Pahlawan modern gitu loh….

16Nov05

Pahlawan bukan sebuah jabatan, bukan pula sebuah gelar yang diberikan langsung atau turun-temurun, namun sebuah anugerah yang diberikan orang lain karena dihargai sebagai seorang yang mampu melakukan perubahan terhadap suatu komunitas atau zaman. Tak banyak orang yang mampu menjadi pahlawan tetapi seseorang dapat menjadi pahlawan. Seperti kata bijak mengatakan “pahlawan adalah orang biasa yang melakukan pekerjaan-pekerjaan besar, dalam sunyi yang panjang dan sampai waktu mereka habis” dan “menjadi pahlawan bukanlah takdir, namun sebuah pilihan”(Anis Matta).

Berkaitan dengan zaman sekarang yang disertai banyak dinamisasi dalam kehidupan manusia apalagi dengan generasi muda sekarang yang sedikit banyak mendapat pengaruh peradaban barat yang tercermin dalam kepribadian jiwa muda-mudi baik itu disadari atau tidak.

Tapi apakah mudah mendapatkan seorang pahlawan di masa ini? Masa ketika orang-orang muda lebih mengidolakan artis yang ganteng dan cantik, penyanyi, dan banyak lagi yang hanya bermodal fisik bukan karena memberikan suatu perubahan kepada orang lain dalam memberikan manfaat yang berarti bagi bangsa ini. Sebuah fenomena yang sangat langka untuk kita temu mereka mengidolakan Bung Tomo, Soe Hok Gie, Arif Rahman Hakim, atau para pejuang muda. Keadaan masyarakat termasuk kaum muda yang banyak dipengaruhi oleh hegemoni henonitas dan jiwa foya-foya.

Kita terlalu berfikir ideal dan sempurna nilai-nilai kepahlawanan itu harus ditanamkan dan hanya memvonis keadaan sekarang yang sudah hampir tidak ada lagi pewarisan karakter pahlawan-pahlawan akan tetapi mari kita bentuk pahlawan baru, pahlawan masa kini yang akan memberikan pencerahan bagi orang muda demi kemajuan bangsa ini.

Pahlawan generasi muda sekarang jangan lagi berpatok pada jiwa-jiwa muda lama yang mengandalkan pahlawan-pahlawan zaman dulu, zaman ketika Indonesia berperang, mencapai kemerdekaan, ataupun mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang selalu didongengkan kepada kaum muda. Namun pahlawan yang dicari oleh generasi muda sekarang yang bisa menyesuaikan dengan keadaan sekarang ini dan bisa berfikir ke depan yang akan menumbuhkan semangat kepahlawanan diri generasi muda dan meningkatkan idealisme yang benar. Namun semua ini tidak melepas peran dari para pahlawan zaman dahulu, karena merekalah kita masih eksis di dunia ini sebagai salah satu negara berdaulat dan tetap kita jadikan mereka teladan.

Seperti halnya suatu agama yang kita tahu sebagai landasan utama manusia ketika akan diterima oleh suatu golongan masyarakat harus melakukan penyesuaian, asimilasi dan penyebaran. Begitu pula dengan pahlawan zaman sekarang. Harus pandai menyesuaikan dengan keadaan generasi muda sekarang.

Pahlawan sekarang tidak hanya secara audio dapat dirasakan tetapi benar-benar tervisualisasikan dengan baik. Seperti halnya dengan seorang artis, orang tua akan lebih menyenangi artis-artis zaman dulu karena itulah saat mereka muda, sedangkan kaum muda sekarang tentunya mendapatkan artis idolanya yang lagi ngetrend saat sekarang ini. Jadi pahlawan itu merupakan pahlawan untuk zamannya itu,dan saat ini pahlawan kaum muda harus berasal dari zaman saat ini pula. Demikianlah pahlawan harus selalu dinamis dan selalu diupdate menurut zamannya.

Pahlawan juga merupakan orang yang mampu berinteraksi dengan manusia lain dengan gaya generasi muda yang tentunya tidak stagnant harus mengikuti pola pergaulan generasi muda sekarang. Cara inilah yang harus dicari oleh pahlawan itu yang mampu menyesuaikan dengan keadaan generasi muda.

Pola teladan yang berjiwa muda yang sekarang dicari oleh para generasi muda. Jiwa Muhammad SAW yang tetap menjadi teladan sepanjang masa bagi umat Islam karena mampu memberikan teladan langsung baik lisan maupun perbuatan yang baik.

Motivator menjadi pegangan utama bagi calon pahlawan masa kini yang bisa mengobarkan jiwa-jiwa muda untuk bergerak mengikutinya. Seperti Soekarno bisa mengobarkan semangat rakyat Indonesia untuk bersatu melawan penjajah.

Akankah ada pahlawan masa kini, yang bisa membangkitkan semangat dan jiwa idealisme kaum muda? Akahkan itu seorang ustadz, seorang aktivis, seorang menteri, seorang guru, seorang bapak, ataukah diri kita? Semua jawaban hanya ada dalam jiwa kita masing-masing.

Iklan


3 Responses to “Pahlawan modern gitu loh….”

  1. mau jadi pahlawan jaman sekarang gampang kok: jadi koruptor, membunuh ribuan jiwa dan menyelewengkan HAM, membengkokkan sejarah, dan mengadakan penculikan <– pak harto banget…

  2. yang bener aja…..

  3. 3 chi

    apa seorang penjual pecel di pinggir jalan yang memberi makan seorang anak kelaparan karena tak punya unag juga bisa disebut sebagai pahlawan…..
    apa sebenarnya arti pahlawan bagi indonesia saat ini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: