Dominasi

27Agu08
dominasi (www.rics.org)
dominasi (www.rics.org)

Dominasi menurut KBBI :

do·mi·na·si n 1 penguasaan oleh pihak yg lebih kuat thd yg lebih lemah (dl bidang politik, militer, ekonomi, perdagangan, olahraga, dsb); 2 Ling hal tergantungnya suatu konstituen sintaktis pd simpai di atasnya;

Kita juga bisa mengartikan bahwa dominasi itu berupa penguasaan, mayoritas, menjadi faktor dominan semisal dalam forum kecil atau rapat kita menguasai forum dengan kuasa, pemikiran, tindakan dari kita.

Dalam sebuah Tim ini bisa terjadi terutama dalam mendiskusikan suatu permasalahan. Dominasi bisa terjadi karena beberapa hal, antara lain :

1. Di sebuah tim hanya ada satu atau dua yang vokal (talkative)

Talkative
talkative (www.introvertenergy.com)

Tidak bisa dipungkiri bahwa naluri seorang yang bisa dikatakan cerewet bisa mendominasi suatu forum, karena sudah menjadi kebiasaan untuk terus ngomong ataupun ngobrolin suatu hal, apakah itu bisa dikatakan berisi atau tidak. Yang cenderung pandai ngomong/cerewet akan mendominasi ketimbang orang yang terlihat introvert dan atau tidak suka ngomong banyak.

2. Dari segi umur

//stockadebowl.com/)
Tua-muda (stockadebowl.com)

Kadang umur juga menjadi faktor dominan seseorang dalam tim itu, orang yang lebih tua lebih banyak memberikan ide-ide tanpa adanya balasan dari yang muda. Terlalu mudanya melakukan intervensi apabila kaum mudanya tidak segera proaktif untuk memunculkan ide-ide yang mungkin saja lebih fresh.

Seperti halnya orang tua terhadap anaknya, kakak terhadap adiknya, senior kepada juniornya, bos kepada anak buahnya, kadang berlebihan juga sikap dominan yang dilakukan.

3. dari segi pengalaman

berpengalaman (www.a2gov.org)
berpengalaman (www.a2gov.org)

Pengalaman, bisa dilihat dari tingkatan jabatan, tingkat pendidikan, pelatihan, maupun pengalaman yang telah lama diterima seseorang. Berdasar pengalaman juga semakin banyak hal yang diketahui sehingga dalam sebuah forum dominasi yang berpengalaman kadang muncul dan bisa saja faktor dominan. Bisa juga pengalaman berdasarkan tingkat umur seseorang.

4. Dari segi motivasi

motivasi (wwwdelivery.superstock.com)
motivasi (wwwdelivery.superstock.com)

Kadang memang anggota tim memiliki tingkat motivasi dalam mengikuti meeting/rapat berbeda, ada yang semangat menggebu-gebu sehingga mendominasi forum rapat tersebut. Ada juga yang motivasinya lagi turun karena bisa saja mendapatkan permasalahan yang akhirnya dibawa perasaan sampai semangat mengikuti forum tersebut berkurang. Atau sekedar asal-asalan mengikuti pertemuan dan tidak dilandasi sikap ikhlas dan tanggung jawab. Jadilah yang memiliki motivasi tinggi menguasai forum tersebut.

Dominasi, apakah benar dalam sebuah tim?

Sebenarnya dominasi diperlukan juga dalam sebuah forum setidaknya ada beberapa alasan-alasan yang perlu diketahui sebagai berikut :

  1. dalam kondisi forum yang menemui jalan buntu, karena anggota-anggota tim lain tidak memiliki ide brilian
  2. untuk memberikan semacam awalan ide buat rekan tim yang lain sehingga bisa menjalankan kegiatan
  3. untuk segera memecahkan permasalahan yang sudah mendekati deadline
  4. untuk menunjukkan pengalaman yang telah didapatkan
  5. untuk mendorong anggota tim lainnya untuk juga menjadi orang penting di dalam forum tersebut

Jika memang dominasi kita dirasa bermanfaat, kita baiknya melakukan.

Kapan dominasi itu tidak dilakukan?

kadang jugakan kita jengkel ketika salah satu rekan kita mendominasi forum tersebut, padahal kita juga memiliki ide yang bisa jadi lebih mantap dibandingkan rekan yang dominan ini.

Dominasi harus tidak dilakukan, dengan melihat kondisi-kondisi yang tidak disebutkan di atas sebaiknya tidak dilakukan.

Hal ini dikarenakan ketika kita terus mendominasi forum walaupun akan mematikan potensi, ide yang dimiliki oleh rekan tim yang lain, sehingga pola fikir tim tidak seimbang, yang dominan akan terus berkuasa, sedang yang lain akan terus tersingkirkan.

Adalah lumrah ketika tim memutuskan suatu kebijakan yang menurut kita salah tetapi sudah kesepakatan bersama, walau akhirnya disadari oleh tim keputusan yang diambil itu salah tanpa adanya dominasi dari kita. Biarkan itu menjadi pengalaman, belajar dari kesalahan sehingga tim akan semakin dewasa dan lebih memiliki pengalaman matang dalam menentukan kebijakan berikutnya.

Hal lain yang perlu dicatat bahwa memang ada pemimpin atau orang yang bisa menempatkan dirinya dalam forum, tetapi untuk antisipasi kadang kita melakukan pengurangan dominasi tertentu dalam sebuah forum adalah signifikasi range umur/pengalaman sebaiknya dihindari, kecuali emang dalam kondisi pemberian materi bukan dalam taraf diskusi. Kalo diskusi tentukan akan terlihat yang lebih dominan.

Itu prespektif saya, bagaimana dengan anda? Kapan anda mendominasi dan tidak mendominasi suatu forum?



29 Responses to “Dominasi”

  1. Base on experience😀
    sebenarnya pengen banyak nulis lagi beberapa alasan dan sebab serta bagaimana dan kapan kita mendominasi atau tidak mendominasi forum, nanti dilanjutkan dilain kesempatan, sudah lebih dari 500 kata, ntar membosankan😀

  2. dominasi kadang sudah jadi karakter seseorang, sehingga sering memborong pembicaraan dalam forum diskusi. nah yang karakter seperti agaknya sulit diubah, mas aRul. biasanya ada pada orang2 yang ingin menonjolkan diri. namun, sejatinya, dominan atau tidak bisa juga di-manage. kalau komunikasi macet, agaknya strategi dominasi sangat diperlukan utk memcah kebuntuan.

  3. wah, saya sering mendominasi pembicaraan tuh. apakah ini pertanda saya cerewet??:mrgreen:

  4. ak introvert. makanya ga nonjol2. haha

  5. Terkadang ada seseorang yang memang memiliki bakat untuk dominan, even pun dia pada topik-topik tertentu tidak memiliki pengalaman dan skill teknis apapun. Cuma karena memang dia lihai dalam berbicara dan pandai mengkondisikan forum.

  6. hemm…
    tergantung permasalahannya sekarang,..

    tapi aku paling gak seneng orang yang sok mendominasi, gak tau duduk permasalahannya, malah nyerocos gak karuan. atau sekedar cari muka saja!

  7. dominasi::: kata2 dlm bhs jawa yg artiny ‘semua mie+nasi’,.penggunaany sbg brikut dlm sbuah pcakpan:

    1 org: sing liyane podo maem opo? (ditujukan kpd lbh dr 1 subyek)
    1org yg mwakili org byk: dominasi (mksdny, semua mkn mie+nasi)

    ^lgsg ngumpet^

    +salam3jari+

  8. setiap orang pinya karakter sendiri sendiri dan prinsip yang beda

  9. kadang dominasi itu penting, untuk mempercepat suatu putusan atau tindakan dari kelompok..

  10. 10 azaxs

    Lihat situasi kang…..
    saya setuju dengan pak sawali kang… kadang sdisebuah forum terjadi kemacetan komunikasi, jika hal ini terjadi harus ada inisiatif untuk maju. Namun begitu saya juga paling tidak senang melihat orang yang sok ingin menonjolkan diri, karena hal ini merupakan pengebirian dari sebuah proses alami… sehingga mematikan lngkah dan hak orang lain….

  11. aku lupa kapan pernah jadi dominasi gitu🙂

  12. Tapi kayaknya rata2 orang dominan lebih sukses
    Kalo bawaannya introvert seperti saya sama mas anang😀 gimana tipsnya Dg biar bisa dominan di kondisi yang pas?

  13. dominasi juga bisa karena rasa ketagihan rul!

    contoh: mendominasi pasangan dalam bercinta! hehehe

  14. Tapi disamping pintar ngomong, juga harus dibarengi dengan penguasaan materi kan Mas.

  15. ada logo keren nich…

  16. kita bisa mendominasi suatu forum jika kita benar mengerti isi dari materi nya…

  17. Dominasi memang penting……

  18. bagaimana dalam mendominasi forum tak lupa arus bawah yang bekerja menguatkan forum..( akar rumput yang tak teerdetdeksi yang sulit diperhitungkan adalah kekuatan yang tersembunyi)

  19. Sayah pendengar nyang baek hati dan budiman…. :mrgreen:

  20. do mi na si fa sol la si do

    :))

  21. Rul .. abang pernah membaca kalo dominasi itu cenderung ke otoriter atau egois. Benar ga sih. Jadi sebenarnya bukan masalah pintar atau biasa2 saja. Senior atau yunior. Tapi terletak pada ego seseorang. Kira2 begitu ya Rul?

  22. Duuh iyaa yah dominasi bisa jadi bumerang loh, pada satu dua pertemuan okeh bisa diterima pada pretemuan berikutnya… gak janji deh. Namun ilmu keseimbangan itu ternyata dapat dilihat pada orang2 yang mampu membaca sikon. Kata pakar komunikasi (duuh sapa yah, lupa euy) mendengar itu kadang lebih baik..

  23. Dominasi
    Donasi
    bedanya cuma mi aja, tp kenapa orang lebih suka menerima donasi? Apakah hal itu dapat dikatakan mendominasi ?

  24. # 2 Sawali Tuhusetya : memang ada karakter orang seperti itu, iyap pak seperti yang saya jelaskan di alasan2 kenapa orang mendominasi suatu forum🙂
    # 3 cK : he eh… ngak juga… sih, kadang orang bilang malah lebih bepengalaman😀
    # 4 Anang : tapi suatu saat pasti menonjol, buktinya blognya high quality😀
    # 5 Epat : iyah ada yang sudah berpengalaman dalam forum, walaupun ngak tau topik tetapi sudah sering menghadapi kondisi tersebut jadinya bisa mendominasi.
    # 6 kucluk : hehehe, makanya dominasi itu perlu dimanajemeni😀
    # 7 omoshiroi_ : hehehe lucu2😆
    # 8 Ronggo : iyah sih, tapi ada baiknya kita tau mengkondisikan
    # 9 akaldanhati : iyapz, seperti yang sy jelaskan di alasan2 mengapa orang mendominasi
    # 10 azaxs : jadi harus pandai2 seseorang kapan harus mendominasi kapan tidak yakz.
    # 11 Tony : wah kapan saya bisa lho😀
    # 12 petak : oh yah? yah kebanyakan tapi tidak mesti lho.
    sering2 latian aja di forum, karena biasanya pengalaman yang lebih memegang peran penting dalam forum.
    # 13 det : wakakak, weh pikiran mesum😛
    # 14 Edi Psw : iyah maksudnya pengalaman itu😀
    # 15 bpb2008 : weh anti pesta blogger nih😛
    # 16 myryani : iyah🙂
    # 17 Fikar : kadang perlu, kadang juga, harus tau melihat situasi
    # 18 fahrizalmochrin : nah itu, perlunya memancing ide-ide,
    dominasi biasanya juga dipake sebagai awalan untuk menghasilkan ide2 fresh baru
    # 19 mbelGedez™ : wah kalo bang mbel, gak usah diragukan kualitasnya😀
    # 20 Mus_ : ikut Blogger Idol yakz😛
    # 21 erander : iyah bisa jadi karakter juga memegang peran penting. tapi saya juga melihat pengalaman bisa jadi pemegang peranan di forum itu sehingga terdominasi.
    hal itu terjadi pada diri sy, karena byk pengalaman di suatu bidang kadang sy dominasi, padahal sy aslinya introvert lho *kadang2😀 *
    # 22 kurtubi : iyah pak, ilmu keseimbangan kayaknya perlu diterapkan😀
    # 23 gajah_pesing : saya mau donasi…..😆

  25. Ayo
    yang muda saatnya berjaya

  26. saya kurang tau klo dominasi daeng
    klo maen domino ayomi siap sampai pagi *sedia kopi dan rokok

  27. Artikel yang menarik, blog Anda juga bagus…sukses ya 🙂

  28. makasih ya artikelnya bagus…

  29. terimakasih atas artikelnya.

    blog kakak pada bagus-bagus smua


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: