Ekspresi Kemerdekaan

17Agu08

16 Agustus 2008 sehari menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-63. Tak ayal lagi seluruh lapisan mayarakat Indonesia merayakan. Usia kemerdekaan yang tidak bisa disebut muda lagi, kalo diukur usia manusia sudah memasuk orang tua yang memiliki cucu-cucu yang artinya dalam kondisi dewasa yang mestinya sudah memiliki jati diri yang kuat yang bisa disebarkan ke dalam hati-hati para rakyatnya.

Masyarakat di kompleks kost saya bersiap dari jauh hari, baik itu perlombaan maupun agenda2 lainnya. Itu baru warga di RT saya, belum lagi di RT-RT lain, masing-masing memiliki tradisi sendiri mensyukuri 63 tahun kemerdekaan bangsa ini, sejak dibacakannya Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Malam ini saya menelusuri jalan-jalan di sekitar kampus juga sudah ramai warga-warga guyub ngumpul dalam melakukan tasyakuran. Ada sebuah RT aja menyediakan panggung seperti halnya mau melakukan event besar dengan sound system yang wah. Itulah ekspresi warga sekitar kost saya dalam memaknai hari kemerdekaan untuk bersyukur dan berdoa atas nikmat kemerdekaan yang telah didapatkan selama ini.

Besok (17 agustus 2008), lomba panjat pinang dan lari karung merupakan dua buah perlombaan yang hukumnya wajib ada ketika perayaan tujuhbelasan di kampung dan kota. Apalagi lomba makan kerupuk biasanya selalu ada. Lomba tarik tambang pasti selalu juga diminati. Ah nikmatnya Indonesia ketika kita bisa bersatu dan bercengkrama bersama-sama dalam lomba-lomba itu. Ketawa, semangat, dan berusaha dalam mendapatkan nilai kebersamaan. Itulah ekspresi kemerdekaan kita.

Belum lagi kampus saya, jauh-jauh hari sudah memasang bendera, umbul-umbul, spanduk, banner dan lain-lain yang memeriahkan 17 agustus kali. Ada yang besar ada juga yang kecil-kecil ayng tersebar banyak. Hari H, juga pasti ada upacara peringatan 17 agustus. Sama halnya dengan istitusi lainnya yang masing-masing berharap sebagai yang terbaik dalam memperingati kemerdekaan. Itulah ekspresi mereka dalam ikut merasakan nikmatnya kemerdekaan.

Kalau di stasiun televisi juga termasuk juga media-media cetak maupun radio pasti merayakan 17 agustusan kali ini dengan menyediakan program-program yang mengarah ke sana. Itu juga ekspresi bahagia mereka bisa melakukan hal yang lebih ketika masih di masa penjajahan.

Demikian pula blogger-blogger merayakan 17 agustus kali ini dengan menuangkan ide-ide dalam tulisan-tulisan dalam blog masing-masing, boleh juga dengan menampilkan foto sebagai ekspresi kemerdekaan. Iyah itu mungkin cara blogger menyatakan cinta terhadap tanah air ini. Ekspresi-ekspresi kita yang berbeda namun sama dalam tujuan untuk memaknai hari kemerdekaan ini dengan sesuatu yang berarti.

Setiap tahun saya selalu mencoba menuliskan ekspresi saya dalam merayakan kemerdekaan, jika 3 tahun lalu saya menulis kritikan kita belum merdeka dengan segala keterbatasan negara ini, itu cara saya memperingati hari kemerdekaan waktu itu. Dan tahun lalu saya menulis juga tentang peringatan 17 agustus di negeri orang yang mana saya merasakan sendiri betapa nasionalisme itu sangat kuat ketika kita berada jauh dari negara kita. Seperti halnya seorang pemuda yang merindukan kekasihnya yang tertinggal jauh.

Ekspresi kita berbeda-beda dalam memperingati hari kemerdekaan bangsa ini, cara menikmati kemerdekaan, bagaimana kita mensyukuri, mengisi kemerdekaan, membaktikan diri kita buat bangsa, masing-masing memiliki cara tersendiri. Saya percaya masing-masing kita memiliki cara yang terbaik, dan saya menghargai cara anda untuk menikmati kemerdekaan ini.

Mari jadikan peringatan kemerdekaan bangsa kita ini sebagai ajang untuk meningkatkan nasionalisme kebangsaan yang senantiasa mengabdikan diri buat bangsa. Hidup Indonesia Raya!

Dirgahayu negeriku
Merdeka Bangsaku
Aku padamu
untukmu selalu

17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2008

Bagaimana dengan anda? Anda juga punya ekspresi tersendirikan?

Iklan


72 Responses to “Ekspresi Kemerdekaan”

  1. Sekali merdeka tetap merdeka

    MERDEKA

  2. Yup…
    Sekali merdeka tetap merdeka.
    Tapi…merdeka seperti apa yang kita punya?

  3. Merdeka!!!!!!!

  4. 4 azaxs

    Wes pokoe MERDEKA kang!!!

    Ga melu Upacara ta kang? mrgreen:

  5. 5 azaxs

    sorry ketrucut kang… :mrgreen:

  6. merdeka mas……

  7. 7 ulfa_keren

    Arulll…
    Tetep deh…>.<

  8. Merdeka!!

  9. merdeka bang!
    semalem jugax pada begadang di tiap RT….ada yang syukura sambil nongtong pelem bareng….pokokna, merdeka tetep merdeka!

  10. Merdeka !!!

  11. ya itu tadi cak arul… mengheningkan cipta, berdo’a untuk indonesia dan bersyukur atas kemerdekaan kita.

    thanks cak…

  12. saya belum merdeka dari nafsu 😦

  13. # 1. kucluk : MERDEKA juga 🙂
    # 2 Aki Herry : setidaknya perasaan merdeka buat diri sendiri sehingga kita berbuat seperti sekarang ini 🙂
    # 3 Anang : yoi
    # 4 azaxs : yoi merdeka 🙂 ngak, tadi ada acara juga pagi, cuman malam ikut cangkruk sama warga yang ngerayain.
    # 5 azaxs : :mrgreen:
    # 6 aziz : sama2
    # 7 ulfa_keren : he eh hahaha yah gitu deh 😆
    # 8 gajah_pesing : Merdeka juga bung!!
    # 9 Abeeayang™ : merdeka juga, sama dunkz 🙂
    # 10 Fikar : sama2 🙂
    # 11 r1d0 : he eh 🙂
    # 12 nothing : puasa dunkz 😀

  14. tiap orang memiliki cara yang berbeda2 untuk memaknai kemerdekaan negeri ini cak arul, dan anda menghargai itu.. semoga semua orang bisa menghargai pendapat yang lainnya seperti anda… salut cak !

  15. Semoga Perubahan yang kita inginkan akan terwujud di tahun berikutnya

    SELAMAT ULANG TAHUN PROKLAMASIKU

  16. sekali merdeka tetap merdeka..!!!:)

    moga2 bisa memaknai kemerdekaan ini..:)

  17. 17 nana

    merdekaaaa…

  18. Met ultah negriku,.. mari kita para blogger melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan cara modern namun tetap berakar pada budaya nasional.
    Mas Arul, itu link “negeri orang” isinya salah lho.. 😀

  19. # 14 gunawanwe : iyah bang seperti itu adanya 😀 terima kasih bang 🙂
    # 15 Gelandangan : amin, selamat juga 🙂
    # 16 bhagas : merdeka, amin… semoga selalu dimaknai dan ditindaki 🙂
    # 17 nana : merdekaaaa… juga
    # 18 Jiewa : sama mas jie…. semoga kita bisa melakukan terbaik…
    oia linknya emang sengaja ngak ada link, coba baca tulisannya 😀

  20. 20 silas

    Merdeka buat semuanya!!!

  21. Ada kang, malam 17-an-nya itu. 😛

    Paragraf terakhir di entry blog saya~

  22. turun kan BBM… Lho kok….

  23. Hidup indonesia……mati koruptor…..! MERDEKA…..!

  24. Nasionalisme, memang dia bentuknya abstrak.. ada orang yang datang dengan nasionalisme meluap-luap sehingga membuat banyak mereka disekitarnya menjadi gerah.

    Terlepas dari itu semua, sedianyalah setiap anak bangsa memiliki dan mengkritisi rasa/kada nasionalismenya dari waktu-ke-waktu sebagai systems-check apakah diri ini sudah begitu patriotis dalam mempertahankan bela bangsanya.

    Semoga tulisan ini menyentuh banyak jiwa2 muda diluar sana yang sudah luntur dengan nasionalismenya agar kembali bersama membangun bangsanya, kalau bukan kita – ya siapa lagi?

    Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari kita-kita yang sedang membantu membangun kembali nasionalisme sebuah bangsa yang baru saja bangkit dari porak-poranda.

  25. Merdeka!!!!

  26. Oke mas… merdekaaaaaa….!

    saya rayakan dengan berdo’a syukur pada upacara 17-an yang kemarin berjalan dengan khidmat sekali di skul saya.. jadi terharu mas!

  27. merdeka…..Allahu Akbar !!!!!!!!!!!

  28. Merdeka mas Arul!
    Mengisi kemerdekaan dengan memulai dari hal sekecil apapun namun segera, dengan niat demi kemajuan bangsa

  29. iya bang, ekspresi itu diwujudkan dengan cara yang berbeda-beda.. tp ironisnya bang, coba ente baca kompas di kolom opini hari ini dan kmrn, mgkin akan bertahan smpe bbrp bln kedepan jg.. smua tulisanya berupa sebuah negasi dari kemerdekaan yang hakiki.. yah, mgkin kita sama bang dgn mereka.. tetap harus bergerak wlopun kita masih dijajah scr sistemis melalui berbagai cara modern.

  30. melakukan hal kecil tapi bisa berguna besar buat orang lain… 🙂

  31. ah.. dari tahun ke tahun keknya potret indonesia belum banyak berubah.
    tapi saya nggak menyalahkan keadaan.. yang penting adalah bagaimana kita menyikapi keadaan bangsa ini untuk terus berkarya..
    kalau bukan kita generasi muda, ditangan siapa lagi bangsa ini bisa maju…

    *17 agustus saya hanya tidur, dirumah, denger musik, blogging..
    Betul2 bukan warga negara yang baik 😀

  32. Bangkit Negeriku
    Harapan itu Masih ada!

  33. MERDEKA ATAU MATI!!! 🙂

  34. Merdeka. Apa memang kita sudah merdeka ya pada pikir dan tindakan, atau hanya proklamasi untuk bangsa dan negara?

  35. setidaknya ada banyak cara untuk merayakan kemerdekaan ya kang,, !!

  36. di kampusku juga masang umbul2

  37. walah, saya malah ndak merasakan gempitanya kemerdekaan di Bali.
    serius kerja praktek soalnya :mrgreen:

  38. # 20 silas : merdeka juga
    # 21 Goenawan Lee : ooo
    # 22 shiro : harga minyak bumi udah turun,tapi BBM ngak bakalan turun 😀
    # 23 cinker : merdeka
    # 24 Luigi Pralangga : wah nasionalismenya mantap sekali mas
    terima kasih sudah berkunjung
    harapannya semoga terwujud
    # 25 imcw : Merdeka juga!!!!
    # 26 gempur : wah enak yah bisa upacara
    # 27 udin : merdeka…..Allahu Akbar !!!!!!!!!!! juga
    # 28 Rita : merdeka bu, iyah bu benar banget
    # 29 fauzansigma : nanti saya liat…
    # 30 My : sipz benar banget 😉
    # 31 easy : wah kita sama2 berjuang
    # 32 achoey sang khilaf : iyah.. kita dukung
    # 33 RuleZ : merdeka
    # 34 Ersis Warmansyah Abbas : kita merdeka dalam menulis blog 😀
    # 35 zoel chaniago : iyap
    # 36 hanggadamai : sama dong
    # 37 ghaniarasyid™ : weh… sekitar rumah atau kantor masa ngak ada ? :mrgreen:

  39. MERDEKA……….!!!!!!

  40. Merdeka ato mati?? Apa ya enaknya? He2008x

  41. walah ..aku ketinggalan kereta……..teriak dulu..Merdeka!

  42. duh… saya telat! 😉

    Merdeka!, semakin tambah dewasa dan bijak menatap masa depan

  43. hmm.. kalo aq d sini merdekanya gak krasa banget…

    imediabiz.tv jg lg d blokir jd g bisa liat tv Indo hiks..

    tp ttp bersyukur n berdoa smoga smua persoalan bangsa bisa sgera trselesaikan n dunia blogger jd bisa smakin maju (lohhh doanya gak nyambung rekkkk :mrgreen: )

  44. merdeka ! dan kerjaan merdeka kita masih banyak.

  45. Ass.
    Mas Arul, Aku tertarik sekali dengan blog Anda. Aku baru saja mulai belajar ngeblog. bolehkan kan kalo aku belajar sama Kamu. Tolong dong aku diajari. Klo aku ngopi dari artikel2 mu bolehkan, soalnya ku belum punya banyak bahan.
    Klo boleh aku kan menganggapmu kakakku. Boleh gak?
    Soalnya ku memang anak pertama.
    Mas tolong yaa kunjungi blog ku / kirim email ke aq
    kasih aq masukkan, saran dong.
    Makasih yaa mas.
    terus terang ku belum bisa berbuat apa2
    pengetahuan ku masih sedikit bgt.
    Makasih yaa mas ……
    Wassalamu’alikum.

  46. Bukannya “kemerdekaan” kita baru 10 tahun setelah reformasi?? Dulu… sewaktu Hongkong masih dijajah Inggris, rakyat Hongkong jauh lebih bebas mengkritik pemerintah Inggris dibandingkan rakyat kita jikalau mengkritik pemerintahan orde baru !!

    Ternyata “merdeka” tak selamanya lebih bebas ya?? Huehehehe… :mrgreen:

  47. 47 thegands

    MERDEKA!!!!!!!!!

  48. Merdeka kang….
    mudah2an indonesia bisa maju…….

  49. Aaah emang cumen aQ yg menderita pd perayaan 17an

  50. 50 mastal

    siap grak, hormat grak

    🙂

  51. ah, saya bukan termasuk salah satu orang yang “memperingati kemerdekaan”..

    buat saya, semua “simbol-simbol” itu ndak penting..

    saya lebih suka memaknainya, dan berbuat merdeka serta berusaha memerdekakan.. setidaknya untuk diri sendiri.. 🙂

  52. Ekspresikan pada hal-hal yang positif pak Arul

  53. # 39 mymoen : MERDEKA………juga .!!!!!!
    # 40 Frenavit Putra : Merdeka dong 🙂
    # 41 konsultasi kesehatan : keretanya baru sampe koq 😀
    # 42 peyek :merdeka, amin mas 🙂
    # 43 kindy : saya tetap mengaminkan 🙂
    # 44 dadan : iyah kerjaan masih byk 🙂
    # 45 Bangun Watono :waalaikum salam. silahkan dengan tetap mencantumkan sumbernya. silahkan… sebagai sodara sebangsa dan se tanah air 🙂
    sukses terus buat kamu 🙂
    # 46 Yari NK : tapi nyatanya bangsa ini bisa melakukan apa saja, prespektif merdeka masing2 orang kayaknya berbeda pak yak 😀
    # 47 thegands : MERDEKA!!!!!!!!! juga
    # 48 afwan auliyar : merdeka, amin 🙂
    # 49 didta : menderita apa? 😀
    # 50 mastal : lagi latihan baris berbaris di blog? 😀
    # 51 zam : ekspresi merdeka masing2 orang emang berbeda2 😀 seperti zam inikan juga 🙂
    # 52 laporan : iyah benar banget pak 🙂

  54. Salam Merdeka…

  55. salam merdeka, mas aRul, semoga kemeriahan agustusan tidak mengurangi makna kemerdekaan yang sesungguhnya!

  56. Kemerdekaan telah diproklamirkan, tapi apakah sudah sepenuhnya dirasakan!

  57. Bangsa yang berdaulat kali ya mas, tapi merdeka? Mas Arul pasti juga punya jawaban sendiri mengenai hal ini 🙂

  58. Hormat Grak…Salam Merdeka…

  59. Pokoke Sekali Merdeka
    Tetep Merdeka !!!

  60. merdekaaaaaaaaaaaaaaa (teriak)

  61. merdeka !!! bersatu kita teguh,bercerai…kawin lagi..waaakkkksss…horreey menang ni lomba balap karung !

  62. Merdeka atau mati buat saya masih sama …

  63. # 54 Armand : Salam Merdek lagi….
    # 55 Sawali Tuhusetya : salam merdeka juga, semoga pak 🙂
    56 qizinklaziva : anda belum merasakan kemerdekaan?
    57 undercover : iyap begitulah mas 🙂
    # 58 Armand : merdeka lagi…
    # 59 goncecs : Merdeka!!!
    # 60 okta sihotang : merdeka juga 🙂
    # 61 fien prasetyo : ada ada saja 😛 selamat 🙂
    # 62 Rindu : koq sama sih… mending merdeka, bisa melakukan apa saja 😀

  64. fotonya mana???

    TANPA Foto yang penting tetep MERDEKA!!!

  65. fotonya mana???

    TANPA Foto yang penting tetep MERDEKA!!!

  66. 17 Agustus 2008 …
    MERDEKA !!!
    bertepatan dgn dirgahayu RI ke 63, sy juga me-launch weblog yg baru ..he..he…he…
    biar ‘nampak’ bersejarah … 😀

    – – –
    yuda harja
    – – –

  67. dirgahayu negeriku

    MERDEKA… [baik secara de-jure maupun de-facto]

    😀

  68. saya merasa belum merdeka… 🙄

  69. # 64 ndop : ngak ada camera jekz… 😛
    # 65 ndop : idem
    # 66 yuda harja : kayak cucunya sby aja 😛
    # 67 yodama : merdeka atas segala-galanya 🙂
    # 68 cK : ada masalah toh, sampe blum merdeka? :mrgreen:

  70. I like what you guys are up too. Such intelligent work and reporting! Keep up the excellent works guys I’ve incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my website :). “Blessed is he who has found his work let him ask no other blessedness.” by Thomas Carlyle.


  1. 1 Jembelisme Media
  2. 2 Membandingkan Iklan Partai Politik « Insan Perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: