Merayakan Kemerdekaan #indonesia65

18Agu10

Peringatan Hari Kemerdekaan Negera Kesatuan Republik Indonesia Ke 65 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2010 ini berlangsung di seluruh daerah tanpa kecuali. Namun perayaan kali ini mungkin sedikit berbeda karena berbarengan dengan Bulan Ramadhan yang kebetulan jatuh pada Tanggal 7 Ramadhan 1431 Hijriah, sehingga beberapa aktivitas yang membutuhkan tenaga lebih dan tidak bersinggungan dengan yang berpuasa tidak dilaksanakan.

Namun acara inti berupa upacara detik-detik proklamasi termasuk upacara penurunan bendera di sore hari tetap dilaksanakan dalam kondisi puasa.

Tahun ini untuk pertama kalinya setelah terakhir tahun 2001 mengikuti upacara bendera sekaitan dengan peringatan detik-detik proklamasi di masa sekolah di SMA Negeri 2 Tinggimoncong yang penuh kesan mendalam karena pelaksanaannya di tingkat Desa Parigi. Yah walaupun tingkat desa kami sangat menanti dan berbahagia sekolah kami ikut ambil bagian dalam menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan RI tersebut. Mulai dari Paskibra, Paduan Suara, MC, dan lomba2 serta tetek bengek lainnya biasanya dikoordinir oleh sekolah kami.

Tahun ini di kantor eh instansi saya, tentunya merupakan kewajiban di daerah untuk melaksanakan peringatan tersebut. Jadwalnya katanya teman-teman pukul 07.30 pagi, berarti dari rumah sejam lebih, eh 06.30 harus berangkat.

Ternyata eh ternyata ada 2 upacara, satu upacara kesadaran nasional yang setiap tanggal 17 diperingati (instansi pemerintahan cukup falimiar dengan hal ini) dan tentunya upacara detik-detik proklamasi dengan pengibaran benderanya. Karena saya tidak mengetahui ada dua upacara dalam sehari, jadi saya menunggu upacara besarnya tersebut, dan perlu anda ketahui saya menunggu dari jam 07.30 sampai jam 10.00 baru dimulai, waktu yang cukup panjang bukan, ah itu semua demi #indonesia65.

Setelah sepuluh barisan sudah disiapkan, dari barisan tentara, polisi, guru, pegawai, mahasiswa, menwa, dan lain-lain sudah dibagi per kompi. Yah namanya dalam bulan puasa/ramadhan ada yang membawa payung dan sejenisnya, walaupun bukan di bulan puasa mereka juga membawa payung hehe. Namanya juga sudah tidak anak-anak lagi tidak bisa diatur.

Karena bulan puasa, terhitung ada lebih dari 10 mobil ambulans yang siap sedia dibelakang barisan, entah persiapan bagi peserta upacara yang pingsan maklum lagi suasana puasa, kemungkinan ada yang ngak kuat berdiri upacara.

Acarapun dimulai oleh MC seperti keprotokoleran lazimnya, ada aubade, pembacaan naskah proklamasi, pembunyian sirene, kalau dipusat menggunakan tembakan senjata (eh meriam kali ya), pengibaran bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera tim 8, tim 17, dan tim 45.

Nah cukup unik, saat peringatan detik-detik proklamasi menggunakan sirine, walah dalah sirine2 mobil ambulanspun ikut berbunyi.. jiakakakakak ternyata gunanya mobil ambulans itu buat bunyiin sirine toh, kirain untuk antisipasi orang pingsan (w00t). Mungkin juga sih, tapi sepanjang upacara berlangsung alhamdulillah tak ada satupun yang pingsan, walaupun cuaca awalnya mendung-mendung gembira namun saat dimulai upacara sudah mulai hangat-hangat mengkhawatirkan😉

Mengenai pengibaran bendera oleh Paskibra, mengingatkan masa-masa jadi Paskibra di tingkat desa, tingkat desa namun begitu mendalam, latihannya sama beratnya dengan paskibra nasional. Cuman bedanya di pakaiannya aja kali, kita menggunakan baju SMA, putih abu-abu. Tapi semua itu memberikan banyak ilmu dan pengalaman yang tak kalah dahsyatnya. Really… tanya aja sama anak-anak smudama…. nih contoh postingan blog kakak kelas saya tentang indahnya ber17an di desa.

Eh itu juga, cewek-cewek pengibar bendera pada pakai jilbab semua, tapi sayang betisnya masih kelihatan, atau itu cuman penutup kepala aja untuk keseragaman kali ya.

Oia tahun 2007 saya merayakan Kemerdekaan RI ini di negaranya orang di Philipina, seperti yang pernah saya tulis di sini nasionalisme cukup tinggi ketika berada di luar Indonesia, namun di Indonesia juga tak kalah heroik koq.

Ah sudahlah, demikianlah saya merayakan kemerdekaan RI tahun ini, walaupun puasa ternyata tidak loyo lho sampai waktu berbuka puasa, walau sempat berpanas ria. Saya tak memberikan pendapat, hanya menceritakan kisah aja kali ini.

Happy freedom my country!!!



19 Responses to “Merayakan Kemerdekaan #indonesia65”

  1. ini posting hari kemaren, baru sempat dipublish sekarang, sori blum melalui proses edit hehe, ngak sempat lagi hihihi.. pokoknya Merdeka

  2. Merdeka! Haaaa, puasa2 nunggu dari jam 07.30 dan baru dimulai jam 10.00? Kalo saya udah nyungsep!

  3. merdeka…
    info terkini dapet ketigaxxx

  4. Yang penting benderanya gak terbalik.. :))
    Saya sepakat, kalau nasionalis di luar Indonesia lebih tinggi. Karena saya pernah merasakan hal tersebut, yang jelas didukung rasa kangen kembali ke Indonesia.🙂
    Salam Kenal…Salam Blogger

  5. Eh, Rul.. kayaknya ada yang salah deh..
    postinganku ttg upacara di kampus, bukan waktu di smudama.🙂

  6. 6 b43r

    wah kemaren saya upacara di semeru bos😀 #eh gak tanya ya😀

  7. jadi sekarang kerja di instansi apa rul?
    semoga menambah rasa nasionalisme ya hehehehe

    MERDEKA untuk indonesiaku…

    semoga kita kedepannya mampu menangkis penjajahan dalam berbagai bidang😀

  8. banyak kejadian menarik di peringatan hari kemerdekaan itu, dari berita heboh istana negara, sampai ke pengibaran bendera yang terbalik di papua.🙂

  9. salam merdeka!!!

  10. tinggal memperingati aja…hehehe..daripada tembak2an sama tentara Belanda dan Jepang

  11. mobil ambulans aja 10 … nasi bungkusnya disedian berapa dus tuh … xioxixi

  12. salam kenal…
    artikelnya menarik banget🙂
    Indonesia merdeka selamanyaaaaa…

  13. selamat merayakan kemerdekaa Indonesia
    semoga negara ini cepat melenyapkan para koruptor dan orang orang yang menelantarkan orang miskin

  14. hai semua ngak sempat balas koment satuper satu….
    pokoknya merdeka kabeh😉

    kak echy maksudnya sedikit menceritakan dalam postingannya tentang hal tersebut😀 hihihi

  15. Arul.
    Saya baca ulang lagi..cuma pengin tahu Arul kerja dimana..kok nggak ada?

  16. @bu edratna : oh iya, lupa ngejawab😀 hehe kerja di pemda, bappeda luwu😀

  17. seX merdeka tetep merdeka (dance)

  18. hiduplah Indonesia raya….

  19. Merdeka…..
    Kita harus bangga menjadi warga Indonesia. Tapi jangan pernah bangga menjadi pimpinan yang korup.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: