IPDN : Crime Market News

13Apr07

Akhir-akhir ini kita “dienakkan” dengan berita kasus Pembunuhan Praja IPDN Cliff Muntu salah satu praja perwakilan dari Sulawesi Utara. Memang berita ini merupakan kriminal berat yang terkelompokkan dalam suatu institusi sehingga beberapa orang menyarankan lembaga IPDN ini diubah statusnya menjadi “DIBUBARKAN”.

Saya mengatakan dienakkan karena ini menjadi top rating bagi televisi-televisi ataupun media lainnya untuk meraup berita-berita bisa menguncang, kita memang prihatin dengan peristiwa ini namun kita keasyikan mengikuti beritanya sehingga dimanfaatkan oleh beberapa media untuk mengeksplor dan menayangkan kasus ini tanpa mempertimbangkan sisi kemanusiaan.

Kalau saya mengandaikan sebuah stasiun TV swasta menayangkan adegan 3 tahun lalu tentang pemukulan (pemberian sanksi) praja-praja STPDN dan diputarkan lagi sembari mengiringi berita Pembunuhan Cliff Muntu, sebagai kasus Smack Down yang dulu menjadi heboh karena ada anak terbunuh oleh temannya sendiri karena bermain smack down.

Pemutaran berulang-ulang video tersebut memberikan pembelajaran buruk terhadap masyarakat dan anak-anak yang menyaksikannya. Padahal video tersebut merupakan konsumsi bagi penegak hukum untuk menyelesaikan masalah di STPDN/IPDN saat ini.

Para praja-praja, dokter, petugas rumah sakit, dan tokoh-tokoh nasional menjadi selebriti yang memuncak karirnya karena sangat laris diundang untuk memberi komentar-komentar di media berita.

Ini menunjukkan karakter masyarakat Indonesia yang marketnya kriminal dan gosip, dan kasus IPDN sudah mencakup dua unsur tersebut sehingga mengapa masyarakat Indonesia menyukai untuk mengkonsumsi berita-berita IPDN ini.

Oh bangsaku sudah kita memikirkan kejadian itu karena memang sudah basi dan pemerintah harusnya segera menyelesaikan permasalahan ini. Saatnya sekarang ini  kita memikirkan kondisi bangsa yang membutuhkan penyelesaian segera. Masalah Lumpur Lapindo, impor beras, pemenuhan kebutuhan dasar rakyat Indonesia.

Iklan


16 Responses to “IPDN : Crime Market News”

  1. HOREEEEEEEEEEEEE
    Vote utk ditutup
    http://ipdnmania.wordpress.com/about/

  2. ok……

  3. Waduh…kok bisa kasus STPDN/IPDN terulang lagi. Memang diperlukan INSAN PERUBAHAN yang banyak.

    By the way, thanks bgt udah taruh link blogku di sini.

    Yok opo kabare ITS?

  4. benar perlu banyak insan perubahan yang bergerak setiap saat… 🙂

    oh ternyata yang punya yeah-oops.com itu sampeyan yah???
    gambar-gambarnya asik dilihat…

    ITS baik2 aja, sekarang sudah punya rektor baru lagi…

  5. kamu tolol atau apa ??? ga bisa milih kata2 yang baik ???
    kata pertama mu itu lho :

    Akhir-akhir ini kita “dienakkan” dengan berita kasus Pembunuhan Praja IPDN Cliff Muntu salah satu praja perwakilan dari Sulawesi Utara.

    “Dienakkan” ?????? org terbunuh kok “dienakkan” ??? tolol, goblok,pentesan dari ITS ya….memang bodoh

  6. Mungkin maksudnya bukan “dienakkan” tapi “terlena” 😀

  7. Gwe and Tedytirta :: satire guyz…. kita itu terlena dengan berita-berita seperti itu… padahal kita masih ada berita lain yang lebih penting.
    for Gwe :: 1. mmm.. jangan bawa-bawa institusi deh…. 2. yg bahasanya t***l atau tidak bisa memilih kata2 yg baik itu siapa?? pizz deh man… 🙂
    for Tedytirta :: thx and 🙂

  8. 8 Novriyanto

    Nggak heran tuh dengan apa yang terjadi di IPDN, IPDN Kan singkatan dari Institut Pembuhuhan Dalam Negeri…..baiknya ya bubarkan saja, kita selama ini telah salah kaprah menyekolahkan anak disitu, termasuk pemerintah daerah, yang berharap agar calon camat YANG BAIK bisa dihasilkan, NAMUN HASILNYA APA …..?……..(CAlon MATi…berikutnya.
    Baiknya IPDN diubah aja jadi Sekolah Tinggi Biasa

  9. IPDN bubar atau jadi Sekolah tinggi biasa?

  10. 10 kholil

    IPDN tu awas yaaaaa kalau sampek ada praja dari madura yang sampek kayak gitu dijamin sluruh gdung IPDN angus terbakar n ati2 yang menjadi staf pengajarnya to ka2 klsx yang prnah memukulx……………dijamin perutnya pasti kembung…………..kalau mnrt saya sih seluruh IPDN tdk usah dibubarkan tapi slrh kepengurusannya diganti agar suasana dalam kampus tu jadi fressss……dan saya harapkan tidak ada lagi pmklan cos IPDN itu dalam kenyataannya pasti tidak akan menghadapi massa kan yang menghadai tetap kepolisian, TNI, ama satpol pp jd ya gitu dehcccccccc…….

  11. ok… kholil…. semoga usulannya di dengar pemerintah 🙂

  12. ohoho…judulnya swadis amat yak?

  13. @ Mrs. Neo Forty-Nine :: yah gitu deh… emang gitukan keadaannya 😛


  1. 1 IPDN ? « Catatan Perjuangan Yudhi Arie Baskoro
  2. 2 Jangan Asal Ngomong dan Jangan Asal Diam « Insan Perubahan
  3. 3 Nganggur.. nulis I-Pe-De-En (Institut Pelayan Dalam Negeri) | Mous dan Kiborku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: