Daniel M. Rosyid jadi Bakal Calon Rektor UI

15Jun07

Iseng-iseng buka http://www.ui.edu, karena tertarik apa yang diposting mbak dianika berjudul Mengukur Janji Konsistensi UI tentang bakal calon Rektor UI yang sudah terbuka bagi calon di luar UI sendiri. Siapa sih orang itu yang mampu ikut bersaing?

Nah gara-gara itu tadi siang mau buka www.ui.edu, tidak bisa akhirnya keluarlah postingan ini. Tapi untung malam ini aku pake proxy ITS bukan proxy elektro, so bisa buka www.ui.edu.

Akhirnya buka, trus ngeklik tanggapan atas Bakal Calon Rektor UI , ada foto salah satu orang yang ku kenal dan sering berdialog dengan dia, maklum sering acara BEM ITS selalu mengundang dia, baik sebagai pembicara atau lain-lain. Dia Ir. Daniel Mohammad Rosyid, Ph.D., M.RINA adalah mantan Pembantu Rektor IV jaman pak Prof. Ir. Soegiono.

Wah hebat dosen ITS menjadi salah satu bakal calon dari luar civitas UI sendiri.

Kalau dilihat-lihat lagi profil bakal calon Rektor UI antara lain :

 

  1. Akmal Taher, Prof., Dr., Dr.med., dr., SpU (K) adalah direktur Utama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, dan dia memang lulusan UI.
  2. Bambang P.S Brodjonegoro, Prof., Ph.D, SE, MUP, adalah Guru Besar Fakultas Ekonomi UI.
  3. Daniel Muhammad Rosyid, Ph. D, Ir., MRINA, adalah Dosen FTK ITS.
  4. Djoko Hartanto, Prof., Dr., Ir., M.Sc, Guru Besar Fakultas Teknik UI.
  5. Edie Toet Hendratno, Dr., M.Si., SH, Dosen Fakultas Hukum UI, dan Rektor Universitas Pancasila.
  6. Gumilar R. Somantri, Prof., Dr., der Soz., Drs, Guru Besar dan Dekan FISIP UI.
  7. Gunarso Gunadi, drg., D.D.S., Ph.D, Dosen FKG UI.
  8. Hasbullah Thabrany, Prof. Dr.PH., MPH, dr., Guru Besar dan Dekan FKM UI.
  9. Purnawan Junadi, Prof., Ph.D, MPH., dr., Guru Besar dan Ketua Program Pascasarjana UI.
  10. Rinaldy Dalimi, Prof, Ir, M.Sc, Ph.D, Guru Besar dan Dekan Fakultas Teknik UI.
  11. Sidartawan Soegondo, Prof., Dr., dr., SpPD-KEMD, Guru Besar FK UI.
  12. Sutanto Soehodho, Prof., Dr., Ir., M.Eng, Wakil Rektor Bidang Akademik UI
  13. Tommy Ilyas , Prof., Dr., Ir., M.Eng, Guru Besar Fakultas Teknik UI

dari data tersebut terlihat bahwa calon yang non akademis dari UI ada 2, no.1 dan no.3, dan Pak Daniel M. Rosyid satu-satunya bakal calon yang tidak berasal dari UI, dan dari segi usia terbilang termuda, hanya dikalahkan oleh Sutanto Soehodho, Prof., Dr., Ir., M.Eng, yang muda setahun.

Satu hal yang menjadi istimewa dalam pemilihan Rektor UI kali ini adalah dibukanya kesempatan luas kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan kepada bakal calon Rektor UI lewat web dan media lain.

Dan satu lagi adalah bisanya calon dari luar UI mencalonkan diri menjadi Calon Rektor tersebut (Daniel M.Rosyid red). Memang saya mendukung langkah yang diambil oleh UI untuk memberikan kesempatan luas kepada masyarakat yang mampu memimpin suatu institusi sehingga manajemen dan sistem di dalamnya bisa berjalan dengan baik.

Perlu diingat bahwa mungkin salah satu penyebab kurangnya nuansa akademik/ilmiah di kampus dikarenakan kesibukan dari pimpinan perguruan tinggi untuk mengurusi keuangan maupun manajemen secara luas bagi Universitasnya. Sehingga saatnya untuk memisahkan pihak manajemen kampus dengan pihak akademis kampus agar dua pihak ini bisa berjalan sinergi dan bisa membangun perguruan tinggi itu dalam 2 komponen kesuksesan yaitu manajemen dan akademik.

Menyinggung sedikit BHP yang saat ini masih banyak ditentang oleh pihak-pihak tertentu, saya melihat hal tersebut sebagai bagian yang terlalu mengurusi non akademik kampus, biarkan pemerintah yang mengatur dana kampus, sedangkan civitas berjuang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mahasiswa di kampus tersebut.

 

sumber profil : http://www.ui.edu



9 Responses to “Daniel M. Rosyid jadi Bakal Calon Rektor UI”

  1. 1 Amirul

    Btw, pak Daniel punya tulisan yg menarik di blognya
    Semoga UI mendapatkan yg terbaik deh.

  2. oh.. ternyata pak daniel jg punya blog. singgah ah..

  3. Terimakasih atas atensi anda semua.
    Pencalonan saya sebagai Balon Rektor UI sebagai bagian ikhtiar saya untuk memperoleh
    ruang pengabdian yang lebih bermakna daripada sekarang ini.
    Saya juga berpikir, ini bukan soal internal UI. UI bertanggungjawab atas banyak hal, termasuk
    berbagai persoalan pendidikan, serta keterbelakangan Indonesia sebagai negara maritim.
    Techno-fishery approach saja tidak cukup. ITS sudah melakukannya. Indonesia butuh basis intelektual yang lebih luas mencakup budaya, sosial, ekonomi dan politik yang berorientasi laut.
    Terimakasih.
    Wassalam.
    Daniel

  4. 4 kurniawanto

    Arul kapan jadi rektor?

  5. Pak Daniel Rosyid :: Wah pak Daniel balas juga, pagi ini saya juga baca profil bapak di jawapos mengenai pendidikan, cukup menarik memang kalo kita membahas mengenai pendidikan.
    Oia mengenai tujuan bapak menjadi rektor UI tentang dunia kemaritiman salut sama bapak. Moga bisa terwujudkan, Say mendukung koq pak..
    Terima kasih sudah mendatangi blog saya.
    Waalaikum salam.

    Kurniawanto :: Gak usah jadi rektor ah, langsung jadi presiden ajah, menterikan udah… hahahaha 🙂

  6. Iya..kamarin liat iklan di tv ada calon rektor Ui dari ITS ternyata Pak Daniel…

  7. hehehe…..:)

  8. 8 yogi pramadhika

    assalamualaikum.
    sungguh sangatlah bangga saya yang merupakan mahasiswa ITS
    apalagi saya di jurusan teknik kelautan.
    yaitu dosen saya bapak Daniel M Rosyid menjadi calon rektor UI.
    sangat sepakat sekali, ketika berbicara pendidikan di Indonesia sekarang
    bukanlah saatnya mengagungkan arogansi, siapapun yang kompeten tentu berhak turut serta.

    bagi mahasiswa UI yang membaca, janganlah khawatir jika pak Daniel terpilih.
    saya adalah mahasiswa didiknya, yang tentu sudah sedikit mengenalnya,
    beliau merupakan sosok yang sangat peduli dengan pendidikan.
    pengalaman menjadi ketua dewan pendidikan jawa timur telah sedikit menjadi bukti bahwa prestasinya sudah dipercayai oleh banyak kalangan.
    suasana bersama beliau di bangku kuliah sangatlah santai, namun begitu berarti.
    materi yang sulit tak terasa menjemukan.
    walau kadang ujiannya 2 soal dikerjakan dalam waktu 2.5 jam tak selsai. wuah…sulit buanget… ^-^

    namun terlepas dari pada itu saya pribadi memandang pak Daniel sangatlah pas untuk mengabdi lebih jauh lagi, lebih bermanfaat, berkontribusi, dan berprestasi…

    98% saya dukung bapak menjadi rektor ui
    yang 2% saya merasa kehilangan seorang dosen yang seperti pak Daniel
    pak, dosen kelautan semakin sedikit saja lho!
    semoga berkurangnya dosen-dosen kelautan takkan mengurangi kualitas dari pendidikan di teknik kelautan itu sendiri.

    maaf jika salah,
    terimakasih buat mas arul yang mewadahi aspirasi kami.

    wasslm.

    yogi pramadhika teknik kelautan ITS 4305 100 021

  9. ::Yogi Pramardika::
    Iya yogi… semua berharap yang terbaik ketika pak Daniel maju jadi Bakal Calon Rektor UI.
    Harapan setiap orang setiap pemimpin itu mampu menjadi teladan dan memberikan segenap potensi yang dimilikinya tidak hanya saat menduduki jabatan tapi di segala aspek kehidupan yang dia lalui.

    Doakan yang terbaik buat bangsa ini.
    🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: