Mempengaruhi orang

12Jun07

Sebenarnya ada 2 hal mendasar cara untuk memberikan pengaruh kepada orang lain :

  1. Dengan hati
  2. Dengan emosi

Kenapa dengan hati? yah dengan memasuki lubuk hatinya, menyentuh sisi sensitif dari hari manusia itu sendiri. Bagaimana kita bisa terpengaruh, karena kita satu perasaan dan merasakan bahwa itu merupakan perasaan yang kita alami. Banyak trik untuk menggunakan hati ini, dengan perkataan-perkataan yang lembut, dengan lagu-lagu yang menyentuh.

Terus bagaimana kedudukannya dengan emosi, nah inilah emosi salah satu dasar kita memberikan pengaruh juga. Contoh kecil saja seorang anak kecil yang menangis memberikan pengaruh kepada orang tuanya untuk menenangkannya. itulah menciptakan emosi dalam diri sehingga kita terlihat membutuhkan dan mengharuskan.

Begitu pula ketika marah atau menciptakan konflik kita telah sebenarnya mempengaruhi orang lain. Ketika marah mereka akan terpengaruh apakah mereka mengikuti kita atau malah mereka melawan. Tetapi ketika kita bisa menekan mereka dalam marah kita, mereka akan terpengaruh juga dan tidak bisa memberikan perlawanannya.

Sebenarnya pemimpin-pemimpin kita telah menggunakan cara-cara ini dengan memodifikasi cara-cara itu dengan keadaan sebenarnya. Tinggal bagaimana kita mengelola pengaruh itu untuk tetap dalam koridor tujuan awal kita, bukan malah menyerumuskan ke hal negatif.

 

Sebenarnya hal yang saya ceritakan di atas merupakan kejadian-kejadian bisa, cuman kita tidak menyadari ternyata kita telah memberikan pengaruh kepada orang lain.

 

berdasarkan pengalaman beberapa saat yang lalu yang saya ceritakan ke temanku

Iklan


No Responses Yet to “Mempengaruhi orang”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: