Arti Kehilangan

29Jan10

Kehilangan bagi seseorang adalah hal sangat tidak diinginkan. Baik itu kehilangan manusia atau sampai benda sekecil apapun. Apalagi kalau sudah dicintai setengah mati.

Namun kadang kecintaan kita itu tersadarkan ketika sesuatu itu hilang. Ternyata sesuatu itu sangat berarti dan penting dalam hidup kita. Apalagi ketika kehilangan itu juga terkait dengan orang lain. Sungguh tanggungjawab yang wajib ditanggung.

Kehilangan kadang sebenarnya lebih banyak terjadi karena kelalaian, menganggap bahwa sesuatu itu belum terlalu berarti sehingga kita tidak menjaganya dengan sepenuh hati, sehingga dengan sendirinya kadang terlupakan. Padahal jika diketahui secara mendalam ternyata sesuatu itu sungguh menunjang hidup kita yang selalu egois seenaknya sendiri.

Kadang juga kehilangan itu ada karena sedang diuji, walau kita dengan sangat menjaga sesuatu itu, tapi tetap kehendak Yang Maha Kuasa menberikan ujian buat kita, seberapa tangguh manusia ini untuk menghadapi permasalahan ini dan menyelesaikan. Atau, kadang kita lupa bersyukur dan atau sedang berdosa atau telah melakukan kesalahan kepada orang lain, sehingga Yang Maha Kuasa menjatuhkan cobaan ini.

Yah semua bisa jadi penyebabnya,karena kelalaian, ketidaksyukuran, berbuat dosa, berbuat salah, dan atau memang sedang diberi cobaan oleh Yang Maha Kuasa. Dan dari semua itu, hikmah selalu menjadi kunci. Tidak sekedar belajar lagi untuk menjaga tapi juga untuk merubah supaya tidak terjadi kehilangan-kehilangan selanjutnya.

gambar ilustrasi : http://www.suckatlife.com



27 Responses to “Arti Kehilangan”

  1. Saya sedang kehilangan sesuatu, dan sesuatu itu milik teman saya, dalam beberapa hari ini benar-benar terasa hampa dan kadang terfikir untuk kembali sesaat sebelum kehilangan itu terjadi. Harapannya semoga sesuatu itu bisa kembali walaupun kecil sekali harapannya, dan saya sangat menyesal dan minta maaf sedalam-dalamnya kepada Akbar. Harapannya semoga teman-teman tidak terjadi seperti yang saya alami.

  2. semoga bisa cepet ketemu, kalaupun tidak semoga ada ganti yang lebih baik, dan keduanya bisa legowo melepas apa yang dulunya dimiliki itu🙂

  3. masih belum ketauan juga wujud yang ilangnya apa…
    Yah.. tapi semoga cepet ketemu deh. Yang penting mah.. ikhlas aja.. jadi ga terlalu merasa beban🙂

  4. seringkali rasa sayang itu membuncah setelah kita kehilangan

  5. bener kata mas det,,kl uda lepas,,baru kerasa artinya,,moga cepet nemuin yg lain yah,.,

  6. apapun itu, hikmah terbesar dari suatu kehilangan adalah kehendak itu merupakan keputusan terbaik dari Yang Maha kuasa pada kita. menurut kita mungkin hal ini/itu adalah yang terbaik buat kita, tapi belum tentu menurut Sang Khaliq.. ikhtiar n’ berusaha adalah langkah terbaik..

  7. sesuatu itu akan dirasa lebih berharga jika kita pernah kehilangannya🙂

  8. penyesalan selalu datang belakangan….
    sesuatu akan dirasa sangat berharga saat kita kehilangan sesuatu itu……
    begitulah yg saya rasakan juga waktu laptop saya hilang….hiks..hiks…

    what’s past is past……..forgive but do not forget……

  9. turut bersedih rul… moga lekas ketemu…..

  10. 10 lyantie

    sedih2 tapi masih sempet nulis blog ya..

  11. Gw jg kehilangan, kehilangan seseorang yg amat gue cintai dlm hidup gw dia pergi entah kemana. Akankah ada penggantinya? Hikz..

  12. @lyantie : sy menulis ini setelah hari ketiga setelah hilang

  13. everything in life comes and goes. itu yg ngebuat kita lebih baik dan lebih kuat. ga ada yg terjadi tanpa sebab🙂

  14. Itu mungkin proses nya yang penting jagalah hati jangan kau nodai …. jangan dulu berprasangka buruk jangan dulu terpuruk dan jangan pernah menyerah …

    Lam’s kenal

  15. ambil hikmahnya aja mas, lain kali hati-hati😀

  16. Yah begitulah fitrah manusia…. ketika ada dan mudah dicari maka kita cenderung menyia2kannya, baru ketika sesuatu atau seseorang itu sudah ‘menghilang’ dari hadapan kita barulah terasa rasanya kehilangan.

    Tetapi mungkin (terutama kalau kita lagi memiliki seseorang) perasaan “gengsi” atau “tidak butuh” tapi rindu ini mungkin juga diperlukan…. agar sebagai kendali supaya kita tidak terlalu mabuk cinta berlebihan sehingga menjadi kurang sehat juga.

    **halaah ngomong aku ini ini**😀

  17. saat saat kehilangan akan disadari manusia ketika keegoisan itu termakan oleh pikiran sehat. Dan saat itu terjadi, yang ada hanyalah penyesalan tiada henti. -andikurnia-

  18. betul sekali, mas arul. kita benar2 merasa kehilangan apabila orang atau benda yang kita cintai itu sudah meninggalkan kita. ini bisa menjadi semacam “warning” bahwa selama orang atau benda yang kita cintai masih ada, jangan abaikan dia, hehehe …

  19. berharap sekali bisa meringankan beban kehilangan sampean, mas! tapi, apa daya tangan saya tak sampai. saya berdoa sangat memohon agar mas arul bisa tabah dan bisa memberikan ganti kepada kawan mas arul. Mudah-mudahan di balik ini semua, berkah besar dari Allah SWT segera menghampiri sampean dan mas arul bisa menutup semua kehilangan dan semua pengorbanan sampean selama ini.

    Innalllaha ma’ash shobirin.
    *memahami betul arti beban sampean setelah mendengar penuturan mas Gajah*

  20. kehilangan teman atau pacar mas? sama-sama baru kehilangan nih. Dan sama-sama nulis tentang kehilangan. hahaha…

  21. Karena dunia ini fana, maka kita harus selalu siap untuk sebuah kehilangan. Bahkan kita dianjurkan untuk meyanyangi benda, harta atau seseorang secara berlebihan, karena akan sangat berat jika kehilangan barang atau orang yang diyanginya itu.

  22. smg sudah ikhlas dan mnemu penggantinya,.

    q sendiri juga pernah,
    padahal “cuma” rusak sementara, tp ngrasa kehilana\gan banget, huhu
    sampai2 curhat (agak) parah di blog
    http://blog.its.ac.id/ikausfarina/2009/05/29/sabar-dan-syukur/
    numpang nge-post link tentang kehilangan,.😀

  23. setiap di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan, dan menurutku pasangan dari kehilangan adalah mencintai, jadi untuk para pecinta, bersiap-siaplah untuk merasakan kehilangan.

    memiliki harus siap kehilangan

  24. Kehilangan begitu berarti bagi manusia karena memang manusia pada dasarnya tak berpunya. Sekali memiliki sesuatu, itu tidak ingin sesuatu hilang karena ia takut dengan ketidakberpunyaan.

    Takut mati adalah salah satu bentuk manusia takut akan ketidakberpunyaan.

    Manusia tadinya tak memiliki apapun termasuk dirinya sendiri. Hingga atas kasih sayang Tuhan, manusia baru memiliki keberpunyaan terhadap raga, jiwa, akal. Dan manusia tak ingin semua itu hilang.

  25. kehilangan memang menyedihkan…
    tpi yakin psti rencana Tuhan jauh lebih baik..
    keep smile,,kunjungan pertama

  26. life too short if we just about thing that was lost.

  27. sayang nya manusia hanya bisa menyadari kehilangan itu disaat semua nya sudah tidak ada .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: