Parasit – Gita Gutawa : Lagu yang Ilmiah

Gita Gutawa

Hari gini, sudah banyak jenis-jenis lagu, dari yang buatnya beneran bahkan sampai yang dibuat asal-asalan aja. Kita semua bisa menilai menurut perspektif kita masing-masing. Senang rasanya ketika kita mendengarkan lagu, apalagi lagu tersebut sangat kita banget, entah itu karena lagu itu sesuai perasaan hati, lagu itu lucu, lagu itu menenangkan, lagu itu mengingatkan sama sesuatu, atau lagu itu menarik entah dari nada ataupun liriknya.

Beberapa minggu terakhir ini, ada satu lagu yang menarik sering diputar videoklipnya di stasiun TV maupun diperdengarkan radio, yaitu lagunya Gita Gutawa berjudul Parasit. Mendengar pertama kali lagu ini udah beberapa minggu lalu sih, namun pertama kali langsung jatuh hati. Kenapa jatuh hati? yah karena liriknya itu masyaAllah berilmu pengetahuan banget. Check this out….

Gita Gutawa – Parasit
petir membangunkanku
dari mimpi burukku
selama ini ku hanya terperangkap
dalam medan magnetmu
baru kusadari
kau seperti parasit
minta ini itu
kau minta padaku dengan semaumu

cukup sudah ku kini mulai gerah
ku perlu oksigen
untuk aku bernafas
tanpamu

pergi kau ke ujung dunia
dehidrasi di gurun sahara
hilang di segitiga bermuda

pergi kau ke luar angkasa
hipotermia di kutub utara
hilang di samudra antartika
dan jangan kembali

parasit parasit parasit (parasit)
kau memang parasit
parasit parasit parasit parasit

mulanya malu-malu
lalu jadi benalu
minta ini itu
kau minta padaku dengan semaumu

cukup sudah
ku mulai naik darah
ku seperti bom atom
yang siap meledak karenamu

parasit parasit parasit
kau memang parasit
minta dibayarin
minta ditraktirin
minta dianggarin
minta dijemputin
minta ditelponin
minta di sms-in
minta dibeliin
dasar kau parasit ah…

Sembari mengesampingkan tema lagunya yang menurut saya kurang sreg aja sih dinyanyikan remaja yang selalu tentang cinta. Namun lagu ini juga bisa bermakna lain, bisa jadi pertemanan sih, kalau pertemanan ok-ok sajalah.

Kembali ke pendapat saya bahwa lagu ini berilmu pengetahuan banget, lihat aja liriknya ada beberapa kosakata ilmiah di dalamnya, tidak banyak namun lebih banyak daripada lagu-lagu yang lain. Beberapa kosakata yang teridentifikasi sebagai istilah ilmiah antara lain :

  1. Biologi, kata Parasit, judul lagunya saja sudah menggunakan istilah biologi. Ada kata benalu juga. hipotermia
  2. Geografi : gurun sahara, luar angkasa, samudera antartika, kutub utara
  3. Fisika : medan magnet, segitiga bermuda
  4. Kimia : oksigen, bom atom

Kalau mau dicermati perkembangan lagu Indonesia, sepertinya sangat jarang lagu-lagu yang menggunakan istilah-istilah demikian. Padahal sebenarnya lagu dapat menjadi bagian penting dalam pembelajaran generasi kita. Misalnya saja dengan lagu ini, anak-anak yang tidak tau arti parasit, dehidrasi, benalu, hipotermia, dapat langsung bertanya kepada orang tua, guru ataupun langsung search di internet.

Atau dengan lagu ini orang ingin mengetahui gurun sahara, samudera antartika, kutub utara dan atau segitiga bermuda itu berada di belahan bumi mana? Langsung mencari peta atau globe untuk mengetahui persis letak lintang dan bujurnya.

Yah minimal lagu-lagu ini dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi anak-anak, atau bahkan orang dewasa yang sudah lupa atau sama sekali tidak mengetahui istilah-istilah yang dinyanyikan gadis manis itu.

Bagaimana menurut anda?

Diterbitkan oleh aRuL

blogger, netizen, engineer wanna be, sometimes as a trainer, and maybe a consultant for anything

46 tanggapan untuk “Parasit – Gita Gutawa : Lagu yang Ilmiah

  1. Saya ingat waktu saya kelas 5 SD, teman satu bangku saya mengolok teman yang lain sebagai parasit. Pengetahuan tentang medan magnet juga dulu diajarkan pada kelas 6 SD.

    Lagu ini terkesan ilmiah karena menggunakan kata-kata seperti “parasit” dan “medan magnet”. Terlebih lagi, kesan itu muncul karena kebanyakan lagu di Indonesia tidak menggunakan kata-kata tersebut. Kalau musik barat, kata-kata “ilmiah” lebih banyak digunakan.

  2. Lom pernah denger sih,
    tapi bisa jadi lagu yang aku banget neh kayaknya

    Mungkin kalau pertemanan ga kali mas tuh liriknya. lebih ke hubungan ‘dua anak manusia’ Atau bisa jadi itu curhatannya si Gita kali ya 😀

  3. aku baru setelah membaca blog mu ini, setelah tak baca liriknya ya benar kumpulan pelajaran sma, mungkin pembuat lagunya juga berharap agar lagu yang banyak didengar kaum muda ini masih mengingatkan para pendengar tentang pelajaran mereka

  4. bener juga Rul. lagu ini bisa menginspirasi pendengarnya untuk mencari tahu apa arti dibalik kata-kata yg bagi anak SD mungkin terdengar rumit, tp justru itulah trigger-nya bagi mereka untuk mencari tahu.

  5. lagunya enak juga
    seger liat gita gutawanya
    tapi ada satu istilah yang saya lupa lagi artinya
    hipotermia apa ya? *garuk garuk sambil tgn puter puter mouse search ke google*
    atau ada yang mau kasih tahu saya??

    thx yaaaa…oo ia salam kenal, senang berkunjung dan parkir sesaat di blog yang nice ini 🙂

  6. sbenernya ad kesalahan ama lagu itu . di dunia ga ad yang namanya samudra antartika . adanya benua antartika . coba ajah cek di peta dunia .

  7. Ehm……gita gutawa is the best….
    Lagu parasit sangat keren banget!!!!!

    aku sgt suka dgn lagu2x gita gutawa!!!

    sukses slalu buat gita gutawa!!!!

  8. pertama denger lagu ini aku jadi kebayang penulis liriknya. Pasti dia masih anak SMP atau SMA. Keren juga bisa menggubah lagu dengan menggunakan istilah2 ilmiah! Btw, siapa sih pengarang lagunya???

  9. iya anaklu, Haris, 10 tahun, akhirnya setelah mendengarkan lagu ini minta dicarikan buku2x cerita tentang gurun sahara, segitiga bermuda dan samudera antartika tuuh…….. duuh ada yang bisa bantu kah…

    btw sebelumnya salam kenal ya……..^_^

  10. yup…emang tuh lirik ok banget…cocok buat anak sd pe smp…malahan sma ja lum tau apa artinta hipotermia…hueheehee…
    akhirnya secara sadar ato gk,kita bakal buka kamus n cari” di internet tentang tu istilah…akhirnya nambah deh ilmunya 🙂

  11. untuk ngegambarin perasaan marahnya, gita ngegunain istilah: “seperti bom atom yg siap meledak”. hahahaha… konyol, tapi asik banget lagunya. jujur aku biasa aja dulunya sama gita. tapi lagu parasit ini bener2 udah buat aku salut sama gita. sukses buat gita deh.

Tinggalkan Balasan ke maya sitorus Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: