Dibanting dan Ditelan, Sensasi Kapurung

18Nov08

Karena sensasinya itu luar biasa, saya terpaksa lupa mengambil gambarnya ketika kami sekeluarga menikmati hidangan kapurung di acara kemaren. Apalagi rasanya nikmat sangad kawan-kawan.

Kapurung merupakan salah satu makanan tradisional masyarakat di Tana Luwu (Kota Palopo, Kab. Luwu, Kab. Luwu Utara, dan Kab. Luwu Timur). Bahan utamanya adalah sagu, yah sagu yang putih itu, namun pernah temanku yang kuliah di surabaya bikin sagu dari tepung kanji bisa juga.Lebih enak memang kalau langsung menggunakan dari sagu.

Di keluarga saya dulu ketika saya masih sering berbuka puasa di rumah, pasti kapurung menjadi salah satu menu utamanya. Mama saya selalu membuatkan, begitu juga kalau saya pulang liburan pasti selalu dibuatkan.

Spesifik cara membuatnya sebenarnya saya cuman tau dikit, namun sensasi membuatnya itu kali yang juga membuat kapurung ini anda perlu tau. DIBANTING!!!

Apanya yang dibanting? hahahaha 😆 Salah satu komponen menunya juga adalah sejumlah air yang mendidih, di tuangkan dalam tepung sagu yang diberi air supaya halus. Nah ketika menuangkan ini, setelah semua tepat dituangkan langsung diaduk dengan cara sendoknya yang terbuat dari kayu dibanting di adonan campuran dari air mendidih dan sagu itu, DIbanting berulang kali, sampai warnanya merata jadi abu-abu, tidak terlihat lagi warna dasar putih dari sagu.

Saya sering membantu mama saya untuk membanting adukan itu, maklum butuh tenaga yang cukup kuat, soalnya berat, melengket gitu deh, gaya kohesi adonannya kuat banget. Hehehehe, awal dulu waktu SD itu kirain gampang aja bapak saya banting-banting, ternyata setelah nyoba berat juga kala itu.

Hasil setelah dibanting-banting itu, adalah seperti adonan kenyal yang lengket, seperti lem kertas. Taukan? yang seperti itu rupanya, tapi jangan ilfil dulu, karena memang bahan dasarnya kan sama, lem juga biasanya dibuat dari kanji.

Nah setelah itu baru pake sumpit *jah, kayak orang Jepang aja*. Sumpitnya bukan buat makan, namun untuk membuat adonannya lebih kecil ukurannya, buat dimasukkan di mulut nantinya. Sumpitnya juga bukan dipegang satu tangan tapi 2 tangan, adonannya dipelintir bulat-bulat setelah itu dimasukkan ke dalam mangkok besar (atau baskom) atau sejenisnya yang sudah berisi air ikan dan sayur serta bumbu lainnya.

Nah mangkok besar isinya apa?

Salah satu unsur utama yang membuat hidangan ini enak adalah kuahnya yang berasal dari air ikan yang sudah dimasak. Nikmat cita rasanya terletak di sini juga, kalo tanpa ini terasa hambar. Tapi banyak juga mensiasati dengan bumbu-bumbu yang diberikan dalam kuah tersebut.

Campurannya biasanya banyak ada sayur-sayuran seperti kangkung, bayam, sayur paku, jantung pisang, dan lain-lain, tergantung selera. Kadang juga dicampurkan dengan berbagai lauk pauk, misalnya ikan, cumi, potongan daging ayam dan sebagainya. Ada juga bumbu-bumbu lain yang dimasukkan. Serta untuk menambah nikmatnya dimasukkan sambel ulek secukupnya, sambelnya kadang dipisah supaya yang makan bisa mengontrol seberapa pedas yang diinginkan.

Setelah semua tercampur, dimana terlihat adonan sagu terlihat berenang-renang dalam kuah kapurung itu, siap untuk disajikan.

Cara makannya gimana? langsung DITELAN!

Yah tidak perlu dengan menguyah kapurung tersebut karena kenyal langsung ditelan, sembari kuahnya terikut juga. Namun untuk campuran lain seperti sayur dan lauknya yah masih perlu dikunyah. Di sinilah sensasi rasa bagi orang yang pertama kali memakan kapurung ini, tidak terbiasa menelan. Tapi tenang saja setelah itu anda pasti akan ketagihan. hehehe.

Nah perlu anda ketahui bahwa perbedaan orang di tana Luwu juga berbeda-beda dalam menyajikan. Masyarakat di selatan (daerah luwu yang sebelah selatan) dan utara (daerah luwu yang sebelah utara) berbeda loh cara menyajikan dan cara makannya. Kalo di selatan biasanya lauk pauknya sudah dimasukkan duluan ke dalam mangkoknya. Sedang kalo di utara terpisah.

Demikian juga cara makannya, kalau di selatan, tidak perlu makan nasi lagi setelah makan kapurung, sedang kalo di utara perlu menambahkan nasi dari kuah sisa kapurung tadi.

Saya kadang makan lebih dari satu porsi, nikmat soalnya, dan saya juga lebih suka setelah makan kapurung yang kuahnya masih tersisa makan dengan dange, Apa dange? insyaAllah di posting berikutnya saya akan ceritakan juga.

Demikian cerita saya tentang, makan tradisional dari Luwu, termasuk Palopo yang sebelumnya banyak menanyakan tentang makanannya, seperti mbak silly yang sudah merasakannya 🙂

cuman ini foto yg saya dapat, hehehe RuL, narsis amat lho!!

Iklan


65 Responses to “Dibanting dan Ditelan, Sensasi Kapurung”

  1. pertamax mahal!

  2. keduax juga mahal!

  3. apalage ketigax!

  4. mumpung sepi, pipis di sini aahhhhh………….

    **pipis komen**

  5. komen beneran: wah itu makanan apa sih rul, kok dibanting2 gitu? kalo di ponorogo ada namanya soto dhok. karena si penjual kalo habis ngecrutin kecapnya itu naruh botolnya ditekan sekeras mungkin sampe bunyi dhokkkkk!!!! kuanceng! tak jarang sampe pecah!

  6. imho, foto narsisnya salah angle. mestinya difoto dari arah kananmu, supaya nggak nabrak cahaya matahari, sehingga wajahnya nggak keliatan gelap gitu 😛 dg angle seperti ini bisa sih, tapi mestinya ditambah fill-in flash, supaya detail wajahnya keliatan.

  7. wah ada fotografer kesambet nyasar ke sini. maklum lah mie yang moto itu belum belajar sama aku. kalo kamu kan sudah aku ajari sampe bisa teknik2 sulit pake kamera poket, henpon dan DSLR..

    hahahaha…

  8. ngak nyadar kalo ini dah terbit.. soalnya saya setting automatic 😀 hihihi..
    sampe klimakz…pek det..

  9. eh rul di surabaya ada ndak makanan begituan?

  10. kalo ada ayo makan bareng2… duh laper nie…

  11. @ fahmi : gimana makanannya?? hehehehe
    yg foto bukan saya, jadinya begitu deh… padahal sy udah bergaya banget.. wakakakak
    ntar sy mesti belajar banyak 😀

  12. langsung ditelen yak? 😕
    kayanya saya susah untuk makan ini…

  13. kapurung my fav food… tp jangan tanya cara buatnya.. sy nda pernah tau..klo maceku bikin, sy pasti kabuuuurrr.. malas banged.. tp klo disuruh makan, segera mi!!!! hhahahahhaha

    mantap memang!!!!! apalagi klo lombok sama ikannya nendang!!!! dohhh bisa nambah berkali2… *balala kapurung*

    waktu puasa kemaren sering k dapat kiriman kapurung dari tetanggaku, sudah tradisimi memang toh orang palopo buka pake kapurung..bener mi kah??? heheheh

    ngeK~~ itu foto dipasang terus, mentang2 baguski badanmu keliatan disituuuu uhhhh narsis deyh!

  14. Tadi mo koment masalah kapurung, tapi liat foto yang terakhir, asli mengganggu konsentrasi saya… ampe lupa mo koment apa, hahaha

    Anyway, posting ini… dohhh, cuma satu koment saya… JADI LAPARRRRRRRR, ngiler banget. Desember kalo saya ke makasar mesti hunting kapurung ahhh…

    *ngelap iler*

  15. di makassar ada tempat makan kapurung enak! di Bopal.. deyh asli nendang!!! 5000/mangkok.. pokoknyaaa nendang habis..besar lagi mangkoknya..jadi buat balala kapurung kayak sy, 2 sudah cukup mi…

  16. Postingan mas Arul bikin ngiler. . . .

  17. 17 agunk agriza

    ahh.. ngiler liatnya…
    pengen nyobain .. hihi.
    kirimin kesini donk mas 😉

  18. ah. ak kapan km bawakan makanan itu?

  19. Kalo aku,kapurungnya pasti aku kunyah..Aneh aja rasanya bulat2 masuk ke leher..Hehe

  20. bisa dibungkus gak?

  21. promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/dibanting_dan_ditelan_sensasi_kapurung

  22. Weeeee Kapurung daeng enak mentong huhhahhhhahahhahahaha
    apalagi di makan pedis-pedis

  23. Jadi pingin makan kapurung nih…..

  24. kyaknya bergizi banget ituh mas.

  25. 25 r3xr4pt0r

    Mas kayaknya enak 2h makanannya mau nyoba dong! Kalo ada makanan tradisional lg tolong di post ya mas sekalian resepnya kalo bisa hehehe…:-D

    eh,lupa…:O sekalian salam kenal ya mas sy andhika!:)

  26. whoaaaa…. kapurung.. Waiah! Jd laper, lama bgt gak mkan kpurung… 😦 Gak bkin sih, ttngga saya tuh yg rjin bkin tiap saya mudik. Tpi mudik kmren gak bkin…

  27. wah, lezat sekali kayaknya, mas arul. btw, ini mas arul sedang pulkam, yak. jangan lupa oleh2 postingannya yang lain, mas arul. saya seneng banget kalau ada postingan khas dan unik yang mencerminkan nilai2 kearifan lokal di berbagai daerah.

  28. salah satu favoritku. nyammm…

  29. pak pesan satu bungkus yah!!

  30. Wah makan sagu sungguh rame deh. Pertama kali aku makan sagu di rumah orang Irian, sering mangkoknya tumpah…lucu sekali…

  31. Bisa difranchise nie om
    sapa tau nanti banyak “warung kapurung Dg Arul” 😀

  32. Wah gak ada foto2 cara pembuatannya Rul, gak seru … hahahahahaa ….
    Jadi kapan les membuat Kapurung ?? Kita berguru pada daeng Arul 😀

  33. kalo buwat saya yang penting pedas!!! semakin pedas semakin enak!!!

  34. promosi daerah, promosi makanan. Disurabaya ada nggak ya?

  35. keren tuh…
    udah capek-capek dibanting-banting….
    ehhhh cara makannya hanya langsung ditelan…

    betul-betul tidak menghargai yang bikin :mrgreen:
    mending yang makan diminta untuk mengunyahnya sampe 33 x dulu baru boleh ditelan
    hehehe…

    [senyum] 🙂

  36. Baca ceritamu tadi, kapurung kayaknya mirip Papeda di Papua. Bahannya juga dari tepung sagu, makannya dengan kuah ikan kuning…dan harus langsung ditelan….boleh pake sumpit atau sendok…tapi disarnkan pakai sumpit.

  37. Jadi mau makan kapurung…

  38. kayake enak tuh kapurung…. hmmm

  39. Klo diliat dari gambarnya sekilas mirip2 sop buntut, tapi pas tau bahannya jelas beda… :mrgreen:

  40. Kalau dikunyah selain liat mungkin juga bakalan nempel di sela2 gigi kali. Huehehe….. kapan2 ngerasain deh yang namanya kapurung ini. Masih mending lah kalau cuma dibanting2 aja nggak pakai diinjek2…. :mrgreen:

  41. 41 diana

    enaaaak kayaknya..

  42. saya bantuin mbanting mas arul.. salam untuk keluarga di rmh bang arul

  43. 43 aik

    mas artikelnya bikin aku nostalgia neh, waktu kecil gw sering makan kapurung, biasanya kita rame2 makannya, waktu itu banyak om yang masih jd mahasiswa & bertebaran di pulau Jawa,jadi kalo pada mo kumpul2 yah sambil masak kapurung..biasanya hari minggu pas libur dimaana ortu ma kaka2 & adek jg ngumpul .. wah emang enak banget deh palagi kalo di temenin ikan bakar…nyam -nyam… seinget gw ada makanan dari sagu jg yang suka dimakan bareng kapurung itu..dange kalo gak salah namanya tapi gw gak suka sama dangenya cuma kapurungnya…oh i miss that taste
    dimana yah restorannya di jakarta…udah puluhan tahun neh gak makan lagi, secara om-om gw sekarang udah pada jadi kakek2….hehehe susah ngumpulinnya lage…
    paling kalo gw lagi kangen..gw makan tom yum aja walaupun rasanya beda…yang penting sama2 berkuah…hehehe…nyesel gw gak belajar bikinnya….

  44. enak ndi mas kro jajanan nang nggone Mak Ning ???
    wkwkakakak,, 😀

  45. pernah liat di tipi, kalo nggak salah di Jelang Siang..enak kayaknya..

  46. Hoo.. kok sepertinya makanan aneh ya mas ? Hehehe.. jadi pengen tau rasanya tuch. *slurrppp*

  47. # 10 det : ntar ta tanyain temanku yg tau.. perasaan pernah liat sih ngak pernah perhatikan jelas, cuman coto makassar aja yang sering saya liat
    # 12 edy : ngak koq.. disitu emang sensasinya, orang pertama kali makan sperti itu 😉
    # 13 uNieQ : dasar, bagaimana jadi calon ibu yg baik.. pantesan cowok2 blom ada dekat ikz..
    hahaha, paling pedas memang.. asyik2…..
    iyo sering apalgi pas puasa….
    # 14 silly : aduh mbak silly makin ngefans yakz lait fotoku… hahahha
    minta oleh2 mbak, sekalian lembaran oleh2nya ke sby 😀
    # 15 uNieQ : ok2, nanti sy coba dah
    # 16 s H a : hahahaha
    # 17 agunk agriza : hahaha, wah ntar tumpah gung 😀
    # 18 Anang : wekz.. harus dibuat bukan dibawakan ikz
    # 19 desty : hehehe, wah gimana caranya tuh dikunyah.. ngelengket2 dunkz. ikz.
    # 20 Epat : bisa kayaknya ekz..
    # 21 infogue : bentar lagi ta moderasi kek ginian..pliz… deh…
    # 22 Gelandangan : iyo pedis2 mantap sekali
    # 23 Siddiq Basid : hehehe, sayang sy tidak tau buat.. apalagi campuran bumbunya 😀
    # 24 hendra : wuih penuh..
    # 25 r3xr4pt0r : resepnya cari di internet byk koq.. hehehe
    salam andika
    # 26 Ardy Pratama : wah pernah makan kapurung yakz…. enak kan
    mudik ke mana emang?
    # 27 Sawali Tuhusetya : iyah pak… masih ada beberapa makanan lainnya sih…
    # 28 Mus_ : mantap daeng
    # 29 budi tarihoran : hehehe
    # 30 juliach : hahaha mirip dengan orang papua, cuman kuahnya beda kali..
    # 31 petak : wah boleh tuh.. asyik.. cuman yah makanan berat gitu… 😀
    # 32 Fenty : sayang keduluan asyik gitu.. jadi ngak sempat moto
    hahaha, sy ngak tau detil2 bumbu2nya… cuman sekilas seperti yg sy jelaskan di atas.. itu aja 😀
    # 33 ndop : hahaha, wah ini benar2 pedas… enak pas siang2 dimakan.. nambah keringat keluar makin mantap 😀
    # 34 masciput : nah itu, sek ta carikan
    # 35 gbaiquni : hahaha, begitulah mas
    kalo dikunyah aneh.. soalnya kenyal.. langsung glek masuk tengorokan
    # 36 edratna : mirip bu, cuman bumbunya aja yg beda.. atau kuahnya…
    serta penyajiannya yang beda bu… kalo di papua lebih besar ukurannya
    # 37 In-aRt : bikin dulue
    # 38 fisha17 : nyamanna
    # 39 adit-nya niez : hahaha beda… isinya lho sagu yang kenyal 😀
    # 40 Yari NK : ngak nempel sih cuman gimana gitu 😀
    hahaha,tempekan diinjak2 pak 😀
    # 41 diana : enak banget…
    # 42 fauzansigma : yah.. yah…kebetulan sy sudah disby bung
    # 43 aik : wah pengalaman menarik tuh…. iyah enak banget kalo bareng makan ikan bakar
    # 44 fitraraditya : enak kapurung
    # 45 thegoeh : iyah pernah tuh… hehehe
    # 46 Gyl : slurp gitu deh masuknya…

  48. wah saya udah pernah tuh merasakan susahnya makan kapurung. btw kalo di ternate istilahnya papeda. ampun deh susah banget. emang kata temen yang asli ternate, kalo makan paeda ituh gak usah dikunyah. langsung diglek saja. tapi jenenge ilat jawa yo angel. reflek kalo ada makanan padat masuk mulut pasti bakal dikunyah.
    http://tinyurl.com/papeda

  49. wihhhhhhhhh enak bgt tuh mas….udah lama diriku gak makan kapurung…mungkin dah sekitar 3 thn…hiksss…bagi dunk…kirim ke riau ya 😉

  50. Wah langsung ditelan ya, Pak?
    Padahal standar mengunyah kan 18 kali kalo’ tdk salah..
    Hihihihii..
    :mrgreen:

  51. astaga enaknya ntuh kapurung…hehe..apalagi yg dkt rumahQ disini..mmm..nyaman-na kawe..hehe…sy jg ingat waktu sm sahabat2Q yg dr Palopo, Qta rame2 bkn kapurung, tapi enak tonji…wkwkwwk…

  52. waduh, itu wisata kuliner ku’ngiler-nya mantabs sepertinya daeng…

    endang bambang gulindang ni…

  53. Ba… kesini mq bawa sagu na saya bikinkan q…
    Sudah ma na kasi resep pidel dan keple.. asli dari palopo bede///
    hehee

  54. foto Kapurung sama foto pinggir pantai..
    (nyambungnya di mana ya??)

  55. 55 doramini

    saya juga doyan. Tapi ada teman aqu yang gak suka, secara katanya sagu/kanji kan bahan pembuat lem koq dimakan? he…

  56. Aduh jadi pengen makan lagi Mas ….!!!

  57. jadi pengen nyobain.. dimana bisa nyicipi??

  58. rindu aku padanya

  59. enak ini…cuma aku sukanya bumbunya itu bos.

  60. !seen kapurung bopal yang ta’ 5rb

  61. 61 ana

    mmmh yummy…… jd kepingin

  62. Kapurung sebagai makanan khas Luwu dapat juga diundah melalui blog ini.

  63. 63 bassri

    pernah sih eksperimen buat kapurung sendirian , tapi ampuuun susahnya terpaksa deh cari yg dah jadi, kalo di makassar yang paling pas dilidahku adanya di rumah makan aroma luwu jalan rajawali 2, bisa jadi referensi ..selamat mencobaa

  64. mirip-mirip bakso.
    tapi gak thu deh rasanya mirip gak iya??

  65. 65 masna

    bagi resep kapurungx dong !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: