Film My Name Is Khan : Bukan tentang Islam, Hindu, atau Kristen

28Feb10

Juga Bukan tentang Teroris, Tapi tentang Kemanusiaan Multikultural

Yah, akhirnya saya menemukan lagi sebuah film tentang kemanusiaan yang multikultural yang disertai dengan insiden perbedaan agama, perbedaan kebangsaan, dan tuduhan teroris.

Maaf kalau tulisan ini ada spoilernya, sekedar menceritakan makna yang terkandung dalam film My Name Is Khan, tapi tidak detil hanya sekelumit. Silahkan anda menonton sendiri film tersebut biar lebih penasaran dan memaknai sendiri film tersebut.

Film “My Name is Khan” menceritakan seorang anak terlahir autis, asparger sindrome Risvan Khan (diperankan oleh Shah Rukh Khan) pemuda dari India yang pindah ke Amerika mengikuti adiknya, kemudian menikah bahagia dengan dengan Mandira (diperankan oleh Kajol) walau ditentang karena keluarganya perbedaan agama.

Kasus WTC 11 September merubah arah kebahagiaan mereka, karena stigma teroris yang dijatuhkan kepada orang muslim. Mandira akhirnya tidak mampu menerima Khan apa adanya, dan Khan akhirnya menjalani sebuah perjalanan untuk menghapus stigma seorang muslim adalah teroris dan mendapatkan  cintanya kembali.

Dengan berkeinginan bertemu langsung dengan Presiden Amerika Serikat dan mengatakan My Name Is Khan, I am not a terrorist.  Walaupun dibumbui dengan romantisme cinta dan dogmatisme atas agama tertentu, namun dalam perjalanannya akhir dititikberatkan pada cerita kemanusiaannya.

Film yang  disutradarai oleh Karan Johar, jika dikatakan menyentuh yah beberapa scene memang menyentuh sanubari kita sebagai sesama manusia terutama dalam hal humanity. Bagaimana seorang Khan membantu Mama Jenny walaupun berbeda agama, di situlah ditunjukkan Islam sesungguhnya bukan Islam itu teroris.

Di awal film saya sangat tersentuh juga ajaran ibu Khan yang memberikan gambaran kepada anaknya yang autis bahwa hanya ada dua manusia di muka bumi ini, yang baik dan yang buruk (tidak baik). Perjalanannya yang sangat mengugah, mengajarkan kita bahwa manusia di dunia itu ada dua, yang baik dan yang buruk. Bukan karena dia beragama ini, beragama itu, bangsa ini atau bangsa itu, akhirnya kita golongkan mereka dalam dikotomi perlakuan yang berbeda.

Sekian dulu yah postingannya, banyak yang ingin ditulis tapi sebaiknya anda nonton karena tentunya tidak semua bisa dilukiskan dalam sebuah tulisan saja.

Bagaimana menurut anda?



55 Responses to “Film My Name Is Khan : Bukan tentang Islam, Hindu, atau Kristen”

  1. aih aih aih, baru sempat publish dan sebenarnya belum selesai karena tulisan ini sudah ngendap beberapa hari lalu dan belum sempat lagi mengupdate😀

  2. Saia menyukai pilem2 india kolaborasi antara sharuk khan n kajol sejak pilem kuch2 hota hai. Pilem ini sangat bagus sang sutradara mampu melihat pangsa pasar daripada hasil kolaborasi mereka. Sayangnya, rani mukherje tidak ikod maen.

  3. wah kayaknya harus nonton nih! btw kamu nonton sama siapa rul? udah dapat nie kayaknya? klwkwkwkwk

  4. hihi, postingannya sama ttg my name is khan.. hehe. film yang sangat sempurna.. hehe.. kemasannya bagus, isinya matang, hasilnya keren..hehe… gak bakal nyesel deh ngantree, atau bayar premiere.. hehe… ;))

  5. wah, aku belum nonton ini…

  6. tadi kehabisan tiket film ini. T__T

  7. Sepertinya bagus…
    Tapi di bioskop sepertinya uda gak ada….
    nunggu downloadan dari temen aja..hehe

  8. 8 imey

    Barusan nonton..applause untuk sineas India.film ini pas bgt ditonton ama masy kita yg majority muslim.kali bakal ada yg tertohok telak..ada juga yg jadi lbh sadar..tp saya yakin gak bakal ada yg tambah fanatik..krn pesan dr film ini tersampaikan dg sgt baik sekali. Sesungguhnya manusialah yg menciptakan Perbedaan bukan Tuhan.

  9. Semalam diajak kakak nonton felm ini tapi saya males keluar. So blom nonton nonton juga. tapi kayaknya sih pelem nya emang layan tonton.🙂

  10. Setelah Slumdog Millionaire, the 3 idiots, sekarang sineas India menggebrak lagi dengan my name is Khan… Setelah ini apalagi yah?

  11. Aku belum nonton mas, Aku minta anak-anak dulu versi bajakannya.. hehehehe.. maaf gak bisa ngasi pendapat

  12. udah nonton film ini,, ceritanya inspiratif & menggugah banget… walopun film india,tp gk keliatan tarian ama nyanyian khas nya…

    salam kenal,,silahkan berkunjug ke blog saia…

    cheers….

  13. pengen nonton nih.. weekend kemaren penuh! huaa.. sip film bagus

  14. Wah, saya diajak nonton pilem ini, tapi spt biasa, saya menolak dengan (amat sangat) halus dengan alasan “betah di kosan”….:mrgreen:

  15. Wah… di Bandung belum main nih… dilihat2 di gedung bioskop keiknya kok belon ada seh….

    Memang setelah peristiwa 9/11 banyak orang2 Amerika dan barat lainnya terutama mereka yang tidak mau menggali informasi lebih jauh lagi mencap rata Islam sebagai teroris. Namun begitu, tidak seperti dalam film yang indah ini, banyak juga kaum Muslim di Amerika terutama yang kurang kuat imannya justru berusaha menghapus ke-Islaman mereka, bukan menghapus stigma teroris yang melekat pada Islam yang sebaiknya justru mereka harus lakukan…. sayang sekali…

  16. Duet kajol ame sharuhkhan selalu menawan. *segera nyari DVD-nya di ITC

  17. saya udah liat trailernya sih kak waktu nonton the percy jackson kemarin…

  18. cari pinjeman dvd bajakan aja ah *gamodaldotcom*

  19. benarkah sebuag cerita kemanusiaan yang dibumbui nilai religi yah??? kok merasa aneh melihat trailernya…hmh..

  20. film ini memang bagus…

  21. Wih, pas kebetulan ada yang ngasih kopian TS-nya nih ke laptop saya, ntar nonton ah… Dari reviewnya sedikit mengingatkan saya pada Forrest Gump deh…

  22. udah nonton bajakan..tapi benar-benar mantap jaya dan menyentuh banget….sip dah….hahhaa..
    aq juga nnton gara2 sampean juga cak aRul..whahaa

  23. jadi pengen bgt nonton filmnya..

  24. baguuusss,,,,ampe bikin nangis mulu,,ikz

  25. Lama gak nonton film India. Nampaknya filmnya OK, ney.

  26. sepertinya lebih menarik daripada shitnetron indonesia😀

  27. wah mantap nih… udah lama g nonton film bollywod🙂

  28. 28 darahbiroe

    saya jadi kepingin nonton penasarannnn

    Berkunjung Dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih

  29. 29 Kurotsuchi

    oke. spoiler saya terima, masbrur. secara, udah beberapa kali ngatur jadwal dan strategi sama temen2, tapi sampe sekarang enggak kesampaian nonton itu pakdhe khan😛

    btw, campaign lewat film macam ini menurut saya efektif juga koq, apalagi untuk mendongkel stigma yang udah kadung berurat akar di mindset barat itu butuh strategi yang cakep, biar campaign itu berjalan mulus dan diterima

    btw, nice post. saya enggak perlu ngatur jadwal nonton ini filem lagi😛

  30. saya nonton baru cd 1…bersambung…

  31. kemaren bener-bener perjuangan banget buat nonton film ini T_T.rasanya berat banget dapetin tiket ini kemaren. danfilmnya bener-bener hebat.

  32. hanya satu hal yang membuat saya kurang tertarik pada film ini (dan mas Arul sudah tahu gara-gara saya sempat berbincang dengan sampeyan via YM😛 )
    hanya satu, yaitu fakta bahwa ini film India…
    andaikan ini film Arab, pasti saya akan benar-benar tertarik. karena lebih nyata perannya pada 09/11 dan efeknya🙂

  33. wehh..masih belum nonton, tapi bagus juga infonya.. jadi makin pengen nonton ;D

    jangan lupa berkunjung juga ke http://www.areuok.info , forum budaya dan pariwisata indonesia. terimakasih.

  34. Bagus juga dapat tonton filem filem yang lebih berat sekali sekala… tapi jangan terlebih berat sehingga menyinggung perasaan.. kan begitu

  35. suka ama film india ya gan???

  36. belum sempat nonton (doh)

  37. Oh ternyata yang bikin Karan Johar ya. suka banget si Karan Johar memasangkan Shahruk dan Kajol ya..

    hhm, sejak sebulan lalu, aku pingin banget nonton film ini. belom nemu aja…
    kalo ternyata emang bagus, jadi semakin semangat buat nemuin film ini.
    terima kasih infonya ya

  38. 38 jarwadi

    belum nonton mas, tadi lihat jadwal di XXI kok engga ada

  39. baru nonton 1/4 nya, tapi minimal film India yang satu ini tidak seperti film Bollywood kebanyakan yang lebih mengekspos cinta dan balas dendam

  40. arul khan… arul khan..

  41. 41 aguung

    wah.. kayaknya asikk.. jadi pengen nontoon,,

  42. i wont watch this movie for sure.
    ga demen ama film yg bikin mewek….

  43. wah nice post k’,.
    semalam saya abis nnton filmny,. bener2 memberikn qta pelajaran yg berharga ttg sisi humanity qta,. ttp semangat aja bwt sahabat qta para perantau di negara adidaya sana,.

  44. saya belum nonton filmnya sih, tapi liat posternya aja udah terharu..hehe… tampangnya melankolis banget.

  45. kapan yah…ada film cerdas seperti ini di Indonesia

  46. Filmnya lumayan bagus….

  47. I wrote about this too dude.. Yup stuju, ini film keluarga dgn tema kemanusian.

  48. aku juga suka film ini…
    bikin terharu! kapan film indonesia bisa sampe Hollywood ya?

  49. 49 suharyanto

    kalau bnyak film kya gni,pndangan orng tentng ISLAM akn berbda,

  50. yach baguus bgt,
    bollywood bsa k holiwood
    indonesia kapaaaaan????????????????????????

  51. yach bagus bgt.
    bollywood bsa k holywood.
    indonesia kapaaaaaan???????????????????????

  52. iyaaa film yg keren

  53. 53 faridh babirik

    wah,,,sangat menyentuh…
    Nonton sendiri ga asyik,ajak teman2 biar lebih seru…
    Hmmmm…salut buat film penuh makna ini…sekali lagi…
    MY NAME IS KHAN , AND I AM NOT A TERORRIST

  54. 54 Anty Que

    I’m Lovers My Name Is Khan….
    IS THE BEST bngeeet….


  1. 1 Autis « Insan Perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: