bagi saya tak layak utk dipublish. Jadi ini hanya sekedar nampilin idenya, tapi blum selesai digarap😀 hehe

  22. ayo diterbitkan draftnya, sepertinya pembahasannya menarik *ntar keburu basi hehehe

  23. sering juga aku macet kayak gitu rull… tapi alasannya biasanya nggak ada fotonya.
    ntar dikira hoax…. heheheheh

    • haha, toss mbak, saya juga kalo ngak ada foto koleksi, atau ngak nemu2 di google, kadang tak jadi dipublish😀 ngak indah katanya posting tanpa gambar😀

  24. 102 draft? Widiw… Coba dipublish aja, tp untuk kalangan terbatas🙂 di blog yg terpassword gt lah😀

    • hehehe, sebenarnya isinya ngak rahasia, cuman emang blum selesai dan hmm.. ada pertimbangan tertentu keknya sy ndak mempublish😀 haha satu lagi sudah basi😀

  25. Wow… tulisan yang berbobot seperti biasa, walaupun dg topik yang simpel…😯

    Ehem…*batuk*
    Saya juga ada cukup banyak draft yang ngumpul di dalem dasbor….😀

    • ini tulisan yang dirapel mas asop😀 ayo diposting draftnya *eh tak lupa ingatkan diri sendiri juga*

  26. semoga cepat terbit

  27. Saya juga sering begitu…menulis, sudah masuk draft tapi ragu-ragu.
    Kebetulan tulisanku hanya berupa sharing pengalaman, sehingga kecil kemungkinan ada yang tersinggung.

  28. Nice post ..
    boleh tukeran link g?
    ini link saya http://blog.umy.ac.id/ghea
    kalo boleh di kabarin yah.. makasih..


  1. 1 Draft Post, Malang Nian Nasibmu | Blog Personal Frenavit Putra
  2. 2 Belajar itu menulis « Insan Perubahan

Tinggalkan Balasan

