TPC Nandur Mangrove

Hari Sabtu ini (26/07/08), saya menghadiri salah satu kegiatan Komunitas Blogger Surabaya, tugupahlawan.com untuk berpartisipasi nandur mangrove di daerah Wonorejo, Surabaya. Kegiatan ini dalam rangka memperingati “Hari Mangrove Sedunia” yang jatuh pada tgl 29 Juli 2008 oleh SAMPOERNA FOUNDATION mengadakan Penanaman Mangrove 15.000 pohon. Acara ini dihadiri oleh Bapak Walikota Surabaya Bambang DH.

Bersama Wali Kota Surabaya
Tugupahlawan.com dan Walikota Surabaya, Bambang D.H.

Banyak elemen-elemen masyarakat Surabaya yang hadir, dari pemerintahan, swasta, sekolah, perguruan tinggi, seperti ada dari tugupahlawan.com *off course lah*, Teknik Lingkungan ITS, Siklus ITS, STIKOM, Fasilitator Lingkungan Surabaya, Green Clean Surabaya, Peserta Best Student Sampoerna 2008 yang salah satunya fajrin adik kelas SMA saya kuliah di IPB, dan banyak elemen yang datang, rame banget pokoknya.

Saya dan teman-teman yang berada di tempat pembukaan acara untuk menuju tempat penanaman mangrove, terbagi 2 kloter keberangkatan menuju tempat nanam Mangrove yang berjarak kurang lebih 1/2 jam PP itu menggunakan boat/perahu motor. Kloter pertama teman-teman berangkat duluan, karena kepenuhan akhirnya saya dan beberapa kawan TPC, tertinggal.

Lama juga menunggu antrian selanjutnya akhirnya mendapatkan perahu karet, yang lumayan elit, soalnya ada makanannya (VIP bo!). Di perahu karet tersebut bersama 2 ibu-ibu dari Fasling (Fasilitator Lingkungan) Surabaya, lucu-lucu dan rame-rame deh cerita-ceritanya apalagi ada mbah sangkil, dengan gaya sudah siap turun nanam dengan sepatu bootnya *Perhatian bahwa mbah sangkil satu-satunya yang mengikuti aturan dari angki untuk membawa sepatu boot 😀 *.

Tapi sayang, karena kita berada di kloter kedua, hampir semuanya sudah ditanami, cuman anggota TPC kloter pertama yang sempat membenamkan mangrove itu, karena ibu-ibu yang bersama kami tidak mau turun *alesan aja, kita juga pengennya cepat balik* akhirnya cabut juga, soalnya sudah tertanam semua kayaknya.

Sampai di tempat pembukaan acara ini lagi, foto-foto bareng Pak Walikota Surabaya, Bambang DH menggunakan banner tugupahlawan, Kampanye Ikut Peduli *design by mbahsangkil*.

Harapannya sih kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan selalu dilakukan, dan masyarakat semuanya ikut berpartisipasi untuk menjaga lingkungan.

Nandur Mangrove
Nandur Mangrove
Ada saya disitu (dari kameranya khucluk)
Ada saya di situ (dari kameranya khucluk)

Anggota TPC yang hadir : Raden Mas Angki ( Koordinator paling mantep deh, sambil tepuk pundak), Jude Angel, Edward Lie – Jude Pren (Nggarai merinding), aRuL, Dion, Mbah Sangkil, Jumari Hidayat, Khuclukz, Shei , Abdul Ghofur, Mirza aMingwati, Auliaziz, Udin, dan Indarta Harviansyah

NB : besok masih ada kegiatan peduli lingkungan lagi, baca tugupahlawan.com lebih lanjut.

Posting dan foto-foto terkait :

Diterbitkan oleh aRuL

blogger, netizen, engineer wanna be, sometimes as a trainer, and maybe a consultant for anything

65 tanggapan untuk “TPC Nandur Mangrove

  1. sekalian hetrikz di blog sendiri….. sy akan update fotonya deh, biar banyak dan fotoku juga ada *di atas sy ngak keliatan* 😀
    sama posting2 terkait nanti akan diupdate. 🙂

  2. Wah sip tenan… Mantafff.. Semoga komunitas bloger kota lain gag hanya makan2 dan ngobrol2 doang.. Kita tunjukkan sumbangsih kita sebagai Warga negara Indonesia yang peduli…

  3. salut dengan aksi temen2 bloger surabaya, mas aRul. langkah ini setidaknya bisa membantu ikut menyelamatkan bumi dengan cara yang murah dan praktis. semoga mayarakat luas iktu melakukan aksi ini secara kolektif. sip!

  4. Assalamualikum wr.wb..
    wah..saya salut dengan kegiatan penanaman mangrove itu. boleh tuh organisasi kami diajak untuk ikut serta..oiya, di kesempatan ini saya ingin mengajak juga teman-teman mas yang di its kalo ada yang berminat bekerja di bidang IT kami membuka lowongan untuk staf webmaster dan staf jelpdesk. untuk iformasi lebih lanjut bisa dilihat di almuslimsurabaya.wordpress.com

  5. Sebuah upaya yang patut didukung. Kerusakan habitat hutan mangrove akan banyak makhluk lain yang dirugikan. Padahal disana merupakan tempat pembiakan beberapa jenis hewan. Selain itu juga sebagai pencegah abrasi pantai, sebagai penahan gelombang laut, dsb. Pendek kata bahwa hutan mangrove memang layak untuk dilindungi demi kelangsungan hidup banyak makhluk hidup.

  6. Mulailah untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi terutama bagi mereka yang sudah punya kendaraan sendiri. Kalau hutan bakau kita (mangrove) dirusak oleh hujan asam (acid rain) yang berasal dari asap knalpot kendaraan kita sendiri, ya sama aja oblong! :mrgreen:

  7. saya suka kegiatan2 seperti di atas, semoga pelan2 jadi contoh dan ditiru, tuk mencintai alam karena kita yg membutuhkan alam bukan sebaliknya

  8. salam kenal mas, blogwalking nih, mbil numpang baca2, kunjungi blogQ juga dong, n tolong ditinggalin koemntar, oh ya, boleh tukeran link ga ‘ ? kalau boleh tolong langsung direview di blogq ya di http://tpers04.co.cc, ninggalin komen di blogQ gitu, mkasih, mohon kunjungannya.

  9. mkasih nih mas, oh ya, boleh tukeran link ga ? kalau tag claoud, cari aja di om google, di seacrh engginnya di tulis, flash tag cloud wiget plugin, oh ya, kalau boleh tukeran link, tolong direview lagi ke blogQ ya, maksih.

  10. Penanaman Mangrove 15.000 pohon membuat dunia kita semakin hijau, apalagi saat ini banyak informasi bahwa es dikutub utara akan mencair dengan cepat dikarenakan global warming. Dengan adanya penanaman ini saya harap agar terciptanya kondisi bumi yang nyaman untuk ditinggali.

  11. # 4 kucluk : ada di foto2 yg lain 😀
    # 5 Dhimas : semoga
    # 6 gandhi : huahahaha 😆 iyah2 sama2 mas
    # 7 det : sip2
    # 8 fenny : ok2
    # 9 Anang : lain kali kudu ikut
    # 10 aziz : luas 😆
    # 11 Sawali Tuhusetya : terima kasih pak semoga
    # 12 Dimas : ayo ikut
    # 13 ndöp : lain kali ikutan lho 😛
    # 14 smasaski : berharapnya gitu 😀
    # 15 Laporan : thx
    # 16 itikkecil : thx
    # 17 uNieQ : thx.. ada deh 😛
    # 18 realylife : amin…
    # 19 Angki : halah 😛
    # 20 Taktiku*** : iyap
    # 21 ghaniarasyid™ : lain kali ikutan lho
    # 22 firman : waalaikum salam iyah kita juga ikut programnya…
    # 23 Harjo : iyah pak, seperti itu yang kita harapkan
    # 24 Gelandangan : terima kasih
    # 25 kurniawanto : thx kur
    # 26 Mas Kopdang : sipz
    # 27 bccers : thx
    # 28 dhany : lain kali ikutan lho 😛
    # 29 smasaski : ok2
    # 30 peyek : amin
    # 31 baliazura : iyapz
    # 32 wennyaulia : iyap
    # 33 Anas : sayang lho ngak datang 😀
    # 34 edratna : Amin… bu
    # 35 okta sihotang : terima kasih
    # 36 Catur Setiawan : gabung nyuk 😉
    # 37 ardianto : cari yang lain…
    # 38 Yari NK : tapi setidaknya menanam juga memberikan ruang hidup lho pak
    # 39 cempluk : benar banget pluk
    # 40 Elys Welt : iyah
    # 41 Menatapmu : silahken 😛
    # 42 aLe : iyap
    # 43 yuswae : thx 😛 dolly ngapain? mau ikut 😛
    # 44 hendra : ok2
    # 45 hendra : ok2
    # 46 konsultasi kesehatan : salam knal, ikutan pak dokter
    # 47 hendra : ok
    # 48 rudyhilkya : ok
    # 49 Edi Psw : lain kali ikut pak
    # 50 tintin : lain kali ikut pak
    # 51 budi : bnar banget pak
    # 52 achoey sang khilaf : ok2 thx
    # 53 Rindu : hehehe
    # 54 yellashakti : ayok
    # 55 Ronggo Tunjung Anggoro : iyah dong 😀
    # 56 nenyok : ok2
    # 57 chic : thx
    # 58 azaxs : ok thx
    # 59 hanggadamai : bau apanya 😛
    # 60 afwan auliyar : salam, terima kasih
    # 61 lidya : lain kali ikutan lho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: