Menulis kebahagiaan dari setetes tinta kesederhanaan

01Mei10

Kebahagiaan merupakan bagian hidup manusia yang selalu dicari dan diingini oleh makhluk Tuhan satu ini. Entah butuh berapa waktu, butuh berapa duit, butuh berapa orang, butuh berapa kesempatan, membuat orang itu akan berbahagia.

Namun kebahagiaan itu bukan slalu diukur dengan waktu, bukan diukur dengan duit, bukan diukur berapa banyak orang, tapi kebahagiaan itu berawal dari kesederhanaan. Kalau kata orang sih, kebahagiaan itu bukan dicari, tapi diciptakan.

Terinspirasi dengan acara Kick Andy kali ini, sudah 2 episode acara ini yang pertama tentang ‘Cinta Tanpa Batas” di mana sang perempuan menerima keberadaan ketidaksempurnaan pasangannya dan episode ‘Kesempurnaan Cinta‘ bagaimana sang suami yang normal memiliki istri yang mengalami ketidaksempurnaan fisik, baik ketunaan maupun penyakit kronis yang bagi sebagian orang merupakan hal yang membuat berfikir banyak kali untuk menjadikannya pasangan hidup.

Sekarang ini, kebahagiaan itu kebanyakan muncul dari ketidakikhlasan, muncul dari pamrih yang diharapkan. Kebahagiaan yang dibuat-buat hanya untuk sesaat, namun pada akhirnya tersesat dalam kehidupannya sendiri yang terkekang oleh kebahagiaan imitasi.

Namun kali ini terlihat bahwa sebenarnya kunci dari kebahagiaan itu ada kesederhanaan, bagaimana kita memaknai kesederhanaan itu dengan kesempatan yang Allah berikan kepada kita untuk menjalani hidup dengan sebuah perjuangan hidup yang kita nikmati dan bahagia akan hal itu.

Kebahagiaan bukan dari sebuah rayuan kata-kata dari seseorang, sehingga kita bahagia. Kebahagiaan itu akan muncul ketika itu berupa ketulusan dan keikhlasan dalam menjalankan aktivitas seberat apapun itu.

Seperti kata Mimin  Aminah yang menderita folio sehingga harus menggunakan tongkat ketika berjalan bahwa “kebahagiaan, sesuatu yang dibagikan kepada orang lain”. Ungkapan sederhana namun penuh makna bahwa menuliskan sebuah kebahagiaan tidak perlu dengan bertumpuk2 kertas duit anda, tapi bagaimana kebahagiaan itu ditunjukkan dalam aktivitas memberi kepada orang lain. Ungkapan sederhana yang pekerjaannya juga sederhana.

Persis seperti kisah-kisah di Kick Andy episode ‘Mereka yang Terpanggil’ Anne Avantie seorang designer, Budi Soehardi seorang pilot yang menerima penghargaan CNN Hero, atau Daniel Alexander. Mereka itu yang mendapatkan kebahagiaannya dengan membantu orang lain, cukup dengan membantu tidak dengan mereka harus mendapatkan imbalan pamrih.

Kebahagiaan itu tidak perlu dijelaskan rumit dalam sebuah kalimat indah untuk ditunjukkan ke orang lain, seperti kisah kickandy hari jumat (29/04) ketika sang istri yang mengalami penyakit lupus dan low vision dan mengalami pengangkatan rahim sehingga dia tidak bisa memiliki keturunan memberikan sebuah pertanyaan kepada suami apakah sang suami ingin melakukan nikah lagi untuk juga memberikan sebuah kebahagiaan kepada sang kekasihnya. Namun apa yang dijawab oleh sang suami “Kamu ada-ada saja”, bagi saya kalimat itu seuntai bahasa sederhana namun tersirat sebuah makna kebahagiaan yang diberikan suami kepada istrinya. Dan istrinya pun merasakan kebahagiaan yang ada tanpa dibuat-buat. Indahnya sebuah bahagia yang sederhana bukan?

Satu ajaran menarik bagaimana kita menulis kebahagiaan dari setetes tinta kesederhanaan adalah dengan memberikan senyuman. Laku yg sederhana, cukup menarik ujung bibir ke kiri dan kanan sejauh 2 cm jadi deh kamu bahagia dan orang lain bahagia juga. Yakinlah senyum adalah investasi luar biasa buat anda, investasi dunia dan akhirat!

btw anda cari kebahagiaan di mana sih?

ilustrasi gambar : http://www.gynomite.wordpress.com & www.docwhisperer.wordpress.com



44 Responses to “Menulis kebahagiaan dari setetes tinta kesederhanaan”

  1. belajar menciptakan kebahagiaan😉

  2. Kebahagiaan adalah karunia Ilahi

  3. 3 priencesz

    judul nya ajha udah fantastis.,.
    kereend!!!

  4. 4 priencesz

    judul nya ajha udah fantastis.,.
    kereend!!!
    kereend

  5. Kebahagiaan sebetulnya disebabkan oleh hal-hal yang sederhana….yang bisa menginspirasi kita

  6. kebahagiaan itu ada dalam diri kita sendiri kak, contoh saja kalau kita lagi sedih, kita bisa mencari sesuatu yang bikin kita jadi bahagia. Intinya hanya diri kita , hati kita yang bisa tau dimana letak kebahagiaan itu🙂

    salam

  7. saya juga suka nonton tayangan kick andy, mas arul. dari tayangan itu, kita bisa banyak belajar secara nyata dan langsung dari para pelaku kehidupan yang sesungguhnya. hmm … ternyata senyum merupakan sebuah investasi yang akan mendatangkan banyak keuntungan di masa depan. mantab.

  8. bisa tersenyum dan membuat orang bisa tersenyum
    itu sangat luar biasa,

    ya acara kick andy memang mencerahkan kita yg kadang stuck dgn permasalahan yg itu2 saja

    salam !🙂

  9. Memang alangkah indahnya jikalau kebahagiaan dilandasi dengan hati yang ikhlas tidak serta-merta hanya dihargai secara materi atau fisik saja. Saya sempat terharu menonton acara Kick Andy waktu itu tentang orang2 yang bisa menerima ketidaksempurnaan pasangannya dengan ikhlas. Sayang tidak semua orang bisa seperti itu, mungkin hanya orang2 yang spesialah yang bisa seperti itu. Mungkin memang alam diciptakan selalu ada sifat baik dan sifat buruk dalam setiap manusia, entah kenapa begitu, mungkinkah kita harus “ikhlas” menerima sifat2 buruk kita?? Ah… mudah2an kita sendiri bisa memperbaikinya sebaik mungkin…

  10. kesederhanaan adalah kemewahan bagi saya🙂

  11. Senyum itu sangat berarti, ya.🙂

  12. saya jadi harus ikut-ikutan senyum pas baca aragraf-paragraf akhir😛

  13. oh yeah, lihat gambar saya disamping, itu juga senyum🙂

  14. mengingatkan saya dengan materi senyum di esq dulu.. senyum 2 cm ke kanan dan ke kiri.. hehe..🙂 i smile on u dulu ah, kk. hehe.. smile! ak juga nonton pas hari Minggu-nya.. berasa cinta itu sangat manusiawi..🙂

  15. Kebahagian memang terletak dihati dan kata kuncinya adalah syukur .Semoga kita menjadi orang yang bersyukur

  16. intinya harus mensyukuri.. kalau dah bersyukur insya Allah kebahagiaanpun akan terasa..

  17. kebahagiaan yang hakiki

  18. 18 Wiwied

    Kebahagiaanku juga karena sahabat dan cinta ….. http://wiedesignarch.blogspot.com/2010/05/nge-blog-karena-cinta.html

  19. 19 fatmini

    Setelah membaca semua komentar ini saya jadi teringat dengan yang diajarkan guru-guru saya dan kisah-kisah sahabat Rasulullah SAW,semua komentar itu sesuai dengan sifat-sifat semua sahabat Rasulullah SAW,dan itu semua ajaran dari Beliau

  20. yg aku ingat dr epsiode itu dan benar dalam pikirku adalah

    “Kebahagiaan tidaklah dicari, namun diciptakan karena manusia tidak bakal menemukan kebahagiaan jika ia tidak mau menciptakannya”
    Pasangan yg dr Ponorogo

  21. kebahagiaan??
    waahh..g bisa disebut satu2 asalx..banyak.. ^^

  22. 22 Rani

    🙂 yuph bahagia adalah ikhlas dalam hidup😀

  23. Aku setuju, kebahagiaan = kesederhanaan..
    tapi aku yakin entah mereka sadari atau tidak, sebenarnya kebahagiaan yang mereka ciptakan adalah ibadah dalam hidupnya kepada sang Khaliq..

  24. 24 Kurotsuchi

    ah ya. saya juga terharu pas nonton (salah satu) episode terbaik Kick! Andy ini. ada banyak pelajaran berharga, mengenai kebahagiaan yang bertumbuh dari kemampuan untuk mencintai ketidak sempurnaan.

    nice post, bro

  25. keep smile agar selalu berbagi kebahagiaan..🙂

  26. jadi sedih nih ane baca artikelnya menyentuh banget dan inspiratif….

  27. 27 darahbiroe

    senyum itu ibadah
    dan indah
    hikz

  28. 28 ning

    benar itulah hakikat kebahagian

  29. semua orang bisa bahagia kan?

  30. ukuran kebahagiaan untuk setiap orang itu berbeda2… tp yg jelas setiap orang bisa bahagia, tergantung seberapa besar usahanya mencapai kebahagiaan itu🙂

  31. hello friend.. nice to meet you..

  32. love the quote :

    kebahagiaan adalah esuatu yang dibagikan kepada orang lain

    tetapi harus iklas kan😀

  33. hm,, mungkin yg agak sulit adalah bagaimana blajar untuk ikhlas…..

  34. 34 takeonepicture

    Makasih, TakeOnePicture.

  35. Terimakasih infonya, sngat membantu dan bermanfaat….
    Keep Posting, Salam.

  36. hmm, judul ma isinya nice kk🙂
    salam..

  37. woww.. dari judulnya udah mendramatisir…hehe

  38. kebahagiaan bukang datang dari materi

  39. setuju… kebahagiaan bukan dicari tapi diciptakan…
    nice article..

  40. 40 MyOnlyProxy

    Makasih banyak, MyOnlyProxy.

  41. ayooo arul kemana ya? tulisan barunya gak nongol😀

  42. Sippzz…

  43. wah hebat….kata2nya sampai membuatku semmeriwiiinnnggg….
    kak….kmi juga punya blog yg g klah bagus… kunjungi dan comentar juga ya di http://masamudamasakritis.wordpress.com/

  44. blognya bagus, salam kenal🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: