Larangan ngerokok di Kampus??? Bener Gak yah?

27Des06

Teman2 teman pernah baca gak Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan, yang mengatur tentang banyak hal tentang Rokok bagi kesehatan? Peraturan ini dikeluarkan di jamannya Megawati jadi Presiden RI.

Katanya tidak boleh ada aktivitas merokok dan promosi rokok dalam kampus. benar gak sih?


Kalo mau liat Peraturan Pemerintah lengkapnya klik disini atau di sini punya tempointeraktif

ada beberapa point penting yang saya akan tampilkan yang bisa menjadi bahan diskusi kita bersama.

yaitu :

1. Pasal 2 point b BAB II ttg penyelenggaraan Pengamanan Rokok,

b. melindungi penduduk usia produktif dan remaja dari dorongan lingkungan dan pengaruh iklan untuk inisiasi penggunaan dan ketergantungan terhadap rokok:

2. pasal 3

Penyelenggaraan pengamanan rokok bagi kesehatan dilaksanakan dengan pengaturan :

a. kandungan kadar nikotin dan tar;

b. persyaratan produksi dan penjualan rokok;

c. persyaratan iklan dan promosi rokok;

d. penetapan kawasan tanpa rokok.

3. Kawasan Tanpa Rokok, Pasal 22

Tempat umum, sarana kesehatan, tempat kerja dan tempat yang secara spesifik sebagai tempat proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, tempat ibadah dan angkutan umum dinyatakan sebagai kawasan tanpa rokok.

4. Pasal 1 point 11 tentang pengertian Kawasan tanpa Rokok

11. Kawasan tanpa rokok adalah ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan produksi, penjualan, iklan, promosi dan/atau penggunaan rokok.

Berdasarkan point2 yang di atas dapat disimpulkan bahwa kampus dapat diartikan sebagai tempat belajar mengajar (lihat pasal 22) sebagai kawasan tanpa rokok (berdasarkan pasal 1 ttg pengertian kawasan tanpa rokok) yang sesuai pasal 3 tempat pengamanan rokok bagi kesehatan.

Dari beberapa point tersebut beberapa orang menyimpulkan rokok tidak boleh masuk kampus.

tapi menurut beberapa orang perusahaan rokok yang penting tidak ada perilaku pasal 19

Setiap orang yang memproduksi rokok dan/atau memasukkan rokok kedalam wilayah Indonesia dilarang melakukan promosi dengan memberikan secara cuma-cuma atau hadiah berupa rokok atau produk lainnya dimana dicantumkan bahwa merek dagang tersebut merupakan rokok.

So friend menurut anda bagaimana sebenarnya tentang permasalahan ini?

belum lagi keadaan teman2 kita yang sudah menjadi kebiasaan merokok di kampus dan bahkan dosen biasa mengajar di kelas tidak bisa lepas dari rokok? Apakah ini akan mengganggu kebebasan berekspresi ataukah memang kenyataannya begitu, kita tidak boleh merokok di kampus?

Nb : saya menyodorkan PP ini untuk dibahas supaya bisa berbagi dengan teman ttg keadaan sebenarnya kayak apa sih, dan apakah peraturan ini dapat dilaksanakan atau hanya untuk gengsi2an pemerintah. Atau malah peraturan ini sangat mengekang kita dalam berhak asasi manusia. So saya manusia tidak tahu apa-apa, maka ajarilah saya….

Iklan


16 Responses to “Larangan ngerokok di Kampus??? Bener Gak yah?”

  1. 1. Rokok itu candu. Kalau anda perokok, anda pasti menyadari kenyataan ini.
    2. Rokok menganggu kesehatan. Bukan hanya bagi pelaku, tapi bagi orang disekitar pelaku.
    3. Rokok itu melatih diri menjadi jahat, dengan membiasakan diri merokok di tempat umum, anda sudah melatih diri untuk menindas hak-hak orang lain.
    4. Perokok itu EGOIS, bukan hanya menindas kenyamanan orang asing, kadang Anak dan Istri juga dikorbankan demi memuaskan ketagihannya.

    Jadi saya setuju, kalau perokok itu harus diberi tempat khusus, semacam karantina agar tidak mengganggu manusia lain ketika mereka menikmati candunya 😀 Dan perlu ditambahi, ayah yang merokok dirumah, tanpa memperhatikan kesehatan anak dan istri, harus bisa dituntut dengan pasal penganiayaan 🙂

    Maaf saya para perokok, tapi tidak ada salahnya kalau anda mulai belajar toleransi. Masa non perokok terus yang harus mentolerir kecanduan kalian?

  2. perokok itu nyebelin yah….mereka itu cuma melakukan useless thing! udah jelas-jelas ngerokok ngrusak kesehatan tapi tuetep aja ngerokok n merokok sama aja pemborosan… mending uangnya dipake buat biaya hidup keluarga.. hehehe sory gw terlalu esmosi jadinya emang benar perokok itu egois. they do something useless that harm for the health not only for themselves but also for non smoker…

  3. wadehel : dalam PP itu juga diatur pengkarantinaan orang yang merokok

    Nee@ : sama…. bukannya membenci.. tetapi tindakan merokok menurut saya tidak ada manfaat….

  4. 4 aLaN

    yang menjadi permasalahan dalam keputusan Dikti mengenai larangan produsen/produk-produk rokok masuk kedalam wilayah kampus adalah masih adanya Universitas-universitas di Indonesia yang menggunakan produsen rokok dalam setiap kegiatannya??????
    Ada Universitas yang memeperbolehkan produsen/produk rokok untuk masuk ke kampus untuk sekedar membiayai acara yang di adakan oleh kampus tersebut. Dan ada juga universitas yang melarang produsen/produk rokok untuk masuk ke wilayah kampus tersebut.
    Tetapi dari Dikti sendiri mungkin belum melakukan tindakan yang konkrit dalam menerapkan keputusan yang di buatnya.seperti contoh yang telah saya sebutkan di atas.
    Kita tidak usah munafik lagi saat ini,mungkin benar banyak mahasiswa,dosen yang selalu merokok setiap saat!!!!atau mungkin orang-orang dari Dikti sendiri merokok juga????Kenapa juga saat ini masih banyak produksi-produksi rokok????jika pemerinatah ingin adanya rokok masuk kampus,mungkin pemerintah harus menghentikan produksi rokko yang saat ini makin banyak!!!!!

    Terima kasih mungkin ini hanya pendapat dari saya saja,kalau ada salah kata mohon di maafkan….

  5. alan : produk hukum itu milik pemerintah …penekanan pemerintah kurang kepada instansi2 sehingga mereka seakan2 tida ktahu menahu…

  6. 6 SMOOKING LOVER'S

    ju2r ja merokok adalah hoby saya sejak dari TK!!!!!!!!!!!!!!!!!jika rokok dilarang masuk kampus dari mana mahasiswa mendapatkan dana???sedangkan pihak universitas tidak memberikan dana??????dari mana lagi klo bukan dari rokok yang notabenenya berani memberikan kucuran dana yang besar untuk kegiatan mahasiswa.Apa mau ditolak?????????????????????????????????????????????????????
    REJEKI KOK DITOLAK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    MUBADZIR…..TAU GA!!!!!???????KATA ORANG SUNDA PAMALI NOLAK REJEKI…..Sekian komentar dari kami yang mungkin nyleneh,tapi itulah kenyataannya yang kami LIHAT, kami RASAKAN, kami ALAMI!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    SMOOKING LOVERS

  7. 7 SMOOKING LOVER'S

    Saya sebagai Penikmat Rokok Sejati Saya Ga Terima Kalo Rokok Dilarang Masuk Kampus…………………………………
    Karena Setiap Mau Ngrokok Ga bisa Tenang DooooooNkkkk’zzzzz,Katanya Disini Negara Bebas Yang Setiap Warga Negaranya Boleh Melakukan Apa Yang Dikehendaki!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Dasar Katrok, Ndeso, Udix, Cupu, Culun…………………
    Kata2 Saya Diatas Ga Ada Maksud Tuk Melecehkan Siapapun,
    I’am Just KIding N Just For Fun

  8. SMOOKING LOVER’S : ok Friend…. komentarnya ditampung, coz sayakan cuman bertanya… ok.. 🙂
    Pizz…

  9. 9 KL community

    Sebagai anak kesLing…qta merasa rokok itu sama sekali nggak penting!!! bikin polusi udara, bumi jadi makin panas, bikin paru-paru jadi ancur, ngabisin duit, pembunuh massal bagi yang menghirup asapnya… intinya nggak banget deeh..
    Buat cowo2 yang merasa jantan dengan merokok..yakin masih jantan?
    Buat cewe2 yang merasa gaul dengan merokok..yakin msh bs punya anak?
    Buat bangsa yang katanya mo sejahtera and sehat..yakin bisa?? rokok kan bikin miskin…
    after all, itu cuman wacana..tapi qta berharap temen2 bisa ngejauhin yang namanya rokok. buat yang udah nagih rokok, semoga bisa berhenti n ngelepasin diri dari ‘toxin’itu..CAYO!!!

  10. saya sebagai pengguna jasa layanan internet tidak setuju kalau media canggih ini dibilang sangat membuat anak menjadi malas belajar. padahal sebaliknya kita yang menggunakan internet justru belajar modern atau belajar secara online,,,,,,,tapiii emang biasanya banyak anak muda yang sering ke warnet tidak untuk belajar, melainkan ngeCHAT,, atou malah open situs pornografiiiii,, saya cuma menyarankan kepada seluruh pengguna jasa internet, agar lebih memanfaatkan layanan ini dengan sebaik baiknya,, trimakasih………. semangatttttttttt

  11. KL Community : sepakat…..

    Qabul Paminto :: maksudnya? dan hubungannya??

  12. rokok!
    ini menjadi suatu wacana yang kerap kali muncul di berbabai kalangan. banyak kontrofersi tentang hal ini? ada yang pro dan kontra dalam menghadapinya. yang pro bahwa rokok itu adalah kepuasan tersendiri. sebagai penghilang strees. sebagai teman. dan didukung oleh negara kita yang sudah menjadi negara yang notabene bebas. tapi sebenarnya ada yang tidak dipahami oleh mereka. bajhwa jika mereka (pro) itu seolah-olah tidak memperdulikan kondisi di sekitarnya, mereka cuek, mereka tak peduli. kalau mereka peduli kepada dirinya, kalo mereka sayang kepada dirinya tentu akan dengan senang hati menjauhi rokok. karena disamping mengganggu oang lain itu juga bisa mengancam nyawa diri kita sendiri. persoalan kita di jaaman yang bebas dan merdeka, itu adalah konsep untuk bertindak bebas sesuai dengan aturan yang berlaku. kita bebas dalam melakukan segala hal yang baik, kita boleh dan leluasa mengmbangkan kreatifitas kita supaya diakui oleh orang lain. tapi harus dipahami bebas itu dalam konsep yang tidak terlalu bebas. kalo orang berpahaman kita bisa melakukan apa saja kehendak kita, maka kita tidak akan dihukum jika kita membunuh orang, memperkosa, mencuri, meludahi presiden, mengebom istana presiden. banyak hal yang memang kita tidak boleh bebas sebebas bebasnya kita boleh bebas selama itu tidak merugikan orang lain.
    dan masalah rokok yang masuk kampus ini juga sudah bukan menjadi barang baru lagi. karena, masalah ini kerap terjadi di kampus-kampus tempat oang terpelajar itu di didik. dilihat dari perturan pemerintah yang diatas tadi bahwa sudah jelas promosi rokok dan segala bentuk yang berbau rokok di wilayah pendidikan itu jelas melanggar hukum!!!!! seharusnya ini itu sudajh di dicabut di singkirkan dari wilayah kampus, karena jelas disitu disebutkan bahwa area kampus adalah area pendidikan. bukan ladang promosi atau ladang bisnis. kampus bukan tempatnya untuk melakukan segala bentuk promosi seperti itu. seharusnya dipasar. apakan tidak ada tempat lain?!?!? seharusnya perusahaan rokok tersebut bisa kita tuntut karena sudah melanggar hukum dan masalah perjanjian atau kontrak yang mengikat itu sebenernya sudah batal, ketika itu sudah melanggar hukum. dan saya menolak dan tidak setuju kalau misalnya rokok itu masuk ke dalam kampus. selain dari ketidak etisan moral berbisnis juga seakan akan jika rokok itu masuk kampus, menyuruh mahasiswa utuk merokok dengan bebas dan leluasa. dan seharusnya pihak universitas itu sadar akan bahayanya kepada para elemen kampus sampai citra kampusnya yang akan butuk dimata publik.

  13. komentar mantap…:)
    *maaf saya baca dulu baru saya tanggapi…*

  14. kebebasan berekspresi??? Bagaimana kalau (maaf) kentut sembarangan?? Gas dari dalam usus kita jauh lebih aman daripada asap rokok! Gimana?

  15. kata2 kebebasan berekspresi itu adalah ungkapan teman sy untuk membela rokok.
    memang beberapa ekspesi itu yang melanggar norma dan aturan itu tidak boleh. termasuk yang disebutkan mas Yari.
    Bagaimana pun rokok sudah memberikan dampak negatif baik pemakai aktif maupun pasif.
    yah mau tidak mau mesti dilarang.

  16. 16 RxC

    ya udahlah,,,

    mending,,, yg ngrokok mulai toleransi ma orang2 yg “anti” rokok…
    bs kan ngrokok dtmpt yg “aman n clear” dr orang2 itu???

    trus bagi yg ga ngrokok,,, jg ga usah pada komentar :

    “perokok itu nyebelin yah….mereka itu cuma melakukan useless thing! udah jelas-jelas ngerokok ngrusak kesehatan tapi tuetep aja ngerokok n merokok sama aja pemborosan… mending uangnya dipake buat biaya hidup keluarga.. hehehe sory gw terlalu esmosi jadinya emang benar perokok itu egois. they do something useless that harm for the health not only for themselves but also for non smoker…”

    kalo smua pd toleran jg enak kan diliatnya?!?!?!

    saya perokok,,, maniak malah!!!
    tapi saya jg ga pernah lupa bwt toleran ma orang disekitar…

    @KL community :
    maaf mas,,, tp bea cukai rokok termasuk yg tertinggi di-Indonesia…
    bwt apa???
    ya bwt bayarin utang negara mas…
    OK anda anak peduli lingkungan,,, tp tetep aja,,, kalo ga peduli ma “hak” para perokok,,, apa anda “SUDAH YAKIN” kalo anda “PEDULI SESAMA”???

    komunitas perokok ma peduli lingkungan ga harus bertentangan kan???
    asal saling toleran,,, BERES semuanya…

    maaf sebelumnya,,,
    saya ngga bermaksud nyinggung siapa2 disini…

    thnx 4 d att…….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: