About Palopo

28Feb07

palopoPalopo? sebagian orang masih bertanya itu nama apa? saya tertarik untuk menulis ini karena ternyata masih banyak orang mempertanyakan apa itu Palopo. Padahal itu adalah kota kelahiranku. Bagi yang berasal dari Sulsel cerita2 yang saya sajikan nanti mungkin tidak terlalu menarik tetapi bagi teman2 yang tidak berasal dari Sulsel pasti akan sangat menarik. Ternyata ada bagian kecil dari NKRI merupakan pusat Peradaban hebat.

Saya suka dengan Sejarah, buku yang dulu berulang kali saya baca adalah Luwu dalam Revolusi, lewat dasar itulah saya masih bisa menceritakan tentang daerah saya dan ketika Belajar sejarah dulu (SMA red) ketika memperdebatkan Aru Palakka Pahlawan atau Pengkhianat (Anda perlu ketahui juga bahwa di beberapa buku sejarah mencantumkan epik kepahlawanan Sultan Hasanuddin dari Gowa-Makassar tetapi dikhianati oleh Aru Palakka yang saat itu jadi Raja Bone-Bugis, tetapi orang Bugis terutama Bone menganggap Aru Palakka sebagai Pahlawan, detilnya saya lupa, nanti saya akan cerita dikempatan lain).

Ya kita beralih ke judul Yaitu Palopo nama sebuah kota di berada di salah satu daerah di Sulawesi Selatan, memang dalam bukunya anak Planologi, Palopo masih tergolong sebagai kota kecil (begitu pula dalam penilaian dalam lomba kebersihan ADIPURA, tidak seperti makassar yang tergolong kota metropolis coz sebagai ibukota Sulawesi Selatan.

Palopo anda harus tau karena di situlah pusat peradaban La Galigo yang terkenal seluruh dunia ada di pusat Palopo. Anda akan melihat ketangguhan La Galigo sampai ke seluruh Dunia.

Siapa sangka epik La Galigo lebih dari sekedar kitab Mahabrata atau Ramayana. silahkan search di Google atau search engine lainnya anda akan menemukan La Galigo dalam berbagai bahasan dalam pelbagai bahasa.

Lagaligo dilahirkan oleh Sawerigading salah satu Raja Luwu.

Sejarah Palopo tidak lepas dari sejarah Luwu. Luwu sebagai sebuah kerajaan besar dahulu bisa dilihat di sejarah luwu. Dan setelah beralih sistem Pemerintahan di Zaman Soeharto Luwu beribukotakan Palopo (dulu sebagai kota administratif). Setelah Jamannya Soeharto Jatuh banyak perubahan terjadi. Kabupaten Luwu dibagi Menjadi 2 wilayah Kabupaten, yaitu Luwu dengan ibukota Palopo dan Luwu Utara dengan Ibukota Masamba. Sejalan perkembangan daerah , Kabupaten Luwu yang awalnya sebesar 1/3 Propinsi Sulawesi Selatan, terpecah lagi menjadi Kabupaten Luwu Timur dan definitifnya Palopo sebagai Kota (setarafKabupaten red). Sedangkan Luwu Timur beribukotakan Malili dekatnya SOroako (penghasil nikel) serta Kabupaten Luwu sendiri berpindah ibukota ke Belopa saat ini.

Kata beberapa pakar Luwu berpisah untuk bersatu untuk menjadi Provinsi Luwu Raya. Opini saya, Lebih siap Wilayah Luwu yang terpecah menjadi sebuah provinsi ketimbang Provinsi Sulawesi Barat yang masih lebih ketinggalan. Apakah karena orang-orang di atas (DPR red dan sebagainya ) sehingga memudahkan untuk dijadikan Provinsi yang tidak siap. Anda bisa lihat sendiri beberapa pertikaian wilayah setelah Sulawesi Barat terbentuk.

Secara umum Tana Luwu bagi saya saat ini belum siap menjadi provinsi (ketimbang Sulawesi Barat yang lebih kurang siap lagi) karena masih perlunya pengembangan di beberapa sektor pengembangan di wilayah ini agar sejajar dan bisa dikatakan pantas untuk menjadi Provinsi. Tetapi dengan peningkatan pembangunan di Wilayah Luwu setidaknya bisa terwujudkan Provinsi Luwu Raya.

Beberapa pahlawan terlahir di kota ini diantaranya Opu Daeng Risaju, dapat anda lihat di bukunya dari Bangsawan Sampai Tokoh Pergerakan (1930-1950). Andi Jemma Raja Luwu menjadi Pahlawan Tana Luwu ketika Melawan Pejajah Belanda.

Anda Pasti teringat dengan peristiwa Pemberontakan DI/TII yang di Sulawesi Selatan dipimpin oleh Kahar Muzakkar (masih banyak meragukan dia sudah tewas) pusatnya di Palopo juga. Kahar Muzakkar menjadi orang yang sangat dicari dulunya tetapi sekarang anaknya dicalonkan menjadi Wakil Gubernur Sulawesi Selatan jika anda mengikuti suksesi di Sulsel.

Pernah mendengar sejarah Westerling yang membunuh 40.000 jiwa yah.. itulah juga peristiwa di Wilayah Luwu.

Kekayaan budaya mulai dari seni dan tata krama serta budaya lain di kota Palopo dan sekitarnya akan terlihat jelas.

Dari Segi Bahasa, Luwu yang lebih dekat dengan Bugis, tetapi memiliki bahasa tertentu yag merupakan perpaduan beberapa rumpun bahasa seperti Bugis dan Toraja. Di beberapa tempat di Luwu memiliki suku bahasa tersendiri yaitu Bahasa Luwu Dan beberapa bahasa-bahasa yang ada di Luwu ini.

terakhir jika anda berminat untuk Belajar tentang Luwu dan Palopo saya rekomendasikan anda untuk membaca buku Luwu dalam Revolusi karena yang menulis adalah keturunan Raja Luwu jadi sangat nikmat membacanya.

sumber gambar : http://www.palopo.go.id

Iklan


57 Responses to “About Palopo”

  1. apakah palopo sekarang ini masih mempunyai keturunan raja? dan apakah di palopo ada putrinya!mohon balas karna saya ingin sekali mengetahuinya!! salam terimakasih.

  2. keturunan raja masih ada dan yang bergelar datuk (raja) Luwu itu masih ada. coba datang ke palopo aja. di palopo ada putri, maksudnya?

  3. 3 ikram

    saya ingin bertanya pada semua komunitas masyarakat Luwu?
    “Apakah benar menurut kalian semua Kahar Mudzakkar itu adalah pahlawan atau Pemberontak???”
    Masalahnya saya merupakan keturunan langsung dari beliau!(cucunya)

  4. wah ternyata cucunya kahar muzakkar nih kunjungi blogku bangga juga… hehehehe
    btw…. kalo saya, tidak mempermasalahkan dia pahlawan atau tidak….
    dan bukti dimasyarakat… anak Kahar MUzakkar aja dicalonkan menjadi wakil gubernur sebagai bukti masyarakat memang tidak menganggap kahar Muzakar sebg pemberontak

  5. 5 Ikram

    Sya ingin menyakan satu hal tentang komnunitas?
    Jika di Pilkada nanti ada salah seorang atau lebih putra LUWU yang akan menjadi Calon Gubernur atau Calon Wakilnya, kira2 figur seperti apa yang kalian inginkan?
    Dan contoh figurnya/tokohnya seperti apa?Dan apakah kalian mau mendukungnya nanti pada saat Pilkada November nanti!?
    karena yang seperti kita ketahui bersama, ajang Pilkada ini merupakan ajang kekuasaan dan kekayaan!Jadi spa yang memiliki banyak uang dan berkuasa, maka dialah yang menang!?Jarang ada figur seorang tokoh yang tidak memiliki kekayaan yang bisa memenangkan suatu Pilkada???

  6. figur yang bisa membangun dan mensinergikan seluruh rakyat dan sumber daya alam yang ada di sulsel…
    bukan karena uang dan kedudukan tetapi bagaimana dia merangkul rakyat

  7. palopo masih belom pantas menyandang status kota… hiks sedihnya aku ditempatkan di sini…
    piss

  8. masa sih.. sudah bisa lah…..lebih maju ketimbang kota2 lainnya di sulsel… (except makassar dan pare-pare)

  9. Hlo,Rul..sy lg dimksr saat ini N baru baca buku tamu yg you tulis di situs Info-Palopo.Soal situs Palopo.go.id yg you nanya, hanya sebuah nama yg tdk membawa azas manfaat.Konon kbrnya situs itu dibuat dgn biaya besar,tp pengelolanya ngga becus ngurusin. Mulanya sy mo ganti desain situs yg lama,tp pengelolax ngga mo ngasih tau paswoord control panelnya,akhirnya sy buat situs baru dgn biaya pas2an N ngga kalah menarik sama situs lama meskipun produk lokal plp. Tiap minggu sy ngeprint berita yg telah dimuat web ,buku tamu plus opini masy,lalu pak wali baca N beliau sangat enjoy ngebacanya, meskipun sy dkk belum dpt apa2 dr pemkot plp.

  10. oo….
    bagus kalo begitu… enak dong….
    wah betul2 kerja keras nih buat situsnya palopo…
    selamat..btw mau dibantuin gak??? 🙂

  11. iyalah perlu dibantuin dong….Berpikir dgn satu kepala tak akan hasilkan apa2,sebaliknya ,berpikir dgn banyak kepala akan hasilkan banyak ide2 brilian…

  12. ok deh…. mau dibantuin apa?
    oia… kadang memikirkan dengan banyak kepala gak efisien loh.. malah bikin lama dan tidak efektif….
    tidak banyak dak tidak pula sedikit… ideal kan…

  13. bagus juga, tapi nda usah ber belit2.

  14. m….
    maksudnya??
    sy berusaha menceritakan daerah saya koq…

  15. 15 aci

    ada gak yang punya picnya azis kahar,,, sy pendukung beratnya di pilkada nieh.(bukan calon wagub lagi tapi CAGUB)… klo ada tolong dikirim ke email aku ya. wassalam
    magpcellular@yahoo.com

  16. aci :: picnya azis kahar saya gak punya. oia tulisan ini dibuat ketika awal2 pasm asih rumor… jadi masih terjaring sebagai cagub waktu itu.
    cari aja di internet… (search red)… 🙂

  17. 17 bahri

    Masyarakat Luwu seharusnya bangga memiliki sejarah lagaligo sebagai bahan refleksi untuk kembali mengulang kejayaan tersebut. Konon Sawerigading memiliki kekuasaan yang sangat luas bahkan sampai ke Madagaskar. Kerajaan Luwu sebagai payung dari beberapa akar sejarah kerajaan besar yang ada di Sulawesi Selatan (Versi Lagaligo) seperti Kerajaan Gowa-Tallo dan Kerajaan Bone seharusnya mampu melahirkan Pemimpin yang besar pada era 90-an tapi sampai hari ini saya belum mendengar Pemimpin dari Luwu yang setidaknya besar/memiliki legitimasi yang kuat…Mungkin kesadaran/pemahaman masyarakat Luwu akan sejarahnya tidak ada. Jadi mungkin ada baiknya kalau penggalian akar sejarah Sawerigading dengan kitab Lagaligo yang lebih panjang dari kitab Mahabrata dan Ramayana melalui seminar-seminar diintensifkan kemasyarakat Luwu. Sebuah keterbelakangan ketika sebuah bangsa memiliki sejarah yang besar tetapi dia tidak tau akan kebesaran sejaranya..Salam Pencerahan dan Kebebasan Buat Insan Perubahan

  18. Saya boleh ikut nyumbang info nggak?.Sewaktu saya jalan-jalan ke Tanjung Pinang yang terkenal dengan pusatnya Kerajaan Melayu, ternyata Rajanya pada Zaman dahulu, salah satunya adalah berasal dari Luwu, bernama Opu Daeng Cella atau lebih dikenal dengan Raja Ali Haji ( yang terkenal dengan Gurindam XII nya), apabila ingin lebih jelas silakan jalan-jalan ke P.Penyengat di Tangjung Pinang. Saudara baginda ada yang berkelana ke Kalimantan Barat yang ssat itu belum dikenal seperti saat ini, beliau bernama Opu Daeng Manambong yang saat ini kuburannya menjadi salah satu peninggalan sejarah di Kalimantan Barat berkat jasa beliau yang oleh maysarakat Kalimantan Barat dianggap sebagai pembuka/orang yang pertama bersama pengikutnya membangun Pontianak. lain-lain mengenai hal tersebut silakan baca di Lagaligo.

  19. 19 ophick

    saya ingin bertanya apa benar malaysia itu bagian dari Luwu. apakah luwu adalah suatu suku, bagaimana luwu bisa terbentuk. imi umtuk karya tulisku, yang judulmya tahta kerajaan Luwu. jadi kalo dijawab bisa niki jadi nara sumberq. tolong yach….. thank’s before

  20. @bahri :: iya sepakat… memang Kerajaan dulu memiliki zaman keemasan… makanya sekrang kitawija to luwu harus tetap menjaga martabat itu sebagai masyrakat Luwu.

    @Rudy as :: terima kasih infonya, kerajaan Luwu dulu memiliki cakupan yang cukp luas… berdasarkan Lagaligo.

    @ophick :: dulu iya… beberapa kerajaan di Malaysia rajanya dari Luwu, Luwu adalah kerajaan, ntar saya carikan data2 lainnya, atau ada yang mau tambahkan? terima kasih..

  21. 21 indra

    Kota PALOPO…………KOTA YG bagus, keren,aneh, g jelas…..poko,na ada d palopo! saya pernah tinggal lumayan lama d palopo d saNA perkembangan serta perekonomian d sana saNgat luar biasa! merata dan adil! itu waktu sY d sana ….! g tau d sekarang…..! muda2han sich masih! apa lagi sekarang aku dgr2 pergantian walkot membuat kota yg satu ini begitu tambah terang benderang dan bersih….! tp kaya,na d web. ini masih peRlu foto2 kt.PLp, biar orang g bertanya2 lagi apa itu Plp……??? s4 nyesek sich waktu temen nanyain plP itu disangkain,na nama Kue…! sialan….!!!! goOd Luck dech bt kOta Plp…! chayyyooooo…………..!!!

  22. okeh… terima kasih sarannya indra, kalo ada cerita kota Palopo, buat aja.. agar semua bisa membacanya… 🙂

  23. Saya mendukung 100% terbentuknya Provinsi Luwu Raya, salam dari Ranah Minang 🙂

    Saatnya sejarah gemilang dibentang, sebelum hilang dalam bayang-bayang.

  24. terima kasih… 🙂

  25. alo euyyy.. seneng banget palopo dah berkembang n denger2 jadi kota ADIPURA. asli ane disini (surabaya red) bangga banget dengan berbagai kemajuan di kota palopo … ane juga asli palopo loh cuman dah 6 taon gak pulang hiks… tapi berhubung about sejarahnya palopo nih mo nanya rul… kalo ANDI TADDA tuh pahlawan yah? cos keluarga ane tinggal di jalan itu di palopo. btw rul u dulu waktu SMA sekolah dimana kok kayak temenku yah..? jawab dong jawab ya? please…

  26. salam!!!! senang sekali bisa berkunjung kesini. Saya sebagai orang palopo bangga masih ada yang memperhatikan dan publikasikan kota kecil ini. Semangat!!!!!!

  27. 27 NORMAN

    I wish to congratulate you for being the first ‘ToPalopo’ to have his own Blog. Correct me if I’m wrong but I been surfing the net for years and every time I tried to search for articles regarding Luwu, I always end up with articles posted by people from somewhere else and not the local ‘ToPalopo’ themselves…it is very frustrating. Lately I started wondering that probably there’s nothing about Luwu that its own people con be proud of anyway…well today I changed my view..thanks to you and please keep up the good works.

    P.S: TONGANGSIYA RAKA KUA TO LUWU ASLIKO ARUL???

  28. 28 teknopolitik

    senang membaca posting ini. yang menulis Luwu Dalam Revolusi adalah kakek saya. saya masing ingat sewaktu masih kecil buku di menumpuk di rumah (makassar) begitu tiba dari penerbitan. kakek saya sering cerita juga ttg isi buku itu. satu2nya kopi asli disimpan keluarga di makassar.

  29. 29 riyanboy

    Assalam………..WR.WB
    Wah Salut Buat Kota Palopo atas sejarah2nya
    ttp knp ngga ada ditampilkan lagu2 Daerah Palopo? Aku ingin download lagu Daerah Palopo
    okey trims
    Wassalam

  30. @ Onny, Opu IKbal, Norman, teknopolitik : saya sudha jawab yah komentar2nya. terima kasih yah.
    @ riyanboy : waalaikum salam wr wb.
    terima kasih, semoga Palopo makin berkembang, rencana mau pulang ke palopo dalam waktu dekat ini 🙂
    lagu daerah? wah saya ndak punya ntar saya coba cari deh..
    🙂
    terima kasih kunjungan ke blog saya

  31. bagi2 info jg:
    @ rudy as: hub. luwu-sumatera memang ada.yg mengislamkan luwu dulunya org sumatera(minang), datuk sulaeman. tp kalo yg di tj pinang sy blum dpt detail sejarahx, tp hub budyax kayakx mmang ada. coba jln2 ke daerah pattimang (malangke), rumah2 org sana mirip2 dgn rumah2 org riau. dan yg di pontianak, sy pernah liat liputnx di sctv. opu dg manambong memang konon org luwu.
    @ onny: andi tadda bisa dibilang pahlawan u/ org luwu. ia satu zaman dgn mamax andi jemma. dlm kabinetnya andi kambo (ibundanya andi jemma) andi tadda jd opu pabbicara (juru bicara semisal andi malarangeng). ia bertempur dgn belanda di ponjalaE (yg skarang jl andi tadda) dan syahid 12 september 1905. makamnya saya juga belum dapat informasi.

    oiya, sejarah2 kota palopo jg ada di http://zulhamhafid.wordpress.com/
    (iklan mi sedeng…)

    kanda arul, tulisanx mapappe’…!

  32. @ zulham : terima kasih infonya 🙂
    hehehe mapappe’ weh.. weh… ingat lagunya Kapurung… lucu lagu itu 🙂

  33. 33 yurika

    well……..intinya palopo bisa menjadi kota kenangan, keramahan palopo,keindahan palopo,dan kesejukan palopo menjadi contohnya…..mau bukti………?welcome to…………….. P A L O P O .MY beloved city *_*

  34. @ yurika : iyah mantap dah… tapi kota Palopo masih butuh pembenahan banyak karena masih tertinggal bberapa step dibanding daerah lainnya.

  35. 35 ikbal puang silamba

    halo rul

    apakah buku sejarah tentang kerajaan luwu banyak di jual gramedia atau toko2 buku yang ada dijakarta. bls

    Than,s

    orang palopo asli

  36. @ ikbal puang silamba : iyah ada koq kayaknya *sy juga blum pernah mendapatkannya*beberapa buku2 yang terkait seperti Luwu dalam revolusi, ensiklopedi sejarah luwu dll 🙂
    salam kenal 🙂

  37. 37 Jeffrey

    hallo…Kapurungers….
    So Lama skali tinggalkan …Palopo ku..kodong…..
    Msh ingat ..kalo ..pagi-pagi..kita jalan ba-rombongan pergi-pulang skolah …lewati jembatan Kampoenk Pisang…trus..jalan Veteran…. ah… mampir makan soto ..di warung Slamet…..sedap na….. sorry na..saya numpang bernostalgia…he he he……Kita alami juga tidak,?, Daeng Arull……., Masih ada ji to ..Dekker ku di Jalan Andi Jemma? ……….rinduku..nongkrong ngopi and makan sokko ../ nasi kuning di Pantilang….., Latuppa…. ,.. Durian..Hmmmhmm….,..Byee..thanks …na
    Palopo …I Was there…….

  38. @ Jeffrey : halo juga boz 🙂
    ok2 sama2 na kita bernostalgia… sekolahnya di SMA 1. SMP1, atau SMP 2 kah? 😀
    heheheh

    masih ada ji tu dekker kayaknya, sudah 9 tahun menetapnya diluar 😀 kdang2 pulang 😀
    sip.. kapan2 pulang gitu 😀

  39. 39 JHON ALWISIUS

    The firsth off all I would like to say thank you very much for goverment of Palopo city because has been make this commnunity.Before I talk About our city allow me to introduction my identity.
    Name : Mr.Jhon Alwisius
    Date Of bitrh : Malaysia on july 08 1985
    Education : Elementary School no.485 Buntu_Batu In 1997
    Junior high School No. 1 Palopo in 2000
    Senior High School No. 2 Palopo in 2003
    Academy Informatika Computer
    ( AMIK Palopo)in 2006
    University in STIE ArtyaPatra forManagement
    Work Experience: PT.Bank Lippo As Financial Advisor in 2003

  40. 40 JHON ALWISIUS

    The firsth off all I would like to say thank you very much for goverment of Palopo city because has been make this commnunity.Before I talk About our city allow me to introduction my identity.
    Name : Mr.Jhon Alwisius
    Date Of bitrh : Malaysia on july 08 1985
    Address : Jl.Home_Base No. 80 Palopo city
    Jl.A.P.Pettarani iv.no68
    Mobile Phone : 081 944 256 012/08194254055/081 933 941 357
    Office : PT.Rimo Catur Lesteri,Tbk Phone 0411-424259
    as team Audit regional Makasar
    Education : Elementary School no.485 Buntu_Batu In 1997
    Junior high School No. 1 Palopo in 2000
    Senior High School No. 2 Palopo in 2003
    Academy Informatika Computer
    (AMIK Palopo)in 2006
    University in STIE ArtyaPatra forManagement
    Work Experience: PT.Bank Lippo As Financial Advisor in 2003
    PT.Telkomsel GeraiHalo As Customer Service
    PT.Limbunan Tours and Travel as Accounting
    PT.Suzuki Indo Mobil as Data Enrty
    PT.Multi Karya Celebes as adm
    PT.Global Artha Futura as Accont officer
    PT.FIF as senoir data entry
    PT.Rimo Catur Lestari as team audit makasar
    ok next, I would like to say that this community is very important for our city because with this community some of people in the world can see our city by internet and morethan people also seen our city from media internet.By the fact we can make palopo city as one of choice of toursm city in Our country especially in south sulawesi.I think my opinion can make our city morethan modern in the future.Success for Mr.HPA.Tenri Ajeng.
    to be continue…………

  41. 41 GadIezt

    hm,,
    aq pnasaran ma plopo,,
    alnya aku punya kenalan disana n sering membagakan kotannya ituuu
    tapi bnyak yang bilang,,orang palopo itu pelit bin Riya’!!!????!!!!
    benarkah ituuuuu????

  42. ass… slm kenal bro, apa kareba? saya sebagai putra asli luwu/kota palopo jg setuju dengan pendapat kamu bro kalo palopo(luwu) tuh blom siap untuk dijadikan provinsi. trus tanggapan balik buat gadiezt itu orang yang iri ama kota palopo kalo tanggapannya gitu, kalo kamu pengen tau lebih rinci gimana kota palopo n gimana masyarakatnya datang aja aq tunggu untuk ngebuktiin ke kamu bahwa orang palopo ga pelit hehehe

  43. 43 sule

    Asslm
    Tunggu aku palopo, aku pasti pulang say. tuk ngerayain Idul Adha.eh.eh

  44. 44 astrie

    assalamualikum..
    saya tertarik sekali dengan artikel ini…
    sebenarnya arwah datuk saya adalah anak raja dari palopo iaitu keturunan andi…
    cerita datuk saya dia melarikan diri bersama teman temanya semasa penjelajahan belanda
    pada satu ketika dahulu…sayangnya saya tidak berkesempatan megetahui dengan lebih dalam lagi megenai cerita keturunan saya….walaupun saya di lahirkan di malaysia….tapi saya sanggat berharap dapat tahu dengan lebih detail tentang keturunan datuk saya.
    saya juga berharap jika bapak yg menulis artikael ini meghubungi saya…
    astrie_86@yahoo.com

  45. 45 BacoKuttu

    tongang siako raka kumua tau Luwu asliko?
    yake tannia tau Luwu asli … TAE APA AMPO!!

  46. 46 majid pajalesang

    astrie.. mau kenal palopo ya…
    aku pun di malaysia..
    dijohor
    munkin aku kenal keluarga awak….

  47. 47 majid pajalesang

    kalo ada alumni tHUN98 SMP6 REPLY2 KI BOS

  48. 48 MAOGE PUI LUWU

    mudah2an luwu bisa jadi provinsi, dari jauh sya si singapura doakan semoga,

  49. 49 geres shumulluk

    ass. saya juga orang palopo asli,cuma saya tanya sejarahnya palopo kenapa sekarang-sekarang ini kayaknya sudah agak terlambat dikembangkan,misalnya berhubungan dgn adatnya.contoh :budayanya,tarian2nya seperti majjaga sudah tidak diperhatikan lagi berhubung berkembangnya zaman.seolah2 hanya tinggal cerita.klu mmg putra-putri luwu ingin mengankat luwu kmbali,hidupkan kembali budaya2 yang sudah tertinggal karna belkangan ini sudah tidak diperhatikan lagi.bagimana sepserti saya ini hanya tau cerita dulu tapi budayanya saya sudah tdk tau lagi.warisan itu perlu dikembangkan untuk anak2 luwu supaya budaya kita bisa kita mengerti dan bisa kita kembangkan turun temurun untuk selamanya.By Geres shumullukk pa’mesa’i tu penwammi pea umpalattui tu ada to jolota.

  50. 50 yulius parante

    I LOVE YOU FULL KOTAKU PALOPO

  51. 51 yulius parante gunter

    walaupun aku jauh di kampung orang tapi aku tetap mendoakan palopo agar kotaku yang tercinta menjadi kota yang damai,tentram, ga’ boleh ada lagi bunyi2 papporo,& trutama warga palopo saling menghargai dan menyayangi sesama umat ber-agama….ok!!!! GOD BLESS KOTA PALOPO

  52. 52 Andi Mattingaragau

    Asrul, saya ingin melurskan tulisan Anda di atas “ABOUT PALOPO”. Setidaknya ada tiga catatan koreksi yang hendak diperbaiki dan diluruskan demi kebenaran sejarah dan fakta tentang Luwu :
    1. Tulisan Palopo merupakan pusat perdaban Lagaligo, adalah keliru. Lagaligo adalah anak dari Sawerigaing dengan We Cudai. Ia hidup pada generasi ke tiga setelah Bataraguru dan Bataralettu. diperkirakan eksis sekitar abad ke 12-13 M, namun ada juga menyebutkan abat 1 – 2 M. Waktu itu Palopo belum dikenal. Nanti stlh abad ke 17 batulah ware pindah ke situ
    2. Palopo kota kecil dalam kategori Piala adipura adalah keliru, seharusnya Palopo kota sedang.
    3. disebutkan Sawerigading adalah salah satu Raja Luwu adalah keliru besar. Sawerigading tdk pernah jd Raja, lantaran mengkhianati janjinya.
    Tk, semoga ada manfaatnya. amin

  53. @andi Mattingaragau : terima kasih koreksinya tulisan ini 2007 dibuat masih dalam perspektif dari pendengaran dan bacaan yg kurang lengkap 😉

  54. MAAF YAHHH __ AKU PERNAH SUKA dengan cucu kahar muzakkar _ andi yuli astuti namanya __ tapi dah ga kontak lagi dengan dia ++ mohon carikan

  55. KENAPA GG ADA YANG SEBUT DATUK KARAENG KARELLAWAWU SEBAGAI RAJA PALOPO [ PANGLIMA PERANG ] JELAS” DI PALOPO ADA ISTANANYA . . MALAH YANG KALIAN SEBUT ITU GG PUNYA PENINGGALAN YANG TERSISAH . . GENARASI PALOPO PINTAR NGOMONG DOANK

    [ LAGECONG KARAENG CELLA ]

  56. 56 shati

    kk arul sy mau tanya donk..
    kan d’palopo itu penduduk aslinya org luwu,
    tp setauku luwu itu bukan sebuah suku jdi sbenarnya suku asli org luwu itu apa..??
    soalnya kalo setiap d’tanya sma tmn2 d’kampus atau dosen
    sy suku apa, sy jadi bingung mau blg apa..


  1. 1 Pulangka dulu ces! « Insan Perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: