ESQ kehidupan sesungguhnya

17Jan07

Beberapa hari ini diingatkan kita pada kejadian-kejadian yang bisa membuat kita menangis dan menyadari kebesaran Allah. seperti halnya ESQ yang memberikan simulasi dan memberikan gambaran-gambaran kematian yang mebuat kita terhanyut dalam kehambaan kita kepada Allah.

Kalau di ESQ hanya ditunjukkan dengan simulasi dan gambar, dalam kehidupan sebenarnya banyak terjadi…

Berpulangnya Sahabatku kesisiMu, Sakitnya eyang dari temanku yang akhirnya tadi siang dia menghembuskan nafas terakhirnya (yang tak lain juga adalah ibu dari Dosenku sekaligus Kepala Lab, dimana ku sekarang jadi asisten)

Ketika ku jenguk eyang temanku itu masih dalam keadaan koma, dan para perawat membawa sebuah ranjang keluar dari kamar itu dan seluruh tubuhnya ditutupi kain putih, dan barang tentu dia telah menghembuskan nafas itu terakhirnya beberapa saat lalu.

Itulah ESQ kehidupan yang sedang kita jalani…. yang sedang kita rasakan untuk disadarkan olehNya untuk berbakti kepadaNya



77 Responses to “ESQ kehidupan sesungguhnya”

  1. 1 suryo s

    orang jawa bilang, hidup cuma mampir ngombe, tapi terlalu sempit arti kata yang cuma di artikan sependek itu.
    setelah 27 th ak di bumi ini aku belum temukan arti hidupku ini. apa aku saya yg tidak merasa..?

  2. 2 MeTha

    Assalamualaikum…

    mas Suryo..
    sesungguhnya hidup ini adalah pengabdian kita kepada Allah SWT..

    mungkin selama ini Mas belum bisa temukan arti kata2 diatas..
    Mintalah pertolongan Allah..

    Semoga kita semua dalam bimbingan-Nya..
    Amiin…

  3. Suryo ::Coba memikirkan hidup dan guna hidup ini pasti suatu saat akan menemunkan seberapa berartinya kamu hidup di dunia ini.

    Metha :: YUpz benar sekali pengabdian… 🙂

  4. 4 AIK

    ASSALAMUALAIKUM WR WB

    Banyak temen-temen saya yang bilang”efek training tuch paling lama sebulan nanti juga balik ke semula”

    tapi ternyata ESQ merubah hidup saya,paling tidak mengubah orientasi hidup saya dan masalah bukanlah sebuah masalah jika semuanya berasal dari ALLAH

    dua hari ikutan training,dua hari itu menjadi hari terindah dalam hidu saya,saya merekomendasikan semua orong untuk mengikutinya tidak peduli agama,ras,usia,pekerjaan apapun,anda akan memahami hakikat dalam hidup ini.

  5. amin semoga tetap dikuatkan

  6. 6 SUPRAY

    ASSALAMU’LAIKUM……………….
    YAP sy setuju dgn koment mas AIK, setelah ikut training esq selama 3 hari, serasa lahir dengan jiwa dan pemikiran serta pemahaman yg baru tentang ALLAH, IMAN,ISLAM. n untuk para alumni semoga tetap konsisten menjalankan komitmennya untuk mengbdi kpd ALLAH .

  7. amien moga kita tetap istiqomah….

  8. 8 Pungkas Muji Widodo

    ass w w

  9. waalaikum salam

  10. 10 TRIANI

    Ass.Wr.Wb
    ESQ telah mampu memberi arti dalam hidup saya….
    ga da yang percuma to sebuah pengabdian sebagai bahan penghambaan

  11. Triani : Waalaikum Salam, yah benar semoga tetap istiqomah

  12. 12 TRIANI

    Ass.wr.wb salam kenal sobat, moga bisa bawa manfaat…………

  13. TRIANI :: waalaikum salam…. salam kenal balik….
    amien semoga bermanfaat!!
    🙂

  14. Wahai Teman, Training ESQ memang berbeda dari pelatihan lainnya dan bukan sekedar pelatihan kepemimpinan atau manajemen biasa. Training ESQ adalah dakwah modern.
    Kami teringat Sabda Rasulullah Muhammad SAW : ”Ajarkan Islam itu sesuai dengan Zamannya (umat) masing masing” Al Hadist
    Dizaman mutakhir ini, zaman teknologi, dimana teknologi maju sampai tingkat yang tinggi. Lihat saja, penampilannya dengan multimedia beberapa layar besar dengan tata suara dengan power besar. Dimana kita terpana dan hilang menyaksikan dan dada bergetar mendengar suara yang diperdengarkan, yang ada hanya perhatian sehingga mampu menampilkan materi yang penuh makna. Bukankah kita rasakan penderitaan Rasululah SAW dan Cintanya kepada kita umatNya bukan hanya itu kita rasakan pula kehadiranNya, bukankah kita terharu menyaksikan cinta Nabi Ibrahim AS terhadap Allah Maha Radja Sekalian Alam, bukankah kita begitu Takut dan Cinta terhadap Allah Azza Wajalla tatkala menyaksikan Nabi Musa AS dan Fir’aun. Sehingga timbul rasa rindu kita pada Para Kekasih Kekasih Allah SWT serta timbul pula takut, haru dan cinta kita kepada Yang Maha Pencipta itu, betapa rindu dan sayang Allah SWT kepada kita hambanya. Masya Allah, inilah dakwah masa kini.

  15. yah…. Pak Eddy Subakir…benar… semoga dakwah itu tersampaikan selalu

  16. 16 pien's

    ass,,,,,
    Aq seneng bisa training esq,,
    tp syg g semua lapisan masy bisa ikut…
    kenapa sih harus mengeluarkan dana yang g sedikit untuk ikut traning????

  17. sama.. aku juga masih butuh pelatihan ini.. supaya motivasi dan iman itu tidak kendur….

    mahal, dengan metode pelatihan tersebut membutuhkan dana yang segitu… 🙂
    kan ada juga training gratisnya kan??

  18. Betul Mas, masih banyak Saudara Saudara kita yang tidak bisa ikut Training ESQ, biayanya bagi Mereka cukup besar, Sayang …

  19. yah itulah semoga kita bisa menjadi penyumbang ke mereka2… setidaknya 1-2 orang di sekitar kita biayai…
    itukan intii dari ESQ saling berbagi seperti di training ada bersihkan sepatu teman kita sendiri…. 🙂

  20. Ass.Wr.Wb.

    Salam kenal ya….. Alhamdulillah masih ada yang komentar positif soal ESQ. Soalnya aku rencana training minggu ini dan lagi search di google…. banyak juga komentar ‘miring’ tentang ESQ (jadi buat aku hilang smangat aja), cuman aku percaya insyaAllah training ini akan banyak membawa manfaat buat aku.

    Wass.wr.wb.

  21. :: Dini ::
    Salam kenal juga…
    Ketahuilah pelatihan ESQ begitu menggugah…
    manfaat akan selalu ada..
    temukan segera imanmu di training ini…

    Jaz.klh..

  22. 22 TRIANI EUB

    Ass.Wr.Wb
    baca buku ESQ dah sering….
    dari baca wae udah bisa merasakan manfaat, pa lg yen bisa ikut training..?!
    Mg ESQ tetap lurus dalam niat, krn manajemen Qolbu lewat ESQ akan semakin membuat kita hidup untuk hidup…..
    krn orang yang hebat, adalah orang yang tahu keadaan diri, kekurangan diri, kelebihan diri, bisa menempatkan diri dsb …..
    tetap semangat sobat!!!
    Wss.Wr.Wb

  23. Waalaikum salam wr wb.
    InsyaAllah akan memberikan manfaat.
    Semoga Allah selalu memberikan rahmatnya
    amien.

    Jzklh..

  24. 24 seno

    Assalamualaikum wr wb..selamat pagi !! ..betapa baru kita sadari adanya nilai2 agung pada diri kita,inilah saatnya total action , value to reallity..tiup bal�n sebesar mungkin dan ikhlaslah dimana balonmu akan jatuh..karna ALLAH SWT akan membalas amal kita kelak ! MENINGGAL ASYIK bagi orang yg rindu pada SANG MAHA PENCIPTA dan kekasih-NYA..Muhammad SAW…Wassalamualaikum wr wb..salam 165 – alumni BATAM

  25. waalaikum salam pak seno. Pagi….!!!
    semoga di pelatihan tersebut kita tetap mempertahankan iman kita….:)

  26. 26 ifa

    mungkin diri ini masih bingung apa yang mau dicapai didunia ini tapi yang ku inginkan hanya meninggal masuk surga dan bertemu Allah dan membuat orang lain bahagia serta ingin rasanya mengajak semuanya untuk menjalankan kehidupan ini berdasarkan ESQ Way tp itu bukanlah persoalan yang mudah… andai mereka bisa merasakan apa yang kita semua rasakan, betapa nikmat n indahnya karunia dari Allah,begitu sayangnya Allah sama kita, Begitu besar dan dasyatnya DIA….
    tapi dengan kekuatan basmalah aku yakin semua bisa dijalani…
    LA ILAHA ILLALLAH…
    semangat pagi!!!!
    salam 165!!!

  27. ifa :: benar banget

  28. salamun’alaik…..

  29. Esq sebuah tonggak perubahan dalam hidup yang sesungguhnya..
    Beruntunglah bagi mereka yang telah mengikiuti pelatihan ini

  30. via kyoko :: waalaikum salam
    iya, semoga tetap istiqomah ajah 🙂

  31. Sesungguhnya Allah maha tahu segala kekuatan mahkluk ciptaanya. sehingga Allah menguji hambanhya sesuai dengan kekuatannya. jadi kita sebagai manusia yang meyakini akan dzat-dzat Allah selalu berserah diri dan tawa’du

  32. Iya…. insyaAllah moga kita tetap tawaddu

  33. 33 muhammad yazdi

    Ingatlah segala dosa-dosa yang pernah kita lakukan. Kita selalu menganggap diri kita yang terbaik dari orang lain padahal sebenarnya kita tidak sebaik orang lain. Semua itu dikarenakan kita malu dan enggan untuk memperlihatkannya apalagi yang namanya kekhilafan. Kita malu mengakuinya tapi kita berani melakukan kekhilafan bahkan rasa malu seperti telah hilang dalam diri kita pada saat melakukannya.

    Ada beberapa pertanyaan yang seharusnya kita renungkan, antara lain: Tertutupkah mata hati kita? Masih adakah rasa malu dalam diri kita ataukah telah hilang rasa malu itu sendiri? Kenapa kita begitu berani bahkan senang dan gembira setelah melekukan dosa? Masihkah kita memiliki kesadaran bahwa kita kecil dan tidak ada apa-apanya di hadapan-Nya?

    Mari kita renungkan bersama-sama kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan selama ini. Semoga ALLAH SWT memberikan hikmah dan hidayah kepada kita seluruh umat manusia di muka bumi ini. Amiiin. Laillaha ilallah muhammad darrasulullah, Astarghfirullah ‘al’adzimii.

  34. amin… semoga kita bisa renungkan itu.. dan menjadikan kita sebagai manusia Allah.

  35. 35 angga

    ALLAH AKBAR!!!!!!!!!!!!!!!!

  36. Allah Akbar juga !!

  37. 37 gitta

    i love the content of ESQ….and hopefully they will be able to do so

  38. assallamu’alaikum wr.wb
    salam kenal…
    sangat bagus banget program ESQ tapi sayangnya saya belum dapat bergabung karena masih keterbatasan dalam dana,tetapi saya tidak berputus asa masih banyak cara utuk mengikuti ESQ juga bisa lewat internet.sebenarnya kita manusia kadang tidak tahu siapa dirinya sendiri karena mereka selalu bercermin dari manusia lain,makannya mereka masih ragu memilih mana yang sebenarnya mereka mau jalani dalam dunia ini dan apa tujuannya.masih perlu banyak banget kajian penyadaran buat kita supaya manusia sadar akan apa yang ada pada dirinya.

  39. 39 Walid

    Esq….By Ari Ginanjar
    Walaupun saya lum prnah mengikuti trainingnya dan saya membaca biografie beliau sungguh suatu karya yang luar biasa dan termashur dalam penemuan sebuah titik spiritual manusia saat ini.betapa kita bodoh sombong angkuh dan yang selalu di perbudak oleh Ego kita sendiri lalu dimanakah suara hati………..? kita……..Suara hati…….

  40. 40 asih boyolali

    assalamu’alaikum…
    salam kenal alumni ESQ bandung
    kehidupan akan membuat arti jika diri bisa bermanfaat bagi orng di sekitar n membuatnya tersenyum
    selamat berjuang dlm naunganNya
    wassalamu’alaikum Wr.Wb

  41. 41 fira

    perasaanku ikut esq tuwh sneng……….bgt……….
    q jadi lebih ngenal cp aku sebenernya
    siapa penciptaku
    siapa yang seharusnyaku idolain
    pokoknyaku g bisa jelasin m kata-kata.
    thanx wat trainerku
    kak andrian, kaka ridwan m, n om ary..
    cz dah ajarin fira banyak hal
    moga2 esq bisa lebih sukses yawh.
    n fira harap, esq juga bakalan menjuru ke seluruh negri.amin………

  42. @ semuanya : terimakasih komentarnya, kita sama2 semoga selalu tercerahkan dengan ESQ ini.
    dengan ridho Allah lah sehingga kita bisa menikmati hidup ini.
    amin yah.

  43. 43 Ody

    Bismillahirahmanirahim.. Ass wr wb..

    ESQ sedang diterpa badai fitnah dan ujian keras.. Tujuan kita hanya satu, mengabdi pada Allah melalui perbaikan Moral Manusia.. Agar mengakui satu tuhan.. Allah SWT..

    jangankan orang diluar ESQ, beberapa alumni juga sudah mulai gentar dengan perjuangan ini.. tinggalah mereka yang teguh dalam berjuang yang tersisa..

    Semoga para Alumni ESQ disini bisa menerima dengan Zero presepsi2 buruk ttg ESQ..

    Bukan Dunia untuk al-qur’an danIslam.. Tapi Islam dan Al-Qur’an untuk dunia..
    ISLAM MERINDUKAN PERDAMAIAN SEJATI BERSAMAAN DENGAN YANG LAIN..

    brarti, orang2 yang mengkritik tajam, bahkan memfitnah kita.. bukanlah orang yang merindukan perdamaian sejati.. atau yang perdamaian sejatinya adalah menguasai orang lain..

    Naudzubillahimin Dzalik..

    Ass wr wb.. maaf jikalau ada kata2 yang tidak berkenan..
    Salam 165

  44. @ Ody : terima kasih imbauannya.
    oia kalo bisa ikut diskusi di https://asruldinazis.wordpress.com/2006/08/08/ten-menit-with-ary-ginanjar-agustian/

  45. 45 Piesca

    Assalamualaikum

    saya baru aja gabung dengan ESQ minggu lalu…efeknya??dahsyat banget..dengan kecanggihan teknologi dalam penyampaian ayat2 Al-Quran membuat suasana jadi dramatis tapi sangat logis karena Al-quran dibahas dengan realita2 alam dan diakui kebenarannya secara ilmiah…Subhanallah… mudah2an efek dari training 2 hari kemarin berlangsung seumur hidup saya…

    wass.

  46. @ Piesca : subhanalllah semoga makin mencerahkan 🙂

  47. 47 rizki

    ASS…WR.WB

    SELAMAT PAGIIII……..
    nyamperin aja … aku rizki alumni MHS1 jambi… salam kenal buat semua…
    tetap jaga hati….
    tetap semangat….

    SALAM 165….

  48. 48 lukman

    esqis the best

  49. dalam simulasi semuanya tampak begitu mudah, amun dalam prakteknya di dunia nyata semuanya tak semudah mengeja kata. contoh mudah, setiap orang akan keder juga menghadapi kematian. tapi kita masih sering lupa klo suatu saat nanti kita pasti mati. Allahualam bi showab

  50. 50 yana

    Assalamualaikum

    Selama ini aku sudah lama mengenal ESQ , tetapi belum ada kesempatan untuk ikut karena biyanya yang begitu mahal . Dan aku semakin penasaran dengan ESQ, terutama tanteku yang selalu aktif mengikuti kegiatan ESQ setiap bulannya . Jadinya aku kepingin ikut juga , dan alhamdullillah baru dua bulan yang lalu aku mengikutinya , rasanya seperti mendapat hidayah yang begitu besar dari ALLAH .
    Karena selama ini aku ikut training dari kantor tdk ada yang kayak begini , rasanya training inilah yang betul – betul meresap ke dalam hati kita , karena dari traning yang ada kebanyakan untuk kepentingan dunia saja , tetapi di training ESQ ini betul menyadarkan kita siapa kita sebenarnya dan dan apa yang telah kita perbuat di dunia , dan akan kemana hidup kita setelah ini. Semoga kita akan selalu ingat dengan ALLAH SWT dan 7 prinsip ESQ .

  51. 51 putra

    siiiiiiippppppppplah………
    sekarang waktunya sekolahan SMAGA bojonegoro` JaTim` yang mengikuti ESQ. Doakan yach,,,

  52. 52 En Wildhan

    ESQ aduuuuh sungguh luarbiasa rasya setelah bisa mengetahui siapa kita apa yang harus di perbuat kemana tujuana akhirnya

  53. 53 eko purwantoro

    Assalamu a’laikum Wr Wb

    ESQ adalah pengalaman, seseorang harus ikut terlebih dahulu baru bisa berkomentar. Untuk Saudara-saudara ku satria 165, Alhamdulillah saya sudah ikut MCB angkatan 1, saya sarankan ikut untuk MCB, kesan saya MCB lebih dahsyat dari ESQ Basic, terima kasih
    Wassalamu ‘alaikum Wr Wb

  54. 54 Farah Hanifah

    baru kmaren aku ikut ESQ for teens… dari MP … ESQ itu seru banget… aku jd pingin ikut lagi untung aku udah bikin kartu alumni..

  55. 55 gerakjalanesq

    ikutan gerak jalan esq menyambut 100 th kebangkitan nasional yaa, sebar luaskan juga!

  56. 56 yani

    Assalamu’alaikum wr. wb

    Alhamdulillah, kita selalu diberikan kenikmatan oleh Allah SWT, semoga Allah tiada pernah mengambil hidayah itu dari hati kita.Dan kita tetap istiqomah untuk selalu menyebarkan nilai-nilai 165 ke segenap penjuru bumi Allah dimanapun kita berada demi tercapainya peradaban manusia yang dirahmati Allah SWT sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW 1400 tahun yang lalu.
    Dan mudah-mudahan kita tercatat sebagai pengikut-pengikut jejak Rasulullah, amin

    Salam 165
    Wassalam.

  57. 57 Faizal 165 Teens 7 Tasikmalaya

    Ass..
    ESQ sudah membuat hidup kita berubah…
    Thanks Allah SWT….
    Thanks Nabi Muhammad SAW…
    Thanks Om Ary Ginanjar Agustian…
    smoga kita smua bisa mewujudkan Indonesia emas 2020….
    Amien….
    lam kenal
    lam 165…
    Pagi!!!
    Wass..

  58. 58 Khaerati

    Assalamu ‘alaikum
    Pagi!!!!
    Satria ESQ…

    Saya sangat bersyukur bisa ikutan ESG meski baru level 1, mudah-mudahan bisa lanjut ke mission statement dst…Amin.

    Setelh Ikut ESQ banyak perubahan yang saya rasakan, jadi selalu berusaha untuk rendah hati karena kita ternyata gak ada apa-apany dihadapan Allah
    The best Training and Trainer I have ever seen
    Bravo ESq

    Assalamu ‘alaikum

  59. 59 Woko

    Ass.Wr.Wb
    Hati-hati jaga diri untuk menjadi muslimah sejati….
    salam kenal…

  60. 60 Khaidar Azmi

    Assalamu Alaikum ww,
    Selamat pagi !!!
    Setelah mengikuti diklat ESQ di Menara 165 saya semakin tertarik dgn materi ESQ, menurut saya exellent. Saya ingin melanjutkan ke level yang lebih tinggi lagi setelah basic yaitu level green. Mencari waktu yang tepat, juga mencari ongkosnya, bahkan saya juga ingin agar keluarga saya isteri dan anak saya yang bungsu (yg mahasiswa sudah ikut ESQ) dpt ikut juga) supaya kita bisa diskusi masalah ESQ di rumah. Memang ada kendala yang cukup berat terutama biaya diklat, tetapi sambil menunggu terkumpulnya biaya saya mencoba mencari referensi buku-buku ESQ di toko-toko buku dan perpustakaan, sekalgus memperkenalkannya kepada isteri dan anak saya. Apakah biaya diklat ESQ dapat diturunkan ?
    Wassalam, ww,

  61. Assalamu Alaikum wr.wb
    Pagi !
    salam kenal sy alumni ESQ mahasiswa angkatan 35 jkt
    td iseng searching ttg esq,,,dan “terdampar” di blog ini
    utk esq sendiri…Subhanallah mantap bgt, gak bisa diungkapkan dgn hanya kata2 krn ini adalah pengalaman hati.
    Alhamdulillah (krn setuju bgt dgn visi ESQ) sy rajin ikut2 kegiatan ESQ mulai dr Fosma, FKA ataupun training2 ESQnya sendiri (krn udah gratis)
    Buat yg ngerasa mahal…sebenarnya itu persoalan paradigma saja koq. Coba deh klo kita itung2 lg,,,mahalan beli handphone kan? :), lagian ESQ kan bukan dakwah tp lebih ke leadership training. Dan byk bgt hal yg tdk kita dapati di buku2 atau sumber2 lain yg bisa kita dapati di ESQ
    Mendekatkan diri kepada Allah SWT gk selamanya bisa “bermurah2an” salah satu contoh naik haji 🙂
    Btw, kyknya gk asing sm foto di profile ini. Aku ada kakak kelas dulu di SMK Telkom Mks, namanya Safrudin Azis…saudara kembarnya yah?
    Wassalam

  62. Assalamualaikum Wr.Wb.

    Alhamdulillah kmarin tgl 2-3 agustus 2008 kami warga Palopo bisa mengikuti training ESQ Angkatan ke-2. Kami semua bersyukur walau cuma 2 hari kami msh diberi kesempatan ikut. Hasilnya luar biasa bagi saya pribadi , kalo selama ini orientasi keduniaan sangat besar.Setidaknya ini bisa merubah pola pikir menuju Hijrah kepada Allah,SWT dan membangun Indonesia yang lbh beradab.Amin…Terima Kasih Buat Trainer Bpk Spyan dan Eka Candra semoga amal ibadahnya diterima Allah,SWT..

  63. ka’, blh mnta jdul lgunya Soundtrak ESQ g??,

    yg ska buat nangis itu loh…,

    intrumennya…

    thu kan, k’?/

    tlong kirimn jdulnya yah…,!!

    thx b4

  64. gmna caranya menemukan jati diri dengan cepat sih,,,,,

  65. klo aaaaaanak nakal bagusnya diapain

  66. Malam mInggu Jdi G datang ke SMKN 4 TangeranG Kapan?

  67. PAGI !!!

    Assalamualaikum wr.wb ..

    teman ,, sahabatku yang di sayang Allah,

    tetap total action yah kawan ..

    salam juang 165

    fiky (FOSMA 165 UIN Jakarta)

  68. alhamdulillah tanggal 1-4 september, mahasiswa UIN jakarta (fakultas syariah dan Ekonomi) sekitar 1000 mahasiswa sudah di training 2 angkatan,

    tanggal 16-17 september juga Mahasiswa baru UIN jakarta (fakultas Dirasah, Ushuluddin, dan Adab) sudah di trainig juga dengan peserta 600 mahasiswa,

    insya Allah sabtu, 20-21 september, giliran mahasiswa baru UIN jakarta fakultas tarbiah sekitar 900 mahasiswa akan segera di training nanti,,

    minta doa dan fatehahnya ya sahabatku Satria ESQ , semoga lancar ,, amin

    salam juang 165

    FOSMA UIN JAKARTA, (fiky)

  69. 69 azaria fauziah teens 4 tasikmalaya

    ass.

    ESQ membuat saya tau apa tujuan saya.
    mengetahui yang sebelumnya tidak aku ketahui.
    dan membuat saya lahir kembali dengan hati yang zero.
    trimakasih ALLoh SWT
    trimakasih Nabi Muhammad SAW
    trimakasih Om Ary G
    wass.

    Azaria
    salam 165

  70. Assallamu Alaikum Wr.wb

    Silahkan Download Gratis Ebook Islam Therapy, Program Komprehensif Internasional Untuk Menanggulangi Masalah Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, dan Gangguan Jiwa berbasis Ajaran Islam Edisi Satu Abad Kebangkitan Nasional di :

    Mohon Bantuannya untuk menyebarluaskan informasi ini. sekian dan Terima Kasih.

    Wassallam

    hormat dari saya,

    Muhammad Yusuf

  71. 71 musannif

    ALLAHU AKBAR

  72. ESQ, Emang sangat berarti juga bagi saya,,

    Saya jauh berubah dari sebelum mengikuti Training ESQ,,

    Main-main yah ke blog baru http://www.tandud.wordpress.com

  73. Subhanallah…

  74. 74 edhy

    assalamualaikum w.w slama ini yg merasakan nikmatnya ESQ hanyalah kalangan ekonomi menengah ke atas,,,,dengan biaya pendaftaran yang cukup tinggi 450-1jt an..kapan ya ESQ menyentuh org ekonominya lemah???
    mudah2an ESQ terus eksis dan diridhoi ALLAH S.W.T

  75. 75 Triani Boyolali...

    Ass.wr.wb
    Indahnya kebersamaan….indahnya kasih sayang….indahnya saling mengasihi dan memberi….indahnya saling menjaga….indahnya bs saling menghargai….dan indahnya setiap motivasi kebaikkan….

    itulah hidup…baik ESQ ataupun belum….itulah universitas kehidupan yg akan melahirkan sarjana kehidupan dengan derajat yg berbeda – beda ….

  76. 76 mad respect

    askum…..

    denagan menyebut nama Allah yang Maha pengasi lagi Maha penyayang…..

    dengan atas segala kehendakMu
    kami semua hanyalah mahkluk yang takberdaya,dan hanya kepadaMu lah kami bisa memehami apa yang di cari di dunia ini.
    dunia adalah kehidupan yang fana,dan ahkirat lah kehidupan yang nyata dan itu kekel….


  1. 1 ESQ « KEren

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: