Membandingkan Iklan Partai Politik

21Agu08

Akhir-akhir ini kita dihibur dipertontonkan beberapa iklan partai-partai politik di stasiun televisi dalam menyambut dirgahayu Republik Indonesia. Ada beberapa yang cukup menarik ada pula juga yang membosankan. Saya mencoba menganalisis, mengkritisi, ataupun memuji dari perspektif saya.

Partai-partainya antara lain :

1. Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya)

Iklan partai Gerindra ini sudah lama tampil di televisi sejak berlakunya kampanye yang ditetapkan KPU, Gerindra sudah tancap gas. Iklannya ini bagi saya dengan suaranya yang menakutkan tapi seolah-olah tegas. Masih membawa-bawa tokoh Prabowo di dalamnya. Tapi menurut saya suaranya itu menakutkan 😀 . Sebenarnya ketika iklan itu mengedepankan tokoh, tanpa menekankan visi-misi partai itu yang sebenarnya tidak masuk di hati rakyat. Kalopun ada tokoh sebaiknya itu hanya tambahan saja.

2. Partai Demokrat

Iklannya muncul dalam rangka peringatan kemerdekaan Indonesia. yang awalnya membawa pidato dari Presiden RI Soekarno yang mengajukan pertanyaan retoris kepada bangsa Indonesia kala pidato kenegaraan saat itu (akhirnya sekarang digantikan oleh suara orang lain yang berpidato menggunakan kalimat Soekarno). Kemudian dibalas oleh pidato kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2008. Sungguh suatu iklan yang luar bisa mantap kreativitas sang pembuat iklannya. Bisa menemukan titik temu antara Presiden pertama dengan Presiden saat ini. Dari ilustasi gambarnya tidak terlalu berlebihan dan tidak terlalu mengeksploitasi masyarakat, cukup meningkatkan nasionalisme bangsa ini.

Apalagi pidato SBY memang luar bisa bagusnya yah memang sih Presiden kita saat ini jago dalam berpidato dan mempengaruhi massa. “Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai ke Pulau Rote” itu salah satu quote yang paling saya suka.

Tapi gambar Presiden SBY yang hanya diam menurut saya kurang menarik tidak bergerak. Mungkin dimaksudkan sebagai iklan partai politik jadinya cuman nampang foto doang dari penasehat Partai Demokrat ini. Tapi overall, saya suka iklannya.

3. Partai Golkar

Prespektif saya secara umum melihat iklan ini, biasa-biasa aja. Tidak ada sesuatu yang luar bisa dalam iklannya. Walaupun ada Wapres Jusuf Kalla sebagai Ketua Umumnya (itupun cuman foto juga) tidak memberikan kesan yang eksotik sebagai salah satu partai terbesar di Indonesia.

4. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Kesan pertama saya melihat iklan ini adalah iklan rokok lho, tidak ada kesan ini adalah iklan partai. Tidak ada juga kesan Islam di dalamnya. Luar biasa menurut saya karena walaupun cuman orang-orang biasa dari berbagai karakter yang ngomong maksudnya masuk banget. Ngena gitu lho.

update : Iklan PKS di youtube (terima kasih yan6n)

Iklan ini menampilkan segala macam karakter orang, termasuk dua orang yang ngomong di akhir iklan ini, betul-betul menunjukkan bahwa partai ini terbuka untuk semua. Tampilan orang yang apa adanya malah menunjukan bahwa partai ini merakyat dan menunjukkan kalangan muda dekat dengan partai ini. Saya acungi jempol untuk iklan PKS kali ini.

Iklan ini juga tidak menampilkan ketokohan dari orang-orang yang berada di belakang partai ini, itulah yang saya suka dari iklan ini.

5. Partai …… masih ada yah partai yang sudah beriklan? kalo masih ada, di posting lain saya mencoba membandingkannya ah… 😀

Kalo menurut anda sendiri bagaimana?

Iklan


112 Responses to “Membandingkan Iklan Partai Politik”

  1. mo nyari iklan partai lainnya di youtube baru Partai Demokrat yg ada 😀

  2. lucu2 iklannya…hhe…

  3. yang saya bingung, kenapa Indonesia masih disebut dengan “Endonesia”? 😆

  4. Kbanyakan partai, bingung milihnya

  5. ha…ha…ha…
    sekalian aja di kasih skor Rul, biar lebih keliatan ranking nya 😀

  6. kalau yg ngedirect iklan adalah mas iman pasti keren, hehe

  7. denger-denger pada iklan demokrat ituh, sby sampai riset dan latihan meniru gaya pidato sukarno tahun 1957. 😀

  8. saya masih milih milih dulu mana yang cocok di kerjakan..
    * dan uangnya kontan he he

  9. saya kok ndak pernha liat yang PKS???

    liat tipi 24 jam aaah…

  10. belum liat semuanya mas!!,,,

    maklum gak nduwe tipi kelir!…
    kekeke..

  11. iklan PARTAI BLOGER INDONESIA PBI ada gakgi mana kesannya

  12. Mereka banyak duit. hehehe.
    Hanura gimana ya pak.

  13. Bingung mau milih partai apa, soalnya banyak banget nih. Apalagi kesan mereka terlalu mengobral janji.

  14. 14 Mas Kopdang

    Partai Kopidangdut sebenarnya uda mau ngiklan di tipi, Om..
    tapi berhubung jadwal tayangnya jam 3 pagi, Partai Kopidangdut menarik diri.
    😆

  15. kalo sy Mendingan liat si bolang, daripada liat iklan partai2

  16. daeng ini partisipan partai mana sih???

  17. jadi bingung pilih yang mana… Ada saran gak mas 🙂 wkakakak

  18. PKS memang jago bikin spek iklan… and di antara semua iklan parpol saya juga paling tersentuh dengan iklan PKS itu.. mirip iklan PT Gudang Garam 🙂

  19. kalo pada bingung pilih yang mana, pilih aja sesuai hati nurani…
    [ci ye, gaya bgt saya] 😛

  20. saya juga mau bikin partai….
    eh kita bikin partai yuks….:)
    gak apa2 kita rame2in Search engine aja sama bedah iklan partai atau parodinya….
    hehe… daripada merhatiin konten iklan dan diseriusin… wong yang bikinnya aja gak serius kok…
    saya setuju kita bahas gambar, warna, tampilan, durasi, kesan dll. aja….
    nanti milihnya, milih partai kita aja… hehe… pertai Blogger kali ya…
    saya nggak suka partai sih… belom ada yang ngasih kerjaan 🙂
    kebanyakan waitinglist buat mereka yang gak kompeten.
    wasting time juga kalo ikut bersaing…
    untuk iklan PKS Mas, itu tidak berlaku untuk beberapa daerah yang ketokohannya kuat. Bandung misalnya, kesan cair dan akrab tidak bisa mendongkrak suara. tetap Persip paling Ok, suara jadi meroket…
    kalo konteks keIndonesiaan kayaknya kesan cair bisa masuk (secara umum)
    karena kita sudah melewati babak demi babak opera sabun, dari anak nakal (AR), tokoh keibuan yang penyabar, tokoh bapak yang memberi solusi… dan sekarang the hero is anak muda yang visioner… mungkin jadi masuk iklan PKS… maybe.. walaupun masih ragu…

  21. 21 an1k03a

    Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://politik.infogue.com/membandingkan_iklan_partai_politik

  22. Partai Blogger Indonesia ?? keren juga tuh namanya .. tapi sayang, verivikasi-a dah lewat. Kalau mau bikin iklan pun dah ga mungkin lagi.. hehehe…

  23. nggak usah bingung2 dengan banyaknya iklan, karena yang kita perlukan adalah kata hati untuk memilih.
    :sok dewasa banget neh 😀 :

  24. Yang pasti milyaran rupiah habis untuk kampanye TV ini mas … gimana kalo uangnya untuk bangun puskesmas, setuju gak?

  25. sayah mangsih bersikukuh BUBARKAN SISTEM PARTAI!!!!!!!!
    tapi kalok bisak ya mbikin partai blog, sekjennyah bang arul…. 😆

  26. makin bnyk kampanye di media massa…males jg liatnya kadang..:D
    partai yang jumlahnya banyak,tp tidak banyak merubah nasib rakyat..:)

  27. yang bikin Iklan percuman buang2 duit aja tuh..soalnya utk 2009 ada jaminan 25% Golput..orang males milih Partai yang sekian banyak…ditambah lagy KPU yang gak bcus, trus kampanye partainya yang mencapai 7 milyar perpartai..dengan tujuan mendapatkan modal kembali setelah terpilih…

    Apa itu namanya???

  28. 28 mahabbahtedja

    yup….sepakat mas.
    “Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai ke Pulau Rote”
    daleeeeeeeeeeeem banget….
    tapi masih terlalu dini untuk menjatuhkan sebuah pilihan. 😀

    kita tunggu parte-parte lain.okeh…parte golput.hehehe

  29. 29 defrimardinsyah

    Hidup partai blogger Indonesia

  30. 30 Elys Welt

    nggak bisa liat iklan2 itu

  31. Partai Blogger Indonesia ?
    kira2 bakal ngasilin banyak uang ga? 😀

  32. kalo Partai Blogger Indonesia siapa yah yg kira2 jd bintang iklannya ? 🙂

  33. 33 variin

    mana mana.. mana iklan pks…??

    belum lihat nih.. cari di youtube juga lom ada

  34. waduh, msih sempet, perhatiin iklan yah ? keren euy.

  35. yg menggelikan, iklan SB terbaru…. :mrgreen:

  36. salam
    Sepertinya ga ada satupun yang saya suka dengan iklannya, tapi klo soal milih ya liat nanti.. aja deh, tergantung apa diriku di data atau engga, getoch 🙂


  37. Owwgh….
    Jadi konsultan periklanan toh, sekarang….???

    Gimana dengan partai mbelGedez™ , Boss….??? 😆

  38. wah saya tetep nggak mau dibohongi iklan…….

  39. kalo saya ndak tau .. jarang nonton TV sih, paling sering Space Toon hahahahahahahha..

    @Iman Brotoseno: wakakakakakakakka… bener mas! pokok’e kontan!

  40. Saya juga salut ama partai anak muda itu

    Partai yg cerdas 🙂

  41. 41 abahjihad

    punya rekamannya nggak bang?,
    jarang nonton tv sih, udah di cari di youtube, iklan lama yg ada

  42. No. 8 is the lucky number!
    MANTAP MENTONG (uppss, black campaign) ^^v
    btw, blum liat iklanx PKS, jd penasaran..

  43. pinter juga mereka nge-hidden tu iklan ya mas 😛

  44. hiburannya sangat tidak menghibur sekali. tapi saya sudah menetapkan pilihan kok, jadi ga’ pusing lagi mikirin iklan.

  45. Wah coba para pengiklan itu ngiklan di dunia blog..Wah makmur pastinya para blogger indonesia…

  46. spertinya fans berat PKS yaa mas

  47. Kayanya cuma Partai Pengemis yang gak buat iklan, meskipun ketuanya adalah putri dari pendekar pulau persik……sori mas saya ngomong gak jelas hehe..

  48. Wah saya jarang nonton tipi jadi bingung mo komen apa.. kalo iklan sih saya sukanya iklan sabun LUX ehhehe ga nyambung yah

  49. seharusnya partai politik bisa menjadi alat dan media yang tepat utk menyalurkan aspirasi rakyat, mas aRul. tapi melihat kenyataan yang terjadi, saya pesimis hal itu bisa terwujud. rata2 para politisi sekarang tdk lagi memiliki wisdo dan kearifan. yang muncul di benak hanya slogan “siapa menguntungkan siapa?”

  50. weeww..mungkin nampilin gambar diem tu karena si presiden n wakilnya takut di cap meninggalkan tugas..hihihi

  51. yang iklannya hidup adalah perbuatan mana kang 😀

  52. Yang dijual itu sebenarnya citra partainya apa caleg (supposedly bermutu)nya?
    Yang nantinya akan menentukan nasib bangsa itu partainya atau kebijakan anggota dewan yang dipilih dari hasil pemilunya?

    Iklan, sebagus apapun, menurut saya tidak akan memberikan perubahan berarti jika masih membuat “konsumen” (baca: rakyat) cuma membeli kucing dalam karung…

  53. persiapan jelang pemilu 2009.
    bakal rame neh, penuh permainan politik, ckckck

    tapi, semoga pada akhirnya,
    semua hanya akan mengerucut pada pemimpin terbaek buat bangsa kita ini, amin

  54. # 2 Fikar : yang mana lucu?
    # 3 cK : pelafalan orang berbeda2 cK
    # 4 kishandono : dipilih paling baik
    # 5 yuda harja : ngak ah… sykan ndak maen dukung mendukung
    # 6 Anang : iyah.. iyah.. iklan kemerdekaan gudang garam sarat maknanya lho dari mas iman
    # 7 Epat : oh yah? bukannya itu pidato pas acara kenegaraan yakz?
    # 8 iman Brotoseno : huhahaha…. naluri entertaiment yah mas hehehe
    # 9 ndop : perasaan skrg sering tampil koq
    # 10 kucluk : hehehe ndang ditonton…
    # 11 Ronggo Tunjung Anggoro : blom ada….
    # 12 Singal : iyah iklan butuh duit, hanura? sy blum liat, jadi blum sy bisa bandingan
    # 13 Edi Psw : jangan sampai tertipu iklan lho pak
    # 14 Mas Kopdang : ngakak….. 😆
    # 15 akaldanhati : hehehe sipz…
    # 16 angki : ngak partai mana2 netral….
    # 17 shiro : hehhe jangan hanya liat iklannya lho…
    # 18 Arsyad Salam : Gudang garam? mmm wah mas iman lho yang buat iklannya gudang garam versi kemerdekaan….
    # 19 My : iyah bnar banget tuh..
    # 20 BLogicThink [dot] com : boleh.. tapi jangan berpolitik doang
    hehehei yah yah boleh dicoba kita alihkan perhatian mereka ke blog gitu yakz…
    yah iklan itukan bisa diliat dari perspektif, sy melihat dari perspektif sy gitu hehehe
    # 21 an1k03a : ini ngiklan yakz ?
    # 22 mymoen : partai ngak mesti politik loh…
    # 23 kamt! : iyap benar banget…
    # 24 Rindu : wah setuju banget itu….
    # 25 Abeeayang™ : bukan dibubarkan diperbaiki sistemnya aja..
    terima kasih tawarannya… sy mau asal partainya bukan berpolitik dan kamu abee jadi Ketumnya…
    # 26 bhagas : wah dilema parpol yang ngak bisa memberikan apa2 buat rakyat.
    # 27 joe : kita liat aja nanti.. yg jelas iklan bisa merubah sedikit byk cara pandang masyarakat lho.
    # 28 mahabbahtedja : iyah masih lama.. nunggu sampe waktunya.
    # 29 defrimardinsyah : hidup !!!
    # 30 Elys Welt : lagi di luar negeri yakz ? tapikn ad TV lewat network atau internet toh?
    # 31 easy : weh mikirnya duit aja nih 😛
    # 32 Panda : seleblog banyak bersedia jadi bintang iklan, termasuk mas anang
    # 33 variin : iyah iklan PKS blum ada di youtube
    # 34 hendra : iyapz
    # 35 rezco : hehehe, sy ngak terlalu tertarik juga koq :mrgreen:
    # 36 nenyok : iyap, itu pilihan.
    # 37 mbelGedez™ : iyah kalo mo dibayar.. sudah ada iklan blum Partainya bang?
    # 38 Ndoro Seten : iyap keputusan yg bijak 🙂
    # 39 gempur : hahahaha, bareng anaknya toh? hehehe
    # 40 achoey sang khilaf : partai yg mana?
    # 41 abahjihad : wah ngak punya tunggu aja ada yg upload.
    # 42 Oyha : ngiklan nih? 😛
    # 43 shei : iyah.. ada maksud
    # 44 pengendara : wah anda termasuk pemilih idealis dong…
    # 45 Frenavit Putra : tunggu aja, tren blog ke depan cerah pasti byk yg ngiklan di blog.
    # 46 anggara : tau dari mana? sy netral koq
    # 47 gerrilya : iyap pendekatannya harus hati nurani ke rakyat berarti.
    # 48 Nias Zalukhu : hehehe 😛
    # 49 Sawali Tuhusetya : benar juga pak… tidak memikirkan produk langsungnya.
    # 50 kita : iyah benar tuh, atau ngak mo dicap sebagai bintang iklan
    # 51 zoel chaniago : itukan perseorangan, sykan bandingkan iklan parpol
    # 52 Amed : seharusnya iklan itu, adalah wujud dari program atau inisiatif dari parpol itu. kalo sekedar menunjuk baik2nya itu tergantung yg buat sih
    tapi tetap iklan memberikan sedikit pola pilihan di masyarakat lho..
    sekalian mengukuhkan plihan ke partai tertentu lebih mantap.
    # 53 Prasta : amin, kita semua berharap seperti itu 🙂

  55. jadi? mas arul milih partai apa? =p

  56. saya ngerasa paling lucu tu sama iklan pak prabowo..

    awalnya kayak malu-malu kuciiiingg gitu.

    iklan pertama: “saya atas nama himpunan kerukunan tani indonesia…”

    iklan kedua: “saya atas nama asosiasi pasar seluruh indonesia…”

    iklan yang sekarang: “bergabunglah bersama saya di gerindra!”

    heheheheh.. lucu (menurut saya :mrgreen:)

  57. 57 wahyukresna

    sebenernya niat iklannya promosi partai kan? buang2 duit aja… kan lebih manfaat kallo dipake yang lainnya 😀

  58. Partai kok kaya dagangan… Udah, Putih, Putih…!

  59. sekarang tivi terjangkit virus politik…

    heh…..kasian kan kalo janjinya gak bisa ditepatin…

    semoga ada yang “benar” yah nanti….

  60. pemimpin yg jujur dari partai mana ya

  61. mau bulan bulan puasa lho…
    siapkan hati pikiran perasaan dan makanan
    met ramadhan

  62. ayo…puasa…
    nanti dulu pemilunya….

  63. ada pak… partai damai… itu partai mahasiswa dink…

  64. ummm….pilih mana yak???
    Iklannya malah bikin bingung
    hehehehe….
    Kalo yang bawa2 pemenang olympiade matematika, entrepreneur muda “tela krekez” dari Jogja, etc…
    tu juga lumayan
    ngasi liat sisi lain endonesa yang sering keliatan negatif nya doank
    hehehehehe…..

  65. Berhubung partai politiknya jumlahnya banyak sekali saya sarankan berpikirlah DELAPAN kali sebelum menentukan pilihan… hihihihi

  66. 66 niez-nya adit

    saya sama adit-ku sayang paling suka nyela2 iklan Gerindra…abisnya aneh…”Gerindra…Gerindra…Gerindra…” 😆

  67. oh… udah mau pemilu toh? maap, kelamaan di hutan, gak apdet berita… hihih

  68. 68 anak mama

    @ akal dan hati :kalo sy Mendingan liat si bolang, daripada liat iklan partai2

    sama anak mama juga..

  69. Mendingan uang milyaran rupiah buat perbaiki sekolah yg hampir ambruk, jadi betul “hidup adalah perbuatan” (halah!)

  70. kalau begini kan yang untung para stasiun TV … dapet duit banyak … panen iklan …
    jadi kepingin mbuka stasiun tv 😀

  71. 71 nana

    iya tuh,, iklan partai demokratnya bagus..

    stasiun tipi pasti dapet duit banyak. apalagi kalok iklannya lama..
    hahahahaha

    kenapa gak pake reality show aja, khusus buat kampanye
    hehehehe

  72. mau pilih partai dari iklan … gak ah, silahkan beriklan sebagus mungkin… lumayan buat pemasukan televisi yang penting … setuju polos!

  73. pepatah mengatakan: “Anjing mengonggong, khafilah berlalu”.. mestinya kita sebagai calon pemilih (nanti) bisa pandai agar memberikan hak pilihnya tidak berdasarkan iklan-iklan yang menggelegar itu..

    Sama aja kok dengan di negeri si bau kelek ini.. giliran dah mau pemilu, ramai2 ke kampung bagi2 beras dan mengunjungi orang2 kampung… hanya saja blom canggih iklan-nya..masih banyak putar layar tancap dan pasang poster2 yang mengotori umum saja.

    Salam hangat dari afrika barat!

  74. belum ada yang baru lagi ya ?

  75. belum pernah nonton iklannya PKS, penasaran…
    yang sering nonton cuma gerindra… gerindra… gerindra…
    *halah.. puyeng dhe,.. auk ah, yang penting ga golput lagi ntar 🙂

  76. Dah nemu iklan lain belum?

    Saya baru liat yg demokrat dan gerindrda doank di tp.

  77. hemmm…iklannya siy bagus…
    tapi ga suka aja ma partai2 yg banyak banget dan bikin pusing 😀

  78. Suster Apung jadinya milih parte apaan ya?

    — nguaciirrrrrrrr…….. —-

  79. 79 ramdani1428

    gw juga suka liat iklan PKS. Partai Islam tapi ambil tema nasionalisme, dari pengamatan dan penglihatan sepanjang iklan gak arogan dan gak nonjolin kefiguran atau tokoh tertentu (bpk ketua MPR misalnya). Jadi orang taunya PKS ya partai tok, bukannya partai pak anu, partai ibu anu

  80. 80 ariefdj™

    ..wah, ngomongin partai ya.. sayangnya, aq kudu netral nih.. hehe..

  81. 81 AngelNdutz

    hu uh….yg Gerindra ituh lucu bgt xixixixixixi typ tampil musti ketawa 😛

  82. Kok PAN gak masuk sih?, padahal iklannya dah jedar jedor loh..Milyaran pula.
    Hidup adalah Perbuatan..Apaan tumae..hehehe

  83. 83 dhieeewhe

    terlalu banyak partai
    nikin pusing 🙄

  84. ada lagi tuch..
    partai Hanura nya Wiranto Kang….
    Strategi Prabowo sama persis dengan SBY 5 tahun lalu dalam menarik simpati rakyat…

    Saya pribadi lebih mengunggu Pemilihan Presiden daripada legislatif ntar…
    Lebih enak menilainya..

    -Salam kenal Kang

  85. keren buat partai anak mudanya…sdh saatnya yg muda jg unjuk gigi…tp politik selalu bkn pusing aja..*malas mikir yg berat2*…tp disisi lain jg prihatin sich…hhhmm..muda2han bener2 ada yg bs membawa perubahan menjadi lbh baik buat negara dan bangsa ini..bukan sekedar iklan2an doank

  86. sejak pindah dari asrama, dah dua minggu ga nonton tipi… taunya cuma Gerindra & SB doank 😀

  87. 87 nana

    numpang lewat lagi ya mas..
    mending kalo buat iklan2 gitu
    enakan buat sekolah gratis orang2 yg gak mampu duitnya.
    **halahh**
    sok manusiawi..
    hahahahaha

  88. 88 economatic

    Iklan Partai Majapahit Perkasa ( PMP ) sudah pernah lihat belum? Saya sich belum pernah …..

  89. # 55 afraafifah : blum milih.. masih analisis
    # 56 Riana Garniati Rahayu : iyah hehehe… membawa nama2 asosiasi, kalo sy bagian asosiasi itu mah, sy protes ngak boleh ikut2an berhaluan politik.
    # 57 wahyukresna : iyapz… yah namanya bagian dari kampanye… tapi sy ngak kampanye lho 😛
    # 58 ManusiaSuper : wah ngak mesti golput lho
    # 59 RuleZ : ntar iklannya disimpan, trus pas jadi pemimpin diperdengarkan lagi, supaya ditepati..
    # 60 ma2nn-smile : silahkan dicari…
    # 61 ma2nn-smile : sama2, met ramadhan 🙂
    # 62 ma2nn-smile : ok2,
    # 63 anom19 : hehehe
    # 64 Yeni : yah semuanya bisa dimanfaatkan buat kampanye
    # 65 Gus Yehia : ih kampanye 😛
    # 66 niez-nya adit : hehehe ikut ngakak dah 😆
    # 67 ichanx : hihihi
    # 68 anak mama : he eh…
    # 69 Oemar Bakrie : sip benar banget…
    # 70 yuda harja : wah jiwa entrepeneurnya keluar 😛
    # 71 nana : idenya boleh juga
    # 72 Kurt : hehehe…. mestinya sarana sosialisasi visi misi yakz?
    # 73 Domba Garut! : ternyata semua negara punya kebiasaan yg sama yakz
    # 74 hendra : lagi males
    # 75 galih : liat aja deh.. coba dianalisis gimana?
    # 76 agungfirmansyah : blum liat
    # 77 septy : iyah ntar pilih yg paling bagus visi dan misinya
    # 78 Jiwa Musik : he eh…. lagi dipermasalahkan yakz… tapi itukan iklan personal
    # 79 ramdani1428 : moga ini bukan bagian kampanye
    # 80 ariefdj™ : tulisan ini juga netral dari opini pribadiku
    # 81 AngelNdutz : he eh
    # 82 deen10february : yee… mana iklannya PAN? yg ada iklannya SB deh.. 😛 bedakan iklan partai dan iklan pribadi 😛
    # 83 dhieeewhe : cari salah satu lewat hitung kancing
    # 84 Rully Patria : salam kenal balik… oh iya, hanura tapi udah lama… yg baru ada ngak?
    # 85 sarahtidaksendiri : weh… menjurus ke salah satu partai nih 🙂
    # 86 Dhimas L N —- (^-^)v : he eh…
    # 87 nana : idenya fantastis 🙂
    # 88 economatic : ada toh partai itu?

  90. iklannya PKS yg kayak iklan rokok itu yang di sini ini ya?
    http://jp.youtube.com/watch?v=rLBTwAObiGg

  91. Ikaln boleh sebagus apapun yang penting jangan lupa akan janji2 yang telah diucapkan
    dan jangan hanya menjadi janji2 palsu

  92. wah mending nonton bolang ama laptop si unyil dari pada nonton iklan partai..
    palagi yang ada backsound nya itu lo, lucu heeee gerindra 3x …..

  93. Iklan itu cara paling efektif untuk mempengaruhi pola pikira manusia,

    Salam

  94. mmmh fox indonesia emang pinter bikin iklan. gambarnya indah, nasionalistis sekali. hehehe

  95. Dipilih dipilih 😉

  96. motto kok “hidup adalah perbuatan”
    ne’ ora berbuat yo turu

  97. Laris manis tanjung kimpul
    duit habis, pemilu unggul

    mungkin itu kali ya tujuan mrk2 ngiklan 😆

  98. # 90 Yan9n : terima kasih linknya, sy update 🙂
    # 91 Ngintip Karakter : sip.. seperti itulah. setidaknya visi misi mereka tersampaikan dan diwujudkan 🙂
    # 92 bolang.ST : he eh 😀
    # 93 Iman Kristen : iyap… jadi salah satu media kampanye kah 😀
    # 94 aklam : iyah yos…. saya liatnya kayak iklan rokok itu menarik banget..
    # 95 Jauhari : pilih siapa mas?
    # 96 adlyrafahiy : he eh.. trus moto paling bagus apa?
    # 97 yodama : iyapz…. yah namanya kekuasaan, siapa yg ngak mau 😀

  99. 99 diana

    dasar arul..
    nemu aja topik2 yang mengundang komen..
    ak ga tau iklan2nya rul,,
    jarang nnton tv..
    paling cuma gerindra..
    🙂

  100. Gerindra kayakya lebih kena gaungnya..namanya lebih catchy..GERINDRAAAA…diulang-ulang pula

  101. No Comment lah
    Itung2 tambah backlink ajah.
    heheeheheheh

  102. 102 shenie

    iklan gerindra kok gada ya di mana2??
    lagi butuh nihh..ada info??
    thx u

  103. 103 beour

    jangan ampe ketipu iklan bagus yak!
    semua kecap pasti menyebut dirinya kecap No.1

    jangan jadiin iklan televisi sebgai rujukan kita untuk memilih.
    karena yang dilihat hanya citra. bukan realitasnya.

    partai nyang duitna banyak tentu sanggup bayar mahal konsultan periklanan, advertising agency berkelas yang bisa bikin iklan bagus dan meyakinkan penonton TV yang tak lain adalah target dulang suara partai.tapi duitnya banyak dan iklannya bagus belum tentu peduli ma rakyat loh.

    kayak orang jualan aja ya partai2 ntuh. main simbol, mainin citra. kenyataannya?
    siapa yang tau ternyata di balik layar televisi mereka yang kita pilih ntar enak-enakan duduk di kursi empuk lupa ama pemilih, main perempuan. huwh…SUCKS!!

    mup ye…
    aku udah pesimis ama partai. percuma cape2 menilai iklan partai. mau bagus mau kagak
    pembahasan baru bisa dilakukan setelah pemilu dan kita lihat kerja mereka. matching nggak tuh ama jargon yang digembargemborkan di iklan dan yang dulu dijejelin ke mata penonton.

  104. 104 tania

    ehehehe saya ko gemes ya sama suaranya iklan partai gerindra pas ngomong “gerindraaaaa” yang tegas tapi menakutkan itu hihihi. btw, kalo mau download2 iklan partai dimana ya? makasi 🙂

  105. 105 INDRA RR

    SO BAGITU KALO IKLAN SEMUA UJUNGNYA KAN UNTUK DAPET MASSA YANG BANYAK IYA KAN

  106. Ya….iklan2 yang menggetarkan hati memang. Terutama iklannya SBY tuh tentang akankah Indonesia tetap kuat dan berdiri.

    Tapi kalo aku melihatnya hanya sebagai ajang promosi partai kepada seluruh penduduk Indonesia. Belum ada suatu tindakan konkrit partai2 tersebut kepada masyarakat. Lihat saja, di dalam tubuh partai2 tersebut tidak malu saling berebut untuk menjadi ketua umum partai, dan yang lebih membuat miris yang kalah bakal tidak mau mengakui kekuasaan yang menang.

    Trus..bukannya duit buat iklan itu mahal bgt, milyaran lho… bayangin berapa sekolah yg bs memiliki gedung yang layak buat belajar, berapa banyak keluarga yg anak2 nya menderita kurang gizi yg bakal tertolong, berapa banyak petani dan nelayan yg bakal terbantu untuk melunasi utangnya kepada para rentenir dan memulai hidup baru.
    Sangat banyak orang2 yg bakal terbantu..dan juga tidak menutup kemungkina hal itu jg dapat sebagai ajang promosi partai.
    Bukankah hidup adalah perjuangan? (iklan PAN yg sangat bermutu dri segi frase)

    🙂

  107. oia, Gua setuju sama pendapatnya “Beour” tentang jangan hanya melihat partai tersebut dari iklannya saja.
    Tapi kita semua jgn jadi pesimis sehingga jadi Golput ya…Pilihlah yg sesuai dengan hati nurani mu,ok!

  108. bang bisa informasikan g biro iklan yang buat partai2 tersebut..q udah cari ngak ketemu2..q mau tau budget yang dikeluarkan n tim kreatif mana yang buat iklan tersebut…(terutama partai gerindra)…

  109. PArtai yang makin banyak bikin iklan di TV, makin jauh dari pilihan saya…

    Coba pikir duit segitu banyak buat biaya iklan darimana asalnya..? Dan gimana cara ngebalikinnya…? KORUPSI…!

  110. Saya paling nggak sreg sama iklannya demokrat yang nonjolin turunnya harga BBM … kalau buat orang yang suka ngecek bloomberg.com respon pemerintah kita lambat dan nanggung , 500, 500, 500 … habis itu jadi iklan turun 3 kali, jadi bertanya Adv. Agency nya siapa …

  111. Klo menurut kalian efektif tidak akan iklan partai politik dalam merekrut anggotanya..

  112. PKS memang partai pilihanku…
    Brovo PKS!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: