Presentation with English? Why Not?

09Jun07

Hari ini ada presentasi Praktikum Tegangan Tinggi, lain dari pada yang lain sudah pake Bahasa Inggris pengantar presentasinya, waduh TOEFLku cuman berapa koq….

Fikirku pas awal-awal liat pengumuman, wah asistennya ni iseng deh 😦

 

Yah kalo gak dipaksa sekarang, mau belajarnya kapan?

Yah itung-itung belajar presentasi bahasa Inggris gratis!!!!

Pernah suatu saat di masa laluku, masih ingat pertama kali presentasi dan wawancara dengan pake bahasa Inggris, pas Kelas 1 SMU, waktu itu daftar menjadi salah satu peserta Pertukaran Pelajar, yang ngadaian AFS, wah lumayan belepotan tapi bermakna.. hehehe lolos ke tahap berikutnya, yah untung masih bisa jawab :p

Alhamdulillah, setelah presentasi akhirnya terasa juga manfaatnya untuk melatih kemampuan presentation in English, walaupun cukup belopotan nih mulut ngomong bahasa orang lain.

Kayaknya butuh banget ketika kerja nanti, apalagi melamar di perusahaan-perusahaan minyak milik asing itu, pasti deh wawancaranya in english 

Nah sekarang ku berjanji dah dalam hati, saatnya sekarang untuk belajar, bukan hanya sekedar iya dan iya, tapi direalisasikan.

Moga deh hikmah dibalik ini bisa memberikan konsistensi menjadi manusia pembelajar.

 

Iklan


6 Responses to “Presentation with English? Why Not?”

  1. Berbicara dalam bahasa Inggris memang penting sekali dilatih. Anda benar, melamar kerja di perusahaan asing pasti akan diwawancara dalam bahasa Inggris. Bisa gak bisa harus bisa…he..he..he…tapi menurut saya yang paling penting itu rasa percaya diri kita. Belepotan grammarnya gak terlalu jadi masalah. Ketika mentok dengan sebuah kalimat (kehilangan kata), ubah saja kalimatnya sehingga gak perlu bingung terhambat di kata yang lupa itu. Oh ya, kita masih bisa berbangga dengan kemampuan bahasa Inggris rata-rata mahasiswa Indonesia. Orang Jepang parah loh bahasa Inggrisnya, saya pernah tulis .

  2. sori comment sebelumnya salah di bagian akhir, ada link yang salah saya buat syntaxnya 😀

  3. 3 Bachtzia

    english is imortant .
    wah….keren mas tapi !!!
    tuntutan jaman !!

  4. tedytirta :: hehehe… benar banget…… thx atas sarannya.. masalah link… gak masalah koq… hehehe 🙂 terima kasih

    Bachtzia :: important.. dan menjadi kewajiban kita yg merasa…. 🙂

  5. Bahasa Inggris memang penting, tapi BUKAN yg paling penting. Bahasa Inggris seperti halnya Matematika sebenarnya hanya ‘tools’ saja dalam pekerjaan, namun tentu merupakan tools yg penting. Banyak bangsa yg masyarakatnya tidak begitu pandai bahasa Inggris tapi tetap maju juga seperti Jepang, Korea, Taiwan bahkan negara2 Eropa seperti Perancis, Swiss, Spanyol dan juga Rusia, yg bangsanya tetap eksis di pergaulan internasional. Jika mungkin anda mempunyai prestasi lain yg menonjol (bukan prestasi yg biasa2 saja yaitu prestasi yg hanya di atas kertas ijazah) mungkin anda tidak perlu berbahasa Inggris dng baik (walaupun tentu saja tdk ada salahnya belajar bahasa Inggris juga utk memudahkan komunikasi dlm pekerjaan terutama dalam ruang lingkup antarbangsa). Namun jika prestasi anda biasa2 saja, bahasa Inggris mungkin sangat membantu anda baik dalam karier maupun dalam pergaulan.

  6. Sepakat !!
    🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: