HAM dan JILBAB

sebuah email di milist, bikin saya miris!

Assalamualaykum. ..

sodara2ku,,
sy butuh bantuan nih,,
ada yg punya link ke polisi berjabatan cukup tinggi ato tau tempat komnas HAM JATIM plus cara lapornya..
ini terkait masalah pembuatan SKCK..smpe sekarang di Tulungagung itu masih memberlakukan aturan poto terlihat telinganya untuk SKCK.padahal daerah2 lain di JAtim suda membolehkan berjilbab utuh asal tdk bercadar…
saya geram…
pooollllllll
padahal ini syarat mutlak buat dftar CPNS..
yah untuk apa aja lah..yg jelas warga Tulungagung khususnya buat para kaum muslimahnya kehilangan HAKnya untuk konsisten terhadap syariah agama yg dipegangnya. .

pliss..ada yg bisa bantu or ngasih solusi????
makasih

Semoga ada yang memberikan solusi dan memberikan peringatan keras kepada orang-orang yang katanya menjaga HAM tapi HAM buat yang berjilbab tidak dijunjung tinggi.

Selalu ada saja standar ganda dalam dunia ini, payah!

Semoga dia juga membacanya.

Diterbitkan oleh aRuL

blogger, netizen, engineer wanna be, sometimes as a trainer, and maybe a consultant for anything

93 tanggapan untuk “HAM dan JILBAB

  1. setahu saya rul, kalo komnas Ham itu tggl didatengin aja. ada bagian2-nya kok di dlm-nya. eh, ga tau jg kalo di Jatim se. tp kayaknya sama de… *ragu*
    kayaknya Ham di Negeri ini masih jauh de dari kata lumayan… 😦

  2. Wah aparat yang tidak bisa menghargai orang lain tuh mas….

    Kalo masalah ada koneksi ke pejabat atau aparat seperti yang mas aRul maksud, mohon ma’af mas gak ada… Mas aRul ajah nulis di surat pembaca di Jawa Pos itu loh Mas khan bisa…. Gimana???

  3. Ini aku jawab menurut pengalamanku. Suatu hari aku harus mengantar seorang mahasiswi mencari ijin tinggal di Perancis. Kebetulan sekali mahasiswi itu berjilbab. Terpaksa dia harus buat photo ulang tanpa jilbab.

    Ketika aku tanyakan mengapa? ternyata photo-photo itu akan dibaca oleh komputer, setiap titik harus diindentifikasi termasuk telinga dan leher. Dengan adanya jilbab kita juga tidak bisa memperkirakan bentuk kepala.

    Harap bisa dimengerti.

  4. Wah ini namanya pelanggaran berat HAM…Hak Azasi Muslimah…laporin ke Gur Dur Aja Mas…Hari gini masih ada foto pakai Jilbab di Larang…istri ku aja Di KTP pakai jilbab ngak dilarang tuh…apalagi itu cuman SKCK
    Salam kenal semuanya

  5. Sebenarnya dengan alasan apapun, tidak boleh ada pelarangan memakai jilbab walaupun hanya untuk foto dan identifikasi karena tidak sesuai dengan hak azazi manusia. NAMUN andaikan segala upaya telah diusahakan dan tak ada titiku temu dan mereka harus membuka jilbabnya, insya Allah, mereka yang difoto tidak berdosa karena saya yakin, Allah maha adil, dan Islam turun ke dunia ini tidak untuk menyusahkan umatnya….. 🙂

  6. Walaaaaah… Justru klo saya nyang jadi pemimpinnya atau setidaknya jadi pihak yang berwenang, bakal saya wajibin itu para muslimah untuk foto dengan mengenakan jilbab. Lha, yang muslimah tp gak pake jilbab gmana?? Gak ngelanggar HAM tuh dipaksa2?? Halaah… Yang namanya jilbab dan hijab ntu mah bukan HAM, tapi emang kewajiban mutlak yang gak bisa ditawar2 lagi!!

    Komen saya nggaya banget deh kykna… :mrgreen:

  7. aparat keparat itu belajar dari sekularisme awal di Turki.
    maunya sekuler demi HAM, jadinya sekuler yang menggagahi HAM

    [berharap jadi aparat keparat itu] tapi,
    [berharap HAM adalah gadis belia yang cantik sekali]
    😛

  8. Dulu sempet aja juga hal serupa di suatu smu di Bekasi, akhirnya berkat perjuangan temen2 alhamdulillah akhirnya bisa juga disama ratakan…memang terkadang rasisme itu sangat mengganggu sekali dan tentunya bikin hati kesel…buat mbak yg buat surat itu sabar ya mbak…Allah Paati akan mendengarkan sekecil apapun doa hambanya….AMIN

  9. kemarin saya mendapat kabar tidak enak juga .. sahabat saya tidak diterima bekerja di perusahaan asing karena berjilbab … dan sang recuriter dengan semangat berapi api bilang “kamu sebetulnya cerdas dan urutan pertama tapi gagal karena kami tidak menerima karyawan berjilbab” ya ALLAH padahal mas tahu, HRD itu perempuan muslim loh

    *marah*

  10. ada beberapa perbedaan penetapan peraturan ini, di solo dan kediri misalnya…*daerah yg sy cukup kenal* sudah merubah peraturan itu, asalkan semua persyaratan adminstrasi udah lengkap dan tidak mencurigakan semua lancar dan tetap dapat menggunakan jilbab dalam pas foto-nya.. smoga peraturan di Tulungagung segera menyesuaikan kota2 lain bang arul…. klo perlu bang arul sendiri yg advokasi tuh, ke tulungagung *skalian….* hehe….

  11. Sangat Tidak Masuk Akal Menurut Saya Daeng
    Negara Kita Negara Mayoritas Islam Kenapa hal-hal yang ginian masih bisa dibatasi dan di Diskriminasi. Mungkin ini bisa menjadi ISU Sentral untuk LSM-LSM Islam di Indonesia tapi dalam kontes Aksi Damai.

    “kemarin saya mendapat kabar tidak enak juga .. sahabat saya tidak diterima bekerja di perusahaan asing karena berjilbab … dan sang recuriter dengan semangat berapi api bilang “kamu sebetulnya cerdas dan urutan pertama tapi gagal karena kami tidak menerima karyawan berjilbab” ya ALLAH padahal mas tahu, HRD itu perempuan muslim loh : Komentar Mbak Rindu

    Sayang yah Sudah cerdas pintar tidak keterima hanya karena memakai jilbab betul2 pemikiran Iblis tuh Bule-bule yang numpang cari nafka di indonesia. mudah-mudahan dia kualatlah dan cepat2 menyadari kesalahan yang sangat terbesar itu. Semoga Allah SWT Memaafkan mereka semua

    Buat Banner mi saja Daeng
    STOP DISKRIMINASI WANITA BERJILBAB

  12. Sangat Tidak Masuk Akal Menurut Saya Daeng
    Negara Kita Negara Mayoritas Islam Kenapa hal-hal yang ginian masih bisa dibatasi dan di Diskriminasi. Mungkin ini bisa menjadi ISU Sentral untuk LSM-LSM Islam di Indonesia tapi dalam kontes Aksi Damai.

    “kemarin saya mendapat kabar tidak enak juga .. sahabat saya tidak diterima bekerja di perusahaan asing karena berjilbab … dan sang recuriter dengan semangat berapi api bilang “kamu sebetulnya cerdas dan urutan pertama tapi gagal karena kami tidak menerima karyawan berjilbab” ya ALLAH padahal mas tahu, HRD itu perempuan muslim loh : Komentar Mbak Rindu

    Sayang yah Sudah cerdas pintar tidak keterima hanya karena memakai jilbab betul2 pemikiran Iblis tuh Bule-bule yang numpang cari nafka di indonesia. mudah-mudahan dia kualatlah dan cepat2 menyadari kesalahan yang sangat terbesar itu. Semoga Allah SWT Memaafkan mereka semua

    Buat Banner mi saja Daeng
    STOP DISKRIMINASI WANITA BERJILBAB
    Setuju ?

  13. saya juga belum bisa bantu…, maaf…

    harusnya hal seperti ini tidak menjadi prosedur yang mengikat dan kaku…,
    mengingat secara secara substansial…,
    tidak ada kepentingan dari pelepasan jilbab dalam proses pengidentifikasian penerima SKCK

    [senyum] 🙂

  14. komentar mbak Juliach

    Ini aku jawab menurut pengalamanku. Suatu hari aku harus mengantar seorang mahasiswi mencari ijin tinggal di Perancis. Kebetulan sekali mahasiswi itu berjilbab. Terpaksa dia harus buat photo ulang tanpa jilbab.

    Ketika aku tanyakan mengapa? ternyata photo-photo itu akan dibaca oleh komputer, setiap titik harus diindentifikasi termasuk telinga dan leher. Dengan adanya jilbab kita juga tidak bisa memperkirakan bentuk kepala.

    Harap bisa dimengerti.

    tuh, udah ada jawaban mencerahkan…

  15. lho, masih jaman y diskriminasi gitu?
    saya tidak brjilbab, tapi sbage muslimah miris juga..
    kenapa jilbab mesti dimasalahin gitu?
    ngurus foto skck kok ngalahin ribetny ngurus ktp..

  16. kenapa jilbab selalu jadi hambatan? mestinya para pengambil kebijakan memahami konteksnya. apa sih bedanya antara foto yang kelihatan kupingnya dan yang tidak? esensi rekrutmen cpns seharusnya jangan difiokuskan e hal2 yang bersifat fisik semata.

  17. Daerah tulungagung ya! deket ama tempatku kediri! waduh aku juga bermasalah, aku ditolak juga oleh anak tulung agung! ha… ha… ha… , Trenggalek-Tulungagung-Kediri-Pare-Surabaya naik Harapan Jaya! ha…..

  18. Apa-apa HAM…
    apa-apa HAM…

    kalo ISLAM mo meluruskan yang baik, dibilang melanggar HAM..

    tapi kalo kaum Liberal berikut keroco-keroconya merusak Islam, dibilang ini sesuai dengan HAM… “ini adalah Hak Hidup Manusia untuk tinggal di Indonesia.. masalah Pribadi jangan di campurkan dengan UU Negara… (RUU APP)”

    Ingat… !!!
    dan Tunggu… !!!
    ISLAM pasti akan kembali berjaya

    http://dhawi1986.wordpress.com

  19. Emangnya .. telinga itu sangat berpengaruh terhadap wajah seseorang ya? .. koq mesti saklek gitu. Karena pas photo itu kan hanya untuk menampilkan wajah seseorang seperti apa? .. rasa²nya sih, ada kuping atau ga ada kuping, wajah orang itu tetap aja sama :mrgreen:

  20. gini ajah.. suruh beberapa temanmu kirim ke Surat Pembaca ajah.. Jawa Pos atau Kompas.. kalo bisa beberapa hari berturut2, biasanya tuh kapolres ‘dipanggil’ deh.. Karirnya bisa terhambat, malah bisa dipindah.. Idealnya sih, ngadep ajah dulu ke beliaunya, kasih argumentasi yang santun.. Kalo mentok, bilang ajah mau ‘melaporkannya’ lewat surat pembaca, 7 hari berturut2.. Btw, untuk daftar cpns mah belom perlu skck atuh.. 😉

  21. eh.. maksudnya, pak Arul, itu teh utk si penulis-nya.. Masalah ‘standar’ ganda, biasa deh, secara jaman otoda itu kan menimbulkan dampak2 keberadaan raja2 kecil.. tapi, rata2, penyelesaiane mudah2 ajah koq..

  22. Ahhh… negri ini… selalu ada pasal karet untuk hal-hal yang menguntungkan Rul.
    Coba deh teman kamu suruh nyogok si penerima, pasti bukan cuma diijinin pake jilbab, tapi mungkin malah akan langusng diterima jadi karyawan tanpa test CPNS lagi…

    *sigh*

    Saya tidak ingin bicara kalo hubungannya dengan agama, speechless lah, takut salah ngomong… Tapi soal budaya di negri ini, dimana selalu ada pasal karet untuk hal-hal yang tidak penting tapi menguntungkan, dan kadang malah tidak ada excuse sama sekali untuk hal-hal yang seharusnya tidak dipaksakan di negri ini… tinggal liat, kuatan mana… Dan duit sangat memegang peranan penting dalam hal ini…. (sekali lagi kalo agama, saya no komen)

    Ini yang paling nyesekin sebetulnya Rul, but it’s there,…. lay there… in our culture. And corruption is already printed in our gene.

    *prihatin*

  23. halah2.. wong aku daftar visa ke Londho dan Eropa aja ga masalah, sampe ketentuan foto di Londho aja ada khusus berjilbab asal titik2 wajah dikenali ga apa2 (kupin ga usah ditunjukkan), itu di negara yg muslimnya duiiikiitt… iki nang Indonesia kok pake ribet buka2 jilbab byuh byuh haregene…

  24. wah, masalah gini gak bisa didiemin aja, masa orang pengen menutupi auratnya sebagai salah satu cara menjalankan perintah agama kok jatohnya kayak gini….. perasaan negara kita ini masih tergolong muslim yah, tapi kok kelakuannya jahiliyah gini to?? perlu dipertanyakan itu….

  25. masalah foto berjilbab ? ribeut amat… gini aja, kalo foto na emang diwajibkan kudu keliatan wajah ma rambut na, berarti yang moto kudu mahramnya or sesama perempuan juga. Lagian, kalo emang pake jilbab ya apa salahnya wong sehari-hari yang berfoto pake jilbab berarti di luar foto dia juga berjilbab. Realita yang terjadi justru ada ironisasi, banyak foto lulusan smp/sma berkerudung (familiarnya jilbab ya..), eh penampakannya malah plontos abis tuh tanpa kerudung. Ini nih yang jadi masalah… Plin-plan !!! Kadang saya suka sebel liat klien saya waktu nunjukkin kartu anggota, fotonya pake kerudung eh aslinya kaga.

  26. eh, kalo alasannya seperti mbak juliach gitu gimana?
    coba ditanyain alasannya kenapa kok ndak boleh makek jilbab pas difoto? jangan keburu-buru saling menyalahkan.. gunakan fikiran, jangan nafsu..
    kalo memang ndak bisa alias memang harus melepas jilbab, ya hrp dimaklumi. ini negara indonesa, bukan negara islam..

  27. oh masih ada masalah seperti itu? hampir 2 tahun lalu saya bikin SKCK, dari polres sampai polri, berjilbab, enggak ada masalah.

    menanggapi nomer 8; jawaban saya sejalan dengan no 64. pengalaman pribadi, saya tidak pernah mendapat kesulitan dengan foto berjilbab; baik ketika mengumpulkan pas foto, maupun foto langsung di beberapa kedutaan. penutup kepala memang dilarang, kecuali yang digunakan dengan alasan religius.

    sampai saat ini saya tidak pernah menemukan kebijakan di kedutaan/konsulat tentang titik2 tertentu di wajah/leher yang kemudian ‘memaksa’ untuk buka jilbab. beberapa teman saya bersekolah dan tinggal di perancis, dan tidak pernah ada cerita harus membuka jilbab untuk urusan apapun. kalau sampai itu terjadi, ya bisa jadi petugasnya yang kurang paham akan peraturan di negaranya sendiri (kadang-kadang petugas2 itu juga perlu diingatkan lho, peraturannya kan banyak yang harus diingat2, sampai terkadang mereka lupa).

    anyway, balik tentang SKCK, negara2 yang muslim minoritas saja sangat menghormati dan menghargai perempuan berjilbab, lha ini Indonesia yang mayoritasnya muslim, masih saja seperti itu. menambah daftar panjang kenyataan bahwa dunia ini sudah terbalik2.

  28. tida usah buru2 geram thd sesuatu yg dianggap masih diskriminatif dan berstandar ganda, mesti ditelisik juga latar belakang kenapa kuping mesti kelihatan di foto, apalagi utk keperluan SKCK (dulu namanya SKKB yak?)

    satu hal yg menjadi tugas (sejati) polisi adalah menjada masyarakat dari kemudharatan massal, supaya semua bibit kejahatan bisa tepar sebelum menjadi benih apalagi pohon. Nah, salah satu pencegahannya adalah melakukan identifikasi fisik kepada semua orang di dalam lingkup areanya hingga ketika kejahatan itu muncul maka pelakunya bisa diterungku hanya dalam hitungan jam, supaya kejadian jahat tidak terulang lagi..

    mungkin itu adalah salah satu motifnya. nah, disamping merutuk, mengutuk dan menyumpahi para aparat negara yang mungkinn di kepalanya cuman punya ada satu adagium “bela negara, lindungi masyarakat”, ada baiknya kita menawarkan solusi yg lebih intelek, misalnya dengan mengusulkan supaya tanda2 fisik dilekatkan di SKCK nya itu, sidik jari, tanda lahir, dan sebagainya supaya kuping bisa di eliminir utk di pertontonkan…

    be a positive thinker, dan be a part of the solution…!
    negeri ini sudah penuh dengan demonstran…hehehe

  29. saia juga adalah cewek yang memakai jilbab. setiap hari, setiap waktu saia berusaha untuk menutup aurat saia karena itu merupakan kewajiban. menyalahkan suati instansi adalah suatu kesia-siaan untuk saia, krn rumit kalo mo di usut-usut. jadi kalo suatu saat saia mendapati atau dalam posisi seperti itu, saia lebih baik menyerah dan mencari jalan lain, dengan kata lain lebih baik saia tidak jadi ikut test.
    jilbab adalah prestasi tertinggi bagi seorang wanita, dan saia akan mempertahankannya. insyaallah tidak akan goyah walau harus mengorbankan pekerjaan.

  30. hebat pisan polisi di tulungagung!! bisa punya mesin waktu untuk kemabali ke tahun 80an!!!

    Om Pol (maksudnya Om Polisi), wake up man!! skrg udah 2008, yup bener banget duaribu delapan!!! bangun, bangun, bangun, jangan tidur aja bisa2 jadi polisi tidur nanti…..

  31. ini nih masalah klasik yang mestinya tinggal FOSIL di jaman Reformasi ini.. kenapa ya jilbab sampai membuat aparat negara yang Terhormat mesti bkin peraturan tersendiri. apa yang ditakutkan dari seorang wanita berjilbab??? duh.. tuan2 yang Terhormat, katanya menjunjung tinggi HAM, ingatkah penduduk terbanyak negeri kita adalah Muslim yang punya hak penuh menjalankan agamanya??? lalu kenapa sehelai jilbab tanda ketundukan pada Sang Maha Pencipta mesti menimbulkan phobia???

    saudariku muslimah dimanapun berada, jangan diam membiarkan hak2mu terzhalimi. saatnya kau bicara, saatnya peduli pada saudaramu… katakan kebenaran itu meski dihadapan penguasa sekalipun. keep fight!
    salam ukhuwah 🙂

  32. Dan ternyata saya juga menemukan kenyataan pahit ketika saya ngurus skck di polres banyuwangi. Harus foto tanpa jilbab.

    Sampai sekarang gak habis pikir, kenapa harus dilepas? Kalau misalnya polisi nya saja yang memeriksa,lalu dibuat surat keterangan sehat dan fisik lengkap saja saya rasa sudah cukup. Kira-kira apa yang harus saya lakukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: