12 Alasan mempertanyakan kenaikan harga BBM [3]

22Mei08

Tulisan ketiga tentang Kenaikan Harga BBM tahun 2008

Desas-desus kenaikan harga BBM akan segera diumumkan oleh Pemerintah, apakah besok atau entah kapan, saya masih bersikukuh untuk tetap mempertanyakan kenaikan harga BBM ini.

KESEBELAS

Seperti yang dijelaskan oleh Ketua FKS DPR RI di sini terlihat point-point penting yang dibawa oleh Fraksinya sebagai berikut :

  1. Kenaikan BBM naik 30 % bisa menumbulkan eksistensi 79 Triliun di APBN. Kalau dilakukan pemangkasan anggaran sebesar 20 % anggaran kementerian bisa menghasilkan penghematan 20 triliun
  2. Dari pemangkasan anggaran 20 triliun tersisa 9 triliun untuk subsidi hanya untuk kendaraan umum, motor, nelayan dan petani.
  3. Menaikkan pajak kendaraan bermotor pribadi 200 % tergantung dari ukuran CCnya.

Melihat opsi yang diberikan oleh anggota DPR notabene juga mengetahui sistem penganggaran di APBN tersebut terlihat jelas, penganggaran APBN kita berat sebelah, di sisi pemerintah terus memperhatikan 2 titik point APBN kita harga BBM dan subsidi BBM, sedangkan Post anggaran lain tidak dihiraukan, dibiarkan untuk tetap banyak menggunakan APBN.
Bagi saya alasan BBM memberatkan APBN masih blum bisa diterima, Saya sendiri jadi bertanya-tanya, apakah memang BBM yang memberatkan APBN? Bukannya anggaran kementerian dan post-post anggaran lain di APBN yang malah memberatkan, namun tidak digubris?

Menaikkan pajak kendaraan salah satu solusi terbaik untuk tidak menaikkan harga BBM selain itu juga memberikan dampak positif pengurangan penggunakan BBM karena jika pajak mahal pembelian terhadap kendaraan bermotor terutama kendaraan mewah berkurang pula. Otomatis juga akan mengurangi dampak lingkungan yang semakin hari semakin menunjukkan eksistensi polusi di udara Indonesia.

KEDUABELAS

Kenaikan BBM tidak serta merta harus menaikkan semua jenis BBM untuk sama ratakan semuanya naik. Pengguna Premium, Solar, Minyak Tanah (Kerosin) tentunya sebagian besar rakyat kecil menggunakannya. BBM jenis, pertamax, pertamax plus, premix, dan jenis BBM kualitas tinggi yang seharusnya naik.

BBM kualitas tinggi yang juga sering digunakan oleh kendaraan-kendaraan mewah sebaiknya dinaikkan walau lebih tinggi dari harga pasar. JIka itu dilakukan bisa memberikan subsidi kepada golongan BBM yang biasa digunakan rakyat kecil, sehingga terjadi subsidi silang. Jadi BBM untuk rakyat tidak perlu untuk dinaikkan.

Saya jadi teringat kata dosen saya, memang kebijakan kenaikan harga BBM maupun harga TDL itu merupakan kebijakan politis, mengubah APBN juga kebijakan politis tentunya 😀

BERSAMBUNG KE POSTING SELANJUTNYA

Iklan


74 Responses to “12 Alasan mempertanyakan kenaikan harga BBM [3]”

  1. Saya baru nyadar ternyata, dari tadi tulisanku yg ini terclose komentnya…
    ngak ngerti, apa karena sy ndak sengaja centang gitu, atau emang defaultnya sekarang wordpress closed gitu yakz? 😀

  2. ahhh Daeng aRuL kayak nggak tau aja
    itu APBN bukan berat sebelah lagi, tapi udah nggak ada belahnya lagi semua udah jebol.. 😉

    beeteewwee Daeng aRuL sekarang mulai nakal yaa ?? salam buat ‘adik’nya
    beloom bobo neehh dah jam 2 pagi kaan ?? jangan begadang melolu ntar adiknya nangiss…

    salam sobat

  3. Waaahh… Daeng aRuL sekarang lagi dibelahan bumi lain yaa ?
    ikut delegasi Indonesia ntuk merembukkan harga BBM dan BLT ?
    Selamat deehh, sukses selalu Daeng….
    ‘adik’ nya dah ikut puasa beloonn ??… 😀

  4. # 2 JB’lOg : iyah seperti itu mungkin, tapikan ada wakil rakyat, semoga mereka tetap mengingatkan 😀
    “Adik”nya masih tidur…. nunggu saya mendapat pasangan dulu 😛

    # 3 JB’lOg : hahaha, sy bukan di bagian belahan dunia lain, tapi di belahan Indonesia koq 😀
    cuman waktu sy aja yg sudah berputar 180 derajat 😛 😀

  5. Okee Daeng aRuL
    saya selalu mengikuti tulisan tulisan Daeng aRuL cukup menggelitik dan mencerahkan
    sukses selalu yaa ? ntar kalo dah jadi pejabat jangan jadi penjahat yaa ?? hahaha.. 😉

    semoga Indonesia kita bisa cepat keluar dari berbagai krisis nan menjera dan bisa kembali sejajar dengan bangsa lain di dunia… semuanya ada ditangan tangan generasi muda sekarang, salah satunya ditangan Daeng aRuL…
    ayooo kita jalan bersama dan bergandengan tangan ntuk membangun BANGSA…

    maksudnya berputar 180 derajat, kalo siang jadi malam geetuu ???… 😀
    salam jabat erat

  6. Meski berat, sayah setuju BBM naek, Rul….
    Daripada duwit Indon HABIS DIBAKAR UNTUK SUBSIDI….

    Lalu, meski pajak kendaraan mewah dinaekkeun, ternyata ndak ngurangin napsu orang kaya mbeli mobil. Lha duwit nya ndak ada nomer serinya….
    🙄
    Nggak ngaruh !!!
    Harga mobil mewah 300% lebih mahal dari negara asalnya….

    Masalahnya sekarang, gimana caranya menekan abis maling-maling koruptor nyang menggerogotin duwit negara !!!

    Inget ajah post sayah nyang inih….. 😀

    http://mbelgedez.com/2008/01/18/sayah-diktator/

  7. kalo aku bilang sih…
    subsidi memang harusnya dicabut, bahkan kalo bisa cabut semua saja…
    Dengan subsidi yang dicabut kan orang mikir kalo mau naek kendaraan, ujung2nya hemat.
    Lumayan duitnya, kalo dikasihkan aku bisa dibuat beli kerupuk sekalian pabriknya 😀
    Ato kalo nggak buat ngurangin biaya pendidikan tinggi yang semakin mencekik.
    Ato buat proyek padat karya
    Ato buat rumah susun murah di kota
    Ato buat dana bantuan buat nelayan biar bisa beli kapal yang canggih
    Ato buat modal UMKM

    Sayangnya malah dikasihkan mentahannya, nah BLT-nya yang aku nggak sepakat.

  8. saya berpendapat, kalau dari postingan arul, kesimpulannya adalah sebagai berikut:

    1. mengurangi anggaran negara lebih baik daripada menaikkan harga minyak bumi

    2. seperti kita ketahui, anggaran terbesar adalah anggaran departemen, dan yang terbesar adalah anggaran untuk depdiknas.

    jadi pertanyaan selanjutnya, apakah kita rela anggaran depdiknas kita potong lagi rame rame ? [itu baru satu departemen], selanjutnya tentu saja anggaran departemen kesehatan, departemen dalam negeri, departemen tenaga kerja, departemen perhubungan dan departemen lainnya.

    jangan salahkan kalau nantinya katepe nggak jadi jadi, jalan bolong dibiarkan, puskesmas dan sd gedungnya roboh .. :p

  9. ebusyet, bersambung terus, bang? 😀
    kalok solusi di postingankuh kemarin gimanah, bang? 😛

  10. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di Social Bookmarking Indonesia http://www.infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://politik.infogue.com/
    http://politik.infogue.com/12_alasan_mempertanyakan_kenaikan_harga_bbm_3_

  11. Bukannya anggaran kementerian dan post-post anggaran lain di APBN yang malah memberatkan, namun tidak digubris?

    yah!! betuk ituh rul!! saiyah setujuh dengan pendapatmu yang ini… yang sangat memberatkan justru gaji2 para menteri dan juga mereka yang duduk di kursi dengan mengatas-namakan rakyat…

    udah minta belikan laptop.. keluar negeri.. ah.. sadar nggak sih mereka ituh pake duit rakyat?? huh!! pahala habis waktu hisab, kapok koen…

  12. kalaupun bbm naik apa akan mengurangi penggunaan mobil? kok kayaknya statistik pembelian mobil tetep tinggi ya? 😕

  13. seharusnya bukan bbm yg dinaikkan
    tapi pajak kekayaan
    soalnya semahal apapun bbm, tetap aja borju2 tu boros bbm
    tapi kalo harga bbm naik walau sikit, orang kecil tetap makin menderita
    setuju? setuju aja la

  14. @cK: aduw, Tan..meski BBM naek, Ndutz masih berdoa semoga undian Telkomsel Juni ini mobilnya kena Ndutz 😛

  15. walaupun BBM naik
    tetep rame aja yg pake mobil

  16. analisis yang maknyuuuusssss, makanya saya link buat referensi. terimakasih.

  17. Pemerintah kita memang kurang bernyali untuk menekan MNC seperti Shell, Exxon, Caltex untuk menaikkan pajak ekspor Migas. Padahal kalau saja pemerintah kita berani bernegosiasi, maka dananya akan bisa menutupi subsidi BBM yang bengkak. Atau mereka bisa juga menggalakkan produksi migas dengan cara rajin merayu investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Bukankah ini juga akan menterap tenaga kerja? Cari energi alternatif dengan biaya murah seperti bahan baku jarak. Oya, Pertamina yang dikenal sebagai sarang koruptor musti berbenah diri dan diberantas perilaku korupnya yang jelas-jelas sudah menggurita. Terakhir, berani nggak Pemerintah kita bernego dengan negara donor utang juga Bank supranasional yang memberi ‘bantuan luar negeri’ alias utang beserta bunga sampai kiamat gak akan selesai, Debt Trap!!! Minta saja supaya dalam tahun-tahun krisis ini utang negeri kita jangan dibayar dulu lah, hair cut, seperti yang dilakukan Brazil, Venezuela, Columbia. Saya yakin kalau Bung Karno masih hidup pasti beliau akan mengGANYANG langsung negara atau bank pemakan riba diatas riba. Kasihan Indonesia. Setiap bayi yang lahir di tanah tumpah darahkita ini sudah bisa dipastikan akan menjalani hari-harinya sebagai makhluk pengutang!!!

  18. Hmmm sebenarnya… gak ada yang nolak kok kalau BBM naik…
    Apalagi kalau sudah bicara sebab-sebab terpaksa naik… kita ngerti yah???
    Yang ditolak adalah “kawan-kawannya”… Akibat BBm naik… kebutuhan sehari-hari juga naik, pendidikan naik, listri naik.., dan… uang gaji makin tidak berharga….

  19. 19 mahma mahendra

    ndak bisa komen wes. numpang lewat aja

  20. semoga bbm ngga naik lagi
    amin

  21. walaahh….. BBM naek, tapi sangunya gak nambah…. repot!!!

  22. 22 niez-nya adit

    mudah2an tarif angkot ga naik…
    uhuhuhhuuu…

  23. serius tenan membahas bbm sampai kuthah-kuthah (tumpah, red.)… ayoh saya tunggu postingan berikutnya…

    *komentar dulu baru baca postingannya… hehehe…* 😀

  24. Hmm… ini anggaran kementrian ini apa ya mas? Departemen atau gaji pejabat ?

    Memang yang kita lihat disini kan implikasi naiknya BBM ke orang miskin, supaya gak semakin menderita lagi…

  25. antara susah & gembira….
    susah karena smua pasti juga bakal naik…
    tapi gembira coz yg jalan kaki kyk saya bakal nambah d kampus… 😆

  26. sekali lagi hentikan kenaikan BBM, gunakan 12 alasan arul untuk menghentikannya… 100% setuju …

  27. 27 azaxs

    Dan akhirnya hari ini harga BBM sudah dinaikkan!
    Tak terbayang akan semakin susahnya nasib kebanyakan warga Indonesia!

    Bendera merah putih setengah tiang di Madiun seharusnya diamini oleh seluruh warga negara… 😦

  28. 28 ghozan

    saya setuju kalo pajak untuk mobil dinaikkan, itu mungkin alternatif yang lebih baik daripada menaikkan harga bbm. kebijakan ini sama seperti yang diberlakukan di singapore, menurut adik saya (yang sudah 10 tahun disana) pajak mobil itu begitu mahalnya makanya sedikit sekali dilihat mobil di jalan. alhasil penggunaan BBM menjadi sedikit. tapi tentunya hal ini juga dibarengi dengan perbaikan sarana transportasi umum. wah kalo naek kereta atau bisa disana nyaman sekali, sampai2 anak2 sd ketiduran di bis saking enaknya 😀 gak kayak disini yah???

  29. salam
    sayang ya, beribu alasan apapun yang rakyat ajukan ke Sang Goverment, yeyep putusan akhirnya ada di tangan mereka alias NAIK JUGA, duh bingung kan??

  30. Naik-Naik Kepuncak gunung BBM naik setinggi gunung
    Lihat kiri Lihat Kanan Rakyat Tercekik Harga-Harga
    Naik-Naik Kepuncak gunung BBM naik gak tanggung-tanggung
    Lihat kiri Lihat Kanan Rakyat Panik dimana-mana

  31. # 5 JB’lOg :
    terima kasih 🙂 amin, semoga 🙂 ayo sama2 pak bangun negeri ini 😀
    *tapi sy bangun diri sy dulu 😀 *
    iyah begitulah, siang jadi malam, malam jadi siang… wakakakak
    salam jabat erat juga 🙂

    # 6 Oom Senang, Hati Riyang… :

    tapi itukan bahasanya pemerintah kalo BBM itu disubsidi, seperti kata kwik kian gie, bahwa hampur 4000/liter surplus yg diberikan BBM terhadap negara, daribiaya produksi ndak sampai 500 rupiah/liter.
    jadi yg bersubsidi apa nih 😀
    tapi pajak bisa menjadi salah satu peran yang memberikan efek juga lho bang.
    saya sependapat untuk memberantas koruptor2 itu 😀

    # 7 dnial :

    tentang subsidi, seperti penjelasan saya di balasan komentarnya mbelgedez 😀
    subsidi istilah pemerintah doang kayaknya 😀
    BLT menjadi instan, tidaksolutif.
    meberikan kompensasi yang tidak diukur manfaatnya.

    # 8 papabonbon : mengurangi anggaran2 yang tidak tepat guna dan bermanfaat. anggota DPR aja berfikir begitu koq… 😀
    berarti ada pos2 departemen yang masih bolong2 masih tidak tepat sasaran.

    # 9 Abeeayang™ : hehehe bersambung terus… 😀
    iyah sudah baca, boleh jga tuh… mantap dah.. 🙂

    # 10 senopatiarthur :
    SPAM
    # 11 tu2t : kayaknya pemerintah mengaudit lagi anggaran yg digunakan. yg masih bersifat foya2 tidak usah dulu.
    kalo urgen yah jangan di utak-atik dananya.. 😀

    # 12 cK : salah satunya pajak kendaraan dinaikan. optimalisasi penggunaan transportasi massal, pembatasan pemberian BBM 🙂
    dan tentunya banyak solusi2 lainnya 😉

    # 13 aAng : yah seperti itulah, orang kaya tidak mempermasalahkan kenaikan BBM ini, karena duit mereka mampu membelinya. gimana orang miskin mampu ngak?
    belum lagi orang2 kaya memanfaatkan kesempatan ini menaikkan harga-harga barang dengan seenaknya aja. huhh 😦

    # 14 AngelNdutz : sy berharap undian juga dah 🙂

    # 15 Fikar : bukti bahwa kenaikan BBM itu bagi orang kaya tidak masalah, hanya mereka tambah untung lagi mereka mampu menaikkan harga barang seenaknya.

    # 16 zulfadlillah : terima kasih, masih butuh saran dan kritik koq.

    ntar lanjut lagi.. capek mikir 😛

  32. ini postingan yang menarik…
    “Kenaikan BBM tidak serta merta harus menaikkan semua jenis BBM untuk sama ratakan semuanya naik. Pengguna Premium, Solar, Minyak Tanah (Kerosin) tentunya sebagian besar rakyat kecil menggunakannya. BBM jenis, pertamax, pertamax plus, premix, dan jenis BBM kualitas tinggi yang seharusnya naik.”

    kalau cuma pertamax dan sejenisnya yang dinaikkan, bukannya pengguna BBM jenis itu akan dengan mudah beralih ke premium? walopun bertaruh mesin jg sih…
    ato misal dibuat aturan untuk mobil jenis tertentu musti beli BBM jenis apa…jadi mobil mewah beli BBM yang memang tidak bersubsidi…bisa gak ya? 🙄

  33. lagi dan lagi ada alasan alasan tambahan om? heheheu

    tapi ya… gimana….

    udah naik mao ditanya tanya juga percuma :p

  34. ditunggu pemimpin yang berani melakukan kontrak ulang terhadap perusahaan2 asing pengeruk kekayaan alam Indonesia. masak kita sebagai pemilik dapat bagian jauh lebih kecil?
    ditunggu pula pemimpin yang nggak suka jual2 BUMN, masak krakatau steel yang sehat mau dijual?

  35. 35 veero

    kak bukaki useventeen.wordpress.com nah….

  36. Jawaban pemerintah cuma satu : akibat naiknya harga minyak mentah dunia !

    btw aku minta izin yang nitip link artikelku mengenai “dua tahun penderitaan rakyat Sidoarjo akibat ulah Lapindo” :

    http://ayomerdeka.wordpress.com/2008/05/25/dua-tahun-bencana-lapindo-pidato-presiden/

    terima kasih

  37. 37 fauzansigma

    siip tetap konsisten menolak kenaikan harga BBM!

  38. 38 ILYAS AFSOH

    setelah bertanya,

    apa aksi yang bisa kita lakukan

  39. kok bersambung lagi mas???
    kenapa gak disatuin langsung???

  40. allooo Daeng
    masih 180 derajat kah malam ini ?? ato dah 369 derajat hahaha

    salam jabat erat

  41. aku ga pke bensin tuh…
    jadi santai aja…

    *siul2*

  42. We have the only choice, just say AMIN. Semua politisi hanya bekerja untuk kantong sendiri. Mereka harus duduk di kursi empuk, karena kantong celana terganjal tebal.
    Ingat 2009 kita golput saja, habis nggak ada ongkos buat membolongi surat suara. Kalau dikasih ongkos, habis bolong kita tetap dibohongi. Go Blog sajalah…..Merdeka…..

  43. 43 azaxs

    Mas saya izin jadiin artikel2 sampean tentang mempertanyakan kenaikan BBM jadi rujukan n referensi artikel saya.. suwun

  44. 44 toekang senjoem

    daeng aRuL, sudah liat iklanx bu/pak mentri + jubir presden yg ttg BBM gak?
    masa’ bu mentrix cuma bisa merasakan,gak bisa buat apa-apa?
    kalo cuma bisa merasakan sih, saya juga bisa jadi menteri…
    pak SBY kyakx hrus jdikan tulisn ini sbg refrensi deh…!

  45. 45 toekang senjoem

    daeng aRuL, sudah liat iklanx bu/pak mentri + jubir presden yg ttg BBM gak?
    masa’ bu mentrix cuma bisa merasakan,gak bisa buat apa-apa?
    kalo cuma bisa merasakan sih, saya juga bisa jadi menteri…
    pak SBY kyakx hrus jdikan tulisn ini sbg refrensi deh…!

  46. TURUNKAN HARGA BBM…!!!
    setuju gak bro.? 😀

  47. humm .. tulisan yang berat .. 😦

    well menurutku sih kita memang harus lebih bisa berhemat dan tetap berusaha .. cayoooo

  48. Its complicated.

    sampai kapan ?????
    Ayo kita rubah !!!!!!

  49. mari berhemat BBM dan memohon pada pemerintah untuk menurunkan harga BBM, wah…harus hemat…hemaat Xd

  50. Kapan yaa ada di Indo ini ada PARTAI BLOGGER INDONESIA?
    Misi, Visi dan Kegiatan dari anggota Partai ditulis di dalam blog. Wah! seru rasanya…

    Tapi jangan-jangan yang lebih seru lagi ada
    DEWAN PERWAKILAN BLOGGER, isinya kumpulan petinggi blogger yang memperjuangkan nasib para blogger yang semakin terjerat dengan beban hidup di Indonesia 🙂

    Ayo bangkit temen-temen, apa yaa yang bisa kita perbuat untuk bangsa ini?

  51. 51 aminhers

    Ada sesuatu yang kontras mas aRul. Masyrakatdi suruh hemat. tapi banyak juga birokrat suatu departemen dan anggota dewan. yang keluyuran ke LN dengan dalih study banding, tanpa program yg jelas!

  52. BBM naik tuh Benar Banget mas…
    mending mulai dari sekarang dinaikin….
    dari pada di tunda tunda ntar ujung ujungnya juga naik… mending naik sedikit sedikit biar gak terasa.. dari pada ntra naiknya langsung menanjak jadi 10 ribu per liter… bisa mampus kan…

  53. solusi yang diberikan oleh FPKS itu yang tidak dihiraukan oleh SBY-JK, SBY-JK berlalu tanpa ba bi bu, tanpa minta pertimbangan kepada parlemen yang memang sebagian partai disana adalah pendukungnya.

    selain solusi yg diberikan FPKS itu, masih banyak kok pos2 yg memang masih bisa dipangkas, seperti DANA BAGI HASIL MIGAS kepada DAERAH, daerah hanya menumpuk uang itu di SBI, tidak digunakan kepada ekonomi real. Nah, di SBI pun Pemeritah harus menanggung bunga yang harus dibayarkan. nah alangkah gegabahnya pemerintah menaikkan BBM ????????????

  54. 54 economatic

    Mestinya alasannya lebih dari 12, soalnya ada lebih dari 200 juta jiwa yang akan mempertanyakannya. Tapi 12 alasan Anda itu mungkin sudah mewakilinya.

  55. emang pemerintahan yang perlu dipertanyakan!

  56. nggak ikut-ikutan 🙂

  57. 1 alasan yang membuat kita stress.

    UANG!!!

    Mdh2an pelajar d subsidi.

  58. numpang ngiklan rul, berhubung saya sedang meniti karir jadi penulis blog kelas boeloe, silakan kunjungi blog saya untuk mendapatkan tips dan trik seputar komunikasi-psikologi dll. Saran dan kritik anda akan sangat saya nantikan . Thanks 🙂

  59. *ckckckckckckckckckck*
    hebat., baca lagi., kagum lagi.

  60. Salam,
    Weheee.. Masih masih tetep konsisten sama BBM.. salut2..

    Btw, sy td pas ikut seminarnya ubaya ITFEST 2008, ada pak Nuh jadi keynote speaker. Saya datang dengan undangan BEM FTIf (yang tidak ada), dan ndak sempat koordinasi sama temen2 HMTC, tapi seharusnya undangan per BEM 3, KMSI cuman dapet satu, jadi saya kira sisanya diserahkan ke HMTC.. seharusnya temen2 dari BEM ITS juga diundang, tapi ndak keliatan batang hidungnya.. yang keliatan sih cuman mas Andri – BEM PPNS, temen2 dari BEM UNAIR, BEM IAIN, BEM Tarbiyah IAIN sama BEM UBAYA dw.

    Pak Nuh harusnya sih ngisi tentang pengembangan IT dalam rangka kebangkitan nasional gitu.. tapi dari selebaran Depkominfo yang dikasih panitia aja, tw g apa? Bukan, bukan pencanangan Palapa Ring, bukan juga rencana penurunan tarif Internet.. hehehe.. tak lain dan tak bukan adalah dua buku: satunya, “Yang perlu diketahui tentang BLT untuk RTS” dan satunya lagi “Melindungi Hak Rakyat Miskin: Panduan bagi petugas layanan informasi untuk program kompensasi pengurangan subsisdi BBM tahun 2008” :))

    Weeewww.. dalam keynote speech, selain membicarakan tentang hukum Moore, Metcalfe, ma Coase.. tak lupa pula disisipin pembicaraan tentang BBM.. bahkan pembicaraan ttg BBM smpe masuk slide.. Selesai acara, pak Sukemi, nemuin kita dan ngajak yang mahasiswa untuk ikut dialog khusus sama pak Menteri (bukan bagian dari acara)

    Setelah cari tempat, dapetlah lobby hotel ga tw apa namanya (posisi seminar di CiTo (City of Tomorrow, Surabaya)) disulap jadi war room.. ghe.. disitu pak Nuhnya.. curhat ttg BBM dan posisi pemerintah sebenarnya (versi p.Nuh) semua yang diutarakan pada dasarnya ndak banyak beda lah sama yang diutarakan bu Sri M. di tv, atau pemberitahuan pemerintah di media2 laen.. tapi kalo diomongkan langsung dalam jarak gak sampe dua meter kan ada efek “emosional”nya.. 🙂 rada simpatik juga se.. tapi sya buta politik, dan pada saat itu, ndak siap data bwt debat.. wah, sayang sampeyan atau temen2 BEM gak ikut di sana.. jadi merasa bersalah saya, gak bisa memberi kontribusi bwt bangsa ketika kesempatan itu hanya berjarak meteran..

    Ntar klo sempat reportase pembicaraan lengkap akan saya tulis diblog, tapi skrg blm sempet.. intinya, ya tentang BBM sudah dipikirkan mateng2, pak menteri ngenes karena subsidi tu masuknya paling banyak ke kantong orang berduwit, konservasi energi biofuel dulu tidak dipilih karena walopun ramah lingkungan, nilai ekonomisnya kalah bersaing.. (saat itu Minyak Dunia masih $60 per barrel), pak SBY sdh diminta professional untuk naikin BBM dari Januari, tapi waktu itu ndak mau (pada saat itu harga MD sudah naik hingga $80), dan sebenarnya ada kesempatan luas untuk dialog dengan pemerintah tanpa harus aksi ke jalan, apalagi yang anarkis..

    jadi agak curiga, kalo mang tujuan pembicaraan adalh untuk mensuppress aksi mahasiswa yang makin marak.. apalagi, qta disogok makan siang juga setelah ketemuan.. wehehehe.. 🙂 yah.. sedikit aja untuk kali ini..

    bwt temen2 yg lain.. apapun pilihan sikapmu.. setuju ato ndak setuju BBM naik.. sy harap tetep ada satu hal yang kita sepakati.. kita harus tetep berjuang dengan cara yang kita bisa dan kita yakini benar untuk bangsa ini.. Hidup Indonesia!

    Salam.

  61. 61 owbertku

    hmmm,,,BBM naik,,,
    terserah mau di cabut apa di tancep….
    yang jelas uang itu kudu bener2 tapat sasaran,,,

    sekarang masalahnya subsidi yang dicabud ituh, maw dipake buad membangun bangsa ato “MENGGEMBUNGKAN” petinggi bangsa…..

    obet selalu mendoakan kesengsaraan untuk pejabat yang JAHAD,,,,,

  62. BBM naik, nggak setuju!

    Btw, nunggu lanjutannya…
    Hehehe…

  63. salam berpikir merdeka dari bandung
    di negeri ini yang turun cuma harga diri

  64. apapun alasannya kenaikan BBM, masyarakat tetap saja merasakan keresahan. Karena berimbas pada semua lini kehidupan ekonomi masyarakat.

  65. 65 galihyonk

    Hm,,, Sudah saatnya mengirit Mas?

    *ke kampus jalan kaki…*
    ^_^

  66. permisis…..numpang mampir, maklum sering jalan-jalan tapi karena angkot mahal makanya jalan-jalannya di dunia virtual aja.
    salam kenal dari semarang

  67. 67 tedy

    jangan cuma kritik aja..
    sarannya yang realistislah.
    kita itung2an yang cerdas aja ya..
    Harga minyak mentah dunia saat ini USD 120 / barel.
    jika di konversi ke rupiah dan liter;
    1 barel = 158,9 liter
    1 USD = Rp 9.200 (misalnya)
    maka harga minyak mentah yang masih hitam pekat itu yang belum bisa kita gunakan adalah Rp 6. 947. mendekati tujuh ribu
    nah kemudian ada biaya pengolahan di kilang sehingga menjadi premium, solar, oli, minyak tanah dll yang bisa digunain
    selain juga ada biaya distribusi dan penyimpanan. Jadi harga jualnya pasti di atas itu

    Rakyat menerima dengan harga Rp 6.000 jadi pemerintah mensubsidi sisanya itu. dulu asumsi di APBN harga minyak mentah masih 60an USD / barel. Nah minyak dunia naik jadi pemerintah juga jadi korban.

    Untuk mencari solusi substitusi gak sebuadah teori anda.

    Yang cerdas aja berfikirnya.
    tau gak salah satu alasan kenapa negara kita terhambat berkembang? karena terlalu banyak Oposan sok pintea seperti anda ini.]
    marilah kita dukung Pemerintah.
    saya yakin Pak SBY juga terus berusaha untuk ini. yaa mestinya kasih dukungan lah..
    kasih semangat. jangan jadi provokator.
    teman2 yang pro sama orang ini juga bodoh.
    jaman sekarang masih bisa di provokasi? kasianlah..

    Gak ada yang lebih bijak dari mendukung pemerintah.
    kita sabar saja. Selalu ada kemudahan setelah kesulitan.
    kalau kita tidak sempat merasakannya, insya Alloh, anak cucu kita yang akan merasakan..

  68. mampir lagi…

    tapi kok belum update postingnya Rull… lagi sibuk apah???… hehehehe…
    btw, aku ndak koment apa2 soal ini rul… dah terlalu capekkk… lebih baik tidak berkomentar kalau ternyata komentar yg akan keluar dari mulut saya lagi2 hanya keluhan…

    bener gak, hehehehe…

    So, kali ini saya akhirnya hanya bisa bilang… Let’s all count our blessing… supaya kita masih bisa menyukuri hidup kita masing2… daripada saya setress mikirin pemerintah, tapi belum tentu pemerintahnya mikirin saya… hehehehe…

    salam,

    So silly and stupid nowadays.. 🙂

  69. alasan ke tiga belas pasti paling dahsyat hehehe…

  70. jadi lebih sedikit ya alasan tuk menaikkan harga BBM

    turunkan lagi donk!

  71. 71 mirza

    met ngerjakan TA mas arulll….
    alasan ke-13 ntar aja ,hbs sidang TA…
    kelarin dulu TA nya–>bis tuch baru jd pejabat yg bisa ngerubah bangsa ini…
    :p

  72. wih.. ternyata ada yang kontra ikut comment..
    fuih.. berjuta analisis dikeluarkan, ada yang tulus, ada yang tulus tapi dengan pengetahuan terbatas jadi rawan menjerumuskan, ada yang pintar tapi mang sengaja nipu-memprovokasi demi kepentingan politis maupun pribadi..
    sebagai orang dgn pengetahuan trbatas yang coba nelusuri ke mana2.. cuman satu hal yang sya pelajari dari sini.. klo hidup itu software, maka source codenya itu bener2 terbuka ke semua makhluk yang ada di dunia ini, untuk dituliskan, ditambahkan, dihapus, diancurin, dengan compiling yang real-time, dan ngefeknya langsung ke semua programmernya.. 😀 ngebayangin pemerintah ngetik syntax bbm.naik(0.38); trus ada yang ngetik rakyat.addOpini(“pemerintah ngawur”); ada juga yang ngetik rakyat.addOpini(“Sudahlah, pemerintah sudah berusaha..”); ada yang ngetik rakyat.addFacts(“subsidi itu benernya gak ada”); ada yang ngetik rakyat.addHiddenCampaign(“Pemimpin seharusnya memegang kata-katanya”); :)) wah.. bayangin aja ruwetnya, belum kalo tiba2 ada yang ngetik bbm.steal(2.85,countries.get(276)); anjrit.. and it happens..
    Uwarggh.. ruwwttt.. tapi jangan lupa, masih ada Sang Analis yang jauuuuh lbh pinter dari semua programmer, jangan putus harapan kawan..

  73. 73 wind

    wehehehe… coment lagi nih…
    ada benerx jg sih klo yg dinaikkan itu emang BBm jenis tertentu aja and ga semuanya di naikkan…
    ya kita ambil positifnya aja… coz sdh saatnya masyarakat kita belajar untuk berhemat.. coz kenyataannya masyarakt Qta cenderung konsumtif.. kalau lihat di bursa efek nilai konsumsi Qta tinggi lho wehehehe…
    aneh ya kita mengeluh BBM naik tapi klo kita liat mall2 pada rame… koQ bisa ya???
    subsidi untk industri dah dikurangi kan 20 % disumbangin bwt anggaran pendidikan.. sekarang sd2 ama smp ada yang sudah gratis.. meskipun ga semuanya sih tapi lumayan lah ada perkembngan… khan kulias kita juga disubsidi^^

    sekedar ngasih bocoran aja, klo pertamina itu tiap harinya rugi sekitar Rp.70,- coz biaya operasional tenaga kerja dan karyawannya tinggi jd minus terus..
    menurut saya sih menaikkan harga BBM itu bukan sebuah opsi yg menguntungkan pemerintah coz ini sebuah kebijakan yg bakalan mengancam posisi kepala pemerintahan.
    pemilu dah dekat bisa aja ini hanya sebuah politik, kayak kedele yg tiba2 mahal yg ternyata banyak di timbun..

    klo BLT itu agaknya kurang tepat coz aparat kemanan kita masih belum siap( dalam arti blm siap mental, godaan korupsinya tinggi lho wehehehe) sama dengan aparatur2 kelas teri kaya kepala desa yg sekarang sdh berani2 korupsi.. klo menrut Q sih yg banyak korupsi tuh ya pejabat2 atau kalangan2 kecil^^ orang kadang2 kita yg mahasiswa korupsi jg khan wehehehe kayak pas ujian kita nyontek sama aja khan…

    tugas kita sebagai mahasiswa bagaimana kita bisa mencari sebuah solusi,
    stop demo2 ga jelas.. apalagi anarkis coz itu bukan mahasiswa bnget..
    wehehehe… tunjukkankalau mahasiswa bisa!!! dah tidak sekedar omongan belaka kayah bpk2 kita di DPR and MPR!!!

  74. telat komennya nih,
    naikin aja terus, sampai sama dengan harga inter.

    ketika jadi mahasiswa idealis banget,
    setelah itu,,,,,, jadi deh.
    cobalah lihat disekitar kita.
    dulu waktu jadi mahasiswa, jadi aktivis yang vokal
    setalah dapat jabatan semuannya jadi lupa deh.

    BBM naik apa tidak bagi sih kagak ada masalah,
    cuman naik susuki butut, bensinnya di beliin kantor lagi.
    jadi enjoy ajalah, nikmatin hidup ini dengan bahagia, rileks plus nyante’


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: