Siapakah Pengunjung Blogmu?

26Jan10

Kadang sering bertanya, siapa aja sih yang sering berkunjung ke blogku. Saya cuman mengira-ngira dari jejak blog yang ditinggalkan sehingga saya kadang mengatur bagaimana seharusnya saya menyesuaikan tingkat menulis saya, yah walau kadang sih menulis yah seenaknya saya, kan saya yang punya blog.

Hari ini saya iseng ngecek blog saya di alexa.com, yah salah satu parameter di dunia maya tentang traffik pengunjung ke sebuah blog/situs. Saya tidak sedang berbicara ataupun memamerkan tingkat traffik pengujung ke blog saya, karena sudah barang tentu berkurang karena jarang update dalam beberapa bulan ini.

Saya akan membahas pengunjung ke blog saya siapa-siapa aja sih, yang di alexa dikatakan  audience. Entah bagaimana cara alexa bisa akurat dalam mengidentifikasi siapa dan bagaimana mereka mengakses sebuah halaman blog/situs, namun data yang disajikan oleh alexa bisa menjadi bahan pemikiran maupun saran buat pemilik blog dalam meningkatkan kualitas blogging ataupun menulisnya. Atau sekedar cukup menyesuaikan dengan data yang tersajikan tersebut.

1. Umur

Ternyata yang mengakses blog ini terbanyak adalah tingkat umur 18-24 tahun, disusul umur 35-44 tahun, kemudian 25-34 tahun, dan sisanya 45-54 tahun. Dari data tersebut dapat dianalisis secara sempit bahwa ternyata pengunjungnya adalah anak muda entah membutuhkan informasi yang simpel dan sederhana tentang sesuatu hal. Berarti tulisan saya juga masih kurang lebih hanya sebatas anak muda walaupun tingkat umur orang dewasa sudah membaca blog ini. Setidaknya menjadi bahan evaluasi saya, ke arah mana blog ini saya tujukan.

2. Tingkat Pendidikan

Kayaknya mahasiswa perguruan tinggi/College berada di tingkat tertinggi pengunjung blog ini. Yah dapat dipastikan sih bahwa pengunjung internet Indonesia masih terbatas orang-orang yang memiliki tingkat pendidikan tinggi. Walaupun anak-anak sudah sering ke warnet, tapi lebih banyak mainnya ketimbang mencari informasi.

3. Jenis Kelamin

Wah ternyata hampir seimbang pengunjung wanita dan pria ke blog ini, yah maklumlah blog saya masih sekedar blog remeh temeh, bahkan kadang lebih sifat umum atau kadang juga saya melow, jadi cewek masih lebih sedikit cowok sebagai pengunjung di blog saya.

4. Lokasi Ngenet

Yah membuka internet ternyata lebih banyak dilakukan di kantor,  terutama yang berkunjung ke blog saya. Makanya salah satu trik saya untuk posting artikel adalah senin pagi atau di hari kerja, kalau di hari minggu tentunya akan berkurang, karena lebih banyak menggunakan fasilitas internet kantor ketimbang menggunakan di rumah sendiri.

5. Punya Anak?

Lebih banyak yang belum memiliki anak yang berkunjung ke blog saya. Mungkin dari kualitas tulisan saya hanya standar saja yang pembacanya pun masih dalam kerangka kalangan muda saja yang menyukai tulisan yang tidak terlalu panjang. Nah seperti itu sebenarnya juga tulisan saya, jarang banget detil dan panjang, akan sangat membosankan tentunya.

6. Negara

Indonesia 95,5 % maklumlah blog saya berbahasa Indonesia, masih sulit bagi saya membuat blog dengan bahasa Inggris, masih butuh bantuan translator atau butuh waktu banyak untuk membaca jelas.

Bagi yang menggunakan blog sebagai sarana penting bisa jadi paramater-parameter di atas sangat berguna, baik untuk evaluasi maupun untuk peningkatan kualitas blog seseorang. Tapi bagi yang merasa ngak perlu, yah silahkan karena blogkan milik empunyanya, mo diapain terserah.

Bagaimana dengan pengunjung blog anda?





32 Responses to “Siapakah Pengunjung Blogmu?”

  1. pertamadulu ah…

  2. ka, kirain siapaka pengunjung blog mu, bisa tau siapa ajah namanya trus tempat tinggalnya di mana… manusia nyata ataukah bukan.. hihihihih… blog nyaa mantabb begini koq bilang remeh temeh,, piyeee, daeng?😀

  3. …wow..gag kepikiran mpe sedetail itu dptin info di alexa…makasih infonya..salam kenal yaw.. .😉

  4. lho mas di data alexa saya kok tidak ada data2 seperti diatas? apa membutuhkan aplikasi khusus?

  5. wah usefull banget nih artikel. Ntar tak coba aah…🙂

  6. aku malah 2 jutaan rul. wes gak pernah update.. gak pernah blog walking lagi.. byuh.. tambah nemen kan?? hahaha

  7. kalo status single ato udah pny pacar bisa ketauan ga? hehee

  8. Pengunjungku paling banter 10

  9. tuh masuk bagian mana ya di Alexa ya bro….

  10. aku nggak mau liat
    paling2 valuenya lebih rendah daripada gajah (doh)

  11. ngecheck blog sayah aaaaaah:mrgreen:

  12. @liudin : mungkin blognya baru, jadi masih no data, kalo blog lama mungkin bisa terdeteksi.

    @erdonny : kamu masukin alamat blog/situsmu ke find site about kemudian see complete stats kemudian klik menu audience
    tapi keknya punya blum ada, masih baru soalnya.

  13. Jadi penasaran nih … siapa ya pengunjung blog saya ? Thanks info-nya …

  14. sudah lama ga main ke alexa, tapi saya memang ga ngurusin soal statistik sih, coba nanti saya cek🙂

  15. coba ah….langsung ke TKP….

  16. 16 tary si kuman

    wahh kalo aku masih bingung mengenai alexa

  17. Wahh perlu juga nih untuk melihat…tapi saya biasanya memperhatikan dari statistik, jenis artikel seperti apa yang disenangi pembaca.
    Jika melihat banyaknya komen, artikel yang menuai banyak komentar adalah artikel ringan. Artikel yang paling banyak di hit adalah artikel manajemen, keuangan, dan wisata.

    Masalahnya, kadang pertanyaan yang muncul, untuk artikel “setengah serius”, adalah jauh panggang dari api…agak sulit menjawabnya. Namun senang jika yang memberi komen adalah yang betul2 membaca srtikel, sehingga kalaupun bertanya, pertanyaannya nyambung.

  18. laa .. pengunjung Blog ku sapa aja yaa ….

  19. Nginstall Google Analytics aja Rul…

  20. Kok bisa detail gethu ya? tapi bisa jadi nggak valid. Bisa aja mbah-mbah tapi ngaku umur 18. Hayoo gimana?

  21. Sampei sedetil itu.,..bgus bgt….tp sayang blog saya msh No Data. :-)…

  22. eh gak perlu surveyor dong ya ?
    *halah jadi inget tesisku*

  23. Cara alexa tau data-data tersebut gimana ya? kok tau punya anak atau tidak? kuliah atau masih skul?

  24. wah jadi ngerti nih bro, tadinya mah blas nggak ngerti thanks ya info ok, salam kenal

  25. alexa ngitungnya kek gimana ya koq bisa gitu??
    🙂

  26. aku mau cek pengunjung blog saya jg ah

  27. hohoho,, kalo pengunjung blog newbi sperti sya gmana yah??
    hehe…

    blog cinta loh…
    http://www.devan-love.blogspot.com

  28. wua mau coba ah!
    TFS ya rul.

  29. nice info ni
    saya coba dulu

  30. Pengunjung blog saya sedikit, tapi pengen juga bisa ngechek kayak gitu. Mudah2an bisa.

    Selama ini baru bisa cek pagerank, hasilnya : 0

  31. salam kenal semua, ai lop yu pul cowok cowok

  32. Aku mau check pengunjungi blog kku juga ah…..


Tinggalkan Balasan

