Pesona Senggigi

08Nov09

P1040189

Pintu masuk Senggigi

Suatu berkah yang luar biasa diberikan Tuhan kepada Pulau Lombok, sekeliling pantai yang melingkari pulau ini diberi pantai yang indah dan panjang, seperti halnya Bali. Mulai dari pelabuhan sudah disuguhi bagian pantai dari Pulau Lombok yang indah dengan pasir putih membuat mata berdecak kagum. Subhanallah.

Salah satu pantai yang terkenal adalah pantai Senggigi di Pulau Lombok menjadi incaran wisatawan dalam dan luar negeri, dengan sekali klik di sebuah browser Internet, kita akan mendapatkan informasi tentang pantai ini.

Cara termudah untuk sampai di tempat ini setelah penyeberangan dari Tanjung Bay Bali menuju Pelabuhan Lembar Lombok Barat bisa langsung menuju pantai ini. Ada semacam Kapal dan juga kendaraan umum.

Sedang untuk menempuh perjalanan dari ibukota Nusa Tenggara Barat, Mataram banyak alternatif kendaraan yang bisa ditempuh menuju Pantai Senggigi menggunakan taksi, ojek dan publik (istilah untuk bemo/angkot di Lombok).

Angkutan termurah menuju Senggigi dari Mataram menggunakan bemo (angkot di Lombok) menuju kota Ampenan dengan biaya tiga ribu rupiah dengan lama perjalanan sekitar 15 menit. Selanjutnya melanjutkan perjalanan angkot dari Kota Ampenan menuju ke Senggigi dengan biaya empat ribu rupiah dengan lama perjalanan kurang lebih 20 menit.

batu-layar-copyPantai Batu Layar

Sepanjang perjalanan ke Senggigi dari Ampenan kita bisa melihat pesisir pantai dan melewati bukit kecil di Lombok. Salah satu yang menarik disaksikan adalah pantai yang cukup panjang dan tidak kalah menariknya yaitu pantai Batu Layar cuman pasirnya tidak seputih yang di Senggigi.

Senggigi dibanjiri resort, bungalow, cottage serta penginapan berbagai jenis dari yang termurah dan termahal. Jika anda berbackpacker ria ke sana sebaiknya mencari tempat-tempat yang murah meriah. Walaupun fasilitas kurang memadai ada yang seharga Rp. 50.000 yang jelas bisa tidur dengan nyenyak, ada kamar mandi dan kipas, tapi kalau anda pandai menawar bisa mendapatkan lebih murah lagi. Apalagi kalau bepergian ke tempat ini dengan banyak orang akan sangat irit.

Jalan-jalan di Senggigi juga dipadati oleh bar, café, tempat karaoke dan toko. toko-toko kebutuhan sehari-hari, peralatan selancar, menyelam juga ada. Jadi anda tidak perlu lagi jauh-jauh kembali ke Mataram untuk mendapatkan perlengkapan cukup di sekitar Senggigi anda sudah mendapatkannya walau harga naik hampir 2 kali lipat atau lebih.

senggigi

Salah satu sisi Pantai Senggigi

Senggigi, pantai ini sebenarnya menarik masih banyak perahu-perahu nelayan yang bersandar. Beberapa wisatawan baik dalam maupun luar negeri beriwa riwi. Namun ketika hari biasa bukan hari libur tidak akan seramai hari libur tentunya, namun cukup indah menikmati pantai ini dengan keadaan sepi.

Pantainya berpasir putih, namun terlihat kotor sih di beberapa bagian, seandainya bisa dibersihkan pasti akan terlihat lebih indah lagi. Bagian pantai yang membelakangi resort-resort mahal bisanya dikondisikan bersih oleh yang punya resort bisa ditempati oleh pengguna resort. Namun untuk tempat-tempat lain belum terlihat maksimal perawatannya.

Menyusuri pantai ini akan sangat indah jika dilakukan menjelang senja menanti matahari terbenam (sunset), namun sayang kunjungan ini tidak dapat mendapatkan pemandangan yang bagus karena mendung dan hujan mengguyur Senggigi.

sate lontong kelapa setelah-makan

Sate Bulayak dengan kelapa muda

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Senggigi tanpa mencicipi sate bulayaknya yang disajikan di sekitar pantai tersebut. Satenya bisa dipilih daging ayam, sapi atau pakai usus seharga Rp. 15.000,- per porsi. Ditambah dengan lontong yang dibungkus sejenis daun kelapa. Serta minumnya dengan kelapa muda seharga Rp. 5.000,- yang diseruput langsung dari buahnya, sambil menikmati pemandangan biru laut nan indah.

Tempat ini bisa menjadi alternatif wisata menarik ke luar kota anda, menyusuri bibir pantai yang panjang dan luar menikmati sunset,menggunakan kano, berselancar ria, berjemur bagi wisatawan asing. Serta fasilitas lengkap yang tersedia di sana.

sunsetsunset di Senggigi (kurang maksimal tertutup awan)

mancingmemancing di Senggigi

Senggigi memiliki potensi yang tinggi dan masih menjadi tempat berwisata yang baik, walaupun pada akhirnya orang mulai berakhir ke tempat lain yang lebih cantik dan indah. Namun kalau diberi penanganan kebersihan yang bagus di pantainya orang akan tetap melirik Senggigi.



19 Responses to “Pesona Senggigi”

  1. masih ingin bercerita banyak….. di posting yg lain aja🙂
    selanjutnya ntar bahas gili trawangan. coming soon

  2. Foto orang mancing itu bagus, TOP! Met jalan2!

  3. saya dua kali ke senggigi, dua-duanya pas lagi sepi-sepinya.

    menyedihkan sebetulnya, pulau yang bertetangga dengan bali, dengan potensi pariwisata yang hampir sama, tapi dengan pemasaran yang jauh berbeda😦

  4. Sepertinya menarik, sayang lagi mendung ya rul?

  5. pantainya begitu indah dipandang.

  6. KEREN!!!
    kapan aku bisa kesini ya?😀
    mbok ya di ajak kalo kesana lagi rul😛

  7. 7 diana

    waktu ak kesana..banyak yg ak kecewakan.karena kenyataan yg ak lihat jauh dr bayangan awal saya..tapi,,yaah..cukup indah..lombok masih virgin bgt.tp bali lebih menakjubkan bagiku..hehehe

  8. #2 Dony Alfan : makasih, padahal cuman coba2 aja😀 hehehe ini sudah ndak jalan2😛

    #3 herru : iyah mas, potensi bagus, tapi emang lebih bagus gili trawangan… pengelolaan yg bagus seperti bali keknya perlu dilakukan di sana….

    #4 galihsatria : ahhh hujan menghalangiku mengambil capture sunset… :((

    #5 sewa mobil : iyah betul banget…..

    #6 Ria : hahaha, kalo situ diajak, beneran mau ngak? blum lagi cocokin waktu… boleh lah backpackeran😛

    #7 diana : iyah sih dee, ekspektasi sy berubah setelah melihat senggigi, sampai saya bertanya ke orang2 di sna ” beneran ini senggigi?” hehehe….. tapi sy coba lebih lama lagi, tetap enak koq di sana😀 hehehe….
    iyah lombok lebih virgin, tapi sy lebih ngak sreg di Bali sih😀 hehehe

  9. hmmm
    keren banget yaaaa

    tapi
    Pulau Bawean tak kalah keren koq🙂

  10. foto orang mancing itu bagus banget.
    garis cahaya mataharinya keliatan.😀

  11. 11 Ning

    aq pengin bgt ke pantai senggigi

  12. pantai senggigi pengen dech ke sana indah banget

  13. wah gambar foto yang k_4 kaya nya mantap.

    terus pantainya enak dipandang

  14. Mantep pemandangannya ..🙂, and saya suka kelapa muda ama satenya ..

  15. wow… pemandangannya bagus sekali,

  16. wah keren tuh kalau liburan kesana

  17. uenaknya kalo bisa keliling indonesia ;p

  18. Makanannya termasuk murah untuk kawasan wisata sekelas senggigi

  19. 19 natural

    lombok menyimpan sejuta pesona, sy baru 2 bln berada di lombok, indah sekali rasa nya, yg ada di fotho hanya sebagian kecil saja, masalah nya masayarakat lombok tidak welcome untuk mengembangkan lombok seperti bali, bagi mereka pendatang dianggap sebagai saingan (pandangan negatif ), pos2 keamanan harus nya diperbanyak, karena daerah wisata msh sngat sepi dan rawan. sedih rasa nya saat melihat wisatawan asing babak belur terkena bacokan senjata tajam di sekucur tubuh nya, dimana jaminan pihak keamanan setempat, mudah2an bapak gubernur dapat mengembangkan lombok kearah yang lebih baik,..!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: