Prediksi Pilkada Jawa Timur 2008 Putaran Kedua

Sebenarnya sebelum terjadi putaran kedua pilkada Jawa Timur ini, saya mau juga membahas pilkada dengan 5 pasangan calon ini, tapi analisis saya bahwa ada 4 calon yang bersaing ketat, sehingga sulit menentukan siapa yang bisa memimpin perolehan suara. Dan terbukti ternyata 4 calon berada di kisaran 20 % perolehan suara, dan terjadi pula lah putaran kedua yang mengantarkan Calon No urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono, dan Calon No. urut 5, Soekarwo-Saifullah Yusuf melanggeng.

Walau masih berada dalam masa tenang, beberapa poster-poster calon masih bertebaran di mana-mana. Berdasarkan hasil polling menggunakan fasilitas Polldaddynya wordpress.com, hasilnya (saat saya menuliskan postingan ini) :

  • Khofifah Indar Parawansa-Mujiono : 46 %
  • Soekarwo-Saifullah Yusuf : 54 %

Ket : menggunakan sistem persentase, dan block by cookies dan IP address 🙂 jadi ngak bisa milih lebih dari sekali kecuali mau mengakali IP address 😀

Berdasarkan info dari media cetak dan TV terlihat bahwa Partai besar PDIP mendukung Kaji, PKB sendiri yang memiliki 2 kubu memihak ke KarSa, begitu juga Golkar cenderungnya ke Karsa. Namun tidak menjamin juga suara partai itu bisa memenangkan salah satu kandidat. Perkembangan setiap saat bisa terjadi, begitu juga prediksi kadang harus selalu diupdate untuk mengurangi presisi suatu perkiraan.

Saya sendiri menerawang kedua pasangan ini memiliki kans besar untuk memimpin Jatim, sama kuatnya, bayangkan saja, Khofifah di akhir-akhir pendaftaran ternyata dia bisa melesat menjadi yang kedua mengalahkan pasangan lainnya. Juga peran Pakde Karwo yang sudah merakyat sehingga tidak sulit kiranya untuk memperkenalkan diri.

Secara performa penampilan Khofifah menunjukkan kelas seorang orator ulung, mampu memukau orang yang menyaksikan pidatonya. Beda dengan Soekarwo sendiri saya kurang melihat sense of lead ketika menyampaikan sesuatu di depan umum.

Namun bagi saya kedua pasangan ini tepat saja sama kurangnya. Dari presentasi Kaji terlihat memihak kepada pebisnis/investor dalam membangun Jatim padahal yang perlu ditekankan di sini adalah bagaimana mengedepankan kepentingan masyarakat bukan Investor.

Begitu juga dengan KarSa, yang katanya sudah melakukan kampanye duluan lewat produk-produk daerahnya sejak Pakde Karwo menjabat Sekdaprov itu. Keberpihakannya juga selalu dipertanyakan.

Saya tidak mengajak anda Golput malah salah mengajak anda untuk memilih salah satunya, pilihlah terbaik dari mereka.

Saya sebenarnya menjagokan Kaji menang, karena kepintaran dalam pemikiran dan orang di luar pemerintahan sebelumnya jadi bisa memberikan perubahan, dibanding Soekarwo yang merupakan orang lama yah bagi saya malah nanti tidak akan memberikan perubahan berarti bagi Jatim.

Namun saya tetap memprediksikan KarSa menang, karena memiliki kekuatan yang lebih dari KaJi walau secara kepintaran masih dimiliki oleh Khofifah. Kekuatan massa PKS yang militan dalam memilih, kekuatan PKB 2 kubu yang dipegang, dan juga peran Soekarwo yang sempat ikut konvensi partai PDIP. Walau kata teman saya, siapa yang bisa pegang NU, itulah pemenangnya. Kaji dan KarSa mempunyai pengaruh yang sama di NU.

Namun semua itu prediksi, bisa benar atau salah apalagi prediksi juga disertakan dengan kondisi yang selalu berubah setiap saat 😀

PERHATIAN BAGI PARA PEMILIH YANG TIDAK BERADA DI DAERAH ASAL!!!!

Coba liat kutipan pasal UU No. 12 tentang Pemilu :

Pasal 58
(1) Pemilih yang telah terdaftar dalam daftar pemilih sebagaimana dimaksud dalam Pasal 54, kemudian berpindah tempat tinggal atau karena ingin menggunakan hak pilihnya di tempat lain, pemilih yang bersangkutan harus melapor kepada PPS setempat.
(2) PPS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mencatat nama pemilih dari daftar pemilih dan memberikan surat keterangan pindah tempat memilih.
(3) Pemilih melaporkan kepindahannya kepada PPS di tempat pemilihan yang baru.
(4) Pemilih terdaftar yang karena sesuatu hal terpaksa tidak dapat menggunakan hak pilihnya di TPS yang sudah ditetapkan, yang bersangkutan dapat menggunakan hak pilihnya di tempat lain dengan menunjukkan kartu pemilih.

Jadi kalian-kalian itu dapat memilih walau anda masih berada di daerah lain, namun tetap dalam cakupan Jawa Timur. Misalnya saja Mahasiswa ITS yang malas pulang nyoblos, yah bisa milih di Surabaya koq.

Kejadian ini pernah saya alami, Kartu Pemilih saya domisilinya di Palopo, Sulsel. Namun saya bisa ikut nyoblos Pilpres Tahap II waktu itu di TPS dekat kostku dengan menunjukkan Kartu Pemilih saya.

So ndang ke TPS terdekat, nyoblos’o rek!!!!

Diterbitkan oleh aRuL

blogger, netizen, engineer wanna be, sometimes as a trainer, and maybe a consultant for anything

63 tanggapan untuk “Prediksi Pilkada Jawa Timur 2008 Putaran Kedua

  1. setubuuuuuuuu eh setujuuuuuuu dengan kang aRul.
    karsa deh poko’e, cak saiful kader NU yang akan menyeret NU’ers
    palagi para seseph se tapal kuda sudah mengikrarkan sumpahnya untuk mendukung
    tapi besok sayah milih sapa ya.
    *nah lo* kok jadi bingung. tadi kan cuma setuju sajah belom tentu milih.

  2. Waktu halal bihalal di kantor kakakku ……..
    Semua karyawan dipenda tk 1 disuruh milih bpak brengos……………
    Ehhhhhhhh……………
    ngga’ lah kalo aku ……………….

  3. Assalamualaikum…
    dah lama ya Mas….
    ku jarang nongol nih…
    gk da waktu…
    gimana kabarnya Mas Arul…??
    sayang banget Mas aku masih kecil…
    masih 15 tahun….
    jadi belum bisa milih…
    masihy bingung

  4. aRul => Secara performa penampilan Khofifah menunjukkan kelas seorang orator ulung, mampu memukau orang yang menyaksikan pidatonya. Beda dengan Soekarwo sendiri saya kurang melihat sense of lead ketika menyampaikan sesuatu di depan umum.

    dondanang on Senin, 3 Nopember 2008 said:
    saya nonton di tipi kalau pasangan kedua melakukan kampanye gelasp. Mereka bagi2 amplop berisi uang 10ribu ke warga. Totalnya 3 juta. Nah loh…

    Hari Ini Saya Sangat Mantap untuk Memilih Ka-Ji tapi Berharap Karsa Menang!
    Sejahtera Jawa Timurku!
    Jaya Indonesiaku!

  5. pilkada diserang juga sudah selesai dan sesuai dgn prediksi smua org, bedanya prediksi ini terjadi bkn karena kemampuan mereka tpi karena org dibalik mereka adalah org yg berkuasa diserang.
    slamat u/pilkada jatim yg demokrasi!!yeahh… ^^!

  6. Siapapun yg kepilih tolong dengan sangat perhatikan nasib korban ” Lumpur Lapindo” jangan jadi bonekanya orang berduit dan berpihaklah pada kepentingan rakyat. Sebab saya dapat beberapa email yg mengatakan salah satunya di bekingi “Juragan Bakrie”. Hidup Rakyat

  7. kelingking saya ujungnya masih biru. tadi saya coblos kaji hanya karena di masa lalu merasa terganggu dengan iklan iklan pakde karwo yang seakan menghalang halangi tontonan wajib adzan magrib saya!

    ahhh.. siapapun yang jadi. setidaknya saya sudah berani memilih. :p

  8. perhitungan cepat sementara khofifah unggul baek disurabaya maupun didaerah lainnya.
    Semoga ibu khofifah yang keluar sebagai PEMENANG PILKADA JATIM 2008 ini, yakin deh dia bukang tampang KORUPTOR kaya saingannya… he he he.. SORY, kalo ada yang tersinggung.

  9. klo aku pilh yang mana yaaaaa….. soalnya dua2 nya sama2 berpeluang untuk memimpin jawa timur,tpi klo singin perubahan dalam kepemimpinan yang pasti khofifah ok.

  10. cagub dan wagub sp sj deh yg penting tuntaskan dan selamatkan tuh korban lapindo…jgn cm organisasinya doank….g perlu pinter yg penting jujur….pinter ngibul ya hancur tuh jatimm…sp sih d dunia ini yang pinter????pgn th ane…..mskipun g pinter2 amat yg penting jujur dan bs mmbawa msyarakat jatim tentram pasti bs kepilih lg periode mndatang….semoga…sukses!!!!!!!!!!!!

  11. MILIH SIAPA YAAAA???? PRINSIP HUKUM ALAM,PEJABAT= PEGAWAI JAGO NGEMBAT, JADINYA GAK MILIH DEEEEHHHHH!!!!!!! YANG PENTING JANGAN DIPIMPIN PEREMPUAN DEH!!!! TANDA2 KIAMAT TUHHH!!!!!

  12. ngomong2 ane jg pk leopard nich…..pm ane di macbook_leopard ok…..mac user kan?sp th bs share soal macbook….aplgi macbook terbaru vga nvidia brooooooo…mantaffffffffffffff

  13. salm sejah tera…..
    ucapan selamat kepada pemenang gubernur jawa timuer terbaru, semoga bisa menjadikan jawa timuer menjadi lebieh buaik, makmur ra akeh seng nganggur kabeh entok pekerjaan, n 1. lg biaya pendidikan jangan mhah – mhal ben cah jawa timuer iso sekolah kabeh ok. thanks ya boooosssssttt.

  14. Hahaha, ternyata, pakde karwo menang dengan keunggulan tidak lebih dari 40.000 suara. Benar – benar di luar dugaan. Para lembaga Quick Count pun KO semua dengan kenyataan yang ada. Soalnya LSI – LSI itu emang bilang sendiri toleransi kesalahan biasanya 1 – 2 %, lha hasil akhir aja kurang dari 1 %, jelas aja rawan meleset. Dan benarlah, meleset. Wah, pasti akan ada gelombang demo besar – besaran nich 😛

  15. halo blogger angingmamiri….!
    Aku dengan tulus meminta kamu untuk mendukung blog aku di ajang anging mamiri award
    caranya gampang banget :
    klik vote Faiz

    jangan lupa yah teman…..
    blog is for my life
    “085255238825”halo blogger angingmamiri….!
    Aku dengan tulus meminta kamu untuk mendukung blog aku di ajang anging mamiri award
    caranya gampang banget :
    klik vote Faiz

    jangan lupa yah teman…..
    blog is for my life
    “085255238825”halo blogger angingmamiri….!
    Aku dengan tulus meminta kamu untuk mendukung blog aku di ajang anging mamiri award
    caranya gampang banget :
    klik vote Faiz

    jangan lupa yah teman…..
    blog is for my life
    “085255238825”halo blogger angingmamiri….!
    Aku dengan tulus meminta kamu untuk mendukung blog aku di ajang anging mamiri award
    caranya gampang banget :
    klik vote Faiz

    jangan lupa yah teman…..
    blog is for my life
    “085255238825”

  16. Assalamu’alaikum Wr. Wr
    Sebagai arek Suroboyo yang sekarang bermukim di Semarang, hanya ikut mendo’akan semoga siapapun yang jadi pemenang dan mengemban amanah, harus legowo jangan ada anarchis karena sesungguhnya “Inna lillahi wa inna ilaihi” karena semua asalnya dari Allah Swt, maka akan kita kembalikan kepadaNya ….. ingat ini adalah “AMANAH” bukan wujud dari ujub, riya’ dan takkabur >>>> terimalah dengan ikhlas hati dan lapang dada >>>>

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

    Djoko Pratomo
    (Arek kenjeran)
    Ungaran – Kab. Semarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: