Refleksi 9th Reformasi

20Mei07

Sudah 9 tahun lewat reformasi yang digadang-gadang mahasiswa tahun 1998 ini berlalu, dan ada yang mengatakan reformasi kita sudah mati apalagi di tangan SBY-JK, indikasi itu sebenarnya saya belum lihat jelas, SBY-JK sebenarnya sudah menjalankan sebagian tapi belum menyeluruh dan masih pilih kasih.

terus hubungannya dengan refleksi apa? terkait dengan refleksi dalam kehidupan sehari-hariku. Seperti beberapa jam sebelum ini, ruh pergerakan itu masih adakah di dalam hati ini.

sebuah cerita bagian perjalanan hidupku ini menceritakan refleksi itu

Selepas istirahat dari LKMM TM FTK di Diklat Agama ini, badan ini capek banget, baru tadi pas magrib bangun cuman sempat shalat, trus tidur lagi….sekira jam 8-9 lapar akhirnya cari makan, sadar jam 10 malam ini kalo saya banyak tugas dan lain-lainnya harus kukerjakan, kaki ini sudah mau beranjak meninggalkan kost untuk mengerjakan tugas di lab.

Tiba-tiba  ada SMS “aq bth tenaga malam ini, masang spanduk dan poster reformasi.. aqu snedirian di BEM, ini baru selsai tulisan. bisa ke sini mas bth banget.”

Yah ampun… aku ini masih capek banget ada tugas lagi menunggu untuk dikerjakan. Pasang spanduk??? manjat dan sebagainya??? koq yg lain gak ada ???

gak usah ah ke sana paling sudah banyak datang…. tapi naluriku tetap ke sana sebuh dorongannya yang harus ku laksanakan… akhirnya motor ini ku alihkan ke BEM juga….

Ada staf BEM yang lagi tidur,  akhirnya ku bantu juga untuk pasang spanduk dll.

Sebuh idealisme sekarang itu harusnya tetap berkibar ditengah-tengah tekanan akademik dan pressing situasi sekitar yang cukup banyak. Itu yang harus kita sadari bahwa selagi kita bisa.why not dan bukan sekarang anda rasakan manfaat ini tetapi di masa akan datang.

Teringat cerita TB mantan Pres BEM UNPAD yang mengisi materi di LKMM TM FTK, ketika ditanyai sama salah seorang aktivis buruh untuk mempersiapkan mahasiswanya untuk ikut aksi. Tetapi dia balas ngomong bahwa di sudah lengser, nanti di hubungkan dengan presiden baru.

Trus aktivis buruh itu berkata “tidak ada kata-kata lengser buat aktivis”….. Subhanallah … kata-kata yang betul-betul menusuk hati ini dan  menyadari kita selalu memberikan pengelakan yang sebenarnya tidak berguna

buat aktivis bahwa tidak ada kata-kata capek dari seorang aktivis itu yang sekarang kita harus maknai.

Tidak ada kata-kata menyerah dari seorang pemuda harapan bangsa untuk tetap memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat.

Refleksi 9 tahun reformasi ini semoga memberikan semangat baru dan semangat heroik kita untuk tetap menjadi seorang agent of change, agent of social control, iron stock, dan moral force.

Hidup mahasiswa !!!

Reformasi 21 Mei 1998-21 Mei 2007

Iklan


5 Responses to “Refleksi 9th Reformasi”

  1. assalamu’alaikum

    mas arul, 21 Mei nih. Reformasi! btw, saya skg krisis nilai nasionalisme nih. bisa bantu gak diberi pencerahan by email. apa arti nasionalisme dalam seorang aktifis seperti arul? hehehe.. saya takut jika berlanjut, pancasila pun bakal gak hapal lagi. 🙂

  2. waalaikum salam….
    ok ntar ta kirimi… btw baca blogku yg isinya tentang idealisme saya rasa sudah tercakup.. saya tidak pandai memberikna petuah atau suatu wejangan… tapi ta usahakan… ok…

  3. jadi teringat juga sewaktu mahasiswa dulu…. Masang poster di seluruh jurusan di ITS bareng sama Menristek, Candra. Jalan kaki muter-muter, loncat selokan, lampu mati lagi, dan yang pasti gak punya malu….
    Mahasiswa, jangan pernah berhenti berjuang….

  4. OK.. terima kasih cak alief…..
    dosen juga jangan pernah berhenti berjuang….

    dengan lepasnya status mahasiswa tidak menyebabkan idealisme dan kebenaran itu luntur…. 🙂

  5. Disini ada cerita
    Tentang kita yang mau berbagi cinta
    Dengan sesama manusia
    Disini ada cerita
    Tantang kita yang menderita
    Karena cinta pada manusia
    Disini ada cerita
    http://www.pena-98.com
    http://www.adiannapitupulu.blogspot.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: