Can Blogger Change the World?

Sebuah pertanyaan yang berasal dari private message di YM saya beberapa waktu lalu. Dari seorang teman yang sama-sama beraktivitas di organisasi kemahasiswaan dulu. Nyelekit juga pertanyaannya kalau kita tidak menyimak secara dewasa.
Yang perlu diketahui lebih dulu adalah ranah gerak dari blogger di mana? Stigma negatif juga selalu menghinggapi blogger yang katanya hanya sekedar tulisan omongan doang. Yah memang salah satu ruang geraknya adalah tulisan-tulisannya. Namun tidak menutup kemungkinkan akan berkembang ke dunia nyata bahkan lebih banyak bergeraknya.
Dan menjawabnya tentu ada dua jenis jawaban, anda ingin memberikan perubahan positif atau perubahan negatif? tergantung anda untuk memutuskan.
Perubahan negatif dapat dilakukan dengan membuat postingan sara yang dicontohkan blog l******k.wordpress.com beberapa waktu lalu yang menghebohkan blogosphere, yang akhirnya disuspend oleh wordpress.com. Anda bisa memberikan posting provokatif bagi orang-orang, apalagi yang tidak tahu sebelumnya, membaca postingan anda bisa terpengaruh. This is the effect!
Kalau mencari sisi positif dari perubahan yang dibawa oleh blogger, anda bisa menyebutkannya?
Beberapa tulisan saya ternyata menjadi inspirasi buat beberapa orang, padahal saya tidak menyangka berbagi pengalaman pribadi saya itu memberikan perubahan. Memang kalau mau diukur pengaruhnya, yah tidak bisa persentase yang besar. Tentunya akan pengaruh kecil, namun pengaruh-pengaruh kecil itu bisa menjadi bukit.
Contoh kecil saja di antara banyak tulisan blog yang mengangkat tema lingkungan hidup yaitu menampung sisa air wudhu untuk kembali digunakan untuk menyiram tanaman. Amazing, hal yang diceritakan Pak Gradis walaupun kecil, bagi saya memberikan perubahan perilaku yang sungguh sangat besar. Coba jika semuanya membaca postingan itu, berapa galon air kembali dimanfaatkan penggunaannya? Apakah itu bisa dikatakan bisa mengubah dunia?
Seperti program coinachance yang diusulkan oleh mbak hanny, dengan membuat blog tersebut motivasinya teman-teman sesama blogger menyumbangkan koinnya untuk kegiatan sosial. Ternyata sebuah ide yang berupa tulisan dapat diejawantahkan dalam sebuah aksi nyata. Sebuah koin bisa membuat perubahan? So bisa tentunya.

Update : Komunitas blogger Surabaya, tugupahlawan.com (TPC) juga sudah menjalankan ide tersebut di sini.
Atau seperti program Jaringan Blogger Peduli Sesama yang beberapa saat lalu dikonsep terkait keprihatinan musibah yang terjadi di kepala burung Papua Barat Manokwari, Sorong, dan sekitarnya. Informasi yang didapat masih minim sedangkan informasi kekuatan gempa yang luar biasa besarnya itu mendorong teman-teman blogger untuk bertukar pendapat melalui plurk layanan microblogging yang akhirnya diwujudkan kerjasama lintas blogger se Indonesia.
Harapannya nanti sih bukan hanya peduli dan beraksi cepat baik dari pemberitaan, bantuan, donasi, dan turun langsung sebagai relawan terhadap bencana lokal, namun juga yang bersifat kemanusiaan internasional, misalnya tragedi kemanusiaan di Palestine.

Jika anda ingin bergabung silahkan di situsnya bloggerpeduli.org atau langsung ikut di milist bloggerpeduli@googlegroups.com, kontribusi anda tentunya akan ditunggu 😉 .
Atau anda silahkan bergabung dengan komunitas-komunitas blogger di tempat domisili anda, insyaAllah anda dapat urung rembuk membicarakan aktivitas sosial yang telah dan akan dilakukan, sudah barang tentu bisa change the world. Beberapa komunitas yang telah melakukan banyak program sosialnya seperti tugupahlawan.com, angingmammiri.org, cahandong.org, batagor.net, wongkito, kotareyog.com, BBC dan komunitas lainnya yang belum sempat saya sebutkan.
Sekali lagi memang perubahan itu tidak instant langsung jadi seperti memasak mie instant, demikian pula ketika manusia melewati proses kanak menjadi dewasa. Prosesnya bertahap dan lambat laun memberikan perubahan.

So, wanna join with blogger to change the world?

Postingan ini tiba-tiba hancur, semua link hilang, segera akan diperbaiki

Diterbitkan oleh aRuL

blogger, netizen, engineer wanna be, sometimes as a trainer, and maybe a consultant for anything

79 tanggapan untuk “Can Blogger Change the World?

  1. luar biasa. di surabaya kayaknya ini harus segera dikoordinasi rul. ndak perlu turun ke jalan ngumpulin sumbangan. cukup urunan seadanya aja. ndak kudu koin, boleh lembaran ratusan ribu kok…

    ayo siapa yang mau jadi koordinator?

    [tunjuk arul, tapi setelah januari berakhir]

  2. Tulisan adalah buah pikiran yang juga penting dalam pencatatan perjalanan hidup,.

    Tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya secara terpadu untuk mencapai suatu hal yang diharapkan bersama,. 🙂

  3. Of course I will… hehehe 😛
    Usually we never consider to a little thing, though that thing will make a big influence to others… 😛 (English mode[ON]) 😀
    Semoga aktifitas2 sosial yang dilakukan oleh para blogger walaupun kecil, tapi semoga bisa bermanfaat bagi sesamanya…
    amiiiiinnn 😀

  4. Perjalanan seribu mil dimulai dari satu langkah … Semoga apapun yg bisa dilakukan oleh siapapun dan sekecil apapun bisa membantu saudara-saudara kita yg sedang ditimpa musibah.

    BTW foto-fotonya (termasuk yg di posting-posting sebelumnya) semakin asyik tuh …

  5. Sekecil apapun, langkah kecil yang berniat positif sudah merupakan perubahan ke arah yang lebih baik. Dan masing-masing individu bisa memilih medianya, jurnalis juga sangat berperan untuk mewartakan kabar, bisa menginspirasi orang menggalang dana untuk solidaritas, atau membuat orang peduli pada lingkungan.

  6. Perubahan itu tergantung dari yang mengelola !! Kalo yang ngelola tuj baik pasti akan membawa perubahan yang baik dan jika sebaliknya akan menimbulkan perubahan yang tidak diinginkan…!!

  7. kadang banyak orang tidak menghargai usaha terkecil dari sebuah perubahan.. kita berusaha sapu2 depan rumah dengan niat 1 indonesia rajin bersih2.. kelihatannya tidak mgkn.. tp perubahan tidak akan terjadi jika tidak ada tindakan..
    teman anda itu pesimis banget.. gak pernah ngerti arti perjuangan kecil yang lama2 menumpuk jadi gunung 🙂

  8. saya rasa bukan mustahil kalau komunitas bisa memberikan efek gema yang besar dalam 1hal yang selama ini kita anggap rumit atau sederhana, mungkin diperlukan team yang bisa menggerakkan massa pemilik tiap2 blog untuk bisa lebih peduli pada isu-isu kecil diseputar kita, tidak ada salahnya kalau gerakan ini tidak hanya membuat orang bergerak, tapi juga bagi orang yang mempunyai kekuatan bergerak itu bagaimana bisa mempunyai kemampuan untuk menggerakan orang lain, jadi ada kita tidak capek berkerja sendiri. orang yg sekedar sadar saja is not enough.

  9. wkwkwkwkwkkw….jangan sampai blogger dituding cuma omong doang…ayo wes,,Ndutz melu

    *btw, kantor pusatnya TPC dmn? :mrgreen:

    aRuL [bilang] wah ketauan jarang buka situsnya TPC yakz? di sana ada koq tertulis sekretnya.

  10. Jawaban dari judul mas aRuL diatas adalah
    iya…Blogger bisa merubah dunia, entah berubah jadi ap, yang jelas bisa merubah dunia.. semoga merubah menjadi yang sangat positif… AMIEN

  11. Kalau menurut saya Mas…
    Kegiatan2 blogger di dunia nyata itu hanya efek samping. Fungsi utama blogger ada sisi dokumentasi dan jurnalisme.

    Dari segi dokumentasi, seperti kata Ali bin Abi Tholib ra, ilmu kalau ga ditulis bakalan hilang. Kalau dari segi jurnalisme, kita juga sering pernah dengar tentang pepatah bahwa pena seorang jurnalis itu lebih tajam dari pedang. 😀

  12. Tentu ndak benar juga klo blogger hanya bisa bicara. Coba lihat deh, bukankah apa2 yg ditulis bisa jadi merupakan hasil atau cerita dari apa2 yg sudah dia kerjakan. Atau malah apa2 yg dia omongkan ternyata jadi awalan bagi orang lain untuk mulai bertindak dan buat perubahan.

  13. menurut saya tentu bisa, dan ditentukan oleh tulisan-tulisan para blogger sendiri….ada kata bijak ‘bagaimana diri anda nanti tergantung dari apa yang anda baca’ (CMIIW)

  14. wah…
    setuju dengan gerakan coin a chance…
    dengan menumbuhkan hal2 yang kecil kelak akan memanen hasilnya…
    asalkan dengan niat yang tulus dan ikhlas…

  15. definitly yes,blogcan change the world..and already does!..belum pernah ada era dimana peradaban manusia seperti saat ini dimana arus informasi begitu cepat diperoleh..dan sekarang adalah era informasi dimana media memegang peran penting dalam membawa
    Opini Publik..para blogger bisa mengambil peran penting itu dalam menyuarakan sebuah perbaikan dalam civil society bangsa kita..
    Let’s Think Out Of The Box:Astaga.com Portal Lifestyle On The Net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: