Mencuri Ilmunya Inggris

25Okt09

Beberapa hari terakhir ini saya sering kali melihat berapa pengumuman di kampus, termasuk di dalamnya informasi kuliah S2 ke luar negeri, baik itu beasiswa maupun jalur double degree. Minat untuk melanjutkan kuliah lagi setelah akan menyelesaikan kuliah S1 yang entah kapan selesainya semakin tinggi.

Dari dulu keinginan diri inginnya terus berkembang, mengalami peningkatan, dan terus mengalami kemajuan. Yah seperti itu cita-cita saya, yang penting harus selalu terjadi perubahan seperti nama blog saya ini, yang sudah barang tentu harus berubah selangkah lebih baik. Seperti yang dituliskan Andrea Hirata di Buku Edensor salah satu dari tetralogi Laskar Pelangi :

Aku ingin mendaki puncak tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda mara bahaya, dan memecahkan misteri dengan sains. Aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin lika-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka. Aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan-kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium : meletup tak terduga-duga, menyerap, mengikat, mengganda, berkembang, terurai, dan berpencar ke arah yang mengejutkan. Aku ingin ke tempat-tempat yang jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang-orang asing. Aku ingin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang gemintang. Aku ingin mengarungi padang dan gurun-gurun, ingin melepuh terbakar matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkeram dingin. Aku ingin kehidupan yang menggetarkan, penuh dengan penaklukan. Aku ingin hidup! Ingin merasakan sari pati hidup!

Mungkin seperti itu juga gambaran cita-cita dan keinginan saya.

Kalau ditanya tentang belajar, dari jenjang sekolah dasar, saya melakukan peningkatan tempat sekolah sebagai salah satu langkah perubahan tersebut. Kalau jenjang SD saya berada di satu Kecamatan, makanya SMP saya harus melangkahkan kaki ke kecamatan lain dalam satu kabupaten tentunya yang kata orang lebih baik dan unggul, demikian akhirnya terwujud. Setelah misi pertama ini selesai, ketika SMP pun saya ingin melanglang buana ke kabupaten yang lain melanjutkan ke jenjang menengah atas, akhirnya terwujud juga memasuki sekolah yang katanya salah satu sekolah terbaik di provinsi saya itu. ketika SMA pun berkeinginan melanjutkan kuliah di beda provinsi. Nah pengennya itu juga terwujud, di Surabaya.

Selanjutnya cita-cita saya setelah lulus S1 sih pengen meningkat lagi berbeda negara. Negara mana yang terpilih?

INGGRIS

Peta Inggris (wikipedia.org)

Peta Inggris (wikipedia.org)

Inggris Negara tua yang tercatat dalam sejarah menaklukkan beberapa belahan dunia lainnya, bukti sejarah berupa bangunan dan anggota persemakmuran menjadi salah satu buktinya. Negara-negara persemakmuran dari Inggris menjadi Negara yang makmur dan sejahtera dan maju dibanding negera-negara hasil jajahan Negara adi kuasa lainnya.

Walaupun akhir-akhir ini diberikan bahwa Inggris juga memiliki setumpuk utang dan juga kualitas kehidupan di Inggris lebih rendah dibanding Negara lain di eropa, dikarenakan tingkat mahalnya kehidupan di sana.

Kenapa sih harus Inggris? Seperti lagunya The Changcutters, kenapa mereka ngebet banget ke London, Ibukota Inggris tersebut. Atau anda mengenal JK. Rowling pengarang Harry Potter dari Inggris itu, atau Klub-klub sepakbola yang berlaga di liga premier Inggris, seperti Manchester United, Arsenal, Liverpool, dan tim-tim hebat lainnya, dan perlu anda tahu Inggris menjadi salah satu tim yang lolos ke Piala Dunia.

courtesy of detiksport

Tim Inggris (detiksport)

Inggris memiliki banyak kampus terkenal di dunia salah duanya adalah yang menghasilkan para pemikir dan ilmuan dunia bahkan banyak mendapatkan nobel, yaitu Universitas Cambridge dan Universitas Oxford.

Isaac Newton (wikipedia.org)

Isaac Newton (wikipedia.org)

Siapa tidak mengenal Isaac Newton, Tokoh Fisika klasik itu merupakan jajaran alumni yang lulus dari Universitas Cambridge. Universitas Cambridge didirikan oleh akademisi Oxford. Bayangkan saja pecahannya saja sekarang sudah saling bersaing luar biasa di dunia. Ah saya anak teknik banget jadinya sampelnya yang sedikit mengenai ilmu pasti ya.

Ada Rowan Atkinson yang lebih dikenal sebagai Mr. Bean, Stephen Hawking ahli fisika modern, Ahli politik seperti Tony Blair, Benazir Bhutto, Zulfikar Ali Bhutto, Indira Gandhi, Margaret Thatcher, tokoh-tokoh politik yang sering menghiasi surat kabar Internasional itu. Adam Halley astronom terkenal dengan teropong Halleynya, Adam Smith yang terkenal karena teori ekonominya. Dan banyak lagi alumni dan tokoh dari Oxford ini mencatatkan namanya di sejarah dunia.

Yah salah satu alasan saya mengapa saya tertarik untuk bersekolah di Inggris, yah kalau bisa di kedua universitas tersebut. Bagaimana bisa mengambil ilmu dan menggunakan kelak di negara sendiri. Memasuki kampus asli, kampus para ilmuan dasar dan klasik termasuk kampus tumbuh berkembangnya ilmu dan teknologi. Siapa ngak mau berada di sana.

Yah memang kadang ada yang berfikir bahwa bersekolah di luar negeri malah akan menjadikan kita antek-antek imperalisme dan kapitalisme seperti yang dianut oleh beberapa Negara barat, namun bagi saya hal itu tidak berlaku malah saya berkeinginan mencuri ilmu pengetahuannya kelak dapat saya gunakan untuk kemajuan bangsa saya. seperti halnya Jepang yang bangkit dari keterpurukannya dengan restorasi Meijinya.

Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri

Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri

Perlu juga kita ketahui bahwa rasa nasionalisme itu akan tinggi malah ketika berada di negara lain, bagaimana kerinduan akan tanah air dan ingin mengembangkan tanah air ini lebih dari negara lain. Coba anda tanyakan ke teman anda yang pada tanggal 17 Agustus berada di dalam negeri dan di luar negeri, menurut pengalaman pribadi bahwa yang sangat merasakan arti kemerdekaan dan rasa nasionalisme malah yang dari rakyat Indonesia di luar negeri. Kita akan merayakan penuh haru biru ketimbang sedang berada di tanah air sendiri. Yah itu alasan pribadi sih.

Dan mengapa Inggris lagi?

Negeri yang dipimpin oleh seorang Ratu itu sebagai contoh untuk menjadikan Indonesia lebih dari pada negara hebat lainnya, karena terbukti bahwa negara-negara jajahan yang sekarang berada dalam bentuk negara persemakmuran mampu bangun dan berkembang lebih pesat dan maju seperti Singapura. Inggris tidak begitu saja meninggalkan negara koloninya dengan meninggalkan kebodohan namun meninggalkan teknologi dan kemampuan untuk maju.

Seperti itulah kiranya Inggris patut dicuri ilmunya yang bisa memberikan manfaat lebih bagi negara lain. Tantangan luar biasa untuk dapat menggunakan ilmu Inggris dan tanpa melupakan adat budaya asli bangsa Indonesia menjadi salah satu hal yang ingin saya wujudkan.

Harapan besar tidak sekedar mimpi namun sebuah impian yang dapat terwujud. Amin.

Blog Competition Banner



20 Responses to “Mencuri Ilmunya Inggris”

  1. Itu pendapat pribadi saya, bagaimana dengan kalian?

  2. Inggris memang siip. Namun kalau anda punya alternatif lain dan ingin mempelajari sesuatu bidang ilmu jangan semata2 melihat negaranya secara subyektif namun banyak faktor2 lain yang harus dipertimbangkan, itu kalau mau mendapatkan sesuatu yang maksimal. Tetapi kalau mau belajar Bahasa Inggris tentu harus ke Inggris dong (ya eyalah… moso ke Jepang seh??) sebab saya lebih suka ‘Briticism’ dibandingkan ‘Americanism’. Huehuehue….😀

  3. O iya Rul…. perasaan ada keanehan deh dalam artikel ini. Yang dibicarakan Arul di sini adalah England tapi logonya blog education UK. England sama UK lain loh. Bagi kita memang nggak kerasa bedanya, bagi orang2 dari Britania Raya sangat kerasa bedanya. UK termasuk England, Scotland, Wales dan Northern Ireland. Inggris sama dengan England tetapi tidak sama dengan UK. Jadi harus diperhatikan ketelitian tersebut. Ya ini cuma input saja loh. Isu tersebut cukup penting bagi orang2 Britania Raya walaupun mereka mungkin bisa memaklumi ketidaktahuan kita.

  4. Semoga tercapai cita-citanya

  5. Satu hal tentang Inggris, pajaknya gila-gila-an, biaya hidup di London ampun-ampun…

  6. cita2 yang sangat baik…semoga berhasil

  7. @pak Yari : iyah pak, memang UK atau ada yg bilang britania raya dan inggris beda, tapi keknya emang umum tentang inggris aja yang disampaikan dalam lombanya. hehehe makasih pak inputnya🙂
    @ indra KH & boyin : makasih🙂
    @galihsatria : iyah betul makanya tingkat utangnya tinggi dan tingkat kesejahteraan dibanding negara eropa lainnya terbilang rendah karena tingkat pajak yg tinggi😀

  8. aku suka jerman…ntah kenapa karena disana perkembangan teknologi sangat amat pesat dan pusat riset yg mampu menelorkan banyak penemuan-penemuan penting.

    tapi inggris juga salah satu negara yg kaya pendidikan….selain Amerika tentunya…

    semangat ya rul, semoga dirimu bisa menggapai cita2 itu…didoakan dari jauh😉

  9. melu lomba tho?

  10. saya mendoakan semoga berhasil ya masss🙂

  11. Dari inggris yang paling aku suka adalah Liga Ingrisnya.
    Pasti seru banget…

  12. 12 andtheree

    wah.. aku ndo’ain juga buaaat orang” Indo ah.. biar bisa jadi kayak Inggris gitu.

    Ammieen..

  13. sukses ya rul. Kita tidak pernah menyangka kejutan dalam hidup ini. semoga dirimu bisa sekolah ke british. Amin

  14. gapailaah ilmu setinggi2nya di negri orang🙂

  15. saya juga pingin nie kul lgi……
    tpi di surabaya saja lah! secara saya ga lancar bahasa ingris isok’e boso suroboyoan
    hehehe

    salam kenal gan

  16. Semoga kawan, saya doakan Mas Arul bisa melanjutkan studi di sana, kalau kata orang ntar jadi antek kapitalisme dan apalah itu namanya, sebenarnya, menurut saya, hanya masalah prinsip dan motivasi kita, dan saya lihat motivasi mas bro arul -kalau boleh dipuji- sangat bagus, semangat nasionalismenya tinggi, seperti Jepang dengan Restorasi Meijinya, kumpulkan semua informasi, dan bawa pulang ke kampung halaman, majukan bangsa sendiri, tapi kadang agak dilematis juga hehe😀

    *kalau saya pingen kemana aja, asal negara 4 musim :P*

  17. Saya tinggal di California. Sekolah The Rock For Dancer Student is the best! Lulus,Welcome East High!

  18. saran saya, mending kerja dulu baru kuliah lagi ke inggris…

    banyak “godaan”nya disana. Apalagi kalo punya pacar. Mending dinikahin dulu baru kuliah lagi ke inggris :p
    **based on author and some friend experiences. :p

  19. saya juga mau ke england


  1. 1 British Council Indonesia - NOW 60 » Blog Archive » Ini dia tulisan peserta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: