WordPress 2.7 : Perubahan Drastis

05Des08

Semalam sebenarnya ingin menjadi saksi perubahan layanan blog WordPress dari engine wordpress 2.6 ke wordpress 2.7, namun saya kecapekan akhirnya saya tertidur, dan pagi ini saya melihat terjadi perubahan itu.

untitled

Luar biasa drastisnya perubahan itu, perlu pembelajaran lagi untuk memanfaatkan tool-tool di dalamnya. Perubahan posisi tool-toolnya yang sebelumnya berada di bagian atas, sekarang di bagian samping disertai ilustrasi gambar juga.

Di lihat dari tatanannya sih, lumayan lebih tertata sekarang, namun tetap saja rumit, harus belajar menggunakan semua fasilitasnya. Hati-hati saja, bisa-bisa anda salah klik.

Pergantian nama-nama tools, misalnya design menjadi appearance, apalagi jika anda pengguna baru wordpress perubahan ini pasti akan pusing tujuh keliling.

Enaknya juga, posting artikel sudah bisa langsung di halaman dashboardnya lewat quickpress (posting cepat). Namun dashboardnya sendiri terlihat tidak proporsional, dibagian tengah (berisi kondisi saat ini, komentar terbaru, taut terkait, your stuff, dan yang terhot dari wordpress) lebih panjang ketimbang bagian sebelah kanan (berisi quickpress, recent draft, dan statistik).

Hati-hati juga, Dashboardnya membingungkan, biasanya untuk menuju posting yang dikomentari orang, klik postingnya dibawah komentar yang dimaksud. Namun anda diarahkan mengedit posting, bukan menuju postingnya. Itu kalo anda berada di bagian komentar terakhir. Kalau ingin seperti dulu, silahkan discroll mousenya ke bawah, di bagian Your Stuff bisa langsung menuju postingan yang dimaksud.

Yang tidak berubah itu adalah Komentar Saya di dashboard, sulit sekali terbuka malah kadang sampai goshdarnit. Apakah anda mendapatkan kejadian yang sama dengan saya?

Kolom posting tulisan juga semakin kecil, apa sebabnya yah? padahal enak yang sebelumnya, bisa mengetahui dimensi ukuran ketika mengupload foto dan media lainnya.

Ada fasilitas tambahan yaitu Tools, namun saya masih bingung menggunakan. Persepsi saya sih, bahwa kita bisa mengistall di browser yang kita gunakan jadi nantinya lebih mudah.

Overall, perubahan ini sungguh baik, yah karena memang suka namanya perubahan. Lebih fresh, dan semakin menarik untuk dijelajahi kehebatan-kehebatannya.

Mau belajar menggunakan? Silahkan lihat di sini, namun ada baiknya anda belajar otodidak sendiri, cepat koq penyesuaiannya.

Bagaimana dengan anda? semakin baik, apa semakin rumit?

Update :

Ternyata menu-menu di dashboard bisa di pindahtempatkan, wah asyik, berarti tadi saya salah review, kalo tidak proporsional. Tidak Hanya di dashboard utama, ketika posting tulisan juga menu-menunya bisa dipindahtempatkan, Kecuali kolom navigasi sebelah kiri.

Ketika mengedit posting, ada juga menu komentar lho, wah makin asyik aja nih engine wordpress.

View all untuk melihat statnya ternyata masih error kembali ke dashboard, jadi untuk melihat stat di kolom navigasinya langsung aja. Kayaknya versi ini masih terus diperbaiki walau sudah di lauching hari ini.



65 Responses to “WordPress 2.7 : Perubahan Drastis”

  1. Lagi quick review… hehehe….

  2. 2 ecchan

    owalah..
    kayak gini toh..
    kalo liat dari tampilan yang kamu berikan sih, mirip ama LiveJournal..
    well.. kalo gituh saiyah meluncur ke dashboardnya:mrgreen:

  3. sampai sekarang fitur my-comments saya sama seperti arul. saya sudah kirim surat protes ke support wp, tapi tetep aja gak bisa…🙄

  4. @chika : he eh…. tapi kemarin pandu bisa lho…. ah ngak nyaman lagi buat blogwalking, dan nyampah, padahal dulu enak banget, balas2 komentar, karena fitur itu berfungsi dengan baik….

  5. Weee… Kalo self-hosted wordpress baru tanggal 10 besok katanya. Huhu…
    Btw, saya udah coba di localhost, tapi kok saya sendiri lebih suka admin yang lama yah…

  6. iya betul, fitur my-comment itu susah sekali dibukanya… kadang-kadang eror… tapi udah berapa minggu ini sudah betul, ntah kenapa.. hohohoho

    hmmm wp makin ga user friendly, saya butuh adaptasi lagi dengan yang baru ini😥

  7. aku belom disuruh upgrade tuh ama om WP

  8. saya sudah liat dan coba-coba sejak diluncurkan wp 2.7 beta 3.
    kemudahan utama ada di menu navigasi.
    lainnya, mungkin theme-optionnya.

  9. weee….saya kok asik2 aja ya rul..😀
    hihihihihihi….
    my-comments a.k.a Komentar Saya juga gk bermasalah😀
    saya baru tau klo ada masalah gin malah… hihihihihihi.. :p
    knp ya..???
    apa karena saya langsung klik “turbo” yang di kanan atas., bis itu saya instal “GEAR”.
    Nah setelah nginstal “Gear”., nanti kan browser di restart. Abis itu saya masuk ke “Tools” trus pilih tool trus aktifin deh “Gear”-nya😀
    hihihihihi… coba aja rul., daripada gk nyoba :p
    *nambahin di postingku ah…*
    http://mengeja.wordpress.com/2008/12/05/wordpress-tampilan-baru/

  10. aku pernah pake WP …nurut aku kok kegampangen..mending blogspot. *hehhehe gaya

  11. Saya juga kaget nih, padahal semalam masih yang lama….mesti menyesuaikan lagi….

  12. 12 meylya

    masih penyesuaian inih🙄

  13. hidup wordpress legacy..😀

  14. emank keren.. tadi saya lihat blog lama sayah ehehhehe

  15. I am Back

  16. Sip infonya mas…. Btw… enaknya upgrade pa nggak yach???

  17. yups..bagus dunk

  18. ini enaknya kalo gratisan.. langsung upgrade deh…. eh btw goshdarmit juga ya? wkwkwkwk

  19. Ooooo

  20. ya, aq juga kebingunagan ama tampilan dasboardnya,

  21. wah..blogger populer ternyata..thanks for dropping by in my blog…

  22. ajari saia ….

  23. huawduwh..

    aku cuman pake blogs fs yang biasa aja kebingungan dengan fitur2nya yang terbilang sederhana.. apalagi kamu ?? hehehe

    rul, jangan lupa besok kita pul-kumpul.. ada ulfa, PRAT, bro, dona, miftah, nurul, yoez, darus, bimo, dll

  24. iya, aQ aj agak kaget pas td pagi ngeliat wp..wiw, udah dandan dia..n dikit demi dikit trpks Qbljr membiasakan diri lg, yg dulu aQ lincah *ciee* klo mo komment, jd rada2 lambat…hehe

  25. wahhh saya belum update daeng😦
    lagi persiapan tutup buku tahun ini

  26. aku masih pake versi yang lama banget nih soal ga ngerti banget soal WP

  27. Betul bro…tampilannya keren…dalemannya asyik…cuman butuh waktu untuk mempelajari dalemannya. nampaknya perlu orang untuk mereview daleman WP ternyata ya…
    salam

  28. Ayoo….harus khatam nih:P
    kan yg bertugas untuk memberikan reviewnya Arul biar orang banyak yg sering nongkrong disini bisa baca and belajar dari Arul… ;))

  29. # 2 ecchan : segera melihat kenyamanannya, dan pasti anda bingung pertama kali melihatnya (woot)

    # 5 adit-nya niez : hehehe iyah2 blum diluncurin yang berhosting sendiri.

    # 6 chic : hehehe saya masih susah2 gitu.. kenapa yakz? hmm tapi ad juga ngak apa2…😀
    hehehe makin lama makin user friendly koq “D

    # 7 boyin : versi berhosting sendiri kayaknya blum

    # 8 Mus_ : iyah, wah ahli web engine mah, ngak bisa diragukan lagi kalo mereview🙂

    # 9 inidanoe : saya coba koq ngak bisa2 yakz? hehehe downlodnya juga ngak bisa, apa karena koneksi lelet dari kampus yakz..
    emang pengaruh gitu? koq ndak yakz.. hmm

    # 10 lamendol : guaya. dapat versi 2.7 kapok kon mbak😀

    # 11 edratna : iyah menyesuaikan… dan hati2 juga hehe, takut salah tekan😀

    # 12 meylya : sipz’

    # 13 kholis : hidup dah

    # 14 FaNZ : ke wordpress aja fanz

    # 15 Ikasmanca Community : yupz

    # 16 Frenavit Putra : enak…

    # 17 andy : yoi

    # 18 Anang : enak2 hehee, iyah GOSHDARNIT

    # 19 angki! : yoi

    # 20 udin : belajar2

    # 21 pns : wah populer? hehehe ngaklah sy blogger biasa2 aja

    # 22 gajah_pesing : hehehebukan situ pake joomla?

    # 23 paksi dewandaru : hehehe iyah2 belajar pakz🙂
    insyaAllah kasih tau waktunya aja

    # 24 sarahtidaksendiri : iyap belajar dulu😀

    # 25 Gelandangan : mending ngak usah dulu, ntar malah shock😀 hehehe

    # 26 Tony : hehehe😀

    # 27 dekry : iyap begitulah. salam

  30. makin seep cee bisa bikin jadi simpel ato mow yang ribet berserak sana sini juga bisa

    tapi yang namanya penyesuaian itu perlu banget khan???❓

    dikit cerita nee tadi akuh mow ceklik readmore low kagag bisa, terpaksa masuk HTML tyuuzzz uteg uteg bentar jadi deeehh

    ada tambahan lagi niihhh kalo mow aplot poto yang pake alamat URL ckr ada kolom sendiri low, yang dari pc jugag ada sendiri kolomnyah!!!

  31. hayuuuk kapan blogspot nyusul. hidup blogspotholiiiiic *hallah*

  32. salam kenal mas,
    sampai saat ini, saya masih pake WP 2.5😀

  33. kwka..kwka..kkwa
    hebat tenan WP ini,
    saking hebatnya mengeluarkan engine blog yg bentar2 upgrade, dan susah untuk pembelajaran cara2 pemakaiannya..

  34. WP lagi WOI !!!

  35. Gw sih pake wordpress mobile aja, huhuhu.. Bisa dibawa ke mana2

  36. 36 deordinaryone

    Suka, karena warnya hitam dan putih, hehehehe😛
    lebih nyaman karena mirip program windows, ada di sebelah kiri.
    yg lain blm aku utak-atik siy😛

  37. sempat bingung pakenya, tapi lama-lama sepertinya yg baru ini lebih user-friendly … *i like it*

  38. # 30 dindacute : hehehe iyah semaumu *jadi ingat iklan :D*
    weh terima kasih infonya yakz🙂
    # 31 aR_eRos : halah…😛
    # 32 sirajaoloan : salam kenal juga, diupgrade aja.
    # 33 okta sihotang : di situ kali seninya😀
    # 34 mantan kyai : WOI mulu nih😛, kenapa mas? lagi WOI yah pas ngoment di blogku? ikz jorok😛
    # 35 Barried : iyah saya jgua sering pake koq, cuman untuk perlakuan maksimal yah lebih baik lewat normal😀
    # 36 deordinaryone : iyapz… lebih fresh segar keliatan😀
    # 37 pinkparis : iyapz.. semoga lebih user friendly, ngak lama2 koq penyesuaiannya tapi hati2 kadang salah2 lho. hehehe

  39. 39 agunk agriza

    iya bener mas, tapi lebih kereeeeeeeennnn bgttttt.. hhi

  40. kok saya lebih demen pakek wp 2.5.1 ya? enak pol soalnya..
    kalo smua pada pengen apgreid, saya justru pengen daungreid..

  41. 41 Rian Xavier

    Tambah bagus memang yang baru. Tapi kok ngelag agak’an ya.

  42. beh belum keluar ya yang file rar nya… baru sampe 2.6.5.

  43. aku awalnya kebingungan banget lho Mas..
    tapi lama kelamaan juga terbiasa…
    tambah keren aja kok..

  44. Wah… aq belum nyobain WP yang baru.
    Ril, blog-q posisinya masih kaco tuh…. aq g tau cara mbenerinnya…
    ada saran?

  45. taMpiLan yaNg baRu baGus..

    taPi biKin BinGung..

  46. pernah sekali nyoba upgrade, habis gitu kapok!

  47. tampilannya tambah bgs,Tadi sy coba buka dan benar2 berubah, untuk sementara fitur polls yg paling bikin penasaran, yang lain belum dipelajari hehehe…

  48. Dibanding yang dulu, masing nyaman sekarang.

    Hanya saja kelemahannya itu di halaman postingnya. Ruangnya terlalu sempit. Ini yang membuat mata lelah.

  49. wp.org malah belum hehehehehe… oh maksudnya yang gratisan buat kelinci percobaan dulu kali?😀

  50. 50 aditcenter

    Gara2 layout berubah…jadi harus menyesuaikan lagi deh… hehehehe

  51. 51 sukolaras

    perlu adaptasi nih dengan kehadiran wp 2.7, terutama tampilan dasboard yang saya masih bingung

  52. Buat fakir benwit seperti sayah mah yang penting ga berat om🙂

  53. masih ribet juga sih makenya.. tapi better than previous lah..

  54. # 39 agunk agriza : keren banget…. banget…
    # 40 ndop : aiigh ngak hi tech nih…
    # 41 Rian Xavier : he eh benar..
    # 42 nico : nunggu aja nic
    # 43 Nafi’ Abdul Hakim : iyah seperti sy ceritakan😀
    # 44 vijay : ok2.. hubungi YMku aja dulu
    # 45 qnuun : bingung sesaat koq
    # 46 brillie : hehehe, berubah drastis yakz
    # 47 omeng : iyah2 kalo poll sih udah pernah sy coba
    # 48 ressay : iyap seperti itu yang sy keluhkan.
    # 49 kyai slamet : bukan yeee…. eksklusif mas😀
    # 50 aditcenter : cepat koq…
    # 51 sukolaras : iyapz
    # 52 petak : sama dong…
    # 53 anggavantyo : ok2…

  55. wow..commentnya 10ribu,buset….mantab2!!

  56. sudah ma lihat tampilannya juga, kemarin iseng2 buka blogku yang di WP *dah lupa ternyata pernah punya*
    makin oke sih, tapi saya tetep seneng ama hostinganku yang ga pernah saya upgrade2 hahaha
    masih WP 2.1

  57. komen ke 3 ah.. hari ini ngincer review an arul alamak!

  58. iya!!wp berubah!!sempet kaget waktu pertama buka, lho lho lho…(maklum gaptek ^^)..still nice kok tpinya…

  59. Friendster kan pake templatenya WP. itu yg tipe berapa ya???

  60. iye… bewrubah…
    setelah kaga make lama… ternyata sekarang ude jadi canggih…
    mantav meeen…

  61. 61 andre rizki lesmana

    wah….kelihatannya harus belajar banyak dari mas arul nih….
    kira2 menurut mas arul,blog saya biar lebih mantap diapain nih…
    kelihatannya banyak y…
    ok lah…sukses buat mas arul…

  62. tampilannya agak membingungkan tapi lebih cantik koq

  63. sekarang udah versi 2.8.2 yach..

  64. blogwalking


  1. 1 Wordpress Tampilan Baru « One Step Closer For Reading

Tinggalkan Balasan

