Gili Trawangan is the most beautiful beach

10Nov09

P1040392

Gili Trawangan

Kurang lengkap rasanya ketika mengunjungi Lombok tanpa mengunjungi tempat satu ini, Gili Trawangan. Pulau ini berada Kepulauan Gili di bagian Barat Laut Pulau Lombok, terdiri dari 3 pulau utama, Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno yang terletak sejajar. Gili Trawangan sebagai pulau terbesarnya  merupakan salah satu objek wisata menarik karena pasir putihnya yang bersih dan panjang sepanjang pulaunya. Sedang pulau kecil lainnya juga memberikan daya tarik tersendiri untuk menyaksikan keindahan alamnya.

Tempat tersebut dapat ditempuh dari beberapa tempat, dari Senggigi banyak disediakan shuttle bus menuju tempat tersebut, namun bayarannya cukup mahal sekitar Rp. 60.000,- sedang kendaraan publiknya tidak ada menuju ke sana. Namun kalau anda ingin menuju Gili Trawangan dari kota Mataram dengan biaya murah anda bisa langsung menggunakan engkél, nama lain untuk sejenis kendaraan umum model L300 atau bus kecil dengan Rp. 10.000,- sekitar 1 jam menuju Pemenang. Kita akan menyaksikan kesejukan alam dari Hutan Pusuk sepanjang perjalanan.

Perjalanan selanjutnya dari Pemenang menuju pelabuhan Bangsal tempat penyeberangan menuju pulau Gili, salah satunya Gili Trawangan. Namun dari Pemenang menuju Bangsal jaraknya sekitar 1 km, anda bisa menggunakan kidomo (dokarnya Lombok) dengan membayar sekitar Rp. 3.000 sampai Rp. 4.000/orang.

Pelabuhan Bangsal ini juga melayani penyeberangan ke beberapa pulau lainnya, seperti Gili Air dan Gili Meno. Tiket perahu boat menuju Gili Trawangan seharga Rp. 10.000,- per orangnya, sedangkan ke Gili Meno Rp. 9.000,- dan boat menuju Gili Air Rp. 8.000,- . Lama penyebarangan sekitar 20-30 menit.

Pemandangan luar biasa indahnya di Pulau Gili Trawangan dengan pantai putih bersih dan halus dibanding Pantai Senggigi. Pantainya berada di sepanjang pinggir pulau Gili Trawangan. Airnya jernih sehingga kita dapat melihat batas-batas kedalaman dan isi lautnya. Perubahan warna air laut dari bibir pantai sampai ke tengah lautnya terlihat jelas.

Tempat ini didatangi oleh kebanyakan wisatawan asing ketimbang wisatawan Indonesia, dari lokal hanya bisa dihitung dengan jari. Jadi wajar saja kalau harga makanan dan minuman di tempat biasa-biasa saja harganya bisa lebih dari 2 kali lipat. Sehingga juga banyak tempat-tempat khusus buat wisatawan asing, misalnya tempat berjemur, bungalow, resort, bar, dan café-café ala barat, tempat berendam sampai café kolampun ada. Beberapa tempat menginap pun dibuat khas Lombok.

gili-trawangan

sekilas tempat-tempat istirahat di Gili Trawangan

Snorkeling, banyak yang menyelam karena di laut antara pulau-pulau tersebut memiliki taman laut yang indah. Berjemur bagi wisatawan asing, berbikini ria bahkan ada juga yang telanjang dada.

Hal unik dari pulau ini juga adalah tidak adanya kendaraan bermotor, yang ada sepeda yang bisa disewakan atau menggunakan kidomo, angkutan dokar yang ditarik kuda, atau kalau tidak ingin repot cukup dengan jalan kaki menikmati sepanjang bibir pantai dari pulau ini. Jalanannya pun tertata rapi dari pasir.

Foto-foto lainnya :

tiket

Tiket perahu boat untuk menyeberang

P1040396

Papan pengumuman di pulau ini

P1040436

Bule habis nyelam

P1040421

Pemandangan sisi lain pantainya

P1040452

Aktivitas masyarakat untuk kebutuhan pribadi dan wisatawan

Iklan


34 Responses to “Gili Trawangan is the most beautiful beach”

  1. Masih ingin bercerita banyak, kapan2 lagi ah 🙂

  2. 2 diana

    gili trawangan??indah..biru..tp kesanku disana kurang.yaah,,bnyak hal,,mulai dituduh spt teroris:(, ga ada penginapan murah:(,,ga ada makanan enak:(, merasa diperlakukan tidak lebih baik dr wisatawan asing..kasian yaa..untung sempet snorkling sbntar,,jd sedikit terobati dgn melihat indahnya dalam laut.meski hbs itu mabok laut.:p

  3. wooogh terakhir ke sini SMP! tahun berapa ya? sekitar 92 atau 93 kayaknya. Dulu Gili Trawangan ini masih suci banget *gyaaaa istilahnya*, masih bersih banget dan masuk ke sini serasa bukan di Indonesia. isinya bule semuaaaaa…. 😆

  4. wah itu mah kampung keduaku…banyak sodaraku disana.

  5. 5 aisy

    ya emang dsna buagus bgt….sudah terjamah tetapi tidak dirusak..itulah kesanku…
    snorklingnya seru meski sambil minum air laut dikit lewat mulut..huueeeekkkk asinnn..
    pas ksitu juga ada acara pelepasan penyu…..jd makin seru aja
    bener kata diana…kita diperlakukan bak calon teroris..maklum ceweknya pake jilbab dan jg ada isu klo tmpt tersebut bakal di bom
    tp alhamdulillah tak ada kejadian itu sampe skrg..
    diana pas muntah2..pasti ikannya pd seneng…dipikir ada makanan..huuueeekkk hahaha

  6. Duhh indahnya…
    Teman2ku sudah kesana…..saya saja yang belum mendapat kesempatan.
    Memang katanya pantai Senggigi indah, tapi di ketiga Gili (maksudnya Gili Trawangan, Gili…dan Gili…) lebih indah lagi.

    Foto2 yang menarik Asrul, berasa ikut menikmati perjalananmu

  7. apik men, kapan yo iso mrono??

  8. assalamualaikum arul, gimana ente punya kabar?
    wah bagus banget tu pantainya. pasirnya putih mirip ama Nusa Dua yg kapan hari ane kunjungi bersama suami. waktu itu pilihan liburannya ke Bali atau Lombok. tp berhubung ane penggemar pantai DAN shopping, so pilihan jatuh ke Bali 😀

  9. keren……. kapan ya saya bisa ke sini 🙄

  10. sama k.. aku juga lagi hobyy banget motret dan pantai… keinginan sejak dulu, terlaksana minggu lalu… hehehe

  11. bener bener bersih dan indah pemandangannya.

  12. #diana : wekekek, iyah seperti yg sy tulis di atas, kebanyakan bule, orang Indo bisa kehitung dg jari….
    tapi sy pede aja jalan, EGP diliat orang2 😀 hehe
    indah banget dee… tapi pengen banget ke kuta lombok…
    kalo bali terasa ngak, lebih mending lombok.
    muntah??? wekekekek gimana kalo kamu naik ferry bali to lombok, mungkin lebih parah soalnya 4 jam 😀
    #Chic : woot, sudah dari 1992, wah betul2 hebat tuh pulau, sekarang byk bngt bungalow gitu dah…. walau masih indah dan bersih.. tapi kebanyakan bule 😀
    #boyin : wah tau gitu, sy ngak usah cari penginapan super murah 😀
    #aisy : wekekek ndak sempat snorkling takut tenggelam soalnya sendirian dan gak bisa renang… hahaha
    kapan2 ke sana rame2 seru banget tuh….
    #edratna : Indah banget bu, ke sana coba, keren……
    #nothing : thx, itu ada info harga ke sana aja, lumayan murah meriah utk backpackeran
    #tyke : waalaikum salam, kabar baek2 slalu salam sama misua ya 🙂
    wakakakak sesekali ke lombok, indah banget, hampir kek bali sudah tapi lebih asri lagi dah, bisa nyelam liat di dalam isi laut lho… rekomendid banget dah
    #itikkecil : bisa ke sana koq rame2, cara backpack murah meriah
    #yoe : ke lombok sekalian yoe 🙂
    #rental mobil : wah situ liat langsung pasti terkesima pastinya

  13. boleh juga mas, sebenarnya indonesia ini banyak sekali tempat indah.

  14. 14 andtheree

    wah.. keren pantainya..

    taman lautnya gak di foto juga Mas..?

  15. begitu banyak tempat yang indah di Indonesia ini tp masih kurang tuk menarik wisatawan dari manca negara.

  16. Bisa Buat Nerawang dong?? :mrgreen:

  17. wow, kueyen abiz bro!!!! jadi pengen ke sana lagi neh, sekedar mengintip titisan sejumput surga-NYA di gili meno dan gili air yang dulu belum sem[pet ku kunjungi….saya tunggu postingan tentang rinjaninya ya bro….

  18. wuiihh,…keren bgt,..bersihhhh…
    kpn ya bisa kesana? hem,..
    masuk wishlist nih

  19. 19 Maradona

    Wah kpn terakhir wisata pantai yak 😀
    bagus roel,, mantab,, jd ingat pantai Bira di Bulukumba 😉

  20. wahhhh keren banget, pasir putihnya…aku blom pernh nyampe sini…dulu seringnya cuman sampe bali…setelah terdampar di sumatra sini malah akan lebih jarang lagi…hehehehe…

    foto2nya keren rul!

  21. Ciri khas pantai-pantai di luar Jawa nampaknya berwarna hijau bergradasi ke biru ya?

  22. Indah… bersih dan tenang. Sayang buat wisatawan lokal terutama yang koceknya agak pas2an masih terasa agak mahal. Tetapi ya tidak apa2, mudah2an industri pariwisatanya dapat menghidupi penduduk lokal dan menaikan taraf hidupnya tanpa merusak alam dan budaya setempat……

  23. laporan kulinernya mana neh ? plecing sama satenya yemm..yem

  24. klo aku di lombok., kamu harus ke lombok lagi RuL… 😀

  25. Kerenn…
    cantik banget pantainya.

  26. wah maknyus bnget pantainya, harus lebih dipromosikan

  27. 27 pande

    duh pengen kesana nok…. kapan y bisa jalan2 pake uang sendiri..heheheehhe

  28. 28 sudjiarti hartanto

    keindahan yg tuhan berikan di alam indonesia ini harus dipelihara keberadaannya tanpa mengurangi suasana alamnya.

  29. bagus tuh pantainya jadi pengen kesana

  30. pantai gili memang indah banget nih

  31. kok komennya gak nongol?

  32. sungguh indahnya pantai2 itu ya,alangkah indahnya kalo ku punya rm di sana.

  33. salam kenal

  34. keren fotonya..bali mang indah…tp raja ampat lbh eksotis


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: