Tutorial WordPress : Mengatasi Error dalam Mengganti Permalink

07Sep08

Bagi pengguna engine wordpress dimudahkan dalam mengganti format permalink seperti format berikut ini :

Default http://situsanda.com/?p=123
Day and name http://situsanda.com/2008/09/07/sample-post/
Month and name http://situsanda.com/2008/09/sample-post/
Numeric http://situsanda.com/archives/123
Custom Structure

Namun terjadi permasalahan ketika perubahan itu dilakukan, ternyata alamat permalink yang dimaksud memang sudah tergantikan, namun setelah kita klik halaman yang telah kita ubah tersebut, tampilan error yang muncul, katanya halaman tersebut tidak ada.

Memang yang terjadi adalah di databasenya ngak dimungkinkan untuk menggantikan nama filenya. dan dari wordpress sendiri tidak bisa mengatasi secara otomatis kesalahan tersebut.

Kalo anda teliti sebenarnya langkah-langkah penyelesaiannya sudah ditulis di sini, untuk mengganti file permissionnya. Tapi saya akan coba menjelaskan dengan pengalaman saya untuk bisa dengan lancar mengganti format permalink.

Langkah pertama adalah mencentang format permalink yang diinginkan, misalnya selain default, yaitu date and name.

Setelah hal tersebut dilakukan, untuk beberapa engine wordpress untuk mekanisme ini bisa dilalui dengan lancar, namun di beberapa engine wordpress lainnya terutama yang cpanelnya beberapa directorynya tidak diizinkan otomatis untuk mengganti nama-nama filenya. Sehingga wordpress akan mengeluarkan perintah yang berada di bagian bawah halaman tersebut bahwa wordpress tidak bisa mengganti secara otomatis nama permalinknya, makanya diperintahkan memasukkan code-code berikut ke file .htaccess .

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>

File .htaccess ada di bagian mana? Nah langkah berikutnya, bukalah cpanel anda, masuk ke file manager, silahkan ubah jenis permissions dari /wp-content anda dengan kode 777 (sebenarnya sih bisa 755 tapi amannya 777 aja). Setelah OK akan otomatis akan muncul file .htaccess di directory yang sama dengan /wp-content.

Karena nhtaccess itu masih kosong, silahkan edit file tersebut dengan memasukkan code yang dimaksudkan di atas. Tekan save change, dan anda sudah selesai melakukan perubahan tersebut.

Demikian langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk mengatasi error dalam pergantian permalink. Semoga bermanfaat.

Tutorial blog :

61 Responses to “Tutorial WordPress : Mengatasi Error dalam Mengganti Permalink”

  1. Demikian pengalaman sama, membantu teman sy mengatasi permasalahan eror dalam pergantian permalink.. semoga bermanfaat, silahkan teman-teman yang lain jika ingin berbagi pengalamannya 🙂

  2. hu u,…

    udah terbukti kok!..

    saia sering gitu..

  3. referensi jika ak hijrah ke wp ni

  4. eh, itu cuma buat account wordpress.org khan? wordpress.com yg gratisan emang bisa?

  5. Tips n trick yang menarik.. Blajar wp ah..

  6. sip2.. thanks for sharing

  7. hebat! udah terbukti itu untuk wordpress blog, bukan wordpress.com kan? hebat, belum punya tapi sudah bisa kasih tutorial 😉

  8. Tips yang lengkap dan sangat bermanfaat mas.. 🙂

  9. kau memang jago sobat 🙂

  10. hmmmm githu ya kang

  11. waduh ada yg kek gini ya??
    belum pernah nyoba 😦

    padahal dah ampir 3 bulan gini di WP

  12. Kalo ada blog yang masukan user name sebelum melihat isinya kira2 ada alat yang disediakan WordPress untuk tetap melihat isinya gak bang?

    Ah gak penting pertanyaan saya … *zzzzzzzzzzz……..*

  13. 13 ariefdj™

    ..ic.. mks infonya.. lumayan nih buat bekal nanti2nya..

    @ Rindu
    Setau q sih nggak ada. Kalo user-nya pingin yg baca/kunjungan ke blog dia kudu dlm kondisi logon, ye mau gimane.. sama lah kalo bikin page yg di password..
    Eh, tapi kalo keukeuh pisan mo ‘ngintip’ isinya apaan ajah, ada deh caranya .. he he.. tring.. tring.. tring..

  14. wah makasih mas arul infonya, maklum masih newbie :mrgreen:

  15. Wah …. infonya bgus tuh bang ,
    tapi sayang , gak bisa di pakai di WP gratisan …..

    *tampaknya saya tak akan pernah bisa mennggunakan perintah itu , karena saya ingin blog saya abadi , abadi tanpa perpanjangan domain dan hosting*

  16. Wooooo …. rupanya, coment say yng di atas kurang betul ….:(

  17. wah, saya pernah dipusingkan oleh permalink akibat perubahan struktur permalinknya yang saya ubah, mas arul. akhirnya, saya pakai plugin permalink. wah, saya sering ndak mudheng kalau mesti lewat .htaccess.

  18. Wah matur suwun maz, referensi yang sangat membantu saya.. Eh ya kmarin ada seorang tmen tanya masalah ini.. Wah bisa di rujuk ke sini nech..

  19. salam

    thank infonya

    tips trick yang oke punya

  20. mantaFFF

  21. nice tips 😉
    bisa jadi referensi nanti jika muncul masalah

  22. # 2 kucluk : oh yah… 🙂
    # 3 Anang : segera akuisisi anangku.com lho 😀
    # 4 esensi : kalo wordpress.com yanggratisan ngak perlu mekanisme ini, cuman yang menggunakan engine wordpress yang berdomain sendiri.
    # 5 gajah_pesing : iyapz… ok2
    # 6 akaldanhati : ok2 sama2 🙂
    # 7 det : iyah bukan untuk wordpress.com 😛
    iyah dong… kan namanya belajar… ada yg minta bantu soalnya 😀
    # 8 Dhimas : ok2 🙂
    # 9 achoey sang khilaf : terima kasih 🙂
    # 10 zoel : iyah 🙂
    # 11 Rully Patria : ini bagi berdomain sendiri
    # 12 Rindu : pasti saya tau.. blognya siapa 😀 hihi
    tapi minta tolong hacker aja buat bobol 😀
    # 13 ariefdj™ : ok2 sama2
    # 14 hanggadamai : newbiee apaan :mrgreen:
    # 15 Muda Bentara : hehehe…iyah begitulah..
    # 16 Muda Bentara : emang yg salah yg mananya?
    # 17 sawali tuhusetya : oh bisa ternyata pake plugin permalink 😀
    # 18 Frenavit Putra : ok2 semoga membantu 🙂
    # 19 doelsoehono : ok2 semoga membantu 🙂
    # 20 Ronggo : ok
    # 21 Epat : ok2 🙂

  23. nice info mas. tapi mungkin judulnya bisa diganti? jadi tips untuk mengganti permalink gitu? soalnya tadi awalnya saya kira errornya pas malah kalo .htaccessnya udah diubah, tapi masih ada error.

  24. makasih om soalnya lagi mau ngubah permalink yang di WP nih 😀

  25. Sip tutorialnya Mas.
    Membantu sekali.

  26. sangat bermanfaat……

  27. makasi mass
    uh ketemu juga masalah sama hostingan ituh
    hahaha
    makasi mas

  28. wahhh informasi yang sederhana tapi bermanfaat sekali ini daeng

  29. # 23 Bayu Aditya : emang errornya mas, fokusnya ke errornya jadi tetap aja, btw terima kasih sarannya 🙂
    # 24 pencuri kode : wah bagus kalo gitu 🙂
    # 25 Edi Psw : ok, semoga bermanfaat 🙂
    # 26 erickningrat : terima kasih 🙂
    # 27 FaNZ : semoga bermanfaat 🙂
    # 28 Gelandangan : terima kasih, semoga bermanfaat 🙂

  30. He..hee.. jadi ingat minggu kemarin sampe mau ngontak CS tempat aku hosting karena error, gara2nya tanpa sengaja mengubah format permalink.
    Tak mau kejadian serupa terulang, sampe skg masih aku biarkan default yang pakai /?= dsb.
    Makasih infonya..sangat membantu bagi newbie 🙂

  31. tahu gitu aku ….harusnya nanya ma Ma Arul…pernah mengalami seperti itu………http://fajarqimi.com/google/cara-cepat-terindex-terindeks-google-belajar-dari-kesalahan-saya-membuat-permalink/

  32. 32 Nafi' Abdul Hakim

    Oh ya Mas, aku mw tanya… caranya masukin banner tuch gimana sech??? cz dari dulu aku gak bisa2!!!! aku coba pke kode HTML yang ==> tetep gak bisa… pa ada yang salah…
    Mumpung lagi online… aku ngucapin makasih banget lho Mas… atas smuanya..

  33. mas htaccesnya g nemus 😦

  34. udah bisa mas.. say buat sendiri file nyah.. makasi tutorialnya yak 😀

  35. 35 dh13ka

    Mas knp sich setiap saya mau meng-edit blog saya selalu tampilan atas nya eror….why..?
    jawaban bisa langsung kirim via E-mail adza ya mas
    dhik_mm@plasa.com

  36. Wah master WordPress semua nich disini, bantuin dunk temen2 lainnya di Forum : http://forum.kombes.com/forumdisplay.php?f=55 (Forum WordPress) Thanks yach

  37. saia gk ngerti.. bisa lebihh jelas omz.. 😦

  38. Wow!! It’s getting better and better. Keep it up man.,

  39. bermanpaat sekale artikel nya…dah aku cuba di web ku….berhasil…3x makasin yaa bos

  40. I have looked at the script.,

  41. Good work, webmaster! Nice site!,

  42. Wow, thanks for your suggession I never would have seen that had you not mentioned it.Download blog thems at http://www.itbimba.com its free site and many more………

  43. Mas, file .htaccess saya kok ngga muncul2 yah?? Knapa ya? file itu di dalam nya folder wp-content atau di luar wp-content sih?

  44. .htaccess gak muncul bos 😦

  45. Pertama .htaccess emang gak muncul waktu extract folder wordpress 2.9 di Windows. Coba di show hidden file juga gak muncul. Truz saya upload pake filezilla di server Linux CentOs, install dan berhasil tampil, tapi .htaccess tetep gak muncul. Akhirnya saya make putty, dan AKHIRNYA… .htaccess muncul.

    .htaccess di hidden oleh webserver (kebetulan di sini make server local, jadi gak hosting di luar), dan hanya bisa dimunculkan lewat FTP dengan mengaktifkan “force showing hidden files”.

    Masalahnya, setelah saya masukkan script yang disarankan ke .htaccess dan merubah file permissionnya, tetep aja, permalinknya broken. Alias linknya berhasil diganti, tapi pas diklik, malah muncul error.

    Ada solusi?

  46. Mas sendiri pake permalink yang mana?

  47. setelah nyari kesana kemari ..nyoba ini itu..ternya postingan sobat ini yang bisa dipahami dan berhasil………….

  48. Saya pakai WordPress 3.0 dan hosting 000Webhost..
    .., setelah saya mengikuti semua tutorial diatas, kok gk ketemu yaa file “.htaccess”
    Web saya ada di “http://jacow95.tk”

    Mohon pencerahannya di “sunjacow@hotmail.com”

  49. saya udah nyoba kok masi eror??

    saya upload dan editnya langsung dari server …
    jadi pakai console gitu editnya…apakah pengaruh??

    trus di server saya tidak menggunakan folder public_html hanya folder biasa..apakah pengaruh juga?

    Solusinya gimana :((

  50. 50 the_hole

    maaf tidak jalan

  51. Ya, saya berhasil mengubahnya di blog barus saya : Lukisan Murah, walopun ad error karena saya telat kn pada wktu selesai buat gak terpikir buat ganti permalink ny,,y buat para pemula,jgn telat y,dri pd susah nanti ny, ap lg postingan udah bnyk,,hehe

  52. yessssssssssssssssssssssssssss
    berhasil berhasil berhasil hore……………
    dora mode on

  53. 53 Kuntul Rahwana

    terima kasih atas pencerahannya, bermanfaat banget. thx

  54. nice post gan,..
    [Ask] emng sbrp penting kah “Permalink” dalam blog kita.? pa itu jg mempengrhi di search engine.? thx gan.

  55. setelah coba sana coba sini ahirnya bisa juga terima kasih mas

  56. makasih infonya nich,,cman yang jadi pertanyaan pas udah di ganti permissionya kok gak ada file baru.mohon pencerahanya

  57. Terima kasih artikelnya sangat membantu, dan berhasil…

    salam

  58. kebetulan nih punya saya lagi error, bisa dicoba tuh…

  59. bisa dicoba tuh…
    thanks ya gan 🙂

  60. akhirnya masalahku terselesaikan, thank bro..!!


  1. 1 Kenapa Ngeblog? « Insan Perubahan

Tinggalkan Balasan

