Mahasiswa ke Mana Nih di Tahun 2006?

03Jan06

Tak dipungkiri sepanjang awal sampai di penghujung tahun 2005 aksi mahasiswa menjadi salah satu topik utama, baik itu dari segi positif ataupun dari segi negatif melekat selama periode tahun tersebut.

Perkembangan bangsa Indonesia mulai dari Jaman nenek moyang dimana masing-masing zaman menunjukkan superioritasnya dalam peninggalan sejarah baik fisik maupun secara mental telah meninggalkan nilai-nilai bersejarah dan memberikan pengalaman yang tentunya akan memberikan arah dari bangsa ini ke mana bangsa ini akan di bawa. Mahasiswa sebagai salah satu kaum bangsawan di Indonesia tergolong superior di dalam kelompok masyarakat harus menunjukkan Taringnya.

Mulai dari kenaikan harga BBM yang terjadi dua kali dalam tahun 2005 ini, menjadikan moral force bangsa ini tergerak hatinya karena sisi psikologi masyarakat tersentuh, yang terdeviasi ke beberapa permasalahan sosiopolitik bangsa seperti dana kompensasi BBM yang diberikan dalam bentuk BLT (Bantuan Langsung Tunai) sampai menyoroti kinerja Tim Ekonomi dalam Kabinet Indonesia Bersatu sebagai penanggung jawab atas semua keadaan ekonomi yang tidak stabil ini. Masalah UMK (Upah Minimum Kota) serta UMR menjadi bahasan bersama kaum buruh dan mahasiswa.

Termasuk masalah-masalah sosial di masyarakat seperti busung lapar, kelaparan, flu burung dan sebagainya.

Di kota Surabaya sendiri terkait masalah Pilkada yang akhirnya incumbent Bambang DH kembali memimpin kota Surabaya yang katanya akan menyelesaikan yang tertunda (semoga kata2 itu bukan hanya slogan saat kampanye tetapi juga sebagai motivasi), serta penyusunan Ranperda RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) oleh DPRD Kota Surabaya.

Di penghujung tahun 2005 banjir menjadi salah satu tradisi (mbacem iklan di Tipi nih) di kota Surabaya dan akan kah tetap berlanjut di Tahun 2006. Kritisme mahasiswa yang terjadi di masyarakat masih sebatas kritis tak berhasil. Akan hanya sebatas retorika di udara yang tertiup angin…. Dan masih banyak di antara kita kaum moral force negeri ini terdiam dan hanya berani berkata tidak… dan tidak terimplementaikan dalam gerakan ataupun aksi..

Akan kah kita biarkan Indonesia dalam genggaman para koruptor di genggaman para kaum kapitalis yang membumihanguskan para penganut ekonomi kerakyatan?

Akan kah kita memberikan kita dan negara ini terkonspirasi isu terorisme yang menjatuhkan nama Islam dan Indonesia dalam percaturan global?

Akankah kita hanya membiarkan banjir setiap tahun datang? Akan kah kita bergerak setelah ada yang mati terbunuh? Akan kah kita hanya tergerak ketika kita sudah merasakan pedihnya penderitaan rakyat kecil…

Marilah kita para mahasiswa borjuis muda… memberikan sumbangsih kita kepada bangsa ini dengan tindakan riil… tunjukkan Sense of crisis and belonging kita kepada masyarakat.

Antara lain nih.. setidaknya kita tidak berlaku seperti para pejabat2 nih..

Mari kita turun ke jalan sudah saatnya kita terjun langsung ke masyarakat.. bukan tunggu satu dua tahun lagi setelah kita lulus atau setelah kita dapat pekerjaan…. tetapi rakyat sekarang butuh kita… butuh pemikiran kita… jangan sia-siakan pemikiran kita hanya untuk mendapat nilai terbaik mari kita sumbangkan pemikiran kita untuk kemaslahatan ummat.

Ini bukan jamannya lagi Soekarno, bukan jamannya Soeharto, bukan lagi Budi Utomo, tetapi jaman milik kita, milik kita bersama hanya kita yang mampu membuat sejarah itu untuk dikenang.

STOp mengagung-agungkan para pendahulu kita kalo kita tidak bertindak seperti mereka.

Mari kira konstruksi bangsa in sebelum kita termasuk para pengede perut itu….

Moga hal ini menjadi pelajaran buat saya dan kita semua agar lebih baik lagi,…..amien

Billahitaufikwalhidayah

Wassalam

AruL as Sospol’ers BEM ITS n PSDM’ers Himatektro

Iklan


One Response to “Mahasiswa ke Mana Nih di Tahun 2006?”

  1. Memang banyak yang pergi
    Tidak sedikit yang lari
    Sebagian memilih diam bersembuyi
    Tapi… Perubahan adalah kepastian
    dan untuk itulah kami bertahan
    Sebab kami tak lagi punya pilihan
    Selain terus melawan sampai keadilan ditegakan!

    Kawan… kami masih ada
    Masih bergerak
    Terus melawan!
    http://www.pena-98.com
    http://www.adiannapitupulu.blogspot.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: