Belajar Komunikasi dan Marketing

24Jan10

Belajar tidak mesti mulai dari ilmu yang kita kuasai, namun bisa dengan menggunakan ilmu-ilmu lain di sekitar kita. Entah itu dari pinggir jalan, dari sudut kota, dari merenung, melihat desa, menatap laptop, atau memandangi sebuah benda karena ingin mengapresiasikan.

Apalagi di dunia ini, melakukan sesuatu tidak hanya mengandalkan satu ilmu saja tapi multidisiplin. Sebagai contoh ketika kita hanya menguasai engineering, tapi tidak menguasai skill komunikasi dan marketing yah tentunya akan mudah dipengaruhi, demikian pula sebaliknya, ketika dasar hanya komunikasi, tapi dasarnya hanya mampu ngeyel, yah tetap tidak bisa menguasai engineering akan dilihat payah oleh orang lain. demikian pula ketika tidak menguasai marketing, kalkulasi ekonomi akan dimudah ditipu. Itu sekedar contoh saja.

Yah saya sih tidak terlalu menguasai beberapa bidang tersebut, namun ada semangat untuk belajar semoga suatu saat bermanfaat tidak untuk saya saja, tapi untuk berbagi dengan orang lain.

Terinsipirasi beberapa peristiwa yang membawa saya dalam satu kesimpulan bahwa memupuk kemampuan komunikasi dan marketing sangat dibutuhkan. Termasuk membaca tulisan Bapak Hermawan Kartajaya di JawaPos tiap hari sampai 50 menjelang event dari Markplus, tulisannya begitu merakyat sangat mudah dipahami dan diambil kesimpulan dan maknanya dibanding harus membaca buku teori-teori ekonomi yang tebalnya bukan main. Nah sehingga saya sangat ingin berbagi tentang ilmu komunikasi dan marketing dari rakyat biasa yang tidak diperoleh dari bangku sekolah, namun dari peristiwa sehari-hari di masyarakat di mana setiap langkah itu menimbulkan ilmu baru buat kita.

Sebenarnya saya sudah menulis beberapa postingan yang acak adut tentang komunikasi ataupun marketing, tapi lebih banyak bersifat organisasional, mahasiswa dan sekedar belajar menulis pengalaman, nah inginnya saya lebih dari itu. Maka dari itu, saya membuat Kategori baru di blog ini Marketing dan Komunikasi sejalan dengan misi 2010, menjadi kreatif tidak sekedar apa adanya, semoga bisa sharing pengalaman rakyat kecil dalam komunikasi dan marketing!

Bagaimana dengan anda?



19 Responses to “Belajar Komunikasi dan Marketing”

  1. Semoga konsisten, disesuaikan dengan waktu, kesempatan, kemampuan, dan koneksi yang ada😀

  2. Keren tu k’….kebetulan sy juga gak mahir dalam dunia komunikasi dan marketing…..

  3. waduh…
    masih nebie nie masalah komunikasi dan marekting
    hehehehe
    kalaimat gue anah bgt yah…
    ckikikikiki

  4. semoga bisa lebih kreatif dan lebih berbagi dalam belajar ilmu tersebut (applause)

  5. sama2 belajar marketing berarti. gue juga bacain tulisannya pak hermawan di kompas dan dateng di markplus conference. sbnrnya rumit sih dan kita harus pinter milihnya. beliau itu banyak ambil contoh2 dari luar negeri terutama tentang internet. sedangkan di indo itu pengguna internet masih 10% dari populasi penduduk. jd kita harus ngeliat data juga supaya approachnya ga salah..😀

  6. @eliabintang : coba deh baca tulisannya yg berseri yg katanya akan sampe 50 kali, contohnya Indonesia banget koq… tapi kalo internet mungkin acuannya masih yg luar, tapi utk marketing secara umum dia ambil dari pengalaman hidupnya..🙂
    @katakataku : amin, sy masih belajar jadi orang kreatif nih😀
    @yos : sama2 belajar lah kita😀
    @siddiq : ayo sama2 berbagi pengalaman😀

  7. Ajari saia dunk..

  8. Hehehee… Ilmu marketing emang seru loh. Ga ada matinya ;P

  9. Semakin berbobot aja nih blog dengan kemunculan 2 disiplin ilmu tersebut.
    Semoga isinya juag bisa bermanfaat buat banyak orang…

    Lam Kenal…

  10. Bagaimanapun, segala sesuatu harus bisa diimplementasikan. Engineering juga harus belajar untuk bisa mengkomunikasikan, terutama jika hasil produknya untuk dijual…jadi marketing itu memenag perlu.

    Selain itu, marketing diri sendiri (Marketing yourself) sangat penting untuk menjual kemampuan diri pada orang lain, atasan, klien…agar mereka yakin kemampuan kita dan percaya terhadap apa yang kita katakan.

  11. good idea bro.. insyALLAH nanti bisa bertukar pendapat.
    aku pendatang baru di blog. salam kenal ^^
    semoga terjalin ukhuwah yang baik, Amin…

  12. 12 apis

    komunikasi dan marketing
    dua hal yang perlu ku kuasai yang hingga kini selit terealisasikan,
    hidup di lingkungan yang tertutup mungkin sebagai tali yang mengikat erat yang menyulitkan ku tuk bisa berkomunikasi dengan baik.
    postingan ini cukup membantu, namun cakupannya masih terlalu luas….

  13. Komonikasi hal yang terpenting dalam Marketing

  14. yup, marketing is a small core of business🙂

  15. 15 joe

    marketing ada bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita baik dalam pekerjaan, sehari2 dimanapun pasti ada marketing, marketing bisa didevinisikan sebagai alat pokok kita sehari2, menurut saya kita bisa/tidaknya harus mempelajari mengenai marketing, apalage di perusahaan manapun marketing dikenal sebagai ujung tombak perusahaan, tanpa marketing orang2 sulit mengenal produk apa saja, apalage di luar negeri bagian marketing sangat dihargai sekali, banyak profesional muda sukses di bidang marketing, di indonesia kadangkala marketing diangap sepele bahkan ada yang kurang menghargai /memandang rendah marketing, saya rasa pandangan seperti ini harus dihilangkan untuk menumbuhkan perekonomian di negara Indonesia kita tercinta ini, Setuju gak kawan2 harus diperjuangkan agar setiap orang mengerti dan menghormati yang namanya marketing….:)

  16. hidup marketiing indonesia

  17. waduh
    lebih kreatif dan berbagi ilmu

    terimakasih atas info kak.

  18. sip ide2nya nas

  19. 19 rizky

    mata kuliah makom apa aja sich… apa makom menjurus ke advertesing


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: