Tutorial blog : Direct Domain

18Sep08

Banyak yang tanya ke saya baik lewat email ataupun YM, bagaimana domain saya http://asruldinazis.com itu bisa saya alihkan (direct) ke blog wordpress saya di https://asruldinazis.wordpress.com. Sebenarnya ilmunya saya dapatkan dari sang master khucluk, tapi ndak apa-apalah untuk dibagi-bagi, kan salah satu tujuan ngeblog 😀

Nah biasanya teman-teman sudah membeli domain, namun ada yang belum sempat mengutak-atiknya, atau pengennya blognya yang lama yang kemungkinan berada di penyedia blog gratisan seperti wordpress dan blogspot.

Kalo punya domain di co.cc yang gratisan itu, gampang untuk direct atau istilah lainnya forwarding, sudah ada fasilitasnya. Dulu juga saya pake afraig.org tapi koq lama-lama kayaknya sudah harus membayar 😀 Atau kalo sampean punya blog di wordpress bisa mapping ke blognya di wordpress, tapi bayar $ 10 kayak punya ndorokakung atau jalansutera.

Nah bagaimana yang punya anda seperti .com atau .web.id atau yang lainnya? Saya pake istilahnya frame seperti ini langkah-langkahnya :

  1. SIlahkan buka cpanel anda, kemudian masuk ke file manager.
  2. Silahkan buat file index.html, taukan caranya, create a new file, trus simpan di directory www aja. jangan lupa judulnya “index.html”.
  3. Berikutnya silahkan copy code-code berikut ini ke dalam file yang udah kita buat :
<html>
<head>
<title>Insan Perubahan - Asruldin Azis</title>
<link rel="SHORTCUT ICON" href="http://a.wordpress.com/avatar/asruldinazis-32.jpg" type="image/x-icon">

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=iso-8859-1">
</head>

<frameset rows="0,*" cols="*" framespacing="0" frameborder="NO" border="0">
  <frame src="" name="topFrame" scrolling="NO" noresize >
  <frame src="https://asruldinazis.wordpress.com" name="mainFrame">
</frameset>
<noframes><body>

</body></noframes>
</html>

setelah itu simpan perubahan (save change) 🙂 selesai. Silahkan dibuka halaman anda sudah menuju alamat yang diinginkan 🙂

NB : sekali lagi untuk code htmlnya tanda petik dua ” ditulis kembali aja.

UPDATE : title, link icon, ataupun link blog saya, diganti dengan punya sampean, ntar malah ke direct ke blog saya 😛 hehehe

Tutorial blog lainnya :

83 Responses to “Tutorial blog : Direct Domain”

  1. boleh dicoba nih,, dulu sempat nge-redirect, tpi gak jadi-jadi,, 😀

  2. rul sy mau beli domain, tapi nggak tahu belanjanya dimana… hehehe, met puasa juga ya, maaf lahir bathin

  3. nice tips 😉
    saya sementara ini masih pake cara via sms “kang, ip hostingku berubah jadi bla bla bla…”, 1-2 jam sudah beres deh hehehe

  4. Jadi sayah mesti mbayar 10 USD, ya Rul….

    ***ndak punya kredit kad lagee…*** 🙄

  5. 5 Alfiyan

    hmm,… kapan2 ah… kalo dah punya duit beli domain sendiri… hehe…

    wahh.. mantabs kali mas… sekarang nulis2 tutorial yah… sepp…

  6. bener rul, kalo di co.cc tinggal ceklak ceklik dowang kalo mau redirect link…

  7. Bisa juga pakai baris ini:

    lalu simpan dengan nama index.php

    @ galih :
    mas ngak keliatan barisnya, boleh nih dishare, di kirim ke email, ntar ta tampilkan 😀 hehehe
    -aRuL

  8. belum pernah punya yang pake cpanel 🙂 ga bisa ikut nih tutorial kerennya

  9. eemm redirect tho.. wahh saya serignnya pkk dari “afraid” jadi pilihanya banyak thu .. kalo co.cc kan masih nunggu agak lama tapi kalo ini swip dhe kayak punya ku.. http://band.it.cx

  10. mbelgedez ketahuan kalo ndak mbaca!!!!

    tapi perlu dicatat bahwa kalo memang sudah beli domain dan hosting sebaiknya gak perlu redirect kayak gini. mending langsung install wordpress dan konten lama segera dieksport ke sana. pengalaman saya menyesal karena meredirect selama 3 bulan, akibatnya begitu diinstall wp sendiri gak mudah dikenali sama google. yang dikenali adalah blog lama 😦

    pagerank juga langsung ndrop! 😦

  11. belum punya domain sendiri.. hehehehehe :mrgreen:

  12. wahhhh informasi bermanfaat daeng
    terima kasih

  13. sama kayak ibuk Chic , saya belum punya domain sendiri … mau beli tapi harganya mahal …. anak kuliahan kan gak punya uang ….

  14. Mas… itu tuch buat yang wordpress bayar ato gratisan… kayaknya gk da dech option kaya gitu…

  15. Saya masih setia sama rumah lama, semakin tenang dan nyaman,themapun tak ganti-ganti…. kecuali ditutup Matt

  16. Mantaps Daeng …
    ditunggu tutorial selanjutnya ya …

  17. saya dlu sering direct pake co.cc 😀

  18. oalah, domain saya disebut-sebut di sini ya. padahal di WP.com ada lebih dari 20,000 domain yang melakukan mapping ke wordpress.com. ayo dong… murah kok.

  19. Mas, maksude code iku opo yo?

    ~purapuragangerti :mrgreen:

  20. wadoh kodenya membingungkan,, hahahaha.. payah ni saya 😛

  21. menarik juga tu tutorialnya, makasih ya… Nyuba dulu ah..

  22. Gak punya domain … *lugu soal IT*

  23. Ini dia yang saya cari-cari. Akhirnya nemu juga

  24. wah nich masnya yang dateng di bubar sma 11 yah dari tpc

    wih dah canggih yah

  25. tanya neh …. klo spserti itu efeknya apaan !?!?!

    kan lbh enakan pake domain ndiri !?!? lalu tinggal install !?!?!

    @ afwan :
    efeknya? bukan efek, tapi bagi orang2 tertentu misalnya blum punya hosting, yg masing mengandalkan blog lamanya untuk tetap dipake, atau emang malas utak-atik blog barunya, sehingga kenapa harus direct gitu.
    itu semua pilihan, tergantung si empunya blog
    -aRuL-

  26. huehehe..
    lagi blajar make di co.cc mas..
    mbuh ki nguthek-nguthek ben ben nambah ngelmu nyah..
    🙂

    *OOT*
    eh mas ada tutorial ngganti tema wordpress kayak sampeyan iki khan ndak tema bawaan wordpress.. hehehe.. 🙂

    @ wildankurnia :
    menjawab pertanyaan OOTnya 😀 ini theme bawaannya wordpress koq, namanya usleepable, cari deh… 😀
    -aRuL-

  27. Oalah, ngono thok yah? 😀
    Tapi mending import DB WP ke hosting ndiri. Lebih mantep githu 😀

  28. 28 ourkami

    klo kita mau punya domain seperti co.cc harus register dlukan tapi kok saya susah ya buat register??hiks…
    salam kenal ya

    @ ourkita :
    masa susah, gampang koq, sy ndak sampai lima menit
    klik di co.cc
    -aRuL-

  29. matur tengkyu informasinya

  30. wah makasih nich tutorialnya kang.

  31. nice tips..

    blom pernah nyoba.. abisnya langsung pake domain sendiri 😀

  32. wah bagus banget nih tipsnya, entar klo punya duwit tambahan and bisa beli domain bisa dicoba nih

  33. kapan2 deh boleh dicoba. sekarang belum ada web yang mau diredirectnya. hehe
    thanx infonya.

  34. o..
    ngono yo..
    aku wes lali sampek an!

  35. Kayaknya co cc banyak ditolak dimana mana karena sering digunakan oleh spammer. Salah satu web yang menolak domain co cc adalah digg.com.

  36. @DET:

    Weee….
    Lhadalah…. 🙄
    Sayah mbaca banget jee…
    Malah tak kopas dan tak simpen di file sayah. 😀

    Justru saking pahamnya makanya sayah langsung nanya kalo mau nampil kayak 2 terakhir ituh berarti mesti ngasih sesajen sama Matt Mullenweg 10 USD….

    Benul begetoo, Rul ??? 😉

  37. pakailah domain berbayar 😀

  38. Pake Domain Parking aja mas…

  39. belom mudeng soal domain2an..baru aja ngeblog soalnya..ntar deh klw nulisnya udah lancar baru mikirin domain2an gitu 🙂
    salam kenal mas..

  40. ouw……
    saya kirain da efeknya paan … 🙂

    bukannya klo wp.com harus bayar yak !?!?

  41. kok aku gak bisa..
    *hahah

  42. wah, aq redirect link, gagal trus bang

  43. sayah mangsih make gratisan jadi mungkin belon perlu, bang…. 😀

  44. ah belum punya domain rul

  45. kau emang hebat
    blogmu bermanfaat 🙂

  46. lhaa .. ternyata di akali dalam frame .. salut salut 🙂

  47. owhhh githu ya kang!!!
    o ya kang kalau make hosting wp apa kita mesti mematuhi TOS nya???

  48. coba dulu baru komentar

  49. rul klo mau bli domain dmn? brp?
    thx 😀

    @ kholis :
    kalo cari yang indonesia punya, bisa lansung di register.net.id aja, tapi kalo mau yg .com dll bisa ke http://istanahosting.com
    -aRuL-

  50. 50 galihyonk

    diCoba mas… :mrgreen:
    Matur Nuwun Tutorialnya…

  51. Wah mas Arul untuk pengguna Blogspot seperti saya ini gimana???? Mohon petunjuknya… Coz ni mau nyoba ganti http://frenavitputra.blogspot.com dengan frenavitputa.com InsyaAlloh….

    @ frenavit putra :
    sama aja koq, kalo blogspot, tinggal ganti alamat yang dituju dengan alamat blogspot yang dipunya.
    -aRuL-

  52. ooh begini caranya redirect,, info yang sangat keren,.,,

  53. untungnya saya pake berbayar, dan udah ada yg menjamin ngasih hostingan seumur hidup all unlimited, jadi ya gak kepikiran deh 😀

    *lirik-lirik det*

  54. klo pengen pny domain itu gimana caranya?
    nb: lam knl. sring kunjung ke blogku y

    @ adhy :
    bisa beli domain di beberapa penyedia domain atau hosting, misalnya http://istanahosting.com
    -aRuL-

  55. wah saya masih kost blognya. hehe

  56. bagus banget infonya…makasih dah datang di blog saya…oh..ya..saya mau nanya…gman cara pakai domain co.cc biar cepet ke indeks ranknya di alexa…soalnya saya pernah pakai co.cc selama seminh\ggu tapi rank alexanya ikut punya co.cc buka ranknya blog aku …makasih…salam kenal…viva bloger indonesia

  57. Tutorial Mantap kang

  58. makasih infonya…

  59. mantep tuh tutorialnya….

  60. ohh….begitu
    mas arul ini sll informatif dan educated
    thanks my friend

  61. wah gaptek
    saya ndak mudeng beginian 😳

  62. wah, tolong ajarin dong…
    saya punya blog di blogspot.com…
    please email ke yahoo saya, boleh..kalau nggak keberatan
    feriadi_isander@yahoo.com
    tks

    @ feriandi isander :
    kalo direct dari blogspot ke wordpress ngak bisa mas, kalo pindahin datanya bisa…
    -aRuL-

  63. sama ga dengan redirect?

  64. Minta maaf ka daeng ada tag Award PR saya lemparkan ke kita daeng maaf sekali lagi daeng

  65. waduh….pelajaran baru niihh..
    biar ga’ katrok, ikutan aaah..

  66. 66 sibermedik

    Mohon coment berupa kritik dan saran artikel ini: http://sibermedik.wordpress.com/2008/09/21/safework-gizi-kerja-dan-puasa/

  67. cra ganti domain blog yang mudah tu gmna ya mas…..>?????????????

    @sigitgokil :
    caranya gampang, kalo mau pake .co.cc bisa langsung ke co.cc, atau langsung menghubungi beberapa penyedia domain dan hosting.
    -aRuL-

  68. waduh istana hosting di surabaya sih.. jauh amat yah?

    @ anggavantyo :
    pesan hostingkan ngak butuh ketemu 😀 cukup transfer duit lewat rekening, emailan, cukup 😀
    -aRuL-

  69. bisa pake code PHP
    spp ini:

    header("https://asruldinazis.wordpress.com");

  70. ada yg murah nih hosting
    web saya di hosting disana jg lho

    http://www.idfreehost.com

  71. Nice post bro … boleh copas ga ? :d

  72. @fahrudin : di tulisannya harus ada link ke tulisanku yang ini..

  73. ok deh mas silahkan di cek disini … http://ictblog.fachrudin.web.id/

  74. ini bukannya buat frame aja mas, blum pernah nyoba sih. Nanti linknya pake wordpress.com ataukah berganti ke .com?

  75. Kang aRUl, thanks banget infonya, tapi saya gak ngerti sama sekali, soalnya sy br pemula, perlu banyak belajar lagi…
    liaja blog saya, jelek banget…

  76. Thanks y bro…..

  77. 77 Brs Mustolih

    Mas, mau tanya kalau dari misal anu.wordpress.com mau diupgrade ke anu.ac.id apa bisa ya? soalnya tahuku bisanya hanya ke anu.com saja, matur tengkyu jawabnya.

  78. Redirect gitu, alamat asli tetap di wordpress kan pak?

  79. belajar banyak

  80. 80 crazos

    makasih atas infonya mas….. mas bisa ndak klo dari blog di redirect ke domain.com seperti contohnya klo orang ngetik crazos.wordpress.com akan langsung redirect ke crazos.com … oh iya mau nanya lagi nih, saya liat blog mas udah dapat pr4 gimana caranya ya ? terimakasih mas

  81. mas arul….
    saya baca berulang² artikel di atas masih belum bisa paham ya.. saya minta bantuan mbah google juga masih belum paham juga. maklum masih newbie, butuh banyak pencerahan.
    biar bisa direct gitu harus punya domain sendiri ya… caranya… nyarinya dimana?… proses mbayarnya…?
    mohon pencerahan. :mrgreen:


  1. 1 Direct Domain « Information and Communication Technology
  2. 2 Direct Domain « Serba Baseng-Baseng Blog

Tinggalkan Balasan

