Dari buku Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy

01Jul06

Ada cerita menarik dari MIlist Tetangga…
————————————————————————————————————————
Dengan panjang lebar ibu menjelaskan, sebenarnya sejak ada dalan
kandungan
aku telah dijodohkan dengan Raihana yang tak pernah kukenal.” Ibunya
Raihana
adalah teman karib ibu waktu nyantri di pesantren Mangkuyudan Solo
dulu”
kata ibu.
“Kami pernah berjanji, jika dikarunia anak berlainan jenis akan besanan
untuk memperteguh tali persaudaraan. Karena itu ibu mohon
keikhlasanmu”,
ucap beliau dengan nada mengiba.
Dalam pergulatan jiwa yang sulit berhari-hari, akhirnya aku pasrah. Aku
menuruti keinginan ibu. Aku tak mau mengecewakan ibu. Aku ingin menjadi
mentari pagi dihatinya, meskipun untuk itu aku harus mengorbankan
diriku.
Dengan hati pahit kuserahkan semuanya bulat-bulat pada ibu. Meskipun
sesungguhnya dalam hatiku timbul kecemasan-kecemasan yang datang begitu
saja
dan tidak tahu alasannya. Yang jelas aku sudah punya kriteria dan
impian
tersendiri untuk calon istriku. Aku tidak bisa berbuat apa-apa
berhadapan
dengan air mata ibu yang amat kucintai. Saat khitbah (lamaran) sekilas
kutatap wajah Raihana, benar kata Aida adikku, ia memang baby face dan
anggun. Namun garis-garis kecantikan yang kuinginkan tak kutemukan sama
sekali. Adikku, tante Lia mengakui Raihana cantik, “cantiknya alami,
bisa
jadi bintang iklan Lux lho, asli ! kata tante Lia. Tapi penilaianku
lain,
mungkin karena aku begitu hanyut dengan gadis-gadis Mesir titisan
Cleopatra,
yang tinggi semampai, wajahnya putih jelita, dengan hidung melengkung
indah,
mata bulat bening khas arab, dan bibir yang merah. Di hari-hari
menjelang
pernikahanku, aku berusaha menumbuhkan bibit-bibit cintaku untuk calon
istriku, tetapi usahaku selalu sia-sia. Aku ingin memberontak pada
ibuku,
tetapi wajah teduhnya meluluhkanku. Hari pernikahan datang. Duduk
dipelaminan bagai mayat hidup, hati hampa tanpa cinta, Pestapun meriah
dengan emapt group rebana. Lantunan shalawat Nabipun terasa
menusuk-nusuk
hati. Kulihat Raihana tersenyum manis, tetapi hatiku terasa
teriris-iris
dan
jiwaku meronta. Satu-satunya harapanku adalah mendapat berkah dari
Allah
SWT
atas baktiku pada ibuku yang kucintai. Rabbighfir li wa liwalidayya!
Layaknya pengantin baru, kupaksakan untuk mesra tapi bukan cinta, hanya
sekedar karena aku seorang manusia yang terbiasa membaca ayat-ayatNya.
Raihana tersenyum mengembang, hatiku menangisi kebohonganku dan
kepura-puraanku. Tepat dua bulan Raihana kubawa ke kontrakan dipinggir
kota
Malang. Mulailah kehidupan hampa. Aku tak menemukan adanya gairah.
Betapa
susah hidup berkeluarga tanpa cinta. Makan, minum, tidur, dan shalat
bersama
dengan makhluk yang bernama Raihana, istriku, tapi Masya Allah bibit
cintaku
belum juga tumbuh. Suaranya yang lembut terasa hambar, wajahnya yang
teduh
tetap terasa asing. Memasuki bulan keempat, rasa muak hidup bersama
Raihana
mulai kurasakan, rasa ini muncul begitu saja. Aku mencoba membuang
jauh-jauh
rasa tidak baik ini, apalagi pada istri sendiri yang seharusnya
kusayang
dan
kucintai. Sikapku pada Raihana mulai lain. Aku lebih banyak diam, acuh
tak
acuh, agak sinis, dan tidur pun lebih banyak di ruang tamu atau ruang
kerja.
Aku merasa hidupku adalah sia-sia, belajar di luar negeri sia-sia,
pernikahanku sia-sia, keberadaanku sia-sia.
Tidak hanya aku yang tersiksa, Raihanapun merasakan hal yang sama,
karena
ia
orang yang berpendidikan, maka diapun tanya, tetapi kujawab ” tidak
apa-apa
koq mbak, mungkin aku belum dewasa, mungkin masih harus belajar berumah
tangga” Ada kekagetan yang kutangkap diwajah Raihana ketika kupanggil
‘mbak’, ” kenapa mas memanggilku mbak, aku kan istrimu, apa mas sudah
tidak
mencintaiku” tanyanya dengan guratan wajah yang sedih. “wallahu a’lam”
jawabku sekenanya. Dengan mata berkaca-kaca Raihana diam menunduk, tak
lama
kemudian dia terisak-isak sambil memeluk kakiku, “Kalau mas tidak
mencintaiku, tidak menerimaku sebagai istri kenapa mas ucapkan akad
nikah?
Kalau dalam tingkahku melayani mas masih ada yang kurang berkenan,
kenapa
mas tidak bilang dan menegurnya, kenapa mas diam saja, aku harus
bersikap
bagaimana untuk membahagiakan mas, kumohon bukalah sedikit hatimu untuk
menjadi ruang bagi pengabdianku, bagi menyempurnakan ibadahku didunia
ini”.
Raihana mengiba penuh pasrah. Aku menangis menitikan air mata buka
karena
Raihana tetapi karena kepatunganku. Hari terus berjalan, tetapi
komunikasi
kami tidak berjalan. Kami hidup seperti orang asing tetapi Raihana
tetap
melayaniku menyiapkan segalanya untukku. Suatu sore aku pulang mengajar
dan
kehujanan, sampai dirumah habis maghrib, bibirku pucat, perutku belum
kemasukkan apa-apa kecuali segelas kopi buatan Raihana tadi pagi,
Memang
aku
berangkat pagi karena ada janji dengan teman. Raihana memandangiku
dengan
khawatir. “Mas tidak apa-apa” tanyanya dengan perasaan kuatir. “Mas
mandi
dengan air panas saja, aku sedang menggodoknya, lima menit lagi
mendidih”
lanjutnya. Aku melepas semua pakaian yang basah. “Mas airnya sudah
siap”
kata Raihana. Aku tak bicara sepatah katapun, aku langsung ke kamar
mandi,
aku lupa membawa handuk, tetapi Raihana telah berdiri didepan pintu
membawa
handuk. “Mas aku buatkan wedang jahe” Aku diam saja. Aku merasa mulas
dan
mual dalam perutku tak bisa kutahan. Dengan cepat aku berlari ke kamar
mandi
dan Raihana mengejarku dan memijit-mijit pundak dan tengkukku seperti
yang
dilakukan ibu. ” Mas masuk angin. Biasanya kalau masuk angin diobati
pakai
apa, pakai balsam, minyak putih, atau jamu?” tanya Raihana sambil
menuntunku
ke kamar. “Mas jangan diam saja dong, aku kan tidak tahu apa yang harus
kulakukan untuk membantu Mas”. ” Biasanya dikerokin” jawabku lirih. “
Kalau
begitu kaos mas dilepas ya, biar Hana kerokin” sahut Raihana sambil
tangannya melepas kaosku. Aku seperti anak kecil yang dimanja ibunya.
Raihana dengan sabar mengerokin punggungku dengan sentuhan tangannya
yang
halus. Setelah selesai dikerokin, Raihana membawakanku semangkok bubur
kacang hijau. Setelah itu aku merebahkan diri di tempat tidur. Kulihat
Raihana duduk di kursi tak jauh dari tempat tidur sambil menghafal Al
Quran
dengan khusyu. Aku kembali sedih dan ingin menangis, Raihana manis tapi
tak
semanis gadis-gadis mesir titisan Cleopatra. Dalam tidur aku bermimpi
bertemu dengan Cleopatra, ia mengundangku untuk makan malam di
istananya.”
Aku punya keponakan namanya Mona Zaki, nanti akan aku perkenalkan
denganmu”
kata Ratu Cleopatra. ” Dia memintaku untuk mencarikannya seorang
pangeran,
aku melihatmu cocok dan berniat memperkenalkannya denganmu”. Aku
mempersiapkan segalanya. Tepat puku 07.00 aku datang ke istana, kulihat
Mona
Zaki dengan pakaian pengantinnya, cantik sekali. Sang ratu
mempersilakan
aku
duduk di kursi yang berhias berlian. Aku melangkah maju, belum sempat
duduk,
tiba-tiba ” Mas, bangun, sudah jam setengah empat, mas belum sholat
Isya”
kata Raihana membangunkanku. Aku terbangun dengan perasaan kecewa. “
Maafkan
aku Mas, membuat Mas kurang suka, tetapi Mas belum sholat Isya” lirih
Hana
sambil melepas mukenanya, mungkin dia baru selesai sholat malam.
Meskipun
cuman mimpi tapi itu indah sekali, tapi sayang terputus. Aku jadi
semakin
tidak suka sama dia, dialah pemutus harapanku dan mimpi-mimpiku. Tapi
apakah
dia bersalah, bukankah dia berbuat baik membangunkanku untuk sholat
Isya.
Selanjutnya aku merasa sulit hidup bersama Raihana, aku tidak tahu dari
mana
sulitnya. Rasa tidak suka semakin menjadi-jadi. Aku benar-benar
terpenjara
dalam suasana konyol. Aku belum bisa menyukai Raihana. Aku sendiri
belum
pernah jatuh cinta, entah kenapa bisa dijajah pesona gadis-gadis
titisan
Cleopatra.
” Mas, nanti sore ada acara qiqah di rumah Yu Imah. Semua keluarga akan
datang termasuk ibundamu. Kita diundang juga. Yuk, kita datang bareng,
tidak
enak kalau kita yang dieluk-elukan keluarga tidak datang” Suara
lembut
Raihana menyadarkan pengembaraanku pada Jaman Ibnu Hazm. Pelan-pelan ia
letakkan nampan yang berisi onde-onde kesukaanku dan segelas wedang
jahe.
Tangannya yang halus agak gemetar. Aku dingin-dingin saja. ” MaâEUR¦.maaf
jika
mengganggu Mas, maafkan Hana,” lirihnya, lalu perlahan-lahan beranjak
meninggalkan aku di ruang kerja. ” Mbak! Eh maaf, maksudku
D..DinâEUR¦Dinda
Hana!, panggilku dengan suara parau tercekak dalam tenggorokan. ” Ya
Mas!”
sahut Hana langsung menghentikan langkahnya dan pelan-pelan
menghadapkan
dirinya padaku. Ia berusaha untuk tersenyum, agaknya ia bahagia
dipanggil
“dinda”. ” Matanya sedikit berbinar. “TeâEUR¦terima kasihâEUR¦DiâEUR¦dinda,
kita
berangkat bareng kesana, habis sholat dhuhur, insya Allah,” ucapku
sambil
menatap wajah Hana dengan senyum yang kupaksakan. Raihana menatapku
dengan
wajah sangat cerah, ada secercah senyum bersinar dibibirnya. ” Terima
kasih
Mas, Ibu kita pasti senang, mau pakai baju yang mana Mas, biar dinda
siapkan? Atau biar dinda saja yang memilihkan ya?”. Hana begitu
bahagia.
Perempuan berjilbab ini memang luar biasa, Ia tetap sabar mencurahkan
bakti
meskipun aku dingin dan acuh tak acuh padanya selama ini. Aku belum
pernah
melihatnya memasang wajah masam atau tidak suka padaku. Kalau wajah
sedihnya
ya. Tapi wajah tidak sukanya belum pernah. Bah, lelaki macam apa aku
ini,
kutukku pada diriku sendiri. Aku memaki-maki diriku sendiri atas sikap
dinginku selama ini., Tapi, setetes embun cinta yang kuharapkan
membasahi
hatiku tak juga turun. Kecantikan aura titisan Cleopatra itu? Bagaimana
aku
mengusirnya. Aku merasa menjadi orang yang paling membenci diriku
sendiri
di
dunia ini.
Acara pengajian dan qiqah putra ketiga Fatimah kakak sulung Raihana
membawa
sejarah baru lembaran pernikahan kami. Benar dugaan Raihana, kami
dielu-elukan keluarga, disambut hangat, penuh cinta, dan penuh bangga.

Selamat datang pengantin baru! Selamat datang pasangan yang paling
ideal
dalam keluarga! Sambut Yu Imah disambut tepuk tangan bahagia mertua dan
ubundaku serta kerabat yang lain. Wajah Raihana cerah. Matanya
berbinar-binar bahagia. Lain dengan aku, dalam hatiku menangis disebut
pasangan ideal. Apanya yang ideal. Apa karena aku lulusan Mesir dan
Raihana
lulusan terbaik dikampusnya dan hafal Al Quran lantas disebut ideal?
Ideal
bagiku adalah seperti Ibnu Hazm dan istrinya, saling memiliki rasa
cinta
yang sampai pada pengorbanan satu sama lain. Rasa cinta yang tidak lagi
memungkinkan adanya pengkhianatan. Rasa cinta yang dari detik ke detik
meneteskan rasa bahagia. Tapi diriku? Aku belum bisa memiliki cinta
seperti
yang dimiliki Raihana. Sambutan sanak saudara pada kami benar-benar
hangat.
Aku dibuat kaget oleh sikap Raihana yang begitu kuat menjaga
kewibawaanku
di
mata keluarga. Pada ibuku dan semuanya tidak pernah diceritakan,
kecuali
menyanjung kebaikanku sebagai seorang suami yang dicintainya. Bahkan ia
mengaku bangga dan bahagia menjadi istriku. Aku sendiri dibuat pusing
dengan
sikapku. Lebih pusing lagi sikap ibuku dan mertuaku yang menyindir
tentang
keturunan. ” Sudah satu tahun putra sulungku menikah, koq belum ada
tanda-tandanya ya, padahal aku ingin sekali menimang cucu” kata ibuku.

Insya Allah tak lama lagi, ibu akan menimang cucu, doakanlah kami.
Bukankah
begitu, Mas?” sahut Raihana sambil menyikut lenganku, aku tergagap dan
mengangguk sekenanya.
Setelah peristiwa itu, aku mencoba bersikap bersahabat dengan Raihana.
Aku
berpura-pura kembali mesra dengannya, sebagai suami betulan. Jujur, aku
hanya pura-pura. Sebab bukan atas dasar cinta, dan bukan kehendakku
sendiri
aku melakukannya, ini semua demi ibuku. Allah Maha Kuasa.
Kepura-puraanku
memuliakan Raihana sebagai seorang istri. Raihana hamil. Ia semakin
manis.
Keluarga bersuka cita semua. Namun hatiku menangis karena cinta tak
kunjung
tiba. Tuhan kasihanilah hamba, datangkanlah cinta itu segera. Sejak itu
aku
semakin sedih sehingga Raihana yang sedang hamil tidak kuperhatikan
lagi.
Setiap saat nuraniku bertanya” Mana tanggung jawabmu!” Aku hanya diam
dan
mendesah sedih. ” Entahlah, betapa sulit aku menemukan cinta” gumamku.
Dan akhirnya datanglah hari itu, usia kehamilan Raihana memasuki bulan
ke
enam. Raihana minta ijin untuk tinggal bersama orang tuanya dengan alas
an
kesehatan. Kukabulkan permintaanya dan kuantarkan dia kerumahnya.
Karena
rumah mertua jauh dari kampus tempat aku mengajar, mertuaku tak menaruh
curiga ketika aku harus tetap tinggal dikontrakan. Ketika aku pamitan,
Raihana berpesan, ” Mas untuk menambah biaya kelahiran anak kita,
tolong
nanti cairkan tabunganku yang ada di ATM. Aku taruh dibawah bantal, no
pinnya sama dengan tanggal pernikahan kita”.
Setelah Raihana tinggal bersama ibunya, aku sedikit lega. Setiap hari
Aku
tidak bertemu dengan orang yang membuatku tidak nyaman. Entah apa
sebabnya
bisa demikian. Hanya saja aku sedikit repot, harus menyiapkan
segalanya.
Tapi toh bukan masalah bagiku, karena aku sudah terbiasa saat kuliah di
Mesir.
Waktu terus berjalan, dan aku merasa enjoy tanpa Raihana. Suatu saat
aku
pulang kehujanan. Sampai rumah hari sudah petang, aku merasa tubuhku
benar-benar lemas. Aku muntah-muntah, menggigil, kepala pusing dan
perut
mual. Saat itu terlintas dihati andaikan ada Raihana, dia pasti telah
menyiapkan air panas, bubur kacang hijau, membantu mengobati masuk
angin
dengan mengeroki punggungku, lalu menyuruhku istirahat dan menutupi
tubuhku
dengan selimut. Malam itu aku benar-benar tersiksa dan menderita. Aku
terbangun jam enam pagi. Badan sudah segar. Tapi ada penyesalan dalam
hati,
aku belum sholat Isya dan terlambat sholat subuh. Baru sedikit terasa,
andaikan ada Raihana tentu aku ngak meninggalkan sholat Isya, dan tidak
terlambat sholat subuh.
Lintasan Raihana hilang seiring keberangkatan mengajar di kampus.
Apalagi
aku mendapat tugas dari universitas untuk mengikuti pelatihan mutu
dosen
mata kuliah bahasa arab. Diantaranya tutornya adalah professor bahasa
arab
dari Mesir. Aku jadi banyak berbincang dengan beliau tentang mEsir.
Dalam
pelatihan aku juga berkenalan dengan Pak Qalyubi, seorang dosen bahasa
arab
dari Medan. Dia menempuh S1-nya di Mesir. Dia menceritakan satu
pengalaman
hidup yang menurutnya pahit dan terlanjur dijalani. “Apakah kamu sudah
menikah?” kata Pak Qalyubi. “Alhamdulillah, sudah” jawabku. ” Dengan
orang
mana?. ” Orang Jawa”. ” Pasti orang yang baik ya. Iya kan? Biasanya
pulang
dari Mesir banyak saudara yang menawarkan untuk menikah dengan
perempuan
shalehah. Paling tidak santriwati, lulusan pesantren. Istrimu dari
pesantren?”. “Pernah, alhamdulillah dia sarjana dan hafal Al Quran”. “
Kau
sangat beruntung, tidak sepertiku”. ” Kenapa dengan Bapak?” ” Aku
melakukan
langkah yang salah, seandainya aku tidak menikah dengan orang Mesir
itu,
tentu batinku tidak merana seperti sekarang”. ” Bagaimana itu bisa
terjadi?”. ” Kamu tentu tahu kan gadis Mesir itu cantik-cantik, dank
arena
terpesona dengan kecantikanya saya menderita seperti ini. Ceritanya
begini,
Saya seorang anak tunggal dari seorang yang kaya, saya berangkat ke
Mesir
dengan biaya orang tua. Disana saya bersama kakak kelas namanya Fadhil,
orang Medan juga. Seiring dengan berjalannya waktu, tahun pertama saya
lulus
dengan predkat jayyid, predikat yang cukup sulit bagi pelajar dari
Indonesia. Demikian juga dengan tahun kedua. Karena prestasi saya, tuan
rumah tempat saya tinggal menyukai saya. Saya dikenalkan dengan anak
gadisnya yang bernama Yasmin. Dia tidak pakai jilbab. Pada pandangan
pertama
saya jatuh cinta, saya belum pernah melihat gadis secantuk itu. Saya
bersumpah tidak akan menikaha dengan siapapun kecuali dia. Ternyata
perasaan
saya tidak bertepuk sebelah tangan. Kisah cinta saya didengar oleh
Fadhil.
Fadhil membuat garis tegas, akhiri hubungan dengan anak tuan rumah itu
atau
sekalian lanjutkan dengan menikahinya. Saya memilih yang kedua. Ketika
saya
menikahi Yasmin, banyak teman-teman yang memberi masukan begini,
sama-sama
menikah dengan gadis Mesir, kenapa tidak mencari mahasiswi Al Azhar
yang
hafal Al Quran, salehah, dan berjilbab. Itu lebih selamat dari pada
dengan
YAsmin yang awam pengetahuan agamanya. Tetpai saya tetap teguh untuk
menikahinya. Dengan biaya yang tinggi saya berhasil menikahi YAsmin.
Yasmin
menuntut diberi sesuatu yang lebih dari gadis Mesir. Perabot rumah yang
mewah, menginap di hotel berbintang. Begitu selesai S1 saya kembali
ke
MEdan, saya minta agar asset yang di Mesir dijual untuk modal di
Indonesia.
KAmi langsung membeli rumah yang cukup mewah di kota Medan. Tahun-tahun
pertama hidup kami berjalan baik, setiap tahunnya Yasmin mengajak ke
Mesir
menengok orang tuanya. Aku masih bisa memenuhi semua yang diinginkan
YAsmin.
Hidup terus berjalan, biaya hidup semakin nambah, anak kami yang ketiga
lahir, tetapi pemasukan tidak bertambah. Saya minta YAsmin untuk
berhemat.
Tidak setiap tahun tetapi tiga tahun sekali YAsmin tidak bisa. Aku
mati-matian berbisnis, demi keinginan Yasmin dan anak-anak terpenuhi.
Sawah
terakhir milik Ayah saya jual untuk modal. Dalam diri saya mulai muncul
penyesalan. Setiap kali saya melihat teman-teman alumni Mesir yang
hidup
dengan tenang dan damai dengan istrinya. Bisa mengamalkan ilmu dan bisa
berdakwah dengan baik. Dicintai masyarakat. Saya tidak mendapatkan apa
yang
mereka dapatkan. Jika saya pengin rending, saya harus ke warung. YAsmin
tidak mau tahu dengan masakan Indonesia. Kau tahu sendiri, gadis Mesir
biasanya memanggil suaminya dengan namanya. Jika ada sedikit letupan,
maka
rumah seperti neraka. Puncak penderitaan saya dimulai setahun yang
lalu.

——————————————–

Aku tak kuat menahan rasa cinta, haru,
rindu
dan penyesalan yang luar biasa. Aku ingin Raihana hidup kembali.
Dunia tiba-tiba gelap semua

Update : Waktu saya posting cerita ini saya tidak mengetahui ini sebagai sebuah buku, saya baru tau ternyata ini isi dari salah satu kumpulan cerpen habiburahman el zirazy, jadi mohon maaf ceritanya saya potong, silahkan beli bukunya sejudul dengan postingan ini.

About these ads


199 Responses to “Dari buku Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy”

  1. 1 -rhe-

    setuju kan novel-novel Habiburrahman El Shirazy memang sebuah Novel pembangun jiwa…

  2. yah keren juga tetapi jangan membangun jiwa sesaat tetapi tidak membangun jiwa untuk selamanya

  3. 3 dhewi

    ana udah baca novel karya Habiburrahman El Shirazy yang berjudul Ayat-Ayat Cinta, Pudarnya Pesona Cleopatra, dan Setetes Embun Niyala
    ana sangat berkesan, sampai2 hati ana bergetar, air mata ana meleleh saat ana membaca untaian kata2 penuh makna dan bener2 membangunkan jiwa ana… Allah Yubarikfik

  4. assalamu’alaikum
    ketika selesai membaca pudarnya pesona cleopatra, perasaan hati ini remuk redam. bathin ini bergolak, betapa telah banyak kesalahan yang telah ana perbuat kepada isteri ana, jumillia. begitu banyak pengorbanannya tapi belum seberapa cinta ini kuberikan kepadanya. ana tak tertarik dengan cleopatra namun begitu sulit melafadzkan cinta kepadanya sehingga yang keluar dari mulut dan sikap perasaan asing dikala berdua dengan nya. rabbi, kalau itu penyakit hamba harap sembuhkanlah…………

  5. ya Allah semoga kita selalu diberi kebaikan dan kesabaran dalam menghadapi hiudp ini…

  6. 6 yovina

    ass.wr.wb…

    aku ingin seperti Raihana…

  7. terharuu,sedih,simpatik.aku setuju kata yovina,ingin seperti Raihana.tapiiiiii aku tak mau punya suami seperti itu.hiks…..

  8. sedihhh,terharu,simpatik dan segudang kesan yang tak bisa kuungkapkan.aku setuju kata yovina,ingin seperti Raihana.Tapiiiiiiii aku tak ingin punya suami seperti itu.hiks…….

  9. Yup, aku udah baca Novel itu, bagus banget.. kayaknya novel itu “menamparku” tak selamanya gadis mesir itu cantik, dan tak selamanya pula gadis yang kita idam2kan baik untuk kita, pengalaman aku banget dah… saya pribadi ingin dapet istri kayak Raihana… eniwei udah taukan kalo Ketika Cinta Bertasbih udah terbit?tak kalah bagus nya sama Ayat2 Cinta…

  10. 10 rara malisa

    assalamualaikum…

    Dulu ana paling ngeremehin apa yang namany novel islam… yang kata-katany sulit d mengerti…,terlalu agamis n membosankan… Tapi..,semenjak ketemu dengan yang namany ‘ayat-ayat cinta…,di atas sajadah cinta..,cinta berbuah surga..,dan pudarnya pesona cleopatra…’ Anggapan ana berubah total… Sangat pantas dan bener-bener pantas jika tuh novel dibilang novel pembangun jiwa…

  11. 11 reeyan

    alhd….
    semoga akan banyak novel kang abik terbit di bumi tercinta ini…jangan lupa novel terbaru kang abik KETIKA CINTA BERTASBIH.
    wass

  12. semoga memberikan ilmu dan manfaat yg dalam deh…

  13. 13 nurul

    subhanallah……
    q pengen seperti raihana
    semoga semua istri di dunia ini bisa sesabar raihana

  14. amin

  15. sedih banggat..

  16. 16 Echost

    ada yang tau email pengarang buku tsb ?
    syukron ….

  17. wah maaf saya tidak tau… coba di search aja di internet :)

  18. 18 z_3_@

    baru dilihat dari covernya aja dah mulai penasaran
    subhanallah…..
    bacaan yang sangat bermanfaat banget buat lan
    terasa kita terjun langsung ke dalam suasana
    aku tunggu karya2 yang lain dari kang Abik
    wass

  19. iyah menyentuh banget…
    saya menunggu tulisan baru kang abik

  20. 20 azka

    subhanallah…
    smua novel karya Habib luar bisa,sangat menggugah dan membangun jiwa!!
    ana ingin menjadi penulis sepertibeliau,InsyaAllah…
    Terima kasih atas inspirasinya ustadz..

  21. subhanallah.. yah.. :)

  22. 22 fitrie

    subhanallah……..allahu akbar…………..(gak bs komentar apa2)

  23. 23 Muhammad Abrar Sumbar

    Asslamu’alaikum,bravo buat kang Abik.I wanna be like kang Abik too.Menjadi penulis yang bisa menggugah jiwa dan menyadarkan para generasi muda yang telah dan akan segera terjerumus ke jurang kenistaan.Kita sangat prihatin dengan kondisi para generasi muda kita.Terlebih dengan penampilan ala barat yang sangat tidak sesuai dengat budaya ketimuran.
    Kapan KCB II akan dirilis kang?banyak penggemar karya2 anda yang penasaran untuk menikmati hasil2 karya terbaru anda,include me.wassalam

  24. iya saya juga nunggu KCB IInya..

  25. 25 andromeda

    Ass,,
    kekagumanku akan sastra dan puisi makin tinggi setelah melihat ini, wah kapan2 diajari ya? akan saya tunggu karya2 barunya,, selebihnya thanks . wass

  26. 26 andromeda

    bila,, sang raihanna itu ada? akan kutemui dia dan aku menyuruhnya untuk menjadi temanku atau enggak sahabat,, bila sosok raihanna kutemukan dalam bentuk serupa dengannya,, then, aku menemukannya ,, keikhlasannya, kerelaannya seperti yang ku lihat padanya beliau…….
    mugkin aku agak trauma dengan tokoh utama yang ada dalam novel ini,, bukan benci hanya mengiba
    tapi sunnguh bagi saya seorang RaIhAnnA itu keagungan. begitu merasakannya,, dia bagaikat malaikat pagi yang selalu tampak dengan wajahnya yang berbalut air wudu ketika subuh,, dia juga perI yang tertutup angin malam dalam pekatnya keheningan dini,, untuk kang/pak habiburrahman ,, anda inspirasi buat saya,, doakan saya menjadi penulis novel seperti anda,, thanks berat sekali laGi. [ dari hati seorang pelajar SMA, yang juga pecinta sastara, seni dan kawan2nya, ingin sekali menjadi penuliSSSSSS]SubHanaAllah..

  27. moga tersampaikan ke kang abik.. :)

  28. blom baca yang ini:(,”ketika cinta bertasbih” saja masih penasaran nunggu yg keduanya..
    btw,bener template kita sama, black n red ur favourite colours too?:)

  29. @ikyul :: wah ceritanya ini juga bagus, hehehe… saya juga menanti2 KCB II loh.. hehehe…
    saya kebetulan suka merah… hehe…

  30. mantap…semoga bisa di tingkatkan

  31. mantap akau kan pulang kekampung

  32. jangan lupa kan akau

  33. salam dedy, oia komentarnya buat siapa?

  34. 34 ade

    ass…….
    acungan jempol buat karya2nya kang abik
    kapan KCB2 launching?
    dah ga sabar nh
    wss………..

  35. 35 nisa

    SUBHANALLAH…..

  36. 36 agusman saka

    Assalamuallaikum wr.wb
    aq orangnya paling benci baca2 novel ato cerpen…ato smcamnyalah…! awalnya dulu aku lagi di kapal ma spu2q. mw balik ke buton…!pada saat ka2k spu2q memb3erikan aku buku yang berjudul pudarnya pesona clepatra..! aku coba baca satu lembar… eh… lama.2 aku ndak puas.. aku baca dari a smpai z.. ! ceritanya betul2 menyentuh hati..q…! disinilah aku mulai mempelajari hidup…/ aku kagum ma rayhanna. dan saya berharap kalo buku ini bisa di angkat dalam film layar lebar… ! amin….!

    apakah akan terbit lagi pudarnya pesona cleopatra yang ke 2??
    saya tetap tunggu…

    thenkz..
    wassalam
    agusman saka

  37. Nangis…
    Cengeng banget aku yah…
    Keinget aja kisah nyata yang ku alami..
    ga mirip mirip amat sih.
    tapi ibrohnya sama…
    Dihadapkan dengan obsesi yang belum menjadi kenyataan…
    dan ketika sadar Semua sudah terlambat…
    Subbanalah.. Semoga aku belum terlambat..

    HArrY A.
    Thx To Writer…

  38. Saya penggemar berat Kang Abik. Pertama baca A2C.. jadi addict nih. Langsung beli Ketika Cinta Bertasbih, Pudarnya Pesona Cleopatra, Cinta Berbuah Surga etc. Karya-karya nya benar-benar membangun jiwa.

    u/ Echost, emailnya Kang Abik : kangabik@yahoo.com

  39. 39 johan

    Novel yang sangat menyentuh jiwa, hampir sama dg apa yang aku alami saat ini, subhanallah tuhan sadarkanlah aku…

  40. 40 oEn

    kerennnnnnnnnnnnnnnnnnn baNget,,,,,kaNg abIk………….

    kpaN noveL trbaruNya??????????

  41. AsS..Bagi saya Novelnya Kang Abik Sungguh sangat menyentuh SANUBARI yang mendalam bahkan seseringan mungkin saya mengucap SUBHANALLAH, di tunggu yah KETIKA CINTA BERTASBIH 2-nya..OK..Wasalam.

  42. 42 Ridho Fahmy

    Asli dari banyak novel yang pernah saya baca cuma karya-karyanya kang abing yang bisa jadi motivasi bagi saya,,dari novel-novel yg pernah sya baca sperti Ayat-Ayat Cinta, Dalam Mihrab Cinta, pudarnya pesona cleopatra en sekarg saya lg baca ketika cinta bertasbih saya selalu menangis.,.,iya shi menangis dalam hati,.,.,.,..chayo kang

  43. SUBHANALLAH…
    q bNr2 gk nyangka bZ nangis cma gara2 novel..dan gk tw knp stiap q bca n0vel’y kang abik pazti lg5g nangi5 or pling gk pzti q lg5g kpikiran 5ma penuliz’y..q jd pena5aran 5ma kang abik..oia saking ngefanz’y 5ma kang abik q jd pny cita2 ke 3 bwt ktmu ma kang abik!!hehehe..
    5umpah semua karya2 kang abik yg udah pernah q baca..kHeeerrreeennzz bUaaaangeeeeetz…ngetz..ngetz..ngetz..5umpah sx lg krenz bgtz..q slalu tunggu krya kang abik y baru..thx kang abik..

  44. Subhanallah…

    Maha suci Allah dengan segala kuasa-Nya…
    buku2 kang Abik emang bener2 bikin hati terenyuh.
    mudah2 an dengan adanya buku2 pemberi motivasi u/ selalu dekat dengan sang Pencipta memberi barokah bagi kita sekalian umat Baginda Nabi Muhammad SAW. . .
    betapa rindunya kami yang tak pernah bertemu dengan beliau..
    betapa rasanya tangisan kami tidak cukup u/ itu..

    Ya Allah..
    Jadikanlah kami orang2 beriman dan senantiasa kau beri petunjuk..

    Amiiiinnn

  45. 45 ade dyana

    Ass. Alaikum Wr. Wb.

    Subhanallah… akhirnya ada juga bacaan islami yg berkualitas dan bs membangun jiwa seperti novel Ayat-Ayat Cinta yg ditulis oleh Kang Abik.
    Ketika membaca novel Ayat-Ayat Cinta, aku merasa seolah-seolah sangat dekat dg tempat yg disetting dalam novel ini (Mesir), apalagi dulu aku pernah pny seseorng yg sangat dekat dengan aku yg jg menimba ilmu di Al Azhar, sayangnya sekarang aku kehilangan jejak karena kesalahan aku sndiri dan hal ini menjadi penyesalan seumur hdpku. Begitu membaca novel AAC aku kembali teringat pada seseorng di masa laluku itu, bahkan aku jd ingin mencari tau keberadaannya, bs jadi Kang Abik kenal karena masih satu angkatan waktu pendidikan S1 di Al Azhar.
    by the way ada yg tahu no kontak personnya Kang Abik???
    thanks for the information.
    Wassalam.

  46. 46 Indra

    Ya Allah,

    Berikanlah aku istri yang sholehah “yang jika memandangnya menyejukkan hati” dan jadikan pula aku suami yang menjadi khalifah bagi keluargaku.Dan karuniakanlah aku generasi2 penerus yang rabbani.

    Amin ya Robbalalamin…………

  47. 47 roel

    ya allah……prasaan stlah baca crita ini berulang2 tetap sama…menyentuh bgt….

  48. 48 sanda aditya

    hanya satu kata yang bisa saya katakan “greatz”

  49. 49 yogi

    yup….pudarnya pesona cleopatra dapat kita jadikan sebagai sebuah pedoman dan pelajaran tentang sesuatu yang indah belum tentu menyenangkan.
    moga orang – orang yang telah membacca buku ini menjadi terbuka hati nya untuk melihat sesuatu dan baru memberi penilaian tentang apa yang di lihatnya

    yogi

  50. 50 lina

    Subhanallaahh…
    Sudah berulang kali aq baca AAC dan Pesona Cleopatranya Kang Abik
    Tapi deraian air mata ini tak pernah berenti mengalir
    Ceritanya begitu menyentuh hati sekaligus menyejukan jiwa
    AAC kang Abik memberi motivasi tersendiri tuk kehidupanku
    Thx a lot kang
    Kutunggu karya2 kang abik selanjutnya :)

  51. 51 warto

    ass.afwan akhi bisa minta no. hp ato emailnya ustadz habiburrahman el shirazy ? terima kasih atas bantuaannyyyaa

  52. 52 Mia

    Setelah saya selesai membaca Ketika Cinta Bertasbih, saya bertengkar hebat dengan ayah anak-anak saya. Dan bayangan buku-buku ustadz (yang kebetulan saya koleksi) tidak mampu meredam emosi saya. Tapi paling tidak, saya masih bisa mengambil hikmah dari buku-buku ustadz bahwa semuanya dikembalikan pada Yang Memberi Hidup. Sesuatu yang hampir terlupakan dari sibuknya dunia

  53. Halo mas kunjungan balasan, boleh dong e-booknya. Atau punya e-book yang lain mau juga ya hihi . THX before

  54. 54 batokelapa

    Novel pertama yg aku sentuh dan mampu buat aku nangis sesenggukan semalaman….

    setelah itu aku jadi suka baca terutama karangan Kang Abik….

  55. 55 Hendra

    Ass… n lam ukhuwah toex smuanya !!

    brbicara atw mnanggapi tntang Pudarnya Pesona Cleopatra !!

    bagi ane, klaw dinilai dari sisi fiksi seh dah bagus !! Cuman, alur atw jalan critanya terlalu Perfect !!

    Enak banget kyak gtu… nikmat nikmat gak brhenti datang !!

    slebihnya BAGOES kok !! Saloet toex kang abik

    ditunggu novel-noevl slanjutnya

    Wass

  56. @ smuanya : moga2 tulisan dan kang abik menghasilan tulisan2 mencerahkan

  57. alhamdulillah…. akhirnya ketemu jg emailnya… buat yg ngasi info syukron2…
    kaya’nya eva n temen2 bakalan addict jg niy!!!!……..

  58. 58 firjon

    assalamualaikum
    alhamdulillah saya benar-benar kagum dengan karyanya. latar belakang dan lika-liku ceritanya sungguh fenomenal. i love you inspiration.saya harap ustadz habiburrahman jangan pernah berhentu menulis karya-karya yang lebih fenomenal lagi.saya akan berusaha mengoleksi karya anda.
    wassalamualaikum

  59. assalamualaikum,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    beruntung bgt udah bisa baca karya-karya kang abik.
    karya nya membangkitkan semangat. semangat menggapai cinta allah,,,
    dan emaang tu crita keren bgt!!!

    wassalamualaikum

  60. @ semua : terima kasih, moga Kang Abik membaca komentar2 teman2 :)

  61. 61 utee'

    Assalamu’alaikum……….

    Alhamdulillaah………..
    Dengan membaca novel-novel Kang Abik mampu melecut jiwa agar terus istiqomah dan ikhlas.
    Bahasanya yang indah bisa menyentuh kalbu.
    Terima Kasih, tlah memberi semangat tuk terus mendekatkan diri pada 4JJI.
    Ditunggu karya-karya terbarunya Kang Abik

    Wassalam……………..

  62. 62 fitri el khulwah

    assalamu`alaikum….
    begitulah novel2 kang Abik kekurangannya terletak pada kesempurnaannya, itu hanya sebatas pemikiran saya yang memang sangat dan teramat menggemari karya2 beliau…
    salam untuk semua saudara2 seiman yang juga jatuh hati pada karya2nya….
    KHAMAS…..!!!!!

  63. @ semua : iyah novel2nya kang abik bagus2.. semoga makin memberikan hidayah yah

  64. 64 fitri annisa

    assalamu’alaikum..
    Cerita ini bisa menjadikan inspirasi, renungan dan introspeksi bagi setiap pembacanya..
    Everybody,Ganbatte Kudsai!!

  65. 65 dhee

    Assalamu’alaikum…

    Novelnya bikin nangis deh..bikin kagum..menyentuh bgt…Pokoke macem2…
    baca novel ini bikin tambah semangat baca buku, +semangat untuk jd lebih lebih dan lebih baik lagi…
    saya tunggu novel2 berikutnya ya…
    SEMANGAT !!!!!

    Wassalamu’alaikum…

  66. 66 dian

    Assalamu’alaikum…

    baca novel ini bikin tambah semangat baca buku, +semangat untuk jd lebih lebih dan lebih baik lagi…
    saya tunggu novel2 berikutnya ya…
    SEMANGAT !!!!!

    Wassalamu’alaikum…

  67. penggemar baru ayat-ayat cinta
    met kenal

  68. kang abik knpa raihana mesti meninggal,……..

  69. 69 tYna

    noveL’y bNer2 bKin q nangis, isi’y bnEr2 nyntuh orG yg bCa.,.,
    TOP bgD.,.,
    saLut bwt kaNg abik’y

  70. 70 depy

    aQ ikhlas qaLo dlm kehidupan nyata aQ menjadi raihana..
    kan ending’a bagus…
    cuma aQ g’mau qLo harus jadi laki2 iTu..

    ini ngajarin kita 1 haL…
    aPa yg di pilih oRg tua emank bener2 yg terbaik buat Qt…

  71. 71 abdillah_abde

    greatest for Raihana, wait next title ………………….. hek2

  72. 72 ulfa

    so sweeettttttttt………….
    andai aku bisa jadi tokoh cieweknya di cerita bab 2nya. aduh, gimana ya…. \(^,^)/
    mau dunk ikutan casting kalo tar mo d bwt film, he. . .
    Makasih kang abik, ceritanya seger banget, g kaya novel kebanykan, ada something ya berbeda.
    oy, bwt smua, rugi de kalo g baca novel e kang abik laene

  73. 73 mega

    salut buat kang abik…
    q suka dengan novel2nya kang abik…
    trus berkarya ya kang..
    moga sukses selalu…

    aq pengen jadi raihana tapi raihana yang dicintai oleh suaminya sebelum semuanya terlambat….

    huh…pengen…
    ada gk yach….

    hehehe….

    good luck kang abik

  74. 74 jamal

    Assalamu allaikum kang abik…..
    Haow are you kang… i am from kalimantan, i like all your novel very much “ayat- ayat cinta” make me sad, happy on it…… I hope kang abik always well and please “ketika cinta bertasbih” made a populer movie

  75. 75 whitepillow

    Subhanallah….Saya juga sangat mengagumu novel2 karya kang Abik…
    Tiak salah bila novel2 beliau disebut sbg Novel Pembangun Jiwa..
    Di tengah maraknya peredaran novel yang isinya hanya menepurukkan jiwa remaja bangsa ini dgn menawarkan impian2 cinta semu, novel2 Kang Abik muncul sbg pelopor pembangun jiwa yg tlah terpuruk olh cinta2 palsu…
    Salut…
    tp bgamanapun karya manusia pasti ada kekurangannya. Kritik sy buat Kang Abik,”Novelnya lbh greget lagi, benang merahnya sangat mudah ditebak”..Jadi buat yg lbh inovatif lg tp pesan ddakwahnya tetap sampe..ok?
    Wass..
    Allahuakbar

  76. 76 aisha

    bagus banget,,

  77. 77 wulan

    terima kasih ngt kang Abik mengeluarkan karya-karya yang sangat bagus untuk kita semua

    saya sangat mengharapkan kang Abik bisa mengeluarkan karya yang baru lagi

    karena karya kang abik selalu dipakai Dan bisa membuat semua yang membaca jadi terharu

    thank’s

  78. 78 miela

    Assalamualaikum.wr.wb
    subbhanallah………….
    sanagt menyenyuh jiwa dan hanya satu kalimat, jangan pernah menyia-nyiakan orang yang telah memberikan cinta kasih sayang seluruh jiwa raganya untuk kita. karna mencintai sekaligus memiliki itu sangat langka tetapi dicintai lebih baik dari pada di cintai apalagicinta karna allah. maka jika ada orang yang mencinta kita seperti itu periharalah dia dan cintailah dengan sepenuh hati. karna tidak ada penyesalan yang datang di awal pasti datrang selalu terlambat.

  79. 79 miela

    Assalamualaikum.wr.wb
    subbhanallah………….
    sangat menyenyuh jiwa dan hanya satu kalimat, jangan pernah menyia-nyiakan orang yang telah memberikan cinta kasih sayang seluruh jiwa raganya untuk kita. karna mencintai sekaligus memiliki itu sangat langka tetapi dicintai lebih baik dari pada mencintai apalagi cinta karna allah sangat indah. maka jika ada orang yang mencinta kita seperti itu periharalah dia dan cintailah dengan sepenuh hati. karna tidak ada penyesalan yang datang di awal pasti datang selalu terlambat.

  80. 80 ezy

    Assalamu’alaikum
    salam kenal untuk semua saudara ku yang suka dengan semua karya kang abik

    novel yang begitu luar biasa mampu menghipnotis ku

  81. 81 faizz

    wah ceritanya bagus…memberikan pelajaran yang bagus bgt…tapi kok yang setetes embun cinta niyala g ada……pingin baca…..ga lengkap kl lom baca yang setetes embun cinta niyala….kl ada yang punya ebook nya kirim ke demendoza2003@yahoo.com ……semoga Allah membalas kebaikan anda…

  82. 82 tera pursita rahayu anastasya

    kang abiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik………………………… good luk 4 u.

    i’m ur admire.

  83. Kang Abik…..

    Bagus bgt AAC’y,pokok’y ga da 2’y, dan novel yg laen ga kalah bgus,,,,,,,,,,,,,
    jadi teruslah berkarya OK

  84. 84 Siti

    subhanallah……….kang Abik memang novelissejati qta jd sadar kalo kecantikan dari seorang wanita tuch gak diliat dari luar tapi……….jauh di lubuk hatinya semoga mqn byk novelis2 yang menyadarkan hati ummat.I’ll wish you!!!Allahu Akbar!!!!!!!!!!!!1111

  85. 85 Fauzan

    Ya Allah Berikanlah Aku Kelak Istri Yana Sholehah,taat pada suami,dan mau bersama-sama menegakkan kalimatMu……

  86. 86 Fauzan

    Ya Allah Berikanlah Aku Kelak Istri Yang Sholehah,taat pada suami,dan mau bersama-sama menegakkan kalimatMu……

  87. 87 Mariana

    subahanallah…..allahu akbar semoga kita kalangan wanita dapat meniru dia… n terus berkarya do’a kami selalu bersama membantu……. n semoga buku yang baru lebih seru lagi ya…………..

  88. 88 syahriannie

    semoga kita sebagai wanita kelak bisa menjadi istri sholehah,taat pada suami, dan selalu menegakkan syariat Mu…amien…..!!!

  89. 89 fatoni ichwan

    novel kang abik memang the best banget deh gak bosenenin n bisa jadi pembelajaran bagi kita saya berharap novel-novel berukutnya tetap lbh terjaga kualitasnya

  90. 90 khaerul azzam

    memang tak selamanya penampilan dapat memberikan ketenangan yang diperlukan hanyalah cinta suci berdasar cinta kepada ilahi , yang merupakan derjat cinta tertinggi….

  91. 91 Ari Anggarani

    saya sangat menyukai novel karya kang abik, saya sudah baca dua novel ayat – ayat cinta dan ketika cinta bertasbih. Bagus banget dan pesan yang disampaikan dalam novel tersebut sangat mengena, untuk kita tiru dan contoh. Terutama yang baik – baik

  92. 92 titah wastiasih

    novel2 kang abik memang hebaaaaaat bgt!!!!!!!! semua crita btul2 spt ksah nyata….sukses slalu dah bwt kang abik, dtunggu dah novel lainyya yg psti te2 TOP abis.

  93. 93 miftah fadhli

    Whaaaooh….
    Bukan hanya novel ini, tapi mua novel Kang Abik menyejukkan jiwa. Penuh intrik untuk membangkitkan semangat keislaman. tiap kalimat membuat orang berpikir tentang keislaman dan Allah. Setiap kisah benar-benar sebuah realita hidup.

  94. 94 sarahh

    tiap lembar ku membaca membuat jatuh bulir bulir air mata
    merasakan betapa pentingnya arti cinta sesunggunhnya

  95. 95 endang

    tiap kata tersusun menjadi untaian kalimat yang membuat air mata jatuh,menyejukan jiwa.kisah yg realitanya da dalam kehidupan kita.semoga kita dapat manfaat dr novel kang Abik,menjadikan kita lebih arif,dan lebiih mendekatkan diri pada sang Pencipta

  96. 96 Mtri

    benar-benar novel yg membangun jiwa…sekaligus dpt memperbaiki akhlak bagi yang dengan ikhlas membacanya.sukses terus bwt kang abik..

  97. 97 nisa

    semua cerita dalam novel mengandung makna tentang kehidupan…
    manfaat yg tercipta dari kata2nya pun sangat menyejukan hati…
    succes terus bwt kang habib…
    ciptakan terus cerita2 yg dapat membuat pembacanya menjadi manusia yg selalu diridhai ALLAH.S.W.T

    amien…
    terus semangat yaaaaa……!!!!!!

  98. 98 S.Ainun(KAl_Tim)

    Assalamualaikum..wr…wb…
    Novel pembangun jiwa yang oke banget …….!
    Sangat cocok untuk laki-laki yang hanya mengganggap kecantikan adalah segala-galanya….
    Maka itu wajib baca Pudarnya Pesona Cleopatra…
    Kalau di filmkan saya mau memerankan toko Raihana…..
    “And makasih buat kang abik yang udah membuat buku-buku yang berbobot…”karna saya suka banget memberikan buku-buku kang abik sebagai hadiah/bacaan buat orang-orang…agar mereka tau bahwa mereka special…..sukran katsiran.Wassalam..

  99. 99 safir

    Assalamu alaikum wr.wb.
    kecantikan fisik memang adalah salah satu syarat yang ada dalam mencari pasangan hidup…tapi perlu diketahui kecantikan akhlaklah yang lebih diutamakan….

  100. 100 ninae

    subhanallah…
    seneng banget deh karna pertama kali aku bisa suka dengan yang namanya membaca ya waktu aku baca ayat-ayat cintanya kang abik makanya sekarang aku terus kejar karya karyanya yang lain.banyak ilmu yang tak terhingga nilainya,mulai dari karakter setiap tokoh sampai saat ada masalah genting yang harus di selesaikan bisa jadi suri tauladan wat aku.
    smoga jihadnya terus sampai akhir hayatmemberikan bacaa yang menyegarkan bathin.

  101. 101 jati satyaning

    cerita cinta yang ironis sekali. sangat mengharukan. ketika dibaca berulang pun tidak ada pengurangan rasa haru yang begitu dalam. pelajaran mengenai kesetiaan dan rasa cinta yang begitu dalam disampaikan dengan sangat apik. untuk pertama kalinya saya meneteskan air mata karena membaca sebuah cerita cinta. saat saya masih duduk dibangku sma.

  102. 102 zen

    bagus bangeeeet dech….
    apa lagi yang judulnya “ketika cinta bertasbih”…
    SUBHANALLOH….!!!!

  103. 103 rie'sy

    Duhhh,,,,abis baca sedih bgt”
    Tp aQ pngen sprt Raihana,,,sabar dgn cintanya

  104. 104 fida

    kapan novel DALAM MIHRAB CINTA terbit? jangan kelamaan dong..

  105. 105 rhia

    ass,,,,waaaaa…q terharuh banget ma kisah pudarx pesona cleopatra..smoga bermanfaat n membuka cara pandang qta tentang perjodohan///makasaih jg buat tmanq yg da ngirimin,,,,,nun walqalami wama yasturun

  106. 106 rahma

    asslamu’alaikum..
    kang,quwh udh baca smua nvelna kang abik..
    kpn nvel yg laenna kluar??
    q tnggu lho..
    wlpun q mci plajar pi q sisihkan uwng jajanku wat bli nvelna kang abik..
    wssalamualaikum…

  107. Assalamu’alaikum…

    Subhanalloh, sebuah cerita yang sungguh menyentuh…
    Memang ketika hati ini mencintai sesorang dengan sangat, akan menjadi sulit untuk bisa mencintai orang lain dengan sepenuh hati…
    Saya mengalaminya… Mencintai seseorang sampai kini sudah 4 tahun…Meski masing-masing dari kami sudah menikah…
    Semoga perasaan ini tidak berlanjut, walau sesungguhnya tak bisa saya bunuh: hanya bisa saya kendalikan…
    Rasa cinta yang selalu “menggoda” diri untuk ingin mengulang kembali masa lalu…Astaghfirulloh…
    Mohon doa: semoga saya bisa lebih bertaqorub kpd Allah Swt., aamiin…

  108. ceritanya bagus sekali…..
    benar2 novel pembangun jiwa!!!!!
    salut buat kang abik!!!
    btw,kapan novel DARI SUJUD KESUJUD dgn novel DALAM MIHRAB CINTA edisi romannya akan direlease kembali??????
    ditunggu kabarnya ya.

  109. 109 mahfordzy Faizz

    Subhanalloh…..
    Ada Sbait Puisi Dari Dalam Hati Buat Raihana….

    Kecantikanmu alami
    Anugrah Ilahi
    Wajahmu Penuh Dengan
    Aura Kitab Suci
    Tertutup Rapat
    Bak Kilauan Mutiara Yang Tersembunyi
    Suaramu Lembut
    Seperri Sebuah Melodi
    Senyummu Manis
    Penyejuk Hati

    ….
    Seandainya Dia
    dapat Ku miliki….

    tak akan kulepas dia, hingga nafas ini berhenti…
    Kan Ku Jaga Dia Denga Sepenuh Hati..
    Kan Ku tempatkan Dia Di dalam sanubari

    ………

  110. 110 Ayyilzidjar

    Assalamu “alaikum

    Wanita Di Cipta Dr Tulang Rusuk Pria,
    Bukan Dr Kepalanya, Tuk Jadi Atasannya….
    Bukan Pula Dr Kakinya, Tuk Jadi Alasnya,,,,,
    Melainkan Dr Sisisnya, Tuk Menjadi Pendampingnya….
    Dekat Dengan Lengannya, Tuk Di Lindunginya….
    Dekat Dengan Hatinya, Tuk Di Cinta Dan Di Sayanginya…..

    //////////////////////////////////////////////////////////

  111. 111 r4gl_4y03

    Cinta Bukan Segalanya. tapi Kehilangan cinta bagaikan kehilangan segalanya

  112. 112 salmah halim

    aku suka banget ma novel2 karya Habiburrahman El Shirazy, soalnya novelnya itu nyentuh banget….sekalian memotivasi dan membangun jiwa kita kearah yang lebih islami dan baik..
    apalagi “pudarnya pesona cleopatra”… sungguh menyentuh hati….ISk..isk…(jadi terharu..)

  113. habiburrahman…TOP dech…

  114. kang abik…..sy trmsk penggemar dr novel ppc, aku ingin seperti raihana, wanita yang sangat tangguh, sabar,,,,,,tp klo punya suami kayak suaminnya raihana,ichhh…naudzubillah…mungkin aku udh gk kuat bgt…. dan aku ingin memiliki pendamping hidup seperti FaiQ…..jadi ue…aku teh pengen jadi niyala….kang!!!!!mngkn ada ikhwan kayak FaiQ?klo ada ksh tau iaaaaa……

  115. 115 EJA

    waktu pertama baca novel ini aku nggak ada niat sama sekali, tapi pas udah baca novel punya temenku ih gila ya ni novel seruuuuuuuuuuuu banget. aku sampe nangis dibuatnya. aku salut sama Raihana, pengen deh bisa punya akhlak kayak dia! trus setelah baca novel ini aku jadi tertarik sama karya-karyanya kang Abik! kang Abik emang pinter deh bikin novelnya! moga makin sukses aja deh kang!

  116. 116 risma

    assalamualaikum… Pertama membaca novel PPC, duh g’ nyangka ada wanita yang seperti raihana… kang abik emang penulis novel yang terbaik….

  117. assalamualiakum… duh, mau bilang apa ya.. jadi bingung.. karya-karya kang abik emang keren banget.. pokoknya kang abik emang pintar nulis novel.. tetap semangat ya.. papua..

  118. baru kali ini ku di buat sedih sama cerita nya novel pudarnya cleopatra.makasih buat novelis

  119. 119 fety

    ya lumayanlah karyanya kang abik bisa jadi insrirasi kehidupan hehe…^_^..

  120. Assalamu’alaikum Wr.Wb

    pertama kali selesai membaca novel pudarnya pesona cleopatra, saya ikut terlarut dalam ceritanya.

    yang membuat saya terkesan adalah tokoh Raihana,sungguh istri yang shalehah dan luar biasa sabar menghadapi suami yang belum bisa mencintainya.

    buku ini seharusnya di baca untuk para muslimin dan muslimah….^

    wassalam

  121. Lha wong novel fiksi, kita semua ndilalah dibuai Raihana. Sosok solehah karya Kang Abik. Tak nyata, kan? Padahal, Raihana yang saya kenal dulu, mantan karib saya…masya Allah, justru sebaliknya. Raihana yang pernah singgah di hati saya perilakunya – maaf – amburadul. Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya, amin.
    Terus berkarya Kang Abik, salut dengan tokoh rekaanmu!

  122. saya punya smua novel kang Abik, :)
    banyak manfaat yg bsa dipetik,
    & msh mnunggu novel2 lainnya tuk terbit..
    can hardly wait…

  123. 123 nayra

    saya pengemar novel kang abik…
    kapan novel barunya muncul,nay tunggu ya….

  124. 124 m.gofi kurniawan

    subhanallah,,,,,,,,,,,,,,,, ana mau dong dapat istri kayak reihana,ana janji g bakalan ana sakitin…. skr ana lg kul di universitas al iman yaman,sblm baca novel pudarnya pesona cleopatra ana jg punya keinginan utuk nikah ma orang yaman,tapi skr agak ragu,mendingan nyari yang kayak raihana aja di indo,,,,,,,,,,,

  125. 125 putri

    assalamualaikum,wr.wb….

    subhanallah….wanita yang sungguh sangat mempesona karena kesalehannya…semoga ada dalam dunia nyata.
    novel kang Abik emg bgs bgt! ilmunya banyak&manfaat…putri nunggu novel selanjutnya ya….Novel ” Dari Sujud ke Sujud ” dong….

  126. 126 bintang

    sumpah…………. novel ni menyentuh bangettttttttttttttttttttttt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! gwa juga ampe nangizzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz””””””””””” sumpah gwa ampe ga bosen baca@….
    haruz@ semua baca novel ni terutama para orang yang suka melihat kelebihan bukan hati@ gwa bilangin@ ma klian yangt suka liath orang dari tampang@ doankkkkkkkkk buruan tobat5h dech siapa tau tu yang terburuk bagi loe loe

  127. 127 ratieh

    aku juga uda baca bukunya. bagus banget…! TEOPE BEGETE lah pokoknya. selesai baca seluruh halaman buku, airmataku juga habis satu ember. cerita yang begitu mengharukan. salut deh buat kang abik.

  128. 128 anamuslim

    sye sudah bce ayat2 cinta dan ketika cinta bertasbih… karya beliau memang bes dan tersentuh…

  129. 129 azilah

    salam…mmg best garapan beliau…suke sgt baca..

  130. 130 nury

    assalamualikum…
    sumpah critanya kren abizzzz novel pembangun jiwa dech…
    crita ini emang hebat,, untuk smuanya yang mengagumi kecantikan mending baca nihc crita dehh…
    aku sampe nangiss..
    thank’ kang abik,, dah buat crita yang begini bagusnya..
    wassalam

  131. wahhhhhhhhhhhhhhhh cerita ini bagus buanget.
    aq aza sampe terharu. menangis. membaca cerita ini. kisahnya raihana.
    raihana memang istri yang solehah. aq pengin punya istri yang kaya raihana.

  132. 132 aisyah

    ceritax bgus bangeeet..bisa dijadikan pelajaran bwt Qt semua..

  133. 133 ophiie

    assalamualaikum kang ..
    gemana kabarna ..
    semoga sehat slaluw.. amien..

    Saya brusan jja bca buku PPC ..
    masyaallah .. bukuna sungguh menyentuh ..
    semoga saya bisa memiliki cinta yang tulus sperti cinta milik Raihana dan seberuntung cinta milik Niyala ..

    amien..

    duh qwh mbaca mpek nangis ga bisa nafas saking tersedu – sedu ..

    semoga jdi pelajaran berharga bgi kta semwa ..

    jujur saya nge fenz bget ma akang ..
    sampek disekolah , waktu ada tgas tokoh favorit , saya pilih akang sebagai tokoh favorit saya lho !!!!

    terimakasih ..

    wassalamualaikum

  134. 134 AanNadhia

    Assalamu’alaikum………..
    Tumpah rasanya air mata ini usai membaca novel pembangun jiwa, pudarnya pesona cleopatra………… ingin rasanya mencintai seseorang benar2 karena cinta kepadaNya, aku iri dengan raihana, yang bisa sebegitu besar berbakti kepada suaminya, sebegitu sabar dalam menghadapi suaminya, dan sebegitu ikhlas dalam melayani suaminya,….
    Novel ini benar2 menggugah hati para pembacanya,….menggambarkan apa itu makna “kecantikan” sebenarnya….. pesan2nya benar2 tersampaikan…..
    Aku iri!!!!!! aku ingin mencinta seperti Raihana, dan Ikhlas berbakti seperti Niyala…… Aku ingin punya suami seperti FaiQ……tetapi, mampukah aku menjadi seperti Niyala……????
    Novel2 kang abik selalu membuat aku “iri”, iri dengan rasa cinta yang dimiliki Raihana, iri dengan Niyala, bahkan aku iri dengan Anna Althafunnisa…….. aku ingin menjadi “sosok” mereka dalam dunia nyata……. tapi……apakah aku bisa???????
    Setiap selesai membaca novel2 karya kang abik, deras air mata ini mengalir…… betapa ada banyak hal yang masih harus aku pelajari……
    Aku tunggu karya2 pembangun jiwa selanjutnya ya kang………
    Salam kenal,
    Wassalamu’alaikum……………….

  135. 135 rendra dwi saputra

    uda wes baguzzzzzzzz….bngetss cerita tentang KCB tuch????

    cepetan keluarin donk novel terusan-nya…

    yang itu loOoh apa… sujud2 pa gitu…

    ya!!! PoOko’-nya q doain dech biar cepet kelar…

    q juga berbakat jadi penules lo ya….

    sama dech kayak Husna!!!!!!!!!

  136. 136 rendra dwi saputra

    kang sampean dateng po’o ke asrama RCY!!!!! SURABAYA

    banyak yang suka lOooo?????

    itu loh yang punya-nya YDSF ya….

    taq tunggu dech

  137. 137 estidinapertiwi

    Assalamualaikummmmmmmmm

    saya sangat suka sekali pada novel pudarnya pesona cleopatra
    begitu menyentuh hati
    bahasa yang digunakan juga dapat dengan mudah dimengerti
    anda sangat hebat dalam menyampaikan pesan kepada para pembaca lewat kisah yang di setiap lembarnya memberikan isi yang begiru dalammmmm

    Hingga saya yang dulu suka membaca novel2 muda
    kini menyenangi novel yang berbau rohani dan islami

    dan untungnya di perpustakaan sekolah saya hampir seluruh karya2 anda ada disana

    wassalamualaikum

  138. SUBHANALLAH……
    Nas ga pernah ga nangis klo baca Novel-Novelnya Kang ABIK…
    SUBHANALLLAH DAHSYAT……!!!!
    Tapi kenapa ga ada Ketika Cinta BERTASBIH 3…..
    WAAAHHHHH pazti Zeru abizzzz, banyakhikmah dan pelajaran yang bisa di ambil dari novel-novel kang ABIK….
    Syukron KANG….
    S’moga keberkahan s’lalumenaungi hidup akang dan keluarga….
    AMIN YA ROBBB….

  139. 139 dian

    wawwwwwwkarya2 muw bgosT2kpn novel dr sjud ke sujud di terbitkan???????dh penasaran nuiiiiiiii

  140. 140 insani

    Subhanallah…
    tak terasa air mata ini menetes bgtu saja..hehe..
    ana lbh suka crtaY Niyala..
    kpn ana bs merasakan keajaiban cinta kyk gtu yaa..?

  141. 141 putri

    subahanallah ..
    air mata ku tak terbendung saat membaca novel karya kang abik
    pudar nya pesona clelopatra ?
    sungguh mengharukan
    siapa pun yg membaca nya pasti ingin menjadi spryi RAIHANA
    seorng istri yg penyabar ,mengabdi kpda suami
    wlaupun suami nya tidak peduli (cuek)dengan nya
    dia ttap saja memberi perhatian seorng istri kpda suami nya
    hingga akhir waktu nya

    THANKS kang abik yg tlah menciptakan novel ini
    klau ada wkt d’bls ya
    d’email saya putrizedd@yahoo.com

  142. cerita ini keren bang`t . aku pernah baca semua sampe selsai d sklh pokokx sedih d menusukk

  143. ya Allah berikanlah kesabaran kepadaku seperti raihana. by; bundua.JAGO_cA`eM

  144. 144 onha

    nyesel dech law g’bca nopel2 kang abix !
    selain tuk terapi hati dan jiwa, kita jga mgerti law cinta itu indah . . .
    terus bikin nopel ya kang ?!

  145. saya butuh nomertelepon HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY, klo punya kirim ke alamat email saya so_one_peace@yahoo.co.id

  146. 146 BAD

    KARYA HABIBURRAHMAN MEMANG BUAT SAYA MEMBACANYA LEBIH DARI 2 KALI

  147. Jadi pengin nangis .. hik’s..hik’s..hik’s..

  148. terima kasih kang abik buat karyanya yang begitu bagus sekali….aku jadi nangis setip kali usai membacanya…aku belajar begitu banyak melaluinya….moga-moga akan banyak lagi novel pembangun jiwa yang menyusul……..

  149. kang abik yg super piter…………………………aku mau usul boleh ga’/////////??/..;;”‘?/”buat novel yg baguz lagi tapi endingnya jangan kaya KCB …………………………seharuznya khairul maried ama elina………….tapi malah sama anna…………………..buat lah ending yang bahagia antara pelaku utama dengan tokoh yg sering bersamanya…………………(khairul & elina)

  150. 150 Nur Habibah

    Asw….
    semoga Kang abik selalu dengan karya – karya yang menggugah jiwa. .. .
    Sukses selalu. . .. .
    Kalau boleh bagi- bagi tips untuk menulis novel yang menyentuh jiwa seperti itu…
    trims…
    Wss

  151. 151 imsyah

    subhanalllah…..novel terbaru pa ne y kang abik?ditunggu y

  152. 152 ROSY

    AL JANNTAU TAHTA AQDAMIL UMMAHAT,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  153. bagi saya sungguh luar biasa makna dari novel ini apalagi untuk novel bagian satu yang menceritakan raihana dengan suaminya. betapa miris nasibnya yang tidak dperdulikan suami. apakah benar ada seorang solihah seperti dia didunia ini???semoga hikmah dari karya ini bisa membuka hati para suami tuk selalu menyayangi para istrinya. memperlakukannya dengan lemah lembut, menyayanginya dan memberikan perhatian. istilahnya nguwongke wong. terimakash novel ini mampu mempengaruhi pikiran saya seolah-olah saya berada diantara mereka. saya jadi ikut-ikutan emosi. heheheh

  154. 154 nurfarina

    the novel very best..
    the novel be my booster for through my life and be my guide for the my future..
    i want be like raihana… always remember ALLAH… I hope I can be the good muslimah….

  155. pudarnya pesona cleopatra eman sippp

  156. jarang da wanita kaya raihana, subhanaallah

  157. aku senang banget dengan semua novelnya kang ebik, ko beliau hebat banget ya

  158. 158 feny

    sTiap aku mMbaca NoVel kAng Abik
    sLalu mNgingatkn aKu kPda Sang pEnCipta
    Bwt tRuz noVel isLami

  159. Subhanalloh….
    emng bugus2 novel kang abik..
    btw apa novel yg terakhir terbit ya, trus apa novel yg akan terbit

  160. 160 Dillah

    hhmmmhh… merinding tiap mendengar wanti shalehah, hafal qur’an… Pasti pandangannya indah.. Semoga aku bisa menjadi wanita yang sempurna menutup auratnya.. amiiin… semoga aku jadi hafidz qur’an… menjadi seseorang yang dicintai Alla swt dan makhluk-Nya… bismillah.. aku mujahidah… hehehe.. cerita-cerita ini yang selalu memotifasi…

  161. 161 desi

    sudah bc bbrp x ttp sedih

  162. 162 chashichandah sukma indah

    sangat mengharukan
    kang abik keren banget bikin ceritanya…
    bikin jatoh air matanya…
    pokoknya keren
    bikin termotivasi…….
    suksesssss selalu
    ditunggu cerita2 berikutnya

  163. 163 Rima

    Subhanallah…setelah membaca buku Pudarnya Pesona Cleopatra kereeeen banget. saya suka sekali buku itu dan buku itu juga kenangan bagi saya karna buku itu diberikan oleh teman baik saya….
    pokoknya buku pudarnya pesona cleopatra OK’s BGD…..
    Sukses slalu buat kang abik….

  164. 164 neng

    Semoga Allah memberikan yang terbaik untukku,…
    Amin,…

  165. subhanallah,,,,,,,air mataku jatuh setiap aku baca tiap lembar pudarnya pesona cleopatra…aku ingin seperti raihana dan seberbakti niyala,,,kang Abik trimakasih yaaa,,,,banyak pelajaran yang aku petik setelah baca buku”nya kang Abik!

  166. 166 Muh. Alwi

    saya paling seneng membaca novelnya kang Abik…… novel yang begitu menggugah jiwa saya sehingga saya merasa perlu untuk menjadi sosok seorang AZZAM dalam KETIKA CINTA BERTASBIH… terus terang, ketika membaca novel ini, air matakupun tak terasa tumpah ketika tiba pada halaman yang isinya tentang “kematian ayah dan ibunya” andaikan ada orang yang betul2 kepribadiannya seperti AZZAM……….????????? insya Allah, saya akan berusaha. pokoknya………………………………….. I say I L U u/ karyanga kang Abik….. alwi d_kulle di Makassar

  167. 167 erorz riweuh

    kku dah bcca bkux,,,,
    hmmm,,xntuh bnget
    low bssa ssi ad film.a,,hehehe
    lowd ga slah ddi bku ntu ad crita faiq sma nayla iiagh??????
    emmmm,,ku pgen sperti nayla,,

  168. 168 rika agustina

    novel yang sungguh membuat hati merasa bergejolak hebat….
    mau di baca berapa kalipun tetap bagus…..

  169. ana sangat tersentuh dengan novel-novel karya antum,,,,
    tetep semangat untuk menghasilkan karya-karya yang islami…:)

  170. 170 abby

    Novel2 Karya Kang Abik SlaLu Membuat Saya Menitikan Air Mata, Pa Lagi Novel Yang Brjudul Pudar_y Pesona Cleopatra Benar2 Membuat saya Menangis…..

  171. 171 PENI RINANDA

    ya allah,
    subhanallah bgus bgt crita na..

    Q smpe tRhru,
    gagh bs brkta ap2 lg..

    mulia na wnita spRti rihana..

  172. 172 karno

    kalau bisa buat yang lebih menyedihkan……

  173. 173 ghea

    hai dlm bukunya yg berjudul pudarnay pesona cleopatra kan ada 3 judul cerpen dlm satu buku
    kalau ada yg tau judulnya 2 cerpen tersebut tolong imelke aku yah

  174. 174 lia simamora

    alhamdulillah setelah saya banyak membaca karya-2 kang abik…sy jd banyak belajar dr novel tsbt…. sangaaaaaaat banguuuus…. sy jd banyak mendapat pelajaran ….makasih kang abik…teruslah…. berkaryaaaaa…

  175. 175 Tomy Harianto

    subhanallah…..
    setelah saya bca novel “pudarnya pesona Cleopatra” , saya jdi merindukan wanita yg sholeha dan setia kpda saya(suami) nanti
    pada awal nya saya selalu berpikir bahwa kecantikan adalah yg pertama, sungguh sempit pikiran saya kala itu,
    ternyata seperti Raihana lah sosok istri ideal utk penghuni surga
    amin

  176. good novel

  177. subhanalloh

  178. 178 Anita sartika

    terharu ngebaca novel mini ke 2, hiks hiks, ROMANTISS…… pengen juga punya pasangan kaya gitu, SHOLEH bangeeeeet!!! :)

  179. 179 tegoeh stinky

    seandainya punya istri kya raihana gax bkal nyesel saya.

  180. 180 muhib

    kalau pelaku utama menyesal karena belum selesai mimpinya tapi udah di bangunin. maka saya lebih menyesal, soalnya saya baca ceritanya belum selesai, malah udah di potong……… katanya itu cuplikan novel…..

  181. 181 Ponia

    sungguhh banyakk hikmahh yang dapat ku raihh setelahh memabca novel ini,,
    jika ada kesempatan mohon di buatkan FILM seperti AAC dan KCB ,,toh PPC juga pantas untuk di filmkn ,,aku bau donk memerankan jdi RAIHANAny hehe

  182. Subhanallah,trnyata bgus isi novelnya. Pantas sj dulu ada dosen brkbngsaan mesir dr LIPIA,DR Shihab Annamir prnh mngatakn ‘ahlan nisa’i fil ‘alam nisa’u indunisiyah,wanita terbaik/terindah di alam semesta ini adalah wanita indonesia

  183. 183 muhammad yusuf

    lebih banyak pelajarannya dari pada membaca buku

  184. Nice info mas

  185. Hmmmm, bagus mas…Sambung besok lagi baca blog mas

  186. 186 Desi

    Subhanallah pelajaran berharga but kita
    Izin copas ya
    trimakasih

  187. Subhanallah..sebuah pengingat bagiku yg seorang suami. Ya Alloh tolonglah aku untuk dapat membahagiakan istriku. Amin…

  188. 188 Bucek_A320

    subhanallah, bener-bener mantap top markantap !!!!! novel ini memang bener-bener sebuah novel pembangun jiwa, subhanallah ! bagus skali !!!!! bravo kang abik

  189. 189 risa

    duh duh duh duh……………………….
    kasihan banget yaw?????
    tapi bagus banget lho……………..

  190. novel ini sungguh mengesankan, menceritakan bagai kesetian dan pengabdian seorang raihana terhadap suaminya. meskipun sikap suaminya tidak wajar dan terkesan tidak peduli. dalam novel ini ada pergolakan jiwa pada tokoh ‘suami’ dan ‘Raihana’. sepertinya asik untuk di analisis dengan kajian psikologi tokoh :)

    apa ada yang pernah menganalisis novel ini sebelumnya??

  191. cerita asyik juga, cerita ini bisa saya angkat jadi inpirasi hidup saya, terimakasih atas ceritanya.

  192. novel yg sungguh luar biasa, sumber inspirasi dlm hidup.

    http://kafebuku.com/pudarnya-pesona-cleopatra/

  193. 193 chika

    lanjjutin dong…. .please

  194. 194 Hasan

    Kang Abik, dua jempol dah …….
    Pudarnya Pesona Cleopatra bagus banget, menggugah jiwa, hati, dan pikiran saya tentang risalah kehidupan ini. Ditambah dengan ending yang tak terduga, makin mengharu birukan suasana hati pembaca ….
    Salam Sukses tuk Kang Abik dan semuanya …….

  195. wah he

  196. 196 marwan tambunan

    mantaaaaaaaaaaaaaap,, jadi makin sayang sama cwk gw

  197. 197 lhion

    waw,,hampir semuanx telah membaca novel cleopatra.Tapi aku ingin bertanya yang taw apa sih fungsih dari novel itu?kira2 ada yg taw ngga?

  198. Wah, ini dia Novelnya, bacanya aja sudah seneng, kira-kira masih adakah yang jual novel seperti ini mas ( daripada liat sinetron kaga bermutu )


  1. 1 kreatif » Blog Archive » Pudarnya Pesona Cleopatra

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.840 pengikut lainnya.