“I Love You” bahasa universal untuk perkenalan bahasa

18Agu07

Sebagai bagian dari perjalanan program Sit In Class saya di Philipina di Kampus University of San Carlos, Cebu, Philipines, mengetahui bahasa setempat memang memegang peranan penting. Karena saya berada di Cebu dan tentunya mereka lebih banyak menggunakan bahasa Cebuano sebagai bahasa sehari-hari mereka, dibanding Tagalog bahasa Nasional mereka, dan rata-rata mereka mengetahui bahasa Inggris juga, jadinya kita tidak terlalu sulit untuk berkomunikasi dengan mereka.

Memulai memahami bahasa tentunya ada beberapa kata kunci awalan dan ternyata I Love You sepengalaman saya sebagai bahasa universal pertama untuk mengetahui bahasa-bahasa lain.

Ketika teman-teman kuliah di Electrical Engineering (EE) College of Engineering Univ. of San Carlos mereka ingin pertama kali mengetahui bahasa Indonesia dengan kata “I Love You”

“What’s the Indonesian speak, I Love You”?, some of my friend ask me.

“Hahaha, mmmm……… Aku sayang kamu”

Aku is mean I, sayang is mean love, dan kamu is mean You.

Same like cebuano, I is Ako, hehehe

Ternyata memang sejarah philipina sama Indonesia memang dekat apalagi satu kawasan di Asia Tenggara, jadi beberapa dialek atau bahasa-bahasanya mirip Bahasa Indonesia atau beberapa bahasa di daerah, walaupun sedikit.

Seperti ketika sama melihat bahasa Tagalog untuk ayah dan ibu adalah ama dan ina, jadi teringat bahasa Wotu salah satu bahasa Orang Tuaku di daerah Luwu Tmur sana juga menggunakan Ama dan Ina untuk ayah ibu, sehingga kakekku ku panggil dengan amma dan nenekku kupanggil dengan Inna.

Itu peristiwa pertama ketika pertama kali masuk kelas bersama EE students.

Eh dosennya pun datang tanyanya minta ditranslate ke bahasa Indonesia I Love You.

Hahaha, lagi-lagi I Love You memang peran penting sebagai kalimat pertama untuk mengetahui bahasa orang lain.

Ketika YMan sama temanku, mereka juga tanya hal yang sama, apa bahasa sananya untuk I Love You.

Saya jadi teringat ketika pertama kali mengetahui bahasa jawa juga pengen tau tentang Aku Sayang kamu dalam bahasa Jawa…

Begitu juga waktu SMA, pertama kali belajar bahasa Arab praktis teman-teman tanyanya bahasa arabnya Aku cinta kamu, Uhibbuki.

Memang I Love You memang peranan penting dalam mengetahui bahasa-bahasa lain.

14 Responses to ““I Love You” bahasa universal untuk perkenalan bahasa”

  1. :mrgreen:
    yang muda ama yang tua sama ya hahahhaha

  2. I love….. gak jadi ah
    Kalau aku tambah you nanti malahan dikira naksir Arul…bahaya. Aku laki2 normal Bung 😀

  3. @ almas :: iya.. hahaha…..
    @deKing :: U diganti almas gimana? hahahaha
    gila juga mas satu ini… 😛

  4. jd apa bahasa filipina I love u????
    bru nyadar kl kalimat itu yg slalu org tanyakan pertama kali dalam bhs asing…

  5. @ fitrasani :: waduh lupa…. keamrin diajarin tapintar ta tanyakan temanku lagi 🙂

  6. bahasa filipin i love u = mahal kita

    hohoho dulu sempet punya temen filipin :mrgreen:

  7. oo…. terima kasih cK 🙂

  8. 8 sjafri mangkuprawira

    cerita anda mengingatkan saya ketika ikut latihan di UPLB 31 tahun lalu……pertama kali mendarat di manila….setelah keluar dari pemeriksaan imigrasi saya disapa seseorang pakai bahasa tagalog…..ya karena tampang kita sama percis dengan wajah mereka…..jelas saja saya bengong…..yang kedua banyak bahasa mereka sama dengan bahasa kita walau aksennya saja beda…..nah ketika ke kompleks pedagang kaki lima di manila akan membeli baju…lalu saya bilang sama teman saya harganya mahal…..terus si pramuniaga bilang no no mahal…..wah masih banyak kenangan yang lain…selamat bertugas arul…sukses…

  9. hhehehhe…. sama tuh pak…
    yah kesamaan wilayah sih muka dan aksen sama…
    🙂

  10. 10 Nyzha

    Uhibbuki irwansyah samaran

  11. The party of no wasted crisis will try to use this election crisis to ram through their health destruction bill before a 41st senator is seated to vote against the bill.


  1. 1 Insan Perubahan IV » Belajar dari orang Belanda
  2. 2 Bahasa Wotu dan Eksistensinya « Insan Perubahan
  3. 3 Bahasa Wotu dan Eksistensinya « Wotu

Tinggalkan Balasan

