Fasilitas Mudik Mahasiswa, Bagus Tuh! (Pikiran Rakyat)

21Nov06

Wah namaku ditulis pake nama bapakku… hehehe…..

—————————————————————————————————————

SUDAH 4 kali Lebaran dilewatkan Warry di Bandung. Itu berarti               hampir selama masa kuliahnya, Warry tak menghabiskan saat Lebaran di kampung halamannya,               Kalimantan. Harga tiket pesawat yang cukup mahal, mau tak mau membuatnya harus menahan               kerinduan pada keluarganya. ”Paling komunikasi lewat telefon saja,” katanya               kepada Kampus.

 

Warry tak mudik juga sebagai bentuk penghematan pengeluaran uang. Maklum, ia             mencari uang sendiri untuk berbagai kebutuhannya. Daripada pulang saat Lebaran, yang             menurutnya waktu liburnya sempit, ia lebih memilih pulang saat libur panjang alih             semester.

 

Menurut mahasiswa ITB angkatan 2002 ini, manusiawi kalau timbul perasaan rindu karena             tak bisa berlebaran bersama keluarga. Tapi itu lama-lama dianggapnya sebagai hal lumrah             dalam dinamika kehidupan anak rantau dengan keuangan terbatas.

 

Irfan, mahasiswa Unpad angkatan 2003, juga salah seorang yang pernah tak mudik karena             tak punya ongkos. Itu terjadi tahun lalu, ketika uang yang dimilikinya benar-benar ngepas             untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Dirinya mengaku sempat menitikkan air mata saat malam takbiran hanya sendirian di kamar kos. ”Tapi, tahun ini saya sudah menyiapkan dananya,” katanya senang.

 

Mudik Lebaran memang salah satu kegiatan istimewa sekaligus fenomena menarik, khususnya             di Indonesia. Rasanya kurang afdal kalau tak bersama keluarga di hari raya. Tak heran             banyak orang rela bela-belain melakukan berbagai hal demi mudik.

 

Beberapa perusahaan tak ketinggalan turut berpartisipasi sebagai fasilitator dalam             kegiatan istimewa ini. Sebut saja Sido Muncul, yang sudah 15 kali menyelenggarakan mudik             gratis untuk para penjual jamu. Tak tanggung-tanggung, pesertanya bisa belasan ribu orang.             Ada juga Indofood yang sudah sembilan kali memfasilitasi mudik para pedagang indomie             rebus.

 

Bagi perusahaan, kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian dalam memberi kenyamanan             mudik, pada mereka yang selama ini telah menjadi mitra kerja. Tentunya langkah ini bisa             sekaligus menaikkan citra di mata publik. Bagaimana dengan kampus, mungkinkah menyediakan             fasilitas mudik murah?

 

Meski bakal membantu mahasiswa yang ingin mudik namun terhambat masalah ekonomi, boleh             jadi kebijakan ini belum jadi skala prioritas para pejabat kampus. ”Bagus tuh             kalau ada. Tapi boro-boro kali ya. Selama ini kalau ngajuin proposal permohonan             dana kegiatan juga suka susah,” kata Ria, mahasiswa Itenas asal Bali.

 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, mungkin bisa jadi contoh dalam hal             menggelar fasilitas mudik mahasiswa ke kawasan Jawa Timur. Ini dilakukan BEM-nya, yang             juga didukung pihak rektorat dan alumni. Bagi para pengurus BEM ITS, dampak kenaikan BBM             tidak hanya disikapi dengan demonstrasi, tapi juga aksi nyata dengan memberi fasilitas             mudik murah berupa beberapa armada bus, sampai setengah harga tiket resmi.

 

”Tahun ini ketiga kalinya. Biasanya saat pemberangkatan dilepas wali kota. Tahun             ini akan dilepas gubernur,” kata Aziz, Menteri Humas BEM ITS, saat dihubungi lewat             telefon.

 

Menurut Yusuf Dogar, mahasiswa UIN Yogyakarta yang juga Ketua Asrama Kujang, Jawa Barat             di Yogyakarta, kampus sebenarnya bisa saja menyelenggarakan program seperti itu.             ”Gandeng saja perusahaan yang produknya dekat dengan mahasiswa untuk menjadi             sponsor,” katanya.

 

Adang Surachman, Wakil Rektorat ITB bidang akademik, saat diminta pendapatnya,             mengatakan, sebenarnya mungkin saja pihak kampus menggelar program semacam mudik murah             untuk mahasiswa. ”Tapi sepertinya belum ada permintaan ke arah sana,” katanya.             ***

dewi irma
kampus_pr@yahoo.com

Iklan


No Responses Yet to “Fasilitas Mudik Mahasiswa, Bagus Tuh! (Pikiran Rakyat)”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: