Internet Indonesia mahal

14Jul08

Sebuah komentar menggelitik buat bangsa Indonesia dari seorang blogger Malaysia yang memberikan komentarnya di tulisan saya tentang E-learning berbasis blog di sini berikut kutipannya :

Beruang Madu on Rabu, 9 Juli 2008 said: Edit Link

Arul, Saya dari Malaysia, Kuala Lumpur. Sepengetahuan saya bahawa Indonesia itu mempunyai harga talian internet yg nomor dua paling mahal di dunia. Saya baca sendiri di majalah dari inodnesia… kenapa begitu yg, bukankah menggunaan di Indonesia akan bakal tinggi kalau dimurahkan… tidak kah itu bermaksud kebaikkan?? dan ekonomi Indonesia juga bakal berkembang??

salam singgah dari http://www.beruangmadu.com

Terlebih sekarang era teknologi yang semakin luas, terkait dengan peningkatan mekanisme belajar yang sudah menuju e-learning. Bagaimana bisa mengembangkan e-learning yang ada jikalau harga internet saja masih mahal dan belum familiar dengan masyarakat Indonesia. Tapi apakah ini memang terjadi di Indonesia? Ada yang bisa membantu menjawab pertanyaan beruangmadu tersebut?

Terima kasih 🙂

Iklan


77 Responses to “Internet Indonesia mahal”

  1. wew… bloger malaysia saja punya kesan mahal buat internet di indonesia. itu bukti bahwa dalam hal pelayanan publik, negeri kita jauh kalah dibandingkan dngan negeri jiran, mas arul. habisnya, suka konflik malah politik mlulu. jadi ndak peduli rakyat bisa dapat fasilitas net murah atau nggak?

  2. Hebat ya Indonesia … 😀

  3. indonesia banyak duit. makanya harga internet dimahalin…

  4. giliran masalah pendidikan dan pangan pasti mahal2 klo pejabat bayar suap ma hakim nolnya aja sampai banyak 😦 mungkin hukum mati aja yah bagusnya koruptor buat bangsa sengsara aja

  5. Sabar Rul, katanya Menkominfo berusaha untuk nurunin harga inet biar lebih murah.
    sabar saja. kita desak lagi!!

  6. bilang saja begini…
    penyebaran internet di Indonesia sangat pesat, ini akibat tingginya angka pertumbuhan ekonomi. Pemerintah merisaukan dampak yang akan timbul dengan tingginya penetrasi internet itu seperti terbuangnya waktu rakyat indonesia akibat terlalu sering bercengkrama dengan internet. Dari itu Pak esbeye menerima masukan dari analisis kependudukan, teknologi, keluarga berencana, bahkan dari Bapak Pakar kita ruisurio yang mana mereka menawarkan pemerintah menaikkan tarif internet sehingga penggunaannya bisa dikontrol….

    hags hags….

  7. kalo di review, harga layanan komunikasi di Indonesia memang mahal puol, terlebih Internet dan biaya Telepon, kalau ini yang terjadi, jelas E-Learning susah untuk berkembang, padahal informasi adalah unsur yang esensial dalam perkembangan kualitas SDM, tapi bagaimana bisa informasi merakyat kalau harganya saja tidak merakyat.. pemerintah kita seakan membisniskan service(layanan) di negara ini.

    padahal pemerintah bisa saja mensubsidi masyarakatnya dalam segi Informasi dan subsidi ini akan kembali dengan kualitas SDM. jadi semacam investasi

  8. klo di banding negara lain memang mahal harga sekiaan kapasitas sekian

  9. katanya disini murah tapi masih mahal di negara lain. huwaa.

  10. cuma bisa senyum kecut

  11. Katanya juga kecepatan download internet di malaysia 1 mega per detik, apa betul?

  12. wah itu artinya internet di malaysia lebih murah? hebat ya!

    tapi menurut saya korelasinya terbalik antara murahnya tarif internet dengan majunya ekonomi. justru karena ekonomi sudah maju maka bisa menyelenggarakan jaringan internet dengan murah.

    punya uang, apa aja bisa dibeli. ya tho???

  13. sudah mahal aksesnya lelet lagi…uhhh

  14. Yang aku heran ampe’ serang tuh ya …

    Kenapa tarif bicara operator GSM dan CDMA itu jor-joran kalo bersaing, mulai dari yang nol dibelakang komanya ampe’ panjang banget, hingga yang gratis kalo malem …

    Tapi kalo tarif internet gak pernah jor-joran kayak begitu …

    Kenapa ya ???

  15. Yang aku heran ampe’ sekarang tuh ya …

    Kenapa tarif bicara operator GSM dan CDMA itu jor-joran kalo bersaing, mulai dari yang nol dibelakang komanya ampe’ panjang banget, hingga yang gratis kalo malem …

    Tapi kalo tarif internet gak pernah jor-joran kayak begitu …

    Kenapa ya ???

  16. mahal asal kita mampu bayar kan ngga masalah.
    Minyak tanah harga 10 ribu aja tetep pada beli koq 😆

  17. 17 ILYAS ASIA

    pacu terus warnet, dengan semakin banyaknya warnet akan muncul kompetisi yang akhirnya menuju ke murah, walau ada sisi buruknya POLIGAMI, EH.. MAKSUD SAYA MONOPOLI, maaf mas. lagi ingin becanda

    mungkin kita bisa be canda lagi buat beruang madu
    MEMANG BANGSA KITA TIDAK MURAHAN
    TERBUKTI internet Mahal & BERKELAS

    tentu dg bahsa yang santun

    salam thanks
    & Numpang promosi
    ILYAS ASIA / 031 605 608 60 /
    MARKETING MANAJER LBB BCC SURABAYA

  18. saya juga hanya bisa berkhayal, suatu saat nanti biaya internet di Indonesia bakal murah banget. walaupun gak tau kapan…….

  19. emang internet di Indo termasuk mahal….tapi untung saya pake FASTNYET…hehehehe…lumayan neken cost per bulan…udah gitu kuenceng rek!

    http://www.designbyeduard.com
    My personal blog!

  20. seperti crita klasik,
    pada suatu hari seorang pemuda terlibat suatu pembicaraan dengan seorang penarik becak,
    pemuda : pak ke rungkut brapa ?
    p.becak : gojing (lima ribu) mas.
    pemuda : wah mahal bener ? tiga ribu aja pak.
    p.becak : welll, bole deh..
    pemuda : gaul juga lu pak..
    p.becak : jah.. cuma elu kalee yang baru tau
    di perjalanan yang penuh dengan berbagai gaya offroad dan onroad, bahkan sempat aktifkan NOS segala itu si pemuda jadi ketar-ketir dengan gaya nyetir si penarik becak.
    pemuda : pelanin dikit dong pak, serem nih..
    p.becak : apa mas ?? ga denger, putus-putus suaranya
    pemuda : emangnya nelpon?? PELANIN DIKIT WOI !!
    p.becak : ealah.. lu bayar tiga ribu aja minta selamat..

    hikmah dari cerita itu adalah, monopoli dari telekomunilkasi di Indonesia yang katanya sebagai negara berkembang dalam perekonomian ini sudah sangat parah..
    kalo mo pahe.. ya putus-putus lah..
    ya semoga selamat aja..

    *berangkat ke warnet*

  21. 21 Alex

    Ass.

    ntar ganti presiden, ganti tarif…….hehe

  22. Internet Indonesia mahal, karena telkom gak mau rugi. Pengguna Internet Indonesia masih belum terlalu banyak.

    BTW, yg paling mahal nomor 1 negara mana emang?

  23. Tapi warnet disini termasuk murah gak yah?? soale dibandingkan dengan luar negeri yang US$ 3/jam, setauku sih di Timor Leste…. 🙂 ..

  24. emangnya ada yang murah di indonesia???

  25. 25 gunawanwe

    setahu saya memang mahal bung, udah mahal lemot lagi weeewhh..
    jumlah penduduk Indonesia yang”berlebihan” ini kan selalu dimanfaatkan kaum kapitalis atau pebisnis negeri sendiri buat narik keuntungan sebanyak-banyaknya, ntar kalo dah ada saingan baru harganya turun gila2an. Contohnya : Telkom, Indovision dll yg begitu masuk saingan Opsel serta TV kabel lain lgsg deh promosi banting harga (meskipun msh mahal juga)
    So, kayaknya ini hal yang cocok dan Ideal deh utk diperjuangkan adek2 mahasiswa.. terutama utk pelaksanaan pendidikan yg lebih baik.

  26. YA setuju banget denger2 disingapura harga internet flat sekitar 200rb dengan kecepatan yang lebihdari speedy…, tiap bulan ngelus dadaceh dompet…, jebol terus paketannya…

  27. Iya, memang harga jual internet mahal di indonesia. Hal ini karena harga untuk menggelar backbone internetnya mahal.

  28. Tinggi rendahnya harga koneksi Internet tergantung dari banyak hal. Kalau harga tersebut diatur oleh pemerintah maka tidak ada penjelasan lain kecuali: “ya, itu semua tergantung pemerintah”. Tapi jikalau harga ditetapkan berdasarkan ekonomi pasar, maka tinggi rendahnya harga koneksi internet tergantung dari banyak hal. Memang secara teoritis semakin banyak penduduknya, harga koneksi internet seharusnya semakin murah. Tapi ingat, semakin besar suatu negara semakin banyak juga investasinya serta biaya2 pemeliharaan dan lain sebagainya, hal itu juga menyebabkan harga koneksi internet bisa menjadi mahal. Apalagi kalau negara kepulauan seperti kita, untuk menghubungkan antarpulau dengan kabel juga investasi semakin mahal. Ketidakefisienan kerja, korupsi dan rendahnya mutu SDM juga secara tidak langsung ikut melambungkan harga koneksi internet di suatu negara.

    Tapi walaupun begitu, saya juga merasa, seharusnya harga koneksi internet di negara kita ini masih bisa ditekan lebih rendah lagi…… 🙂

  29. itulah, Indonesia!

  30. Sayah setuju Internet dibikin mahal.
    Soale biyar eksklusip.
    Biyar nyang ngernet orang kaya ajah….

    Kalok internet dibikin murah, ntar ndak asik lagee….
    Ndak isa dibedain mana nyang orang kaya, mana nyang gembel….

    *** narsis satire : ON ***

    🙄

  31. wah saya ga bisa bantu

    secara saya kan Sang Khilaf 😀

  32. Boro-boro belajar lewat internet, belajar buku fisik aja masih males.
    Tapi saya setuju kok kalau internet murah biar semua bisa akses, tambah pinter, pengetahuan tambah okeh dan masyarakat Indonesia biar nggak bodoh-bodoh dan nggak di bodohin sama dunia luar.
    Kalau mahal mah masalah waktu aja, soalnya yang punya komputer aja sekarang masih di kota-kota besar, jadi ya gitu deh masih mahal.
    Nanti lah pada waktunya 3-5 tahun lagi bakalan jadi rame harga murah seperti provider hp kita.

  33. iyaaa, ya . kapan Internet di Indonesia bisa gratissss ?
    ayooo kang buatttt

  34. setiap hari pake fasilitas kantor, nggak tahu menahu, urusan bagian Purchasing itu mah, hehehe…… 🙂

  35. g’ mahal mahal banget ko… lebih mahal harga rokok satu bungkus 😀

  36. 36 ahsani taqwiem

    mahal, makanya rela nabung2 bertahun2 buat beli lantop dan berjauh-jauh demi mencari sesuap hotspot

    tabik!

  37. emang masih kurang management dan pengaturan pihak indonesia…
    sama halnya dengan biaya komunikasi pulsa, kita udah mahal bgt, apalagi sms nya.. huhh

  38. tergantung orangnya yang nilai juga sih… kadang dengan harga segitu, sebanding kok dengan yang kita dapet dari internet…. jadi gak salah juga, saya juga gak nganggep bener…. moga ada penjelasan yang lebih baik dari pengelola sistem internet di Indonesia….

  39. emang tch….sudah akses internet mahal, masi juga ngak memuaskan…………..!

    tambah lagi saat2 ini PLN ber ulah….

  40. Bilang ama beruang madu, kalo kondisi Indonesia ga akan terus-terusan begini asal masyarakatnya tau milih pemimpin yang bener ga kacau dan brutal seperti yang sekarang. Mudah2an mulai 2009 biaya akses internet kita bisa lebih murah 😀

  41. harus nunggu berapa taun lagi ya biar bisa murah?

    katanya mo ada internet lewat jaringan listrik. jadi, tinggal colok ke stop kontak bisa internetan sepuasnya. apa masih wacana?

    or kita liat perkembangan WIMAX di Indonesia kali ya??

    -salam-

  42. Pemerintah sibuk sama partainya sendiri-sendiri.. ga pernah mikirin rakyatnya.. jangankan internet, yang kecil seperti petani aja gag diperhatikan.. haks..

  43. Kapan majunya Indonesia kalau segala sesuatu harus di bayar oleh Rakyat…..

  44. 44 arifrahmanlubis

    ini cara pemerintah ngajari kita untuk kuat dan bersegera menjadi orang kaya!

    *awas provokator :mrgreen:

  45. Mungkin kalau dibuat murah, keuntungan Provider-nya sedikit, Mas.

  46. Walah walah…..
    kenapa mahal yah?
    soalnya ehem…
    mungkin pemerintah ndak punya modal buat bangun area wi-fi di tiap tempat nongkrong..
    Hihhhihi…………

  47. 47 azaxs

    Kalo blogger yang jadi presiden, internet harganya murah.. hehe…. 😆

  48. lama tak comment mas arul wah makin siip ae postingane

  49. 49 arifrahmanlubis

    Salam.

    Bro..Numpang pengumuman 🙂

    Download ebook pemikiran Islam, pemikiran umum, biogafi tokoh, Fiqih, Al Quran, Hadist, Novel, Bahasa Arab, Pernikahan dan keluarga Islami di

    http://arifrahmanlubis.wordpress.com/38/

    Hatur nuhun.

  50. 50 rei_psycho d' st★r

    what ??? nomer 2 ?
    nomer 1 nya apa ?

    uda mahal sering lemot lg

  51. # 1 Sawali Tuhusetya :
    iyah seperti itu kali, kita jarang memikirkan pelayanan publik yang prima, lebih sering menyelesaikan konflik. tapi bukannya malaysia juga sering berkonflik internal?

    # 2 Harjo :
    hebat apanya? hebat mahalnya hehehe

    # 3 cK :
    tapi yang banyak duit itu bukan semua masyarakat Indonesia lho.. keadilan di mana yah?

    # 4 Gelandangan :
    wha kalo itu saya sepakat, tapi tindakan KPK akhir2 ini membuat setidaknya orang takut berbuat korupsi. semoga sadar.

    # 5 sofianblue :
    amin semoga terwujud. kita mendesak lagi… semoga program internet masuk desa itu berjalan lancar.

    # 6 rhakateza :
    terima kasih jawabannya
    eh kayaknya bisa jadi alasan satir nih

    # 7 Denny Eko Prasetyo :

    iyah saya sepakat dalam hal investasi kualitas SDM, tapi tetap harus terjaga juga. semoga pemerintah segera mendengar aspirasi kita yah.

    # 8 Ronggo Tunjung Anggoro :

    weh… mahal yakz..

    # 9 Anang :
    hehehe iyah saya anggapnya sih sudah murah, tapi kalo dibandingkan memang mahal

    # 10 galih :
    lebih kecut saya

    # 11 Laporan :
    wha kalosebegitu kencang banget dong.. mau ah ke sana…

    # 12 det :
    berarti Indonesia itu negara miskin yakz?

    # 13 ChaL :
    iyah.. hehehe seperti yang saya alami skrg, leletnya mnta ampun

    # 14 irfanr :
    tunggu semoga cepat jorjoran juga
    emang masih ada monopoli ya?

    # 15 irfanr :
    idem

    # 16 kabarihari :
    iyah yah.. bangsa ini emang ngak tau mo dibilang miskin ndak juga, mo dibilang kaya ndak juga

    # 17 ILYAS ASIA :
    bukan warnetnya kali yang digenjot tapi provider penyedia akses internet gitu mas

    # 18 itikkecil :
    amin, kita berdoa bersama

    # 19 vindodesign :

    masa sih? ntar kalo mo coba pake fastnet gitu?

    # 20 irdix :
    wah ceritanya menarik, berarti masih ada monopoli dalam penyediakan akses internet yah?

    # 21 Alex :
    ganti tarifnya jadi mahal apa jadi murah nih?

    # 22 Fajar GM :
    iyah mungkin yah seperti yang dibilang mas irdix,
    kalo negara no 1 mungkin timor leste?

    # 23 fisha17 :
    nah itu, mungkin peringkat pertamanya timor leste

    # 24 qizinklaziva :

    hehehe yang murah? banyak…
    harga diri kayaknya murah tuh hehehehe

    # 25 gunawanwe :
    terima kasih jawabannya, semoga pemerintah mendengarkan semua ini…
    semoga juga mahasiswa memperjuangkan hal seperti ini.

    # 26 Jazili :
    hehehe, wah walau negara kaya, tapi internetnya murah yah…

    # 27 dana :
    berarti penyediaan internet terkait perlengkapan yang masih mahal yah ?

    # 28 Yari NK :
    terima mas jawabannya, wah ini sepertinya jawaban yang memuaskan.

    # 29 zam :
    wah seperti apa yah itu?

    # 30 mbelgedez :
    hahaha dasar orang kaya

    # 31 achoey sang khilaf :
    ealah merendah lagi

    # 32 evelynpy :
    harapan kita samasemoga amin 😉

    # 33 realylife :
    kita berdoa saja semoga pemerintah memberikan perhatiannya

    # 34 Yoyo :
    hehehee, coba ditanya kantornya banyak buat internet berapaan?

    # 35 zoel chaniago :
    yah pembandingnya salah mestinya sama2 harga internet negara lain

    # 36 ahsani taqwiem :
    iyah…. hehehe

    # 37 okta sihotang :
    semoga manajemennya bagus nanti suatu saat *suatu saat kapan? entahlah*

    # 38 aze— :
    tapi kalo di negara lain informasi yang mereka dapatkan murah, kenapa indonesia tidak?

    # 39 cinker :
    makin menderita dong bangsa Indonesia ini 😦

    # 40 Adieska :
    amin semoga kita mendapatkan pemimpin seperti itu.

    # 41 yodama :
    nah itu, sebenarnya yg diharapkan, tapi maklum kerja masih2 beda, sebenarnya bisa lewat listrik, tapi kalo misalnya seperti itu maka telkom bangkrut dung
    kita liat saja perkembangan WIMAX

    # 42 Dhimas :

    tapi katanya mereka berpartai demi rakyat, semoga ucapan mereka benar adanya

    # 43 Uyax :
    yah semoga makin maju dah….
    tapi emang semua dari rakyat untuk rakyatkan

    # 44 arifrahmanlubis :
    tapi miskin juga semakin miskin :mrgreen:

    # 45 Edi Psw :
    hehehe, lagi2 masalah keuntungan yakz? hikz hikz..

    # 46 Shei :
    sebenarnya sih bukan wifinya, tapi penyedia provider internetnya

    # 47 azaxs :
    amin….

    # 48 dhany :
    terima kasih dhany

    # 49 arifrahmanlubis :
    weh iklan…. 😛

    # 50 rei_psycho d’ st★r :
    ghehehe no satunya kayaknya timor leste seperti yang dijelaskan di komentar2 di atas

  52. 52 rei_psycho d' st★r

    timor leste ?? anggap aja bagian dari indonesia juga

  53. udah mahal, fakir bandwith lagi.
    jadi senewen. denger2 tarip internet bulan juli ini turun.
    tapi hukum di Indonesia kalo udah naik malu kalo turun lagi.

  54. Salam. Mohon komentarnya di http://achoey.wordpress.com/2008/07/16/tiga-besar-parpol-2009-survey-csis/. Terima kasih 🙂

  55. 55 kakanda

    prioritas “penguasa” saat ini belum pada peningkatan kualitas SDM,
    jadi daripada susah/lama mengembangkan swasembada pertanian (misalnya), mending beli beras, beli kedele, beli gandum, khan akan dapat “komisi” 🙂

  56. 56 kakanda

    prioritas “penguasa” saat ini belum pada peningkatan kualitas SDM,
    jadi daripada susah/lama mengembangkan swasembada pertanian (misalnya), mending beli beras, beli kedele, beli gandum, khan akan dapat “komisi” :), trus jual ke rakyat

  57. Saya sepakat dengan kang Yari…Indonesia negara kepulauan, koneksi untuk onine perbankan saja belum menjangkau seluruh cabang Bank di semua pulau, pulau terpencil yang hanya bisa didatangi naik perahu masih banyak di Indonesia.
    Namun tentunya kita berharap, mestinya biaya internet bisa lebih murah dari sekarang.

  58. Wah kalau hal tersebut bener bagaimana ini kok segala sesuatu yg berbau teknologi dan inovasi kok di anak tirikan ?

  59. pertanyaannya diteruskan ke provider-provider penyedia layanan internet Mas…

  60. Prinsip Ekonomi kayaknya :

    Banyak permintaan, harga cenderung naik
    Sedikit permintaan, harga cenderung turun

    Jadi internet di Indonesia, Tanya kenapa? :mrgreen:

  61. Hmm… bisa banyak hal ya mas ? Kalo menurut saya sich infrastruktur belum memadai, masih ada “numpang”, makanya mahal. Selain itu juga mungkin karena manajemennya diatas sengaja memahalkan ?

    Sementara di luar sudah bersiap-siap menuju teknologi grid internet… disini masih ribut soal mahalnya tarif internet “biasa” 😦

  62. menurutku ada baiknya juga internet mahal. supaya i-pornography (haha, istilah yg aku karang2 sendiri untuk pronografi dari internet) tidak terlalu menyebar ke kampung2 dan ke daerah2 non perkotaan besar……… tp mungkin alasanku dangkal ya.

  63. 63 si bolang

    hidup indonesia, udah sebagai warna negara indonesia jangan pada ngeluh mending kita didik bibit2 anak bangsa supaya bisa jadi produsen untuk layanan internet indonesia, kebanyakan pemilik saham penyedia internet kan orang luar… 😀

  64. 64 paksi :)

    tenang..

    pak Nuh pasti membuat internet kita jadi murah..

    hidup Pak Nuh!!

  65. Barangkali karena struktur pasar di bisnis internet di indonesia masih sulit bagi pemain baru. Pemain lama terlalu besar modal, integrated dan nyaris monopolistik. sementara pemain baru sulit berkembang karena aturannya tidak mendukung? (CMIIW). Seharusnya ada kaitan dengan bisnis telekomunikasi selular yang sangat kompetitif dan regulatornya berperan.

  66. kenapa internet mahal, karena pemerintah males ngurusnya, susah dapetin duit dari ngebangun jaringan internet, orang ga pake internet masih bisa hidup.
    mending ngurusin listrik, mo dimahalin orang masih tetep butuh.

  67. Internet mahal pasti karena pembuatan jaringan internet di Indonesia membutuhkan biaya yang besar. Kan negara ini terdiri dari banyak pulau 😦 .
    Tapi mungkin gara-gara Pak Nuh jadi Menkominfo ini bisa menurunkan harga internet lho…
    Buktinya beberapa warnet di daerah Gebang tarifnya gila-gilaan, 1.500 perak per jamnya. Speed-nya juga gila-gilaan 😈

  68. – modalnya mahal ya..
    – kontennya banyak dari luar
    – benwit dari luar
    – biar cepet balik modal
    – blm prioritas

    mimpi dl biar murah..dan cepet.. 😦

  69. perasaan, di indonesia apa-apa mahal deh ya. yang murah cuman atu. harga diri bangsa. udah dijual murah. sukanya cuman jadi kacung bagi negara asing. masa jadi tamu dirumah sendiri. apa-apa sudah jadi milik asing, ya kan? gara-gara IMF dulu kan? sekarang juga dia ganti nama trus berusaha masuk lagi lewat jendela. eh kok….
    mestinya b/w internet tuh dibikin gratis..tis. kontennya aja yang mbayar kalo ngambil. kalo liat-liat thok ya gratis…tis. bayangin aja kita lagi masuk bookstore gitu. bayarnya malah diparkiran kan?
    tapi memang aku gak heran sih dengan segala ke-mahal-an di negeri satu ini.
    atu aja yang kita musti sadar nih ciee…. semua salah si kambing (yang asli) hitam juga gembala hitam. penguasa yang gak mihak rakyatnya sendiri, yang gak mikirin bangsanya sendiri. semua serba pragmatis. cuma mikirin perut doang. kepentingan sesaat lagi egois. yang penting aku nyaman, mau orang lain sengsara kek, mati kek….hidup lagi kek, jadi hantu kek….emang gue pikirin, demikian (barangkali) isi hati sang penguasa negeri. biasalah kalau didepan ngomong gimana dibelakang berbisik apa. sama tahu kan?
    rakyat juga musti (sekali lagi) nyadar diri. jangan asal dari luar negeri trus bangga. eh..keceplos.
    aku ngebayangin, andai kita kaya’ iran ya……. disana (yang tak tergantung ama amrik dan kapitalisme liberalnya) sekarang ini listrik cuma Rp 50 ribu buat 3 bulan tanpa meteran. bensin juga cuman seribu perak. nuklirnya tuh…. mbantu banget buat rakyatnya. coba indonesia niru ya…..
    sayang indonesia takut banget sih ama amrik satu itu. bikin nuklir di negeri sendiri takutnya ama orang sono no lewat kacung-kacung anak bangsa (baca: LSM komprador) …. gak nyambung….. ah, yang penting udah ngomong….
    sorrrrri kalo ngganggu….

  70. kayanya emng mahal mas,dengan speed yg masi jauh dari negara laen,y mau gmn lg..:)

    klo yg masalah elearning emng bagus,cm y infrastruktur dibenahi dulu biar bisa jangkau ke pelosok2..:)

  71. 71 nurhadihusna

    internet mahal yach?
    tapi alhamdulillah, saya bisa ngenet gratis di sekolahku. he…he…he….

  72. Pantas org org yang bekerja di bidang telekomunikasi dan jaringan internet ini pada kaya2 yach…

    kakak saya yg di telkomsel, dapet bonusnya 2x setahun loh… trus tiap family gathering, hadiah doorpricenya bejubel, dan keren2 lagi, TV PLASMA, TV LCD, TV inci gede, HP keren2 dsb… pokoknya kakak saya selalu dapet tiap family gathering… 😀

  73. Internet di Indo tetap mahal karena para pejabat di atas sana memang tidak ingin Indonesia bertambah pintar. Mereka ingin terus bisa membodohi untuk kepentingan sendiri. Hebat!

  74. 74 Drakula

    setuju ama comment #28 Yari NK, SDM yg kurang bermutu
    ada yg bilang syarat interet bisa murah yaitu dgn memperbanyak konten2 lokal.. tapi sapa yg sanggup perkaya konten jika tarif akses inet msh terbilang mahal ?? lagipula masih banyak warga yg rendah bahkan buta pendidikan. web design, hosting, blogging,dll atau pun sekedar pengetahuan ttg komputer, semua itu membutuhkan pendidikan.
    menurut saya internet bisa murah jika pendidikan yg bermutu dan sikap yg berdisiplin udah merambah kpd seluruh rakyat.tapi kok pendidikan gk bisa merata? apa krn kemiskinan? tapi kok miskin? apa krn ekonomi hancur?? kok bs hancur?? pusing..

  75. 75 12345ga

    bikin infrastrukturnya mahal
    pemerintah punya prioritas untuk ekonomi

  76. 76 bone

    Emang pemerintah Republik Indonesia gak pernah punya niat untuk mencerdaskan rakyatnya (kalo rakyatnya pada piinter ntar gak ada lagi yg mo jadi tki), gw komen begini bukan berarti gw ga cinta sama Indonesia, tapi cinta gw bertepuk sebelah pan.. eh tangan.

  77. Itulah nasib bangsa yg masih blum beres menata hidupnya…disaat di negeri lain..internet cepat murah bahkan gratis..disini masih merayap mahal pula….

    kalo mau coba akses internet alternatif yg relatif murah unlimited cepat silahkan berkunjung ke http://internetcepatmurah.com

    trims… smoga bisa ikut memberikan solusi akses internet yg terjangkau …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: