Beberapa Tahun yang lalu

07Mar07

Beberapa tahun yang lalu saya mengalami perubahan dan mengalami yang namanya akil baligh dan tidak menyangka menjadi seorang arul seperti saat ini yang kegemarannya Mengisi Blog. Tidak menyangka saya sudah 4 tahun menjadi mahasiswa ITS, dan tidak menyangka sudah hampir 8 bulan mendapat amanah di HUMAS BEM ITS. Yah inilah saya dengan karakteristik saya sampai detik ini.

23 tahun yang lalu saya dilahirkan di Rumah Sakit di Kotaku Palopo yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Sawerigading, dilahirkan bersama saudara kembarku dengan beda waktu cuman 5 menit.

beberapa tahun itu setelah itu saya sudah tidak ingat persis tentang diriku, terakhir ku ingat pas ku umur 5 tahun pas masuk TK. Katanya mamaku saya itu sering ke Wotu (kampungnya Ortuku red) dan sering dijagain sama nenek dan tante-tanteku padahal ku gak ingat itu loh.

Pas TK ku masih banyak ingat Tahun 1988 banyak kejadian-kejadian lucu, menarik, menyedihkan dan campur baur deh semuanya. Mulai lahirnya adikku dan dipanggilnya adikku oleh 4JJ1 yang waktu itu aku sering bermain sama adikku itu tapi tidak belum merasakan apa-apa ketika ku ditinggalkan oleh adikku mungkin waktu itu masih kecil banget. Seingatku pernah ku naik mobil2an itu dan panjat-panjatan di depan rumah.

Pas TK ku ingat banget saya juara 3 nulis indah, dan tau gak itu saya pake tangan kiri loh .. ku kidal sampe sekarang tapi tangan kananku bisa diandalkan juga loh.

17 tahun ku masuk SD, SD ini jalan ku ke sekolah, masa-masa ini terkenal dengan kenakalan2ku bersama kembarku itu. Sering maen bola di kantor DPRD trus liat orang berkelahi dan anehnya ku pas kelas 2 SD masuk ngaji di Pesantren Putri Datok Sulaiman.

11 tahun lalu ku masuk SLTP 1 Palopo saat ini namanya jadi SMP lagi. Tidak nyangka masuk sekolah ini dengan NEMku waktu itu termasuk tinggi di sekolahku (ndak sombong sih), di usiaku saat ini ku terkenal sebagai anak rumahan gak kayak dulu waktu SD sering keluar rumah, sekarang keseringan di rumah. Begitu pula kalau mau ke sekolah diantar jemput oleh bapak (anak papi nih) btw makasih buat bapakku yang bantuin banyak hal. Awalnya ku diterima di kelas 1 B setahun kemudian naik di kelas 2A dan tetap di kelas 3A. Di tempat ini belum mengajariku sosialisasi dengan baik karena yang ku kenal baik cuman teman sekelas atau mantan teman kelasku.

Akhir sekolah ini pengumuman NEM menunjukkan kalau saya berada di peringkat ke 2… setelah harapan, temanku yang pintar sekarang lagi kuliah di Penerbangan ITB. Awalnya pengen banget masuk sekolah unggulan dan keluar dari kungkungan kotaku dan mencari pengalaman yang lebih di luar, yaitu di SMU di Malino (waktu tau itu belum kenal nama sekolahnya, cuman sering diceritakan kepala sekolahku setiap upacara) . Sempat kecewa juga yang bisa masuk di situ cuman peringkat 1, Namun ternyata semuanya bisa ikut test koq….setahu saya sekolahku ini merupakan salah satu sekolah yang paling awal menerapkan tes masuk sekolah dan NEM, yang dulu2nya untuk masuk sekolah tertentu hanya berdasarkan NEM.

Walau gak lulus sebagai utusan daerah dari Kabupaten Luwu waktu itu (dulu Kota Palopo adalah ibukota Kab. Luwu, sekarang sudah berbeda) tapi sebagai pendaftar umum artinya bayar Rp. 250.000,- setiap bulannya untuk semua asrama, makan dan sebagainya (lumayan murah yah), dan untungnya orang tuaku menyanggupinya.

8 tahun lalu akhirnya ku tinggal di asrama Putra di Pinang 2 dan berpisah dengan orang tua untuk pertama kalinya, its never mind coz saya punya motivasi yang tinggi untuk menjadi terbaik.

Kenyataanya membuktikan wow semua orang di sekolah ini setiap saat belajar membuatku tergugah untuk belajar juga… gimana tidak setiap saya jalan ke kamar-kamar senior mereka pada di depan meja belajr mereka mengerjakan sesuatu, tidak lain adalah belajar.

Awalnya tidak pede dengan teman-teman pintar yang disekelilingku tapi akhirnya ku bisa buktikan dengan nilai-nilaiku dan peringkatku yang dari kelas 1 sampe kelas 3 tetap berada di atas kecuali pas kelas 3 Cawu 1 turun drastis.

Di sini ku dikenalkan benar-benar arti kehidupan, arti seorang teman, arti dari kebersamaan, dan saya mengikuti organisasi juga bejibun coz siswanya juga sedikit mau tidak mau ngedobel. Di sini diajari semua hal…. dan semua tentang hidup.

Yang awalnya kalau di rumah dulu, untuk makan ikan harus milah-milah di sini saya sudah harus memakan semua jenis makan, dari yang paling tidak saya suka sampe semua saya rasa tidak pantas untuk dimakan. Kenangan indah di Smudama tidak bisa diungkapkan dalam beberapa tulisan ini saja.

5 tahun lalu pas SPMB bermulai penyelesalanku yang tidak kunjung reda, coz aku tidak lulus, but anyway I think nilaiku sudah mencukupi untuk lulus di salah satu univ… (pilihanku waktu itu Informatika ITB, Informatika ITS, Akuntansi UNAIR) gila yah pilihanku tinggi…. setahun ini penuh dengan penyesalan dan betul-betul saya dalam keadaan paling drop…. tidak tau harus berbuat apa…

Mencari kerja, kerja dimana? seringnya minta duit sama orang tua, dan awal-awal setelah pengumuman SPMB saya tidak tinggal bersama orang tua atau keluargaku malah bersama temanku di makassar.

4 tahun yang lalu ku ikut SPMB lagi dan lulus di elektro ITS, dan terdampar di jurusan terbesar di ITS (maaf deh narsis hikz…) nah di sini banyak ilmu dan pengalaman yang setiap saat membuat tingkat kedewasaanku meningkat.

Sampai detik ini banyak teman dan banyak hal saya dapat pelajari dari mereka, meembuat hati dan jiwa ini ditempa dengan tekanan yang membuat hati dan diriku menjadi orang seperti saat ini.

Now its me….

No Responses Yet to “Beberapa Tahun yang lalu”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

