Idealisme

04Jan09

jalanhitamputih1

idealisme, jalannya itu….

Sering kali kita mendengar atau mengucapkan kata ini, yah idealisme (idealism) yang sering dikaitkan dengan kondisi ideal. Apalagi ketika mahasiswa tentunya selalu didengungkan dan dilontarkan keras-keras saat berorasi. Idealisme mahasiswa ketika menjalankan peran dan fungsinya sebagai Iron Stock, Moral Force, Agent of Change, dan Agent of Social Control.

Idealisme dalam artian umum seperti paham atau keinginan yang sesuai dengan ideal atau pakemnya. Sedang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :

Idealisme adalah ilmu filsafat yg menganggap pikiran atau cita-cita sbg satu-satunya hal yg benar yg dapat dicamkan dan dipahami; 2 hidup atau berusaha hidup menurut cita-cita, menurut patokan yg dianggap sempurna; 3 Sas aliran yg mementingkan khayal atau fantasi untuk menunjukkan keindahan dan kesempurnaan meskipun tidak sesuai dng kenyataan

Kalau kita telaah arti no. 1 KBBI terlalu berlebihan untuk kita karena berupa ilmu filsafat sedangkan kita sedang mengalami sekarang. nah arti no 2 bisa jadi yang sering kita alami. Namun arti no 3 sering disalahartikan untuk sebuah idealisme, hanya dicap mimpi dan fantasi belaka tanpa terwujudkan.

Idealisme itu selalu ada dalam setiap manusia, kadang mengantarkan dia menjadi sukses atau malah menjadi terjerumus. Relatif bisa jadi.

Idealisme dapat berkembang jadi luas lagi misalnya nasionalisme dan chauvimisme. Berkembang jadi nasionalisme ketika idealisme bernegara itu ingin mempersatukan bangsa menjaga keutuhannya seperti bentuk ideal.

Seperti halnya Rakyat Palestine memperjuangkan idealismenya, mempertahankan tanah kelahirannya yang dijajah oleh Israel, mengobarkan semangat intifadah. Sampai anak kecilpun ikut berjuang.

Namun kadang semakin luas arti idealisme itu, kadang juga menjadi hal buruk, misalnya individualisme, paham dapat hidup sendiri, yang dimaknai sebagai kehidupan yang ideal bagi dirinya.

Atau suatu saat ketika ditanya “mengapa mahasiswa makassar itu seringnya tawuran?” saya mencoba menafsirkan tawuran itu sebagai bentuk idealisme mereka akan sebuah kelompok ataupun pribadi yang tidak ingin ditindas oleh orang lain. Namun kadang tingkat emosi seseorang akhirnya mengantarkan ke tindakan selanjutnya yang lebih, misalnya dengan tawuran itu.

Contoh sederhana lainnya, dalam sebuah pekerjaan, ketika kita tidak menyukai pekerjaan itu dan akhirnya memilih mundur karena tidak sesuai dengan idealisme kita, pengertian idealisme di sini bisa jadi, pekerjaannya tidak sesuai aturan yang ada, atau tidak sesuai kehendak atau minat hati.

Yah, pengertian idealisme akan berputar dan melebar tentunya karena memang idealisme itu pengertian umum. Bahkan untuk pengertian sebuah idealisme akan sangat panjang pembahasannya, apalagi jika didebatkan, so debatable.

Sekarang kalau kita dewasa tentunya sangat paham idealisme apa yang perlu dilanjutkan dan diteruskan dalam sebuah perjalanan hati untuk pribadi atau kelompok kita.

Dan jalan menuju idealisme itu bisa jadi bukan jalan aspal atau jalan yang halus sehingga kendaraan akal itu bisa jalan dengan sempurna, bisa jadi jalan idealisme itu sebuah jalan kayu, kayu yang berlubang, atau malah bisa jadi rapuh. Kayu yang kadang tidak tau itu tertanam pasak dengan kuat atau hanya seadanya.

Melakoninya, kita akan tau seberapa terjal perjalanan itu, seberapa kuat kita menaham beban berat sebuah idealisme.

Saya bukanlah manusia sempurna selalu lancar dalam melaksanakan idealisme, kadang harus kembali ke belakang beberapa langkah, dan akhirnya melesat menggunakan pesawat jet mewujudkan cita-cita itu. Tapi itu semua tergantung anda.

So, bagaimana perjalanan anda mewujudkan idealisme itu?

Iklan


37 Responses to “Idealisme”

  1. atas usul galihsatria saya coba hitam putihkan gambarnya dan emang keren banget… wah emang galihsatria fotografer andal 🙂

  2. Saya repost idealisme ini karena di posting sebelumnya pada berkomentar lain, saya coba ceritakan singkat, yah sekitar 500 kata, pengennya banyak, namun segitu aja cukup, kebanyakan malah ngak dibaca, sedangkan yang singkat seperti ini kadang banyak fast reading ngak membacanya.

  3. Peluh kringat bercucuran (kalo panas)
    Raga menahan dingin menusuk tulang (kalo hujan)
    demi mewujudkan idealisme menjadi bukti finansial (kerja keras)

  4. We not found idelsm, idealsm will found us..

  5. sepedih apapun jalan kalau kita tetap pegang idealisme kita harus berjalan tanpa kenal lelah

  6. um aRauL ga bakalan tawuran kan … hehe

  7. Mohon maaf mas..
    Uda saya baca tulisannya tapu gak kepikiran bwt cment apa..
    Sedang pusing..

    Tapi mang gambarnya keren..

  8. idealisme seharusnya tidak bertolak belakang dengan fleksibilitas….

  9. idealisme?
    Idealisme itu sering saya artikan secara sederhana sebagai: kesempurnaan.

    Ini yang sering jadi masalah, karena patokan kesempurnaan tiap-tiap orang atau tiap-tiap golongan/kaum itu berbeda-beda.

    Selanjutnya,…
    Terserah Anda. :))

  10. Setuju ama mus.. Idealism ituh kesempurnaan.. Perfect.. Untuk meraihnya harus dgn jerih payah dan pengorbanan..

  11. udah sempet ngintip postinganku yg Taking Different Paths (3 sides of a story) blm? Disana aq ga ngomongin ttg idealisme wlo tnyata berkaitan dgn p0stingan ini.

    Berdasar dr pengalamanku mencoba ‘doing something 4 the palestine’, di Facebook aq diejek short-sighted lah, memuakkan lah, sok warrior dll.

    Tp aq nanggepinnya dgn kepala dingin. Idealisme yg lg hangat2nya tnyata bs membuahkan semangat unt bersabar dan jg berusaha istiqomah 🙂

  12. Tapi kadang idealisme tak bikin kenyang 😛

  13. idealisme yang dinamis lebih baik kayaknnya..berkembang sesuai tuntutan jaman…tetapi tetap pada jalur awalnya.

  14. idealisme itu terkadang juga bisa membuat kita terpecah belah, apabila kita tidak dapat mengkontrolnya maka ya gitu deh…..

    !… Salam Perut …!

  15. Idealisme yang baik memang yang diperoleh dengan penuh peluh dan darah, diperoleh melalui perjalanan panjang yang penuh perjuangan dan telah dipertahankan dengan sepenuh jiwa dan raga,.

    Akan tetapi, belum ada parameter yang pasti, bagaimana menentukan apakah idealisme yang dipegang sudah benar atau belum,.

  16. 16 godreaming

    idealism is a thing bringing us to better feeling. Without idealism, we have no desire to reach anything. We just live ordinary but still live. It`s teribble. The good thing from idealism is being passionated. Idealism is young man`s good.

  17. wah dalem rek postingannya…. ndak nyampe saya

  18. tumben postingan arul serius??? selamat menggenggam idealisme, jangan kemudian di kocok .. *halah*

  19. Idealisme…oh idealisme…

  20. 20 fauzansigma

    pastinya idealisme itu akan terwujud kan bang arul?

  21. SEMANGAT Trus Lah Pokok nya mas…

  22. idealisme ku?
    sedang merancang…blum berjalan.. 😀

  23. Ada kalanya idealisme berbenturan dengan realitas.
    Apakah idealisme akan terus dipertahankan atau justru memberikan toleransi terhadap sang realitas?

    Dilemma..

    Tapi disinilah idealisme diuji..
    Mampukah pemegang idealisme mengubah jalan kayu menjadi jalan aspal yang mulus atau malah membiarkan jalan kayu tersebut menjadi rapuh, patah, lalu musnah..

  24. Idealisme?
    Tanpa idealisme maka hidup ini kurang bermakna…

    Apa arti dan definisi idealisme?
    Kita bisa melihat di berbagai kamus, tapi yang jelas idealisme masing-masing orang berbeda…
    Namun idealisme ini menjadi petunjuk arah, kapan kita meneruskan langkah, menghindar atau mundur jika dihadapkan pada hal yang bertentangan dengan idealisme kita. Kadang idealisme, bagi yang tak kuat, terpaksa mengalah pada realitas kehidupan….walau pada akhirnya, yang bertahanlah yang menang.

  25. wah..keren fotonya……

    saya idealis tak ya…tak tahu..hehe..

  26. Be Your self and do the best you can do 🙂
    idealisme merupakan sesuatu yang harus di pertahankan…sesusah apapun, walaupun sampai berdarah2 !

  27. idealisme lah yang akan membuat kita bertahan, bertahan karena memilih idealisme itu sebagai jalan hidup kita……

  28. idealis dengan realistis tidak seharusnya di posisikan pada dua posisi yang saling berlawanan.

    Karena semua manusia pasti idealis. Termasuk orang-orang yang dikatakan sebagai orang yang realistis, sebetulnya mereka idealis. Ideal menurut mereka adalah realistis.

  29. 29 aksin

    inspiratif…. tapi bagi manapun juga jadi diri sendiri adalah yang terbaik

  30. numpang copas definisi idealisme ya…

  31. 31 fahmi

    idealisme adalah alasan stiap manusia ada karena manusia yang hanya mengikuti arus yang ada tidak mampu merubah keadaan sekitar kita yang menyedihkan. idealismelah yang membuat indonesia merdeka karena berani melawn arus penjajahan bangsa eropa dan jepang yang terus berdatangan, idealismelah yang membuat islam ada karena nabi muhammad saw prihatin dengan keadaan kaumnya waktu itu, idealismelah yang membuat zaman orde baru runtuh dan berganti dengan reformasi. Karena idealisme adalah prinsip yang dipegang oleh setiap manusia dan tak ada manusia yang tidak punya prinsip dalam menjalani kehidupan.

  32. 32 pixel

    apakah idealisme itu dapat di sangkutkan dengan ketiadaan yg menciptakan sesuati yg ada……????
    apakah idealis itu yg sesunguhnya????
    apakah plato dan aristoteles juga seorang idealis sejati?????
    tlong di jawab….

    dari aku yg sedang mempelajari apa itu idealisme?????

  33. 33 damians

    Idealisme yang berasal… Lihat Selengkapnya dari kata ”ideal” dan ”isme” mengandung makna sebagai aliran ilmu filsafat yang menganggap pikiran atau cita-cita sebagai satu-satunya hal yang benar yang dapat dicamkan dan dipahami. Ideliasme sendiri dapat berupa suatu patokan atau aturan dalam kehidupan seseorang yang akhirnya akan mendapatkan nilai kesempurnaan, atau pun sebagai pandangan dalam menjalani kehidupannya dimana ada nilai benar dan salah. Jadi, bisa dikatakan fungsi dari idealisme itu sendiri adalah membuat aturan dalam memandang kehidupan di dalam diri masing-masing sehingga tidak terjebak ke dalam ruang lingkup yang tidak sesuai dengan aturan atau pandangan hidupnya.Tanpa sebuah keidealisme dari seseorang dapat memicu banyaknya ketidak sesuaian dalam bermasyarakat, sehingga akan menimbulkan banyak tindakan kriminal atau pun yang melanggar norma kesusilaan. Sebagai contoh terjadinya korupsi di Indonesia, disebabkan ketidak adanya pola piker yang idealistis dengan lingkungan kerjanya. Dimana akan dihalalkannya semua tindakan yang berhubungan dengan karir atau pun pekerjaannya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sehingga akan menyebabkan banyaknya tindakan pelanggaran yang merugikan individu lain.

    INGAT….jangan membentuk idealisme palsu atau dipaksakkan (“ilusi kesempurnaan” ). Idealisme membentuk karakter diri dan bertanggung jawab. Ada satu contoh kasus menarik di dalam ironi dari masyarakat yang sempurna ini : “Diantara perempatan lampu merah yang mati, semua kendaraan bermotor bergerak dalam kekacauan, dalam sekejap seluruh kendaraan yang berlawanan arah ini tidak tau harus memulai dari mana dan memutuskan untuk seenaknya menentukan arah, alhasil semua kendaraan ini macet hanya karena lampu merah di perempatan mati.”
    Dari kasus ini, mana yang anda pilih, diantara masyarakat yang tidak bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri yang berlindung di dalam “ilusi kesempurnaan” dengan masyarakat yang memegang kendali penuh atas diri mereka sendiri, dan mencoba mengerti ketidaksempurnaan dengan mempelajari kesalahan demi kesalahan? Manusia modern telah sedemikian rupa dan terbiasa diatur, sehingga untuk memutuskan bertindak, ataupun berpikir diluar dari logika kesehariannya, mereka menjadi bingung. Mereka perlu dituntun, di bimbing, disederhanakan dari kompleksitas ketidaksempurnaan mereka, agar tampak sempurna. Sekali lagi….INGAT….jangan membentuk idealisme palsu atau dipaksakkan (“ilusi kesempurnaan” ).

    Seni memerintah manusia tidak akan pernah menjadi sebuah seni yang mendidik dan memberikan manusia inspirasi untuk memperbaharui kehidupan mereka. Penekanan dan pemaksaan hanyalah sebuah tuntunan amalan tugas-tugas statis yang menghambat inisiatif yang mustahak, serta akan menghasilkan hamba – hamba dan bukan manusia yang bebas.

    ” Kebebasan merupakan sebuah intisari kehidupan dan merupakan kekuatan penyokong perkembangan intelektual dan perkembangan masyarakat. ”

    “siapkah kamu memegang kendali atas dirimu sendiri?”

  34. 34 sibair

    panajang bgt commentnya o_O

  35. Bgt sangat MULIA Tujuan seseorang yg mempunyai sikap “IDEALISME”…Ttpi ketika kt ingin menerapkan “IDEALISME” di negara Ini….SULIT…Karena lebih banyak org yg KONTRA dgn sikap Idealis..Dibandingkan dgn yg Pro Idealis….

  36. Diatas telah dijelaskan bahwa idealisme membentuk karakter diri dan bertanggung jawab. Idealisme itu sendiri adalah membuat aturan dalam memandang kehidupan di dalam diri masing-masing sehingga tidak terjebak ke dalam ruang lingkup yang tidak sesuai dengan aturan atau pandangan hidupnya.Tanpa sebuah keidealisme dari seseorang dapat memicu banyaknya ketidak sesuaian dalam bermasyarakat, sehingga akan menimbulkan banyak tindakan kriminal atau pun yang melanggar norma kesusilaan sehingga akan menyebabkan banyaknya tindakan pelanggaran yang merugikan individu lain.

    Dalam menerapkan idealisme didalam diri masing – masing tidak diperlukan adanya pemikiran mengenai orang yang pro ataupun kontra dimanapun kita berada, karena sebenarnya musuh terbesar dalam hidup kita adalah diri kita sendiri, yaitu “EGO” kita. Seiring dengan semakin bertambahnya usia, semakin tingginya pendidikan, semakin tingginya derajat sosial, semakin banyak prestasi yang diperoleh, semakin banyak pengalaman yang didapat……semakin besar pula ego kita untuk merasa paling benar. “(idealism)……it is a way to become who you are.”

    Idealisme bukanlah bentuk keegoisan, justru egois adalah “musuh terbesar idealisme”. Idealisme akan menumbuhkan perasaan bahwa orang yang bersangkutan melakukan sesuatu yang berarti, yang penting dan bermakna.

    Egois :
    – Hanya memegang prinsip yang mendukung dirinya saat ini saja.
    – Memaksa orang lain agar sependapat dengannya.
    – Prinsipnya digunakan untuk semata-mata kepentingan pribadi.

    Idealis :
    – Memegang prinsipnya dengan teguh sampai kapan pun.
    – Tidak pernah memaksakan prinsipnya pada orang lain.
    – Menjadikan Prinsipnya untuk mengatur hidupnya sehari-hari.

  37. 37 genio

    Relatif idealism,
    But,still positive idealism _


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: